HUKUM QODHO (MENGGANTI) SHOLAT, SEBAB DAN WAKTUNYA
Dibawah ini kami uraikan
ketentuan-ketentuan hukum dan cara mengqodho' sholat :
1. Kewajiban mengqodho' sholat yang ditinggalkan.
Orang yang wajib mengerjakan sholat, kemudian ia tidak mengerjakannya sampai waktunya habis, maka ia diwajibkan mengqodho' sholat yang ia tinggalkan, berdasarkan sabda Nabi ;
1. Kewajiban mengqodho' sholat yang ditinggalkan.
Orang yang wajib mengerjakan sholat, kemudian ia tidak mengerjakannya sampai waktunya habis, maka ia diwajibkan mengqodho' sholat yang ia tinggalkan, berdasarkan sabda Nabi ;
مَنْ
نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ
"Barang siapa yang lupa mengerjakan sholat, maka hendaklah ia melaksanakannya jika telah mengingatnya, tidak ada tebusan baginya kecuali itu." (Shohih Bukhori, no.597 dan Shohih Muslim, no.684)
Dalam riwayat lain dijelaskan ;
إِذَا
رَقَدَ أَحَدُكُمْ عَنِ الصَّلَاةِ، أَوْ غَفَلَ عَنْهَا، فَلْيُصَلِّهَا إِذَا
ذَكَرَهَا
“Apabila salah seorang dari kalian tertidur hingga luput dari mengerjakan satu shalat atau ia lupa, maka hendaklah ia menunaikan sholat tersebut ketika ia ingat." (Shohih Muslim, no.684)
2. Bergegas mengqodho' sholat.
Dan diperbolehkan mengakhirkan qodho' sholat yang ditinggalkan, apabila sholat tersebut ditinggalakan karena ada udzur, seperti ketiduran. Ketentuan ini didasarkan pada hadits nabi ;
عَنْ
عِمْرَانَ، قَالَ: كُنَّا فِي سَفَرٍ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ، وَإِنَّا أَسْرَيْنَا حَتَّى كُنَّا فِي آخِرِ اللَّيْلِ، وَقَعْنَا
وَقْعَةً، وَلاَ وَقْعَةَ أَحْلَى عِنْدَ المُسَافِرِ مِنْهَا، فَمَا أَيْقَظَنَا
إِلَّا حَرُّ الشَّمْسِ، وَكَانَ أَوَّلَ مَنِ اسْتَيْقَظَ فُلاَنٌ، ثُمَّ
فُلاَنٌ، ثُمَّ فُلاَنٌ - يُسَمِّيهِمْ أَبُو رَجَاءٍ فَنَسِيَ
عَوْفٌ ثُمَّ عُمَرُ بْنُ الخَطَّابِ الرَّابِعُ - وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَامَ لَمْ يُوقَظْ حَتَّى يَكُونَ هُوَ
يَسْتَيْقِظُ، لِأَنَّا لاَ نَدْرِي مَا يَحْدُثُ لَهُ فِي نَوْمِهِ، فَلَمَّا
اسْتَيْقَظَ عُمَرُ وَرَأَى مَا أَصَابَ النَّاسَ وَكَانَ رَجُلًا جَلِيدًا،
فَكَبَّرَ وَرَفَعَ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ، فَمَا زَالَ يُكَبِّرُ وَيَرْفَعُ
صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيرِ حَتَّى اسْتَيْقَظَ بِصَوْتِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا اسْتَيْقَظَ شَكَوْا إِلَيْهِ الَّذِي أَصَابَهُمْ،
قَالَ: «لاَ ضَيْرَ - أَوْ لاَ يَضِيرُ - ارْتَحِلُوا»،
فَارْتَحَلَ، فَسَارَ غَيْرَ بَعِيدٍ، ثُمَّ نَزَلَ فَدَعَا بِالوَضُوءِ،
فَتَوَضَّأَ، وَنُودِيَ بِالصَّلاَةِ، فَصَلَّى بِالنَّاسِ
"Dari 'Imron, ia berkata, Kami
pernah dalam suatu perjalanan bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kami
berjalan di waktu malam hingga ketika sampai di akhir malam kami tidur, dan tidak
ada tidur yang paling enak (nyenyak) bagi musafir melebihi yang kami alami.
Hingga tidak ada yang membangunkan kami kecuali panas sinar matahari. Dan orang
yang pertama kali bangun adalah si fulan, lalu si fulan, lalu seseorang yang
Abu 'Auf mengenalnya namun akhirnya lupa. Dan 'Umar bin Al Khaththab adalah
orang keempat saat bangun, Sedangkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bila
tidur tidak ada yang membangunkannya hingga beliau bangun sendiri, karena kami
tidak tahu apa yang terjadi pada beliau dalam tidurnya. Ketika 'Umar bangun dan
melihat apa yang terjadi di tengah banyak orang (yang kesiangan) -dan 'Umar
adalah seorang yang tegar penuh keshabaran-, maka ia bertakbir dengan
mengeraskan suaranya dan terus saja bertakbir dengan keras hingga Nabi shallallahu
'alaihi wasallam terbangun akibat kerasnya suara takbir 'Umar. Tatkala beliau
bangun, orang-orang mengadukan peristiwa yang mereka alami. Maka beliau
bersabda: Tidak masalah, atau tidak apa dan lanjutkanlah perjalanan. Maka
beliau meneruskan perjalanan dan setelah beberapa jarak yang tidak jauh beliau
berhenti lalu meminta segayung air untuk wudlu, beliau lalu berwudlu kemudian
menyeru untuk shalat. Maka beliau shalat bersama orang banyak." (Shohih Bukhori, no.344)
Namun disunatkan untuk bergegas mengqodho' sholat yang ditinggalkan karena adanya udzur. Sedangkan apabila sholat tersebut ditinggalkan tanpa adanya udzur maka diwajibkan untuk segera mengqodho' sholat yang ditinggalkan menurut pendapat yang shohih.
3. Urutan qodho' sholat.
Apabila sholat yang ditinggalkan lebih dari satu, disunatkan untuk mengqodho' sholat-sholat tersebut berurutan, sesuai dengan waktunya. Kesunatan ini didasarkan pada hadits ;
Namun disunatkan untuk bergegas mengqodho' sholat yang ditinggalkan karena adanya udzur. Sedangkan apabila sholat tersebut ditinggalkan tanpa adanya udzur maka diwajibkan untuk segera mengqodho' sholat yang ditinggalkan menurut pendapat yang shohih.
3. Urutan qodho' sholat.
Apabila sholat yang ditinggalkan lebih dari satu, disunatkan untuk mengqodho' sholat-sholat tersebut berurutan, sesuai dengan waktunya. Kesunatan ini didasarkan pada hadits ;
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ عُمَرَ بْنَ الخَطَّابِ، جَاءَ يَوْمَ
الخَنْدَقِ، بَعْدَ مَا غَرَبَتِ الشَّمْسُ فَجَعَلَ يَسُبُّ كُفَّارَ قُرَيْشٍ،
قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا كِدْتُ أُصَلِّي العَصْرَ، حَتَّى كَادَتِ
الشَّمْسُ تَغْرُبُ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
«وَاللَّهِ مَا صَلَّيْتُهَا» فَقُمْنَا إِلَى بُطْحَانَ،
فَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ وَتَوَضَّأْنَا لَهَا، فَصَلَّى العَصْرَ بَعْدَ مَا
غَرَبَتِ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى بَعْدَهَا المَغْرِبَ
“Dari Jabir bin Abdillah
rodhiyallohu’anhuma, bahwasannya Umar bin Khottob rodhiyallohu’anhu datang pada
hari peperangan Khondaq setelah matahari akan tenggelam, lalu beliau mulai
mencerca orang-orang kafir Quraisy (karena menyebabkan para sahabat terlambat
sholat ashar), beliau berkata: “Wahai Rosulullah, aku belum melakukan sholat
ashar padahal matahari hampir tenggelam.” Nabi shollallohu’alaihi wa sallam
bersabda: “Aku pun belum sholat ashar.” Maka kami bangkit menuju lembah
buthhan, lalu Nabi shollallohu’alaihi wa sallam berwudhu untuk sholat, kami pun
ikut berwudhu, lalu Rosulullah shollallohu’alaihi wa sallam melakukan sholat
ashar setelah matahari terbenam (di waktu maghrib), kemudian setelah itu beliau
sholat maghrib.” (Shohih Bukhori, no.596)
4. Tata cara sholat qodho'.
Cara mengerjakan sholat qodho' itu sama saja dengan sholat ada' (sholat yang dikerjakan pada waktunya) dalam semua hal, mulai dari syarat sah sampai rukun-rukunnya. Sedikit perbedaannya terletak pada niatnya, dalam sholat qodho' disunatkan untuk mengganti kata "ada'an" dengan kata "qodho'an". Namun, hal ini tidak wajib, sebab dalam madzhab syafi'i tidak diwajibkan untuk menyinggung ada' atau qodho' ketika niat, hanya saja penambahan kata "qodho'an" dianjurkan untuk menghindari perselisihan seputar diwajibkannya penambahan tersebut.
(Dijawab oleh : Siroj Munir, NaufalAlbarinji Sebuah ManuskripKehidupan dan Mazz Rofii)
Referensi :
1. Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3 Hal : 68-69
2. At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210
3. Al Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 134-135
Ibarot :
Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3 Hal : 68-69
4. Tata cara sholat qodho'.
Cara mengerjakan sholat qodho' itu sama saja dengan sholat ada' (sholat yang dikerjakan pada waktunya) dalam semua hal, mulai dari syarat sah sampai rukun-rukunnya. Sedikit perbedaannya terletak pada niatnya, dalam sholat qodho' disunatkan untuk mengganti kata "ada'an" dengan kata "qodho'an". Namun, hal ini tidak wajib, sebab dalam madzhab syafi'i tidak diwajibkan untuk menyinggung ada' atau qodho' ketika niat, hanya saja penambahan kata "qodho'an" dianjurkan untuk menghindari perselisihan seputar diwajibkannya penambahan tersebut.
(Dijawab oleh : Siroj Munir, NaufalAlbarinji Sebuah ManuskripKehidupan dan Mazz Rofii)
Referensi :
1. Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3 Hal : 68-69
2. At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210
3. Al Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 134-135
Ibarot :
Al Majmu' Syarah Al Muhadzdzab, Juz : 3 Hal : 68-69
قال
المصنف رحمه الله : ومن وجب عليه الصلاة فلم يصل حتى فات الوقت لزمه قضاؤها لقوله
صلى الله عليه وسلم (من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها) والمستحب أن
يقضيها على الفور للحديث الذي ذكرناه فإن أخرها جاز لما روي أن النبي صلى الله
عليه وسلم فاتته صلاة الصبح فلم يصلها حتى خرج من الوادي ولو كانت على الفور لما
أخرها وقال أبو إسحاق إن تركها بغير عذر لزمه قضاؤها على الفور لأنه مفرط في
التأخير والمستحب أن يقضيها على الترتيب لأن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته أربع
صلوات يوم الخندق فقضاها على الترتيب فإن قضاها من غير ترتيب جاز لأنه ترتيب استحق
للوقت فسقط بفوات الوقت كقضاء الصوم وإن ذكر الفائتة وقد ضاق وقت الحاضرة لزمه أن
يبدأ بالحاضرة لأن الوقت تعين لها فوجبت البداءة بها كما لو حضره رمضان وعليه صوم
رمضان قبله ولأنه إذا أخر الحاضرة فاتت فوجبت البداءة بها
................................
الشرح : أما الحديث الأول فصحيح ففي صحيح البخاري عن أنس عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (من نسي صلاة فليصل إذا ذكر) وفي صحيح مسلم عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (إذا رقد أحدكم عن الصلاة أو غفل عنها فليصلها إذا ذكرها) وأما الحديث الثاني ففي الصحيحين عن عمران بن حصين رضي الله عنهما قال (كنا في سفر مع النبي صلى الله عليه وسلم وإنا أسرينا حتى كنا في آخر الليل وقعنا وقعة ولا وقعة أحلا عند المسافر منها فما أيقظنا إلا حر الشمس فلما استيقظ النبي صلى الله عليه وسلم شكوا إليه الذي أصابهم فقال لا ضير ولا ضرر ارتحلوا فارتحلوا فسار غير بعيد ثم نزل فدعا بالوضوء فتوضأ ونودي بالصلاة فصلى بالناس) وأما حديث فوات أربع صلوات يوم الخندق فرواه الترمذي والنسائي من رواية أبي عبيدة بن عبد الله بن مسعود عن أبيه وأبو عبيدة لم يسمع أباه فهو حديث منقطع لا يحتج به ويغني عنه حديث جابر رضي الله عنه أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه جاء يوم الخندق بعدما غربت الشمس فجعل يسب كفار قريش وقال يا رسول الله ما كدت أصلي العصر حتى كادت الشمس تغرب فقال النبي صلى الله عليه وسلم (والله ما صليتها فقمنا إلى بطحان فتوضأ للصلاة وتوضأنا لها فصلى العصر بعدما غربت الشمس ثم صلى بعدها المغرب) رواه البخاري ومسلم قوله البداية لحن عند أهل العربية والصواب البداءة بضمن الباء والمد والبدأة بفتحها وإسكان الدال بعدها همزة والبدوءة ممدودة ثلاث لغات حكاهن الجوهري وغيره
أما حكم الفصل ففيه مسألتان إحداهما من لزمه صلاة ففاتته لزمه قضاؤها سواء فاتت بعذر أو بغيره فإن كان فواتها بعذر كان قضاؤها على التراخي ويستحب أن يقضيها على الفور قال صاحب التهذيب وقيل يجب قضاؤها حين ذكر للحديث والذي قطع به الأصحاب أنه يجوز تأخيرها لحديث عمران ابن حصين وهذا هو المذهب وإن فوتها بلا عذر فوجهان كما ذكر المصنف أصحهما عند العراقيين أنه يستحب القضاء على الفور ويجوز التأخير كما لو فاتت بعذر وأصحهما عند الخراسانيين أنه يجب القضاء على الفور وبه قطع جماعات منهم أو أكثرهم ونقل إمام الحرمين اتفاق الأصحاب عليه وهذا هو الصحيح لأنه مفرط بتركها ولأنه يقتل بترك الصلاة التي فاتت ولو كان القضاء على التراخي لم يقتل
................................
الشرح : أما الحديث الأول فصحيح ففي صحيح البخاري عن أنس عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (من نسي صلاة فليصل إذا ذكر) وفي صحيح مسلم عن النبي صلى الله عليه وسلم قال (إذا رقد أحدكم عن الصلاة أو غفل عنها فليصلها إذا ذكرها) وأما الحديث الثاني ففي الصحيحين عن عمران بن حصين رضي الله عنهما قال (كنا في سفر مع النبي صلى الله عليه وسلم وإنا أسرينا حتى كنا في آخر الليل وقعنا وقعة ولا وقعة أحلا عند المسافر منها فما أيقظنا إلا حر الشمس فلما استيقظ النبي صلى الله عليه وسلم شكوا إليه الذي أصابهم فقال لا ضير ولا ضرر ارتحلوا فارتحلوا فسار غير بعيد ثم نزل فدعا بالوضوء فتوضأ ونودي بالصلاة فصلى بالناس) وأما حديث فوات أربع صلوات يوم الخندق فرواه الترمذي والنسائي من رواية أبي عبيدة بن عبد الله بن مسعود عن أبيه وأبو عبيدة لم يسمع أباه فهو حديث منقطع لا يحتج به ويغني عنه حديث جابر رضي الله عنه أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه جاء يوم الخندق بعدما غربت الشمس فجعل يسب كفار قريش وقال يا رسول الله ما كدت أصلي العصر حتى كادت الشمس تغرب فقال النبي صلى الله عليه وسلم (والله ما صليتها فقمنا إلى بطحان فتوضأ للصلاة وتوضأنا لها فصلى العصر بعدما غربت الشمس ثم صلى بعدها المغرب) رواه البخاري ومسلم قوله البداية لحن عند أهل العربية والصواب البداءة بضمن الباء والمد والبدأة بفتحها وإسكان الدال بعدها همزة والبدوءة ممدودة ثلاث لغات حكاهن الجوهري وغيره
أما حكم الفصل ففيه مسألتان إحداهما من لزمه صلاة ففاتته لزمه قضاؤها سواء فاتت بعذر أو بغيره فإن كان فواتها بعذر كان قضاؤها على التراخي ويستحب أن يقضيها على الفور قال صاحب التهذيب وقيل يجب قضاؤها حين ذكر للحديث والذي قطع به الأصحاب أنه يجوز تأخيرها لحديث عمران ابن حصين وهذا هو المذهب وإن فوتها بلا عذر فوجهان كما ذكر المصنف أصحهما عند العراقيين أنه يستحب القضاء على الفور ويجوز التأخير كما لو فاتت بعذر وأصحهما عند الخراسانيين أنه يجب القضاء على الفور وبه قطع جماعات منهم أو أكثرهم ونقل إمام الحرمين اتفاق الأصحاب عليه وهذا هو الصحيح لأنه مفرط بتركها ولأنه يقتل بترك الصلاة التي فاتت ولو كان القضاء على التراخي لم يقتل
At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210
لا
تجب نية إضافة الصلاة لله سبحانه وتعالى, ولا نية تعيين عدد الركعات, ولا نية
استقبال القبلة, ولا نية الأداء أوالقضاءو بل كل ذلك سنة
Al Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 134-135
ولا
يلزمه أن ينوي الأداء والقضاء ومن أصحابنا من قال يلزمه نية القضاء والأول هو
المنصوص فإنه قال فمن صلى في يوم غيم بالاجتهاد فوافق ما بعد الوقت أنه يجزيه وإن
كان عنده أنه يصليها في الوقت
Shalat
Qadha 5 Waktu di Jum’at Terakhir Bulan Ramadhan.
Mengenai
shalat kafarat (mengqodlo sholat lima waktu) adalah kebiasaan yang dilakukan
oleh beberapa sahabat, diantaranya oleh Ali bin Abi Thalib kw, dan terdapat
sanad yang muttashil dan tsiqah kepada Ali bin Abi Thalib kw bahwa beliau
melakukannya di Kufah. Dan yang memproklamirkan kembali hal ini adalah AL Imam
Al Hafidh Al Musnid Abubakar bin Salim rahimahullah, yaitu dilakukan pada setelah
shalat jumat, pada hari jumat terakhir di bulan ramadhan, mengQadha shalat lima
waktu, Tujuannya adalah barangkali ada dalam hari hari kita shalat yang
tertinggal, dan belum di Qadha, atau ada hal hal yang membuat batalnya shalat
kita dan kita lupa akannya maka dilakukan shalat tersebut.
Mereka
melakukan hal itu menilik keberkahan dan kemuliaan waktu hari jumat dan bulan
Ramadhan. Adapun tatacaranya adalah sholat dengan niat qadha` . pertama sholat
dhuhur, kemudian setelah salam langsung bangun sholat ashar qadha` dan begitu
seterusnya sampai sholat subuh.
Barangsiapa
selama hidupnya pernah meninggalkan sholat tetapi tak dapat menghitung
jumlahnya, maka sholatlah di hari Jum’at terakhir bulan Ramadhan sebanyak 4
rakaat dengan 1x tasyahud (tasyahud akhir saja), tiap rakaat membaca 1 kali
Fatihah kemudian surat Al-Qadar 15x dan surat Al-Kautsar 15x .
Niatnya:
”Nawaitu Usholli arba’a raka’atin kafaratan limaa faatanii minash-shalati
lillaahi ta’alaa”. Sayidina Abu
Bakar ra. berkata " Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sholat
tersebut sebagai kafaroh (pengganti) sholat 400 tahun dan menurut Sayidina Ali
ra. sholat tersebut sebagai kafaroh 1000 tahun. Maka bertanyalah sahabat : umur
manusia itu hanya 60 tahun atau 100 tahun, lalu untuk siapa kelebihannya
?". Rasulullah SAW menjawab, " untuk kedua orangtuanya, untuk
istrinya, untuk anaknya dan untuk sanak familinya serta orang-orang yang
didekatnya/ lingkungannya. "
MengQadha
shalat tentunya wajib hukumnya bagi mereka yang meninggalkan shalat, namun
tidak ada larangannya melakukan shalat fardhu kembali karena hukum shalat i’adah
adalah hal yang diperbolehkan. Dan selama hal ini pernah dilakukan oleh para
sahabat maka pastilah Rasul saww. yang mengajarkannya, mengenai tak
teriwayatkannya pada hadits shahih maka hal itu tak bisa menafikan hal ini
selama terdapat sanad yang tsiqah dan muttashil pada sahabat atau tabiin.
Sebab
hadits yang ada kini tak sampai 1% dari hadits hadits Rasul saww. yang ada
dizaman sahabat, Anda bisa bayangkan Jika Imam Ahmad bin Hanbal telah hafal 1
juta hadits dengan sanad dan hukum matannya, namun ia hanya mampu menulis sekitar
20 ribu hadits pada musnadnya, sisanya tak tertulis, lalu kemana 980 ribu
hadits lainnya?, sirna dan tak tertuliskan, demikian pula Imam Bukhari yang
hafal lebih dari 600 ribu hadit dengan sanad dan hukum matannya namun beliau
hanya mampu menuliskan sekitar 7000 hadits pada shahihnya dan beberapa hadits
lagi pada buku-buku beliau lainnya, lalu kemana 593 ribu hadits lainnya? Sirna dan
tak sempat tertuliskan, Namun ada tulisan tulisan dan riwayat sanad yang
dihafal oleh
murid-murid
mereka, disampaikan pula pada murid murid berikutnya, nah demikianlah sanad
yang sampai saat ini tanpa teriwayatkan dalam hadits shahih. Tentunya jalur
mereka yang tak sempat terdata secara umum, namun masih tersimpan jalurnya
dengan riwayat tsiqah dan muttashil kepada para sahabat. Hal ini merupakan
Ikhtilaf, boleh mengamalkannya dan boleh meninggalkannya.
Setelah
sholat sehabis salam membaca shalawat Nabi sebanyak 100 kali dengan shalawat
apa saja, membaca Basmalah, Hamdalah, Istighfar, Yyahadat dan Doa ini tiga kali
:
اللهم يا من لا تنفعك
طاعتي ولا تضرك معصيتي تقبل مني ما لا ينفعك واغفر لي ما لا يضرك، يا من إذا وعد
وفى، وإذا توعد تجاوز وعفا، اغفرلعبد ظلم نفسه، وأسألك اللهم إني أعوذ بك من بطر
الغنى وجهد الفقر، إلهي خلقتني ولم أك شيئا، ورزقتني ولم أك شيئا، وارتكبت
المعاصي، فإني مقر لك بذنوبي، فإن عفوت عني فلا ينقص من ملكك شيئا، وإن عذبتني فلا
يزيد في سلطانك شيئا، إلهي أنت تجد من تعذبه غيري وأنا لا أجد من يرحمني غيرك اغفر
لي ما بيني وبينك و اغفر لي ما بيني وبين خلقك، يا أرحم الراحمين ويا رجاء
السائلين ويا أمان الخائفين ارحمني برحمتك الواسعة، أنت أرحم الراحمين يا رب
العالمين، اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات وتابع بيننا
وبينهم بالخيرات، رب اغفر وارحم وأنت أرحم الراحمين، وصلى الله على سيدنا محمد
وعلى آله وصحبه وسلم تسلما كثيرا.
Allahumma
yaa man laa tan-fa’uka thaa’atii wa laa tadhurruka ma’shiyatii taqabbal minnii
maa laa yanfa’uka waghfirlii maa laa yadhurruka yaa man idzaa wa ‘ada wa fii,
wa idzaa tawa’ada tajaawaza wa’afaa ighfirli’abdin zhaalama nafsahu, wa
as’aluka. Allahumma innii a’uudzubika min bathril ghinaa wa jahdil faqri,
ilaahii khalaqtanii wa lam aku syai’an, wa razaqtanii wa lam aku syaii’in,
wartakabtu al-ma’ashii, fa-innii muqirun laka bi-dzunuubii,. Fa in ‘afawta
‘annii falaa yanqushu min mulkika syai’an, wa-in adzdzaabtanii falaa yaziidu
fii sulthaanika syay-’an, Ilaahii anta tajidu man tu’adzdzibuhu ghayrii wa-anaa
laa ajidu man yarhamanii ghaiyraka ighfirlii maa baynii wa baynaka waghfirlii
ma baynii wa bayna khalaqika yaa arhamar rahiimiin wa yaa raja’a sa’iliin wa
yaa amaanal khaifiina irhamnii birahmatikaal waasi’aati anta arhamur rahimiin
yaa rabbal ‘aalaamiin. Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal
musliimina wal muslimaat wa tabi’ baynana wa baynahum bil khaiyrati rabbighfir
warham wa anta khairur-rahimiin wa shallallaahu ‘alaa sayidina Muhammadin wa
‘alaa alihii wa shahbihi wasallama tasliiman katsiiran amiin. (3 kali)
Artinya;
Yaa Allah, yang mana segala ketaatanku tiada artinya bagiMu dan segala
perbuatan maksiatku tiada merugikanMu. Terimalah diriku yang tiada artinya
bagiMu. Dan ampunilah aku yang mana ampunanMu itu tidak merugikan bagiMu. Ya Allah,
bila Engkau berjanji pasti Engkau tepati janjiMu. Dan apabila Engkau mengancam,
maka Engkau mau mengampuni ancamanMu. Ampunilah hambaMu ini yang telah menyesatkan
diriku sendiri, aku telah Engkau beri kekayaan dan aku mengumpat di saat aku
Engkau beri miskin. Wahai Tuhanku Engkau ciptakan aku dan aku tak berarti
apapun. Dan Engkau beri aku rizki sekalipun aku tak berarti apa-apa, dan aku
lakukan perbuatan semua ma’siat dan aku mengaku padaMu dengan segala
dosa-dosaku. Apabila Engkau mengampuniku tidak mengurangi keagunganMu
sedikitpun, dan bila Kau siksa aku maka tidak akan menambah kekuasaanMu, wahai
Tuhanku, bukankah masih banyak orang yang akan Kau siksa selain aku. Namun
bagiku hanya Engkau yang dapat mengampuniku. Ampunilah dosa-dosaku kepadaMu.
Dan ampunilah segala kesalahanku di antara aku dengan hamba-hambaMu. Ya Allah
Yang Maha Pemurah dan Maha Pengasih dan tempat pengaduan semua pemohon dan
tempat berlindung bagi orang yang takut. Kasihanilah aku dengan pengampunanMu
yang luas. Engkau yang Maha Pengasih dan Penyayang dan Engkaulah yang
memelihara seluruh alam yang ada. Ampunilah segala dosa-dosa orang mu’min dan
mu’minat, muslimin dan muslimat dan satukanlah aku dengan mereka dalam
kebaikan. Wahai Tuhanku ampunilah dan kasihilah. Sesungguhnya Engkau Maha
Pengasih lagi Maha Penyayang. Washollallahu ‘Ala sayyidina Muhammadin wa’ala
alihi wasohbihi wasalim tasliiman kasiira. Amin. Diambil dari kitab “Majmu’atul
Mubarakah”, susunan Syekh Muhammad Shodiq Al-Qahhawi.
(oleh:
Habib Munzir al-Musawa dan dari berbagai sumber lainnya.)
2014@abdkadiralhamid
0 Response to "HUKUM QODHO (MENGGANTI) SHOLAT, SEBAB DAN WAKTUNYA"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip