Mengupas Atsar Ibnu Mas'ud tentang Larangan Zikir Berjamaah
Kebanyakan orang yang melarang dzikir jamaah dan juga
melarang menggunakan tasbih berhujjah dgn atsar ibnu mas'ud, padahal atsar
tersebut telah ditetapkan sebagai atsar dhaif oleh para Imam (Muhaddis),
sebelum saya menjelaskan perkataan para Imam mengenai dhaifnya atsar tersebut,
saya akan sebutkan dulu sanad-sanad atsar ini supaya jelas tentang status dan
kedudukan atsar yang suka di jadikan sandaran oleh kelompok yang ingkar atas
zikir berjamaah dan atas penggunaan tasbih. Mereka telah dengan lantangnya
membidahkan zikir berjamaah dgn atsar ini di setiap tempat dan kesempatan,
sedangkan mereka mengingkari terhadap orang lain yang bersandar dgn hadis atau
atsar dhaif, tetapi ketika hadis dhaif dapat menguatkan pendapat mereka, maka
mereka berhujjah dengannya, walaupun atsar dhaif ini bertentangan dgn banyak
hadis yang shahih, kita mulai dgn menyebutkan sanad-sanad atsar ini:
1. Telah meriwayatkan atas atsar ini Imam Abdur rozaq
dalam mushanafnya, dan At-thabrani dalam mu'jam al kabiir, berkata Imam
At-thabrani:
حدثنا إسحاق بن إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق عن جعفر بن سليمان أنا عطاء بن السائب لا أعلمه إلا عن أبي البختري قال بلغ عبد الله بن مسعود : أن قوما يقعدون من المغرب إلى العشاء يسبحون يقولون: قولوا كذا، وقولوا: كذا قال عبد الله: إن قعدوا فآذنوني، فلما جلسوا أتوه، فانطلق فدخل معهم فجلس وعليه برنس، فأخذوا في تسبيحهم فحسر عبد الله عن رأسه البرنس وقال: أنا عبد الله بن مسعود. فسكت القوم فقال: لقد جئتم ببدعة وظلماء، أو لقد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما، فقال رجل من بني تميم: ما جئنا ببدعة ظلماء ولا فضلنا أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم علما. فقال عمرو بن عتبة بن فرقد أستغفر الله يا بن مسعود وأتوب إليه فأمرهم أن يتفرقوا.
:
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dari Abdur rozaq dari jafar
bin sulaiman, saya ‘Atha’ bin As saib "aku tdk tau kecuali dari Abu al
bakhtari, Beliau berkata: ada yang melapor kepada Ibnu Mas’ud "bahwa ada
sekelompok orang duduk2 dari maghrib sampai isya, mereka membawa tasbih, dan
mereka berkata "ucapkanlah anu, bacalah anu", maka berkata Ibnu
mas’ud: kalau mereka duduk berkumpul lagi, maka beritahu aku, ketika kelompok
itu mulai duduk berkumpul, maka Ibnu mas’ud pergi ke tempat perkumpulan mereka
lalu masuk dan duduk bersama mereka, dan ada barnas di tempat itu, lalu
ibnu mas'ud mengambil tasbih2 mereka, dan Ibnu masud menarik kepala barnas
seraya berkata : saya ibnu mas'ud, maka orang2 di tempat itu terdiam, lalu ibnu
masud berkata: kalian telah melakukan bid’ah dan kedzaliman atau kalian telah melebihi
atas ilmunya para shahabat Rasul saw, maka berkata seorang lelaki dari bani
tamim: kami tidak melakukan bid’ah dan kedzaliman atau pun melebihi ilmu
sahabat Rasul saw, lalu berkata Umar bin ‘atbah bin farqad: aku memohon ampun
kepada Allah wahai ibnu mas’ud dan aku bertaubat kepadaNya,Lalu Ibnu mas’ud
menyuruh mereka bubar....!!
Kita cek rowi dalam sanad ini:
1. ishaq bin ibrahim ad-dabari
Ia seorang yg shaduq [jujur], tetapi beliau mendengar
atsar tersebut dari Abdur rozaq setelah ikhtilat [rusak pada hafalan] Abdur rozaq karena imam abdirrozaq wafat dan umur
ad dabari antara 6-7 thn,dan mendengarnya ad dabari dari abdur rozaq pada 2 thn
terakhir dari kehidupan abdurrozaq. artinya, ishaq bin ibrahim
ad-dabari mendengar atsar ini dari Imam Abdirrazzaq ketika ia masih
berumur 4 atau 5 tahun.
Berkata Al-'allamah Ibrahim bin musa al anbasi dalam as
syada alfayah min ulumi ibhu sholah 2/747 :
قلت وقد وجدت فيما روي عن الطبراني عن إسحاق بن
إبراهيم الدبري عن عبد الرزاق أحاديث استنكرتها جداً، فأحلت أمرها على ذلك، فإن
سماع الدبري منه متأخر جداً، قال إبراهيم الحربي مات عبد الرزاق وللدبري ست
سنين أو سبع سنين.اهـ
:dan aku
menemukan dalam apa yang di riwayatkan dari ath-Thabrani dari ishaq bin ibrahim
ad-dabari dari abdur rozaq banyak hadist yang sangat munkar bagiku, karena
mendengarnya ad-dabari dari abdur rozaq sangat akhir sekali. Telah berkata
Ibrahim al-Harabi: abdur rozaq wafat ketika umur ad-dabari masih 6-7
tahun".
Berkata al alamah al muhaddis as sakhowi dalam fathul
mugits 3/337:
وقال شيخنا – ابن حجر العسقلاني - المناكير الواقعة في حديث الدبري إنما سببها أنه سمع من عبد الرزاق بعد
اختلاطه
:telah
berkata guru kami syaikh ibnu hajar al asqalani: kemunkaran yang terjadi dalam
hadis ad-dabari dikarenakan sesungguhnya beliau mendengar dari abdur rozaq
setelah ikhtilat [rusak pada hafalan] nya Abdurrazzaq pada
akhir hayatnya. sehingga ingatannya tidak lagi dianggap dhabit. Seperti yang
kita ketahui bahwa, Agar Hadits atau Atsar dianggap shahih maka perawi harus
dhabit (memiliki ingatan yang kuat) ketika menerima dan menyampaikan hadits
ataupun atsar.
2. Ja'far bin sulaiman adh-dhab'i
beliau mendengar dari atha' bin saib setelah
ikhtilat [rusak pada hafalan] nya atha', sebagaimana di tetapkan oleh
Adz- Dzahabi dalam al kawakib an-nayyirat hal 61:
حكموا بتوثيقه – أي عطاء - وصلاحه وباختلاطه، اختلط في آخر عمره قال أحمد بن
حنبل ثقة رجل صالح من سمع منه قديما فسماعه صحيح ومن سمع منه حديثا فسماعه ليس
بشيء ... وممن سمع منه – أي من عطاء - أيضا بأخرة من البصرين جعفر بن سليمان الضبعي.اهـ
:para
muhaddis menghukumi tsiqahnya 'Atha' dan shalehnya, dan juga ikhtilatnya
'atha'. 'Atha' ikhtilat (rusak hafalan) pada akhir hayatnya. berkata imam ahmad
bin hambal: Beliau seorang tsiqah yang shaleh, siapa yang mendengar darinya
pada masa sebelum ikhtilat, maka berita yang didengar darinya adalah shahih,
dan siapa mendengar darinya pada masa lkhtilatnya, maka berita yang didengar
darinya tidak ada nilainya, dan di antara yang mendengar darinya pada masa
akhir hayatnya [setelah ikhtilat] dari orang Basrah adalah Ja'far bin sulaiman
ad dhab'i.
3. Riwayat 'Atha' bin saib dari abi
al-bakhtari adalah dhaif.
berkata adz-Dzahabi dalam al-Kawakib an-nayyirat hal
61:
وقال إسماعيل بن علية: قال لي شعبة: ما حدثك عطاء عن رجاله زاذان وميسرة وأبي البختري
فلا تكتبه، وما حدثك عن رجل بعينه فاكتبه. ـ
:berkata ismail
bin aliyah: telah berkata syu'bah kepadaku "apa yang di riwayatkan 'atha'
kepadamu dari rijal (perawi-perawi) bernama Zadzan dan Maisarah dan Abi
al-Bakhtari maka janganlah kamu menulisnya, dan apa yang diceritakan dari
rajul (perawi) yakni dirinya maka tulislah."
Dengan alasan-alasan di atas maka tidak mungkin
sanad ini shahih..............!!!
2. diriwayatkan ibnu wadhah al-Qurtubi dalam al bid'u wan nahyu anha
hal 21:
قال : أنا أسد عن جرير بن حازم عن الصلت بن بهرام قال : مر ابن مسعود بامرأة معها تسبيح تسبح به فقطعه وألقاه ، ثم مر
برجل يسبح بحصى فضربه برجله، ثم قال : لقد سبقتم، ركبتم بدعة ظلماً، أو لقد غلبتم أصحاب محمد صلى
الله عليه وآله وسلم علماً.
: saya asad dari
jarir bin hazim dari Ash Shalat bin Bahram, berkata : Ibnu Mas’ud melihat
seorang wanita yang bertasbih dengan menggunakan subhah, kemudian beliau
memotong tasbihnya dan membuangnya. Beliau juga melewati seorang laki-laki yang
bertasbih menggunakan kerikil, kemudian memukulnya dengan kakinya dan berkata:
Kamu telah mendahului (Rasulullah) dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan
kamu lebih tahu dari para sahabatnya.
Sanad riwayat ini dhaif karena inqitha' [terputus]
antara Ash Shalat bin
Bahram dan Ibnu Mas’ud, karena ibnu Mas'ud wafat di madinah thn 32 H,
sebagaimana dirajihkan oleh ibnu Hajar dalam kitab al-Ishabah, dan Ash
Shalat bin Bahram adalah Tabi' tabi'in [hidup pada masa selepas tabi'in], maka
tidak mungkin ia mendapat riwayat dari shahabat yang akhir, apalagi dari ibnu
mas'ud yang wafat pada masa khalifah Umar bin khathab RA. Hal ini sebagaimana
diceritakan Ibnu Hajar dalam at-Tahdzib 4/432.
Dan atsar ini diriwayatkan pula oleh ibnu Wadhah
al-Qurthubi dari jalan Aban bin abi Ayyas. Aban bin abi Ayyas merupakan salah
seorang kadzab (pendusta).
Berkata Ibnu Abi Hathim dalam jarh wat ta'dil 1/134:
قال شعبة: لأن أرتكب سبعين كبيرة أحبَّ إليَّ مِنْ أن أحدث عن أبان بن أبى عياش
:berkata
syu'bah: seandaimya aku melakukan dosa besar 70 kali maka lebih aku sukai
daripada meriwayatkan dari Aban bin Abi Ayyas.
Dan berkata An-Nasai dalam ad-Dhu'afa wal Matrukin 14:
أبان بن أبي عياش متروك الحديث وهو أبان بن فيروز
أبو إسماعيل
:Aban bin abi
Ayyas adalah matruk [di tinggalkan hadisnya] ia adalah aban bin fairuz abu
ismail.
3. diriwayatkan pula oleh ibnu wadhah al qurtubi dalam al bid'u wan
nahyu anha hal 11:
قال: أنا أسد عن عبد الله بن رجاء عن عبيد الله بن عمر ، عن
يسار أبي الحكم أن عبد الله ابن مسعود حدث : أن أناساً
بالكوفة يسبحون بالحصى في المسجد فأتاهم وقد كوم كل رجل منهم بين يديه كومة حصى ،
قال : فلم يزل يحصبهم بالحصى حتى أخرجهم من المسجد ، ويقول : لقد أحدثتم بدعة ظلماً ، أو قد فضلتم أصحاب محمد صلى الله عليه
وآله وسلم علماً .
:dari asad dari abdullah bin raja dari ubaidillah bin umar dari Sayyar Abi
Al Hakam, bahwasanya Abdullah bin Mas’ud menceritakan tentang orang-orang Kufah
yang bertasbih dengan kerikil di dalam masjid. Kemudian beliau mendatanginya
dan menaruh kerikil di kantung mereka, dan mereka dikeluarkan dari masjid.
Beliau berkata: Kamu telah melakukan bid’ah yang dzalim dan telah melebihi
ilmunya para sahabat Nabi.
Sanad ini dhaif juga karena inqitha' antara
sayyar abi al hakam dgn abdullah bin mas'ud, karena sayyar adalah tabi'
tabi'in, sebagaimana di katakan oleh al hafidz ibnu hajar dalam at tahdzib
4/291.
4. meriwayatkan pula ibnu wadhah al qurtubi:
: حدثني إبراهيم بن محمد، عن حرملة، عن ابن وهب، قال: حدثني ابن سمعان قال: بلغنا عن ابن مسعود أنه رأى أناساً يسبحون بالحصى فقال : على الله تحصون ، سبقتم أصحاب محمد صلى الله عليه وآله وسلم
علماً ، أو لقد أحدثتم بدعة ظلماً. اهـ
: telah
menyebutkan ibrahim bin muhammad dari harmalah dari ibn wahab, beliau berkata :
telah menceritakan kepadaku ibn sam'an: telah sampai kepada kami dari ibnu
mas"ud bahwa beliau melihat orang-orang bertasbih dgn kerikil, maka
berkata ibnu mas'ud: Apakah mereka menyebut-nyebut kebaikannya di hadapan
Allah? dengan melakukan bid’ah yang dzalim, dan kamu lebih tahu dari para
sahabatnya.
Sanad ini lemah karena dalam sanadnya ada abdullah bin ziyad bin sam'an dia
adalah kadzab (pendusta)
berkata Ibnu abi hatim dalam jarh wat tadil 5/60;
عن عبد الرحمن بن القاسم قال: سألت مالكاً عن بن سمعان فقال كذَّابٌ ... قال يحيى بن معين: حدثنا الحجاج بن محمد الأعور عن أبى عبيدة يعنى عبد الواحد بن واصل
قال: كان عنده بن سمعان ومحمد بن إسحاق فقال بن سمعان: حدثني مجاهدٌ. فقال بن إسحاق: كَذَبَ والله، أنا أكبر منه، وما رأيت مجاهداً.اهـ
:dari
abdurrahman aku bertanya kepada malik tentang ibnu sam'an, maka beliau
menjawab: ia kadzab, dan berkata yahya bin main: tilah menceritakan kepada kami
al hajaj bin muhammad al a'war dari abi ubaidah yakni abdul wahid bin washil
berkata bahwa di samping beliau ada ibnu sam"an dan muhammad bin
ishaq,lalu ibnu sam'an berkata: telah menceritakan kepadaku mujahid, maka
berkata ibnu ishaq: ia berdusta demi Allah, saya lebih tua darinya dan aku
tidak pernah melihat mujahid.
5. Adapun yang diriwayatkan ad-darimi dalam
sunannya, beliau berkata:
: أخبرنا الحكم بن المبارك أنا عمر بن يحيى قال سمعت أبي يحدث عن أبيه قال: كنا نجلس على باب عبد الله بن مسعود قبل صلاة الغداة فإذا خرج
مشينا معه إلى المسجد فجاءنا أبو موسى الأشعري فقال أَخَرَجَ إليكم أبو عبد الرحمن
بعد ؟ قلنا: لا. فجلس معنا حتى خرج فلما خرج قمنا إليه جميعا فقال له أبو موسى
يا أبا عبد الرحمن إني رأيت في المسجد أنفا أمرا أنكرته، ولم أر والحمد لله إلا
خيراً، قال: فما هو. فقال: إن عشت فستراه، قال رأيت في المسجد قوماً حلقاً جلوساً ينتظرون
الصلاة، في كل حلقة رجل، وفي أيديهم حصا، فيقول: كبروا مائة، فيكبرون مائةً، فيقول: هللوا مائة فيهللون مائة. ويقول: سبحوا مائة فيسبحون مائة. قال: فماذا قلت لهم ؟ قال: ما قلت لهم شيئا انتظار رأيك، أو انتظار أمرك. قال أفلا أمرتهم ان يعدوا سيئاتهم، وضمنْتُ لهم أن لا يضيع من
حسناتهم، ثم مضى ومضينا معه، حتى أتى حلقة من تلك الحلق، فوقف عليهم، فقال: ما هذا الذي أراكم تصنعون. قالوا: يا عبد الله حصا نعد به التكبير والتهليل والتسبيح، قال: فعدوا سيئاتكم، فأنا ضامن أن لا يضيع من حسناتكم شيءٌ، ويحكم
يا أمة محمد، ما أسرع هلكتكم، هؤلاء صحابة نبيكم صلى الله عليه وآله وسلم متوافرون
وهذه ثيابه لم تبل، وأنيته لم تكسر، والذي نفسي بيده، إنكم لعلي ملة هي أهدي من
ملة محمدٍ أو مفتتحوا باب ضلالة، قالوا: والله يا أبا عبد الرحمن ما أردنا إلا الخير. قال: وكم من مريد للخير لن يصيبه، إن رسول الله صلى الله عليه وآله
وسلم حدثنا أن قوما يقرؤون القرآن لا يجاوز تراقيهم، وأيم الله ما أدري لعل أكثرهم
منكم، ثم تولى عنهم، فقال عمرو بن سلمة: رأينا عامة أولئك الحلق يطاعنونا يوم النهروان مع الخوارج.
Telah mengabarkan kepada kami Al-Hakam Bin Al-Mubarak (dia berkata): Telah
memberitahukan kepada kami ‘Umar Bin Yahya, dia berkata: Saya telah mendengar
ayahku menyampaikan hadits dari ayahnya, dia berkata: Dahulu kami duduk di
depan pintu Abdullah Bin Mas’ud sebelum shalat ashar, maka jika beliau keluar
kami berjalan bersamanya ke masjid. Kemudian Abu Musa Al-Asy’ari mendatangi
kami dan berkata: “Apakah Abu Abdirrahman (Abdullah Bin Mas’ud) telah keluar
menjumpai kalian sebelumnya?” Kami berkata: “Tidak” Maka dia duduk bersama kami
hingga Abdullah Bin Mas’ud keluar. Maka ketika dia keluar, kami semua bangkit
kepadanya. Maka Abu Musa berkata kepadanya: “Wahai Abu Abdirrahman,
sesungguhnya saya tadi melihat di masjid perkara yang saya ingkari dan saya
tidak melihat –segala puji hanya bagi Allah- kecuali kebaikan. Dia berkata:
“Apakah itu?” Dia (Abu Musa) berkata: “Jika engkau masih hidup niscaya engkau
akan melihatnya. Dia (Abu Musa) berkata selanjutnya: “Saya melihat di suatu
masjid sekelompok orang berhalaqah-halaqah dalam keadaan duduk menunggu shalat,
dalam setiap halaqah ada satu orang (sebagai pemimpin halaqah,-pen), dan
ditangan-tangan mereka ada bebatuan kecil. Maka orang itu berkata:
“Bertakbirlah kalian seratus kali” Maka merekapun bertakbir seratus kali. Orang
itu berkata: “Bertahlillah kalian seratus kali” Maka merekapun bertahlil
seratus kali. Orang itu berkata: Bertasbihlah kalian seratus kali” Maka
merekapun bertasbih seratus kali. (Abdullah Bin Mas’ud) berkata: “Apa yang
engkau katakan kepada mereka?” (Abu Musa) menjawab: “Saya tidak mengatakan
sesuatu apapun kepada mereka, saya menunggu pendapatmu atau saya menunggu
perintahmu. (Abdullah Bin Mas’ud) berkata: “Tidakkah engkau suruh mereka untuk
menghitung dosa-dosa mereka dan saya menjamin untuk mereka bahwa
kebaikan-kebaikan mereka tidak akan hilang.” Kemudian dia berangkat dan kamipun
berangkat bersamanya hingga dia mendatangi satu halaqah dari halaqah-halaqah
tersebut, kemudian dia berhenti di depan mereka. Dia berkata: “Apa ini yang
saya lihat kalian sedang mengerjakannya?” Mereka menjawab: “Wahai Abu
Abdirrahman, Ini adalah bebatuan kecil yang kami gunakan untuk menghitung
takbir, tahlil, dan tasbih.” Dia (Abdullah Bin Mas’ud) berkata: “Hitunglah
dosa-dosa kalian, saya menjamin tidak akan hilang sedikitpun dari
kebaikan-kebaikan kalian. Celakalah kalian wahai ummat Muhammad, betapa
cepatnya kebinasaan kalian. Lihatlah para shahabat Nabi kalian Shallallahu
Alaihi Wasallam masih sangat banyak, baju beliau belumlah usang, bejana beliau
belumlah pecah. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, Apakah kalian
berada di atas agama yang lebih mendapatkan petunjuk dari agamanya Muhammad
Shallallahu Alaihi Wasallam, ataukah kalian membuka pintu kesesatan.” Mereka
menjawab: “Demi Allah wahai Abu Abdirrahman, kami tidak menginginkan kecuali
kebaikan.” Dia menjawab: “Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan tapi
tidak mendapatkannya.” Sesungguhnya Rasûlullâh shallallâhu 'alaihi wasallam
telah menceritakan kepada kami: (kemudian dia menyebutkan hadits di atas). Demi
Allah aku tidak tahu, kemungkinan kebanyakan mereka adalah dari kamu!”.Kemudian
dia berpaling dari mereka. ‘Amr bin Salamah berkata:“Kemudian kami melihat
kebanyakan orang-orang pada halqah-halqah itu bersama Khawarij memerangi kami
pada peperangan Nahrawan.”
Riwayat ini juga tidak shahih, karena dalam sanadnya
ada Umar Bin Yahya bin Umar, dan ia telah di dhaifkan oleh muhaddis
mutaqaddimin separti imam Ibnu Adi dan Ibnu Main.
Berkata ibnu adi dgn sanadnya ittishal kepada yahya bin
main dalam al kamil juz 5 hal 122 [syamilah] :
حدثنا بن أبي عصمة ثنا أحمد بن أبي يحيى قال سمعت يحيى بن معين
يقول عمرو بن يحيى بن سلمة ليس بشئ حدثنا أحمد بن علي ثنا الليث بن عبدة قال سمعت
يحيى بن معين يقول عمرو بن يحيى بن سلمة سمعت منه ليكن يرضي وعمرو هذا ليس له كثير
رواية ولم يحضرني له شئ فأذكره
:"telah
menceritakan kepada kami Abi Ishmah, telah menceritakan ahmad bin abi yahya,
beliau berkata: aku mendengar yahya bin main berkata: Umar Bin Yahya bin
salamah "tidak ada nilainya," telah menceritakan kepada kami Ahmad
bin ali, telah menceritakan al-Laits bin Abdah, beliau berkata: aku mendengar
yahya bin main berkata: umar Bin Yahya bin salamah aku mendengar darinya, dan
Umar yang ini tidaklah banyak riwayat, dan tidak hadir padaku sesuatu untuk
kuceritakan.
Catatan:
Ada sebagian orang berkata bahwa muhaddis mutaqaddim yaitu yahya ibnu main
berkata bahwa Umar Bin Yahya bin salamah tsiqah dgn referensi
dari Al-Jarh wat-Ta’diil, bahwa Ibnu Abi Haatim mengatakan : “Telah
mengkhabarkan kepadaku ‘Abdurrahman, ia berkata : Ayahku menyebutkan dari
Ishaaq bin Manshuur, dari Yahyaa bin Ma’iin, bahwasannya ia berkata : ‘’Umar
bin Yahyaa bin Salamah tsiqah” [6/269 no. 1487], dan ia beralasan bahwa
mesti Tarjih atas perkataan Ibnu Ma’iin terhadap Umar bin Yahyaa
bahwasannya ia tsiqah, karena ta’dil ini dibawakan oleh ulama mutaqaddimiin
dengan membawakan sanadnya, dan dgn alasan bahwa Ibnu Ma’iin terkenal
sebagai ulama mutasyaddid dalam jarh........
Saya berkata: apakah dia tidak melihat perkataan
ibnu adi di atas, yang mana beliau juga termasuk mutaqoddim dan perkataan
beliau juga dgn sanadnya kepada yahya bin main bahwa: 'umar Bin
Yahya bin salamah tidak ada nilainya dan tidak hadir padanya sesuatu
utk di ceritakan dari Umar Bin Yahya bin salamah??,
Di perkuat dengan perkataan para muhaddis
mutaakhirin:
1. berkata adz-dzahabi dalam mizan al I’tidal: (4/378) :
عمرو بن يحيى بن عمرو بن سلمة، قال يحيى بن معين: ليس حديثه بشيء وقال بن خراش: ليس بمرضي. ـ
:Umar Bin Yahya bin umar bin salmah; berkata yahya bin main: hadisnya (Umar
Bin Yahya bin umar bin salmah) tidak bernilai, berkata Ibn kharash: ia tidak di
ridhai,
2. Dan berkata ibnu al jauzi dalam ad dhuafa wal matrukin 2/233:
: عمرو بن يحيى بن عمرو بن سلمة، قال يحيى –ابن معين- : ليس حديثه بشيء وقال مرة لم يكن بمرضي. ـ
"Umar Bin Yahya bin Umar bin salmah, berkata yahya bin main:
hadisnya tidak bernilai, dan sesekali berkata ia tidak di ridhai.
Maka jelas perkataan dari muhaddis
mutaqodimin dan dgn pendukung dari muhaddis mutaakhirin ITU lebih kuat utk
dijadikan sandaran atas lemah dan dhaifnya Umar Bin Yahya bin Umar bin
salamah...........!!!
Setelah
penjelasan-penjelasan di atas, maka kita sempai kepada kesimpulan :
- atsar Ibnu Mas'ud tsb Tidak shahih.
- seandainya atsar tsbt shahih, maka atsar itu tidak bisa mengalahkan banyaknya hadis yang menganjurkan dzikir dalam setiap keadaan, dan hadis lebih didahulukan dari pada atsar. jika terjadi ta'arud (kontradiksi) dimenangkan oleh ayat alquran dan hadits, karena atsar adalah perbuatan/perkataan shahabat, sedangkan Al Quran dan As Sunnah merupakan hujjah dalam menetapkan hukum.
- larangan atsar tersebut diihtimalkan (kemungkinan) terhadap adanya berlebih2an dalam mengeraskan suara, oleh sebab itu maka muncullah larangan.
- mereka menyakiti orang2 yang ada di dalam mesjid dgn terlalu meninggikan suara mereka.
- telah menafikan atas atsar tersrbut seorang tabiin yang bernama abu wail, beliau berkata: orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin mas'ud melarang dzikir serperti itu, padahal tidaklah ibnu masud duduk di suatu majlis kecuali beliau berdzikir di dalam majlis tsb.
Dan perhatikan pendapat ahli ilmu tentang
atsar ini:
barkata Al Imam As
suyuthi dalam Al hawi lilfatawa 1/379:
فإن قلت، فقد نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد. قلت: هذا الأثر عن ابن مسعود يحتاج إلى بيان سنده ومن أخرجه من الأئمة الحفاظ في كتبهم وعلى تقدير ثبوته فهو معارض بالأحاديث الكثيرة الثابتة المتقدمة وهي مقدمة عليه عند التعارض، ثم رأيت ما يقتضي إنكار ذلك عن ابن مسعود قال الإمام أحمد بن حنبل في كتاب الزهد ثنا حسين ابن محمد ثنا المسعودي عن عامر بن شقيق عن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.
:Kalau engkau
berkata "telah di nuqil dari Ibnu Mas'ud sesungguhnya beliau melihat
suatu kaum membaca tahlil dgn mengeraskan suara di dalam masjid, lalu beliau
berkata: aku tidak melihat kalian kecuali ahli bid'ah" sehingga beliau
mengeluarkan mereka dari masjid, aku [as suyuthi] berkata: atsar dari Ibnu
Mas'ud ini perlu terhadap penjelasan sanadnya dan siapa saja dari para imam
yang mengeluarkan atsar ini dalam kitabnya, dan seandainya atsar ini shahih,
maka telah menentang hadis-hadis sebagaimana telah disebutkan, dan hadis-hadis
itu mesti didahulukan atasnya ketika terjadi ta'arud (kontradiksi) dan aku
telah melihat hal yang membuatku ingkar kepada atsar dari Ibnu Mas'ud itu.
telah berkata Al Imam Ahmad bin Hambal dalam kitab Al zuhd "telah
menceritakan husain bin muhammad, telah menceritakan al-mas'udi dari amir bin
syaqiq dari Abu Wail, beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira bahwa
Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu, padahal tidaklah demikian.
Ibnu Mas'ud duduk dalam suatu majlis dan beliau berdzikir kepada Allah di
majlis tsb.
Dan
berkata imam Ibnu Hajar al haitami dalam al-fatawa al-fiqhiyah al kubra
1/177:
: وأما ما نقل عن ابن مسعود أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما أراكم إلا مبتدعين حتى أخرجهم من المسجد, فلم يصح عنه بل لم يرد; ومن ثم أخرج أحمد عن أبي وائل قال: هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ; ما جالست عبد الله مجلسا قط إلا ذكر الله فيه, والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب.انتهى
:Dan adapun apa yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud bahwa
beliau melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di
dalam masjid, lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian
adalah ahlu bid'ah sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar
ini tidak sah darinya dan malah tidak datang/ada, oleh sebab itu telah
mengeluarkan (mendatangkan) Imam Ahmad dari Abi wail, beliau berkata: mereka
itu orang2 yang mengira bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu,
padahal tidaklah duduk Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir
kepada Allah di majlis tsb (Ibnu Mas’ud duduk dalam majlis tsb untuk ikut
berzikir kepada Allah bersama mereka yg ada dalam majlis tersebut).
Dan
berkata Al muhaddis Al munawi dalam faidlul qodiir 1/457:
وأما ما نقل عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال ما اراكم إلا مبتدعين وأمر بإخراجهم فغير ثابت . وبفرض ثبوته يعارضه ما في كتاب الزهد لأحمد عن شقيق بن أبي وائل قال هؤلاء الذين يزعمون أن عبد الله كان ينهى عن الذكر ما جالسته مجلسا قط إلا ذكر الله فيه.اهـ
:Dan adapun apa
yang di nuqil dari Ibnu Mas'ud baewa beliau melihat suatu kaum berdzikir
lailaha illallah dengan suara keras di dalam masjid, lalu beliau berkata:
tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah ahlu bid'ah shgg beliau
mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar ini tidak tsabit, dan seandainya
tsabit, maka telah menentangnya apa yang ada dalam kitab az-zuhd karya imam
Ahmad dari Syaqiq bin Abi wail, beliau berkata: mereka itu orang2 yang mengira
bahwa Abdullah bin Mas'ud melarang dzikir seperti itu, padahal tidaklah duduk
Ibnu Mas'ud dalam suatu majlis kecuali beliau berdzikir kepada Allah di majlis
tsb (Ibnu Mas’ud duduk dalam majlis tsb
untuk ikut berzikir kepada Allah bersama mereka yg ada dalam majlis tersebut).
Berkata Al alamah
Al Alusi dalam rauhul maani 6/163:
وما ذكر في الواقعات عن ابن مسعود من أنه رأى قوما يهللون برفع الصوت في المسجد فقال: ما اراكم إلا مبتدعين حتى أخرجه من المسجد لا يصح عند الحفاظ من الأئمة المحدثين وعلى فرض صحته هو معارض بما يدل على ثبوت الجهر منه رضي الله تعالى عنه مما رواه غير واحد من الحفاظ أو محمول على الجهر البالغ.
:Dan adapun apa di sebutkan dalam peristiwa dari Ibnu Mas'ud bahwa beliau
melihat suatu kaum berdzikir lailaha illallah dengan suara keras di dalam
masjid, lalu beliau berkata: tidaklah aku melihat kalian kecuali kalian adalah
ahlu bid'ah sehingga beliau mengeluarkan mereka dari masjid, maka atsar ini
tidak shahih menurut para hufadz dan para Imam Muhaddis berkata, dan seandainya
shahih, maka ia bertentangan dengan khabar yang menunjukan atas bolehnya dzikir
keras (jahar) diriwayatkan oleh lebih dari satu orang dari kalangan hufadh.
kemungkinan larangan tsb ditujukan terhadap orang yang SANGAT mengeraskan suara
dzikirnya.
2014@abdkadiralhamid
0 Response to "Mengupas Atsar Ibnu Mas'ud tentang Larangan Zikir Berjamaah "
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip