Ibnu Hajar Al-Asqalani, Penyusun Fathul Bari Terkenal
Pada
era perkembangan kemajuan khazanah keilmuan Islam dan setelah runtuhnya
Baghdad sebagai pusat kota kebudayaan Islam karena diserang bangsa
Tartar, menyebabkan pusat kebudayaan Islam beralih dari Baghdad ke
negeri Syam (Syria) dan Mesir. Ketika itu ulama-ulama terkemuka di
Baghdad pindah ke dua negeri tersebut. Di sana mereka mengembangkan ilmu
pengetahuan yang mereka miliki, sehingga pada abad-abad berikutnya di
kedua negeri itu banyak bermunculan ulama-ulama kenamaan. Nama Imam Ibnu
Hajar Al-‘Asqalani banyak disebut sebagai ulama yang paling disegani di
antara ulama-ulama yang semasa dengannya.
Nama
lengkap Ibnu Hajar adalah Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin
Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-Asqalani Al-Mishri. Adapun
penyebutan ‘Asqalani adalah nisbat kepada ‘Asqalan’, sebuah kota yang
masuk dalam wilayah Palestin, dekat Ghuzzah (Jalur Gaza). Beliau adalah seorang ulama besar madzhab Syafi’i, diberi gelar oleh ketua para qadhi, Syaikhul Islam, Al-Hafizh Al-Muthlaq (seorang hafizh secara mutlak), Amirul Mukminin dalam bidang hadist. Julukan beliau adalah Syihabuddin dengan nama pangilan (kunyah-nya) Abu Al-Fadhl. Beliau juga dikenal dengan nama Abul Hasan Ali dan lebih terkenal dengan nama Ibnu Hajar Nuruddin Asy-Syafi’i. Guru beliau, Burhanuddin Ibrahim Al-Abnasi memberinya namaAt-Taufiq dan sang penjaga tahqiq
Beliau
dilahirkan tanggal 12 Sya’ban tahun 773 Hijriyah (18 Pebruari 1372
Masehi) di pinggiran sungai Nil di Mesir kuno. Tempat tersebut jaraknya
berdekatan dengan Dar An-Nuhas dekat masjid Al-Jadid.
Ibnu
Hajar adalah seorang yang mempunyai tinggi badan sedang berkulit putih,
mukanya bercahaya, bentuk tubuhnya indah, berseri-seri mukanya, lebat
jenggotnya, dan berwarna putih serta pendek kumisnya. Beliau adalah
seorang yang mempunyai pendengaran dan penglihatan yang sehat, kuat dan
utuh giginya, kecil mulutnya, kuat tubuhnya, bercita-cita tinggi, kurus
badannya, fasih lisannya, lirih suaranya, sangat cerdas, pandai, pintar
bersyair dan menjadi pemimpin di masanya.
Ibnu
Hajar tumbuh dan besar sebagai anak yatim, ayah beliau meninggal ketika
ia berumur 4 tahun dan ibunya meninggal ketika ia masih balita. Ayah
beliau meninggal pada bulam rajab 777 H. setelah berhaji dan mengunjungi
Baitulmaqdis dan tinggal di dua tempat tersebut. Waktu itu Ibnu Hajar
ikut bersama ayahnya. Setelah ayahnya meninggal beliau ikut dan diasuh
oleh Az-Zaki Al-Kharubi (kakak tertua ibnu Hajar) sampai sang pengasuh
meninggal. Hal itu karena sebelum meninggal, sang ayah berwasiat kepada
anak tertuanya yaitu saudagar kaya bernama Abu Bakar Muhammad bin Ali
bin Ahmad Al-Kharubi (wafat tahun 787 H.) untuk menanggung dan membantu
adik-adiknya. Begitu juga sang ayah berwasiat kepada syaikh Syamsuddin
Ibnu Al-Qaththan (wafat tahun 813 H.) karena kedekatannya dengan Ibnu
Hajar kecil.
Kehidupannya dan Perjalanannya Sebagai Penuntut Ilmu
Ibnu
Hajar membesar sebagai seorang anak yatim.Ayah beliau meninggal ketika
beliau berumur 4 tahun dan ibunya meninggal ketika beliau masih kecil
,dan beliau diasuh oleh abangnya Az-Zaki Al-Kharubi.Pada usia lima tahun
Ibnu Hajar masuk ke Al-Maktab untuk menghafal Al-quran, di sana
terdapat seorang guru yang bernama Shamsuddin bin Al-Alafyang saat itu
menjadi gabenor Mesir dan juga Shamsuddin Al-Athrusy. Akan tetapi, Ibnu
Hajar tidak dapat menghafal Al-quran sehinggalah beliau diajar oleh
seorang ahli fekah dan pengajar sejati yaitu Shadruddin
Muhammad bin Muhammad bin Abdurrazaq As-Safthi Al Muqri’. Kepada beliau
ini lah akhirnya Ibnu Hajar dapat mengkhatamkan hafalan Al-qurannya
ketika berumur sembilan tahun.Ketika Ibnu Hajar berumur 12 tahun beliau
dilantik sebagai imam solat Tarawih di Masjidil Haram pada tahun 785 H.
Setelah kembali ke Mesir pada tahun 786 H, Ibnu Hajar bersungguh-sungguh
dalam menuntut ilmu, sehinggalah beliau menghafal beberapa kitab-kitab
induk seperti Al-‘Umdah Al-Ahkaam karyaAbdulghani Al-Maqdisi, Al-Alfiyah fi Ulum Al-Hadits karyaguru beliau Al-Haafizh Al-Iraqi, Al-Haawi Ash-Shaghi karyaAl-Qazwinir, Mukhtashar ibnu Al-Haajib fi Al-Ushul dan Mulhatu Al-I’rob serta yang lainnya.
Awalnya
beliau mula berjinak dan mendalami kitab-kitab sejarah serta menghafal
nama-nama perawi. Setelah itu, beliau mengkaji bidang sastera Arab dari
tahun 792 H serta menjadi pakar dalam syair. Kemudian beliau menuntut
ilmu berkaitan hadis sejak tahun 793 H namun beliau tidak mendalami
ilmu ini secara mendalam sehinggalah tahun 796 H barulah
beliaumemberikan perhatian penuh untuk mendalamii hadis dan ilmu yang
berkaitan.
Ibn Hajar bertemu dengan Al-Hafizh Al-Iraqiyaitu
seorang syeikh besar yang terkenal sebagai ahli fikih, orang yang
paling tahu tentang madzhab Syafi’i. Di samping itu, beliau seorang yang
sempurna dalam penguasaan tafsir, hadis dan Bahasa Arab. Ibnu Hajar
mendampingi beliau selama sepuluh tahun, serta mengiringi beliau dalam
perjalanan ke Syam dan yang lainnya. Bersama syeikh inilah, Ibnu Hajar
menjadi seorang ulama sejati dan menjadi orang pertama yang diberi izin
Al-Iraqi untuk mengajarkan hadis. Al-Iraqi memberikan gelaran kepada
Ibnu Hajar dengan Al-Hafizh dan sangat memuliakannya. Adapun
setelah sang guru wafat, Ibnu Hajar menuntut ilmu dengan guru kedua
yaitu Nuruddin Al-Haitsami. Terdapat juga guru lain beliau iaitu Imam
Muhibbuddin Muhammad bin Yahya bin Al-Wahdawaihyang melihat keseriusan
Ibnu Hajar dalam mempelajari hadis, lalu beliau memberi saranan kepada
Ibnu Hajar supaya mempelajari fekah karena orang akan memerlukan ilmu
tersebut.
Guru Beliau
Al-Hafizh Ibnu
Hajar sangat memperhatikan para gurunya dengan menyebut nama-nama
mereka dalam banyak karya-karya ilmiahnya. Beliau menyebut nama-nama
mereka dalam dua kitab, yaitu:
- Al-Mu’jam Al-Muassis lil Mu’jam Al-Mufahris.
- Al-Mu’jam Al-Mufahris.
Imam As-Sakhaawi membagi guru beliau menjadi tiga klasifikasi:
- Guru yang beliau dengar hadits darinya walaupun hanya satu hadits.
- Guru yang memberikan ijazah kepada beliau.
- Guru yang beliau ambil ilmunya secara mudzkarah atau mendengar darinya khutbah atau karya ilmiahnya.
Guru beliau mencapai lebih dari 640an orang, sedangkan Ibnu Khalil Ad-Dimasyqi dalam kitab Jumaan Ad-Durar membagi para guru beliau dalam tiga bagian juga dan menyampaikan jumlahnya 639 orang.
Dalam
kesempatan ini kami hanya menyampaikan beberapa saja dari mereka yang
memiliki pengaruh besar dalam perkembangan keilmuan beliau agar tidak
terlalu panjang biografi beliau ini.
Diantara para guru beliau tersebut adalah:
I. Bidang keilmuan Al-Qira’aat (ilmu Alquran):
Syeikh
Ibrahim bin Ahmad bin Abdulwahid bin Abdulmu`min bin ‘Ulwaan At-Tanukhi
Al-Ba’li Ad-Dimasyqi (wafat tahun 800 H.) dikenal dengan Burhanuddin
Asy-Syaami. Ibnu Hajar belajar dan membaca langsung kepada beliau
sebagian Alquran, kitab Asy-Syathibiyah, Shahih Al-Bukhari dan sebagian musnad dan Juz Al-Hadits. Syeikh Burhanuddin ini memberikan izin kepada Ibnu Hajar dalam fatwa dan pengajaran pada tahun 796 H.
II. Bidang ilmu Fikih:
- Syeikh Abu Hafsh Sirajuddin Umar bin Ruslaan bin Nushair bin Shalih Al-Kinaani Al-‘Asqalani Al-Bulqini Al-Mishri (wafat tahun 805 H) seorang mujtahid, haafizh dan seorang ulama besar. Beliau memiliki karya ilmiah, diantaranya: Mahaasin Al-Ish-thilaah Fi Al-Mushtholah dan Hawasyi ‘ala Ar-Raudhah serta lainnya.
- Syeikh Umar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Abdillah Al-Anshari Al-Andalusi Al-Mishri (wafat tahun 804 H) dikenal dengan Ibnu Al-Mulaqqin. Beliau orang yang terbanyak karya ilmiahnya dizaman tersebut. Diantara karya beliau: Al-I’laam Bi Fawaa`id ‘Umdah Al-Ahkam (dicetak dalam 11 jilid) dan Takhrij ahaadits Ar-Raafi’i(dicetak dalam 6 jilid) dan Syarah Shahih Al-Bukhari dalam 20 jilid.
- Burhanuddin Abu Muhammad Ibrahim bin Musa bin Ayub Ibnu Abnaasi (725-782 ).
III. Bidang ilmu Ushul Al-Fikih :
Syeikh
Izzuddin Muhammad bin Abu bakar bin Abdulaziz bin Muhammad bin Ibrahim
bin Sa’dullah bin Jama’ah Al-Kinaani Al-Hamwi Al-Mishri (Wafat tahun 819
H.) dikenal dengan Ibnu Jama’ah seorang faqih, ushuli, Muhaddits, ahli kalam, sastrawan dan ahli nahwu. Ibnu Hajar Mulazamah kepada beliau dari tahun 790 H. sampai 819 H.
IV. Bidang ilmu Sastra Arab :
- Majduddin Abu Thaahir Muhammad bin Ya’qub bin Muhammad bin Ibrahim bin Umar Asy-Syairazi Al-Fairuzabadi (729-827 H.). seorang ulama pakar satra Arab yang paling terkenal di masa itu.
- Syamsuddin Muhammad bin Muhammad bin ‘Ali bin Abdurrazaaq Al-Ghumaari 9720 -802 H.).
V. Bidang hadits dan ilmunya:
- Zainuddin Abdurrahim bin Al-Husein bin Abdurrahman bin Abu bakar bin Ibrahim Al-Mahraani Al-Iraqi (725-806 H. ).
- Nuruddin abul Hasan Ali bin Abu Bakar bin Sulaimanbin Abu Bakar bin Umar bin Shalih Al-Haitsami (735 -807 H.).
Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, guru-guru Ibnu Hajar, antara lain:
- Al-Iraqi, seorang yang paling banyak menguasai bidang hadits dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan hadits.
- Al-Haitsami, seorang yang paling hafal tentang matan-matan.
- Al-Ghimari, seorang yang banyak tahu tentang bahasa Arab dan berhubungan dengan bahasa Arab.
- A-Muhib bin Hisyam, seorang yang cerdas.
- Al-Ghifari, seorang yang hebat hafalannya.
- Al-Abnasi, seorang yang terkenal kehebatannya dalam mengajar dan memahamkan orang lain.
- Al-Izzu bin Jamaah, seorang yang banyak menguasai beragam bidang ilmu.
- At-Tanukhi, seorang yang terkenal dengan qira’atnya dan ketinggian sanadnya dalam qira’at.
Murid Beliau
Kedudukan
dan ilmu beliau yang sangat luas dan dalam tentunya menjadi perhatian
para penuntut ilmu dari segala penjuru dunia. Mereka berlomba-lomba
mengarungi lautan dan daratan untuk dapat mengambil ilmu dari sang ulama
ini. Oleh karena itu tercatat lebih dari lima ratus murid beliau
sebagaimana disampaikan murid beliau imam As-Sakhawi.
Diantara murid beliau yang terkenal adalah:
- Syeikh Ibrahim bin Ali bin Asy-Syeikh bin Burhanuddin bin Zhahiirah Al-Makki Asy-Syafi’i (wafat tahun 891 H.).
- Syeikh Ahmad bin Utsmaan bin Muhammad bin Ibrahim bin Abdillah Al-Karmaani Al-hanafi (wafat tahun 835 H.) dikenal dengan Syihabuddin Abul Fathi Al-Kalutaani seorang Muhaddits.
- Syihabuddin Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Hasan Al-Anshari Al-Khazraji (wafat tahun 875 H.) yang dikenal dengan Al-Hijaazi.
- Zakariya bin Muhammad bin Zakariya Al-Anshari wafat tahun 926 H.
- Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abu bakar bin Utsmaan As-Sakhaawi Asy-Syafi’i wafat tahun 902 H.
- Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Abdullah bin Fahd Al-Hasyimi Al-‘Alawi Al-Makki wafat tahun 871 H.
- Burhanuddin Al-Baqa’i, penulis kitab Nuzhum Ad-Dhurar fi Tanasub Al-Ayi wa As-Suwar.
- Ibnu Al-Haidhari.
- At-Tafi bin Fahd Al-Makki.
10. Al-Kamal bin Al-Hamam Al-Hanafi.
11. Qasim bin Quthlubugha.
12. Ibnu Taghri Bardi, penulis kitab Al-Manhal Ash-Shafi.
13. Ibnu Quzni.
14. Abul Fadhl bin Asy-Syihnah.
15. Al-Muhib Al-Bakri.
16. Ibnu Ash-Shairafi.
Wafat Beliau
Setelah melalui masa-masa kehidupan yang penuh dengan kegiatan ilmiah dalamkhidmah kepada
ilmu dan berjihad menyebarkannya dengan beragam sarana yang ada. Ibnu
Hajar jatuh sakit dirumahnya setelah ia mengundurkan diri dari
jabatannya sebagai qadhi pada tanggal 25 Jamadal Akhir tahun 852 H. Dia
adalah seorang yang selalu sibuk dengan mengarang dan mendatangi
majelis-majelis taklim hingga pertama kali penyakit itu menjangkit yaitu
pada bulan Dzulqa’dah tahun 852 H. Ketika ia sakit yang membawanya
meninggal, ia berkata, “Ya Allah, bolehlah engkau tidak memberikanku kesehatan, tetapi janganlah engkau tidak memberikanku pengampunan.” Beliau berusaha menyembunyikan penyakitnya dan tetap menunaikan kewajibannya mengajar dan membacakan imla’. Namun penyakit tersebut semakin bertambah parah sehingga para tabib dan penguasa (umara) serta para Qadhi bolak
balik menjenguk beliau. Sakit ini berlangsung lebih dari satu bulan
kemudian beliau terkena diare yang sangat parah dengan mengeluarkan
darah. Imam As-Sakhaawi berkata, “Saya mengira Allah telah memuliakan
beliau dengan mati syahid, karena penyakit tha’un telah muncul. Kemudian pada malam sabtu tanggal 28 Dzulhijjah tahun
852 H (22 Pebruari 1449 M). berselang dua jam setelah shalat isya’,
orang-orang dan para sahabatnya berkerumun didekatnya menyaksikan
hadirnyasakaratul maut.”
Hari
itu adalah hari musibah yang sangat besar. Orang-orang menangisi
kepergiannya sampai-sampai orang non muslim pun ikut meratapi kematian
beliau. Pada hari itu pasar-pasar ditutup demi menyertai kepergiannya.
Para pelayat yang datang pun sampai-sampai tidak dapat dihitung. Semua
para pembesar dan pejabat kerajaan saat itu datang melayat dan bersama
masyarakat yang banyak sekali menshalatkan jenazah beliau. Diperkirakan
orang yang menshalatkan beliau lebih dari 50.000 orang dan Amirul Mukminin khalifah Al-Abbasiah mempersilahkan
Al-Bulqini untuk menyalati Ibnu Hajar di Ar-Ramilah di luar kota Kairo.
Jenazah beliau kemudian dipindah ke Al-Qarafah Ash-Shughra untuk
dikubur di pekuburan Bani Al-Kharrubi yang berhadapan dengan masjid
Ad-Dailami di antara makam Imam Syafi’i dengan Syaikh Muslim As-Silmi.
Sanjungan Para Ulama Terhadap Beliau
Al-Hafizh As-Sakhawi
berkata, “Adapun pujian para ulama terhadapnya, ketahuilah pujian
mereka tidak dapat dihitung. Mereka memberikan pujian yang tak terkira
jumlahnya, namun saya berusaha untuk menyebutkan sebagiannya sesuai
dengan kemampuan.”
Al-Iraqi berkata, “Ia adalah syaikh, yang alim, yang sempurna, yang mulia, yang seorang muhhadits (ahli hadist), yang banyak memberikan manfaat, yang agung, seorang Al-Hafizh, yang sangat bertakwa, yang dhabit (dapat dipercaya perkataannya), yang tsiqah, yang amanah, Syihabudin Ahmad Abdul Fadhl bin Asy-Syaikh, Al-Imam, Al-Alim, Al-Auhad, Al-Marhum Nurudin, yang kumpul kepadanya para perawi dan syaikh-syaikh, yang pandai dalam nasikh dan mansukh, yang menguasai Al-Muwafaqat dan Al-Abdal, yang dapat membedakan antara rawi-rawi yang tsiqah dan dhaif, yang banyak menemui para ahli hadits,dan yang banyak ilmunya.
Karya Ilmiah Beliau.
Al-Haafizh ibnu
Hajar telah menghabiskan waktunya untuk menuntut ilmu dan
menyebarkannya dengan lisan, amalan dan tulisan. Beliau telah memberikan
jasa besar bagi perkembangan beraneka ragam bidang keilmuan untuk umat
ini.Murid beliau yang ternama imam As-Sakhaawi dalam kitab Ad-Dhiya’ Al-Laami’menjelaskan bahwa karya tulis beliau mencapai lebih dari 150 karya, sedangkan dalam kitab Al-Jawaahir wad-Durar disampaikan lebih dari 270 karya.
Tulisan-tulisan Ibnu Hajar, antara lain:
- Ithaf Al-Mahrah bi Athraf Al-Asyrah.
- An-Nukat Azh-Zhiraf ala Al-Athraf.
- Ta’rif Ahli At-Taqdis bi Maratib Al-Maushufin bi At-Tadlis (Thaqabat Al-Mudallisin).
- Taghliq At-Ta’liq.
- At-Tamyiz fi Takhrij Ahadits Syarh Al-Wajiz (At-Talkhis Al-Habir).
- Ad-Dirayah fi Takhrij Ahadits Al-Hidayah.
- Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari.
- Al-Qaul Al-Musaddad fi Adz-Dzabbi an Musnad Al-Imam Ahmad.
- Al-Kafi Asy-Syafi fi Takhrij Ahadits Al-Kasyyaf.
- Mukhtashar At-Targhib wa At-Tarhib.
- Al-Mathalib Al-Aliyah bi Zawaid Al-Masanid Ats-Tsamaniyah.
- Nukhbah Al-Fikri fi Mushthalah Ahli Al-Atsar.
- Nuzhah An-Nazhar fi Taudhih Nukhbah Al-Fikr.
- Komentar dan kritik atas kitab Ulum Hadits karya Ibnu As-Shalah.
- Hadyu As-Sari Muqqadimah Fath Al-Bari.
- Tabshir Al-Muntabash bi Tahrir Al-Musytabah.
- Ta’jil Al-Manfaah bi Zawaid Rijal Al-Aimmah Al-Arba’ah.
- Taqrib At-Tahdzib.
- Tahdzib At-Tahdzib.
- Lisan Al-Mizan.
- Al-Ishabah fi Tamyiz Ash-Shahabah.
- Inba’ Al-Ghamar bi Inba’ Al-Umur.
- Ad-Durar Al-Kaminah fi A’yan Al-Miah Ats-Tsaminah.
- Raf’ul Ishri ‘an Qudhat Mishra.
- Bulughul Maram min Adillah Al-Ahkam.
- Quwwatul Hujjaj fi Umum Al-Maghfirah Al-Hujjaj.
0 Response to "Ibnu Hajar Al-Asqalani, Penyusun Fathul Bari Terkenal"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip