//

ZAKAT FITRAH, SATU SHA' BERBAGAI MAZHAB

ZAKAT FITRAH, SATU SHA'   BERBAGAI MAZHAB


Zakat Fitrah berapa Kg?

Zakat secara etimologi adalah an-namwu dan az-ziyadah (panin dan bertambah). Sedangkan termonologi syariat Islam adalah hak yang wajib pada harta. Pengertian tersebut akan menjadi berbeda apabila berorientasi pada term Zakat Fitrah. Zakat Fitran diartikan sebagai kewajiban seorang muslim untuk mengeluarkan harta yang berupa makanan pokok yang jatuh kewajibannya pada malam 1 Syawal sampai dengan pagi sebelum Imam naik ke atas mimbar. Namun, zakat tersebut bisa dilakukan di saat memasuki bulan Ramadhan.
Rasulullah SAW. bersabda:

فرض رسول الله صلّى الله عليه وسلم زكاة الفطر من رمضان على الناس صاعاً من تمر، أو صاعاً من شعير، على كل حر أو عبد، ذكر أو أنثى من المسلمين

“Rasulullah SAW. mewajibkan zakat fitrah atas manusia pada bulan Ramadhan dengan 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum bagi orang merdeka atau budak, baik laki-laki maupun perempuan muslim”. (HR. al-Bukhari 2/161, Muslim 2/677-678, dan Jama’ah hadits)

Dari hadits tersebut bisa kita ambil istinbat beberapa hukum dan kesimpulan:

1- Hukum Zakat Fitrah adalah Wajib
2- Menunaikan di bulan Ramadhan
3- Besarnya 1 sha’
4- Yang digunakan zakat adalah bahan pokok, seperti kurma dan gandum. Bagi orang Indonesia biasanya menggunakan beras.
5- Diwajibkan bagi orang merdeka dan hamba sahaya, baik laki-laki maupun perempuan.

Setelah secara singkat kita memahami hadits tersebut, hal yang paling banyak kontroversi dalam masalah zakat adalah takaran atau besarnya pengeluaran zakat fitrah. Karena hadits tersebut hanya menyebutkan 1 sha’, sedangkan orang Indonesia tidak ada yang memakai ukuran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Permasalah tersebut hanya bersifat konteks kedaerahan yang digunakan sebagai tolak ukur. Dalam hal ini mari kita simak bersama apa yang dikatakan para ulama tentang hal tersebut:

Madzhab Hanafi

والصاع عند أبي حنيفة ومحمد ثمانية أرطال بالعراقي، والرطل العراقي مئة وثلاثون درهماً، ويساوي 3800 غراماً؛ لأنه عليه السلام كان يتوضأ بالمد رطلين، ويغتسل بالصاع ثمانية أرطال (الفقه الاسلامي وأدلته: 3/384)

“Sha’ menurut Abu Hanifah dan Muhammad adalah 8 rithl Iraqi. Satu rithl Iraqi sama dengan bobot 130 dirham dan membandingi 3800 gr. Karena Nabi Muhammad berwudlu dengan 1 mud yaitu 2 rithl, dan mandi dengan sha’ yaitu 8 rithl.” Jadi menurut madzhab Hanafi 1 sha’ adalah 3800 gr atau 3,8 kg.

Madzhab Maliki

وزكاة الفطر صاع (أربعة أمداد) والمد: حفنة ملء اليدين المتوسطتين. (الفقه الاسلامي وأدلته:3/385)
“Zakat Fitrah adalah 1 sha’ sama dengan 4 mud. Sedangkan 1 mud nya adalah cakupan penuh dua telapak tangan yang sedang”
Perkiraan orang Indonesia 1 mud adalah 6,75 ons. Jadi 6,75 ons x 4 = 2,7 kg. Dengan demikian 1 sha’ menurut madzhab Maliki adalah 2,7 kg.

Madzhab Syafi'i

ومقدارها صاع وهو في الأصح ست مئة درهم وخمسة وثمانون درهماً وخمسة أسباع درهم ( 685 و 8/5) أو خمسة أرطال وثلث بالبغدادي، وأربعة أرطال ونصف وربع رطل وسبع أوقية بالمصري. (الفقه الاسلامي وأدلته:3/385)

“Kira-kira zakat fitrah adalah 1 sha’. Pendapat yang lebih tepat 1 sha’ adalah 685 dirham dan 5/8 dirham atau 5 1/3 rithl Baghdad, atau 4 + ½ + ¼ rithl + 1/7 uqiyah Mesir.”

وهو خمسة أرطال وثلث بالعراقي ووزنه ستمائة درهم وثلاثة وتسعون درهما وثلث درهم وهذا عند الرافعي لأنه يقول إن رطل بغداد مائه وثلاثون درهما وقال النووي إن الرطل مائة وثمانية وعشرون درهما وأربعة أسباع درهم والاعتبار في الصاع بالكيل وإنما قدر العلماء الصاع بالوزن استظهارا قال النووي قد يستشكل ضبط الصاع بالأرطال فإن الصاع المخرج به في زمنه عليه الصلاة والسلام مكيال معروف ويختلف قدره وزنا باختلاف جنس ما يخرج كالذرة والحمص وغيرهما فالصواب الاعتماد على الكيل دون الوزن فالواجب أن يخرج بصاع معاير بالصاع الذي كان يخرج به في من رسول الله صلى الله عليه وسلم فمن لم يجد وجب عليه أن يخرج قدرا يتيقن أنه لا ينقص عنه وعلى هذا فالتقدير بخمسة أرطال وثلث تقريب وقال جماعة من العلماء أنه قدر أربع حفنات بكفي رجل معتدل الكفين والله أعلم (كفاية الاخيار: 1/188)

Singkatnya kalau dikonversikan ke satuan gram kira-kira 2.7519 gr atau 2,75 kg. Jadi sha’ menurut madzhab Syafi’i adalah 2,75 kg.

Madzhab Hanbali

ومقدارها صاع عراقي وهو أربع حفنات بكفي رجل معتدل القامة؛ لأنه الذي أخرج به في عهده صلّى الله عليه وسلم (الفقه الاسلامي وأدلته:3/385)

“Kira-kiranya adalah 1 sha’ Iraqi, yaitu 4 cakupan penuh dengan telapak tangan manusia yang sedang. Karena hal inilah yang dikeluarkan di masa Rasulullah”
Sebagian Ulama

الصاع سدس كيله مصرية أي قدح وثلث مصري وهو يساوى بالجرامات 2176
 
“1 sha’ adalah 1/6 + 1/3 kilah Mesir (wadah gelas) atau sama dengan 2.176 gr”

الصاع النبوي يبلغ وزنه أربعمائة وثمانية مثقالا من البد الجيد أى ألفى جرام 40 جرام و2 كيلو

“Sha’ Nabawi timbangannya mencapai 408 mitsqal dari bagian yang baik, artinya 2040 gr atau 2,04 kg.”
Nah ustadz-ustadzh biar ga berpanjang kata kita simpulkan aja yuk. Kalau kita melihat batasan atas dan batasan bawah atau istilah lain Hadd al-a’la dan hadd al-adna, maka bisa kita temukan yang tertinggi adalah Imam Abu Hanifah yang berpendapat 3,8 kg. Sedangkan yang paling rendah adalah 2,04 kg.

Sedangkan rata-rata Ulama Indonesia mengambil jalan tengan, jika menurut Jumhur Ulama adalah 2,7 kg dan yang terendah adalah 2,04 kg, maka jalan tengahnya adalah 2,5 kg. Selebihnya dari takaran tersebut merupakan hal yang lebih utama (afdol).
Yuk kita berfikir dewasa dalam menyikapi….. Wallahu a’lam bis Shawab….

2013@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ZAKAT FITRAH, SATU SHA' BERBAGAI MAZHAB"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip