بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.
*Manaqib Al-Imam Al-Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib al-‘Atthos (Guru dari Al-imam Al-Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi Sohibul Maulid Simtud Duror)*
ومن قطب الملا العطاس • ابي بكر اخذت الكاس • ولاحت لي به الاسرار
_“Aku minum dari gelas Abu Bakar, seorang Quthb, dari keluarga al-‘Atthos. Berkat beliau tampak padaku semua rahasia.”_
Penggalan syair di atas adalah pujian dari Habib ‘Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi kepada guru besarnya, al-Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib al-‘Atthos, seorang wali yang memiliki hal yang agung, samudera ilmu yang luas, serta karomah yang luar biasa.
Habib Abu Bakar lahir pada 16 Jumadal ‘Ula 1216 H. Ayah beliau adalah al-‘Arifbillah, al-Habib ‘Abdulloh bin Tholib bin Husein bin ‘Umar bin ‘Abdurrohman al-‘Atthos. Ibu beliau adalah, Salma binti Syeikh Muhammad bin Mubarok Ba Sahl.
Semenjak kecil, Habib Abu Bakar belajar di bawah bimbingan para ‘ulama’ dan pembesar para auliya’. Beliau mempelajari kitab suci al-Qur’an pada Syeikh Umar bin Aqil bin Hiyed.
Guru beliau yang lain adalah Syeikh ‘Abdulloh bin Ahmad Basaudan, Syeikh Sa‘id bin Muhammad Ba Asyin (pengarang kitab fiqh Busyrol Karim), dan Syeikh ‘Umar bin Abu Bakar Ba Juneid.
Beliau juga belajar pada Habib Muhammad bin ‘Abdulloh bin Quthban, Seiwun (w. 1250 H), Habib Muhammad bin Husein al-Habsyi, dan Habib ‘Abdulloh bin Husein Bilfaqih (w. 1266 H).
Thoriqoh dan ilbas (pemakaian serban oleh guru mursyid kepada muridnya) diambilnya dari sang ayah dan bersambung sampai kepada shohibur rotib, al-Habib ‘Umar bin ‘Abdurrohman al-‘Atthos.
Lalu beliau pergi ke Yaman, untuk menimba ilmu pada Habib ‘Abdurrahman bin Sulaiman al-Ahdal (w. 1250 H) yang tinggal di Zabid.
Tak hanya di Hadhromaut, beliau juga berangkat ke Mekkah dan belajar pada Syeikh Muhammad bin Hadi al-Mishri selama 3 tahun. Di Madinah, beliau belajar pada Syeikh Mansur al-Badiri.
Setelah sekian lama di Madinah, timbul keinginan beliau untuk menetap di Kota RASULULLAH ﷺ tersebut. Akan tetapi atas saran dari Habib Sholeh bin ‘Abdulloh al-‘Atthos, beliau pulang ke Huroidhoh. Menurut Habib Sholeh, akan banyak yang mengambil manfaat dari beliau di sana. “Aku lihat di punggungmu banyak anak, sebaiknya mereka tinggal di Huroidhoh saja,” saran Habib Sholeh.
Habib Abu Bakar juga berguru pada Habib Hasan bin Sholeh al-Bahr al-Jufri (w. 1273 H). Suatu hari beliau pergi mengunjungi Habib Hasan. Setelah tinggal bersamanya selama 24 hari, Habib Abu Bakar minta izin untuk berziarah ke Tarim, namun Habib Hasan tidak memperkenankannya. “Aku cukupkan engkau tanpa harus datang ke Tarim, pulanglah ke Huroidhoh,” saran Habib Hasan. Maka beliau pun pulang. Beberapa hari kemudian tersiarlah kabar bahwa Habib Hasan bin Sholeh al-Bahr al-Jufri telah wafat. Sadarlah Habib Abu Bakar bahwa itulah kunjungannya yang terakhir pada gurunya tersebut.
Guru beliau yang lain masih banyak. Bahkan, Habib Abu Bakar berkata, “Aku punya beberapa guru dari ahli barzakh, di antaranya Syeikh Ali Baros, Habib ‘Umar bin ‘Abdurrahman al-‘Atthos (kakek beliau), Syeikh Muhammad bin Utsman al-Amudi (Qoidun) dan Syeikh Naji bin Amta’.”
Selain itu, beliau juga punya guru dari Rijalil Ghaib, di antaranya al-Khidhir ‘alaihissalam.
Keluasan ilmunya serta ketinggian maqomnya melahirkan murid-murid yang menjadi para auliya’ dan ‘ulama’ besar, di antaranya, Salim dan Abdullah, putranya sendiri, Habib Hasan bin Ali bin Ja’far al-‘Atthos, Habib Ali bin Salim bin Syeikh Abu Bakar, Habib Ahmad bin Hasan al-‘Atthos (pengarang kitab Tadzkirun Nas), Habib Abdul Qodir bin Ahmad bin Thohir, Habib Abdul Qodir bin ‘Umar bin Thoha as-Saggaf, Sayyid Husein bin Muhammad bin Husain al-‘Atthos (ayah pengarang kitab Tajul A’ros), Habib Ahmad bin Muhammad bin Hamzah al-‘Atthos, dan Sayyid ‘Abdulloh bin Salim Aidid.
Di antara murid-murid beliau yang termasyhur adalah shohibul maulid, al-Habib ‘Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi. Antara Habib Abu Bakar al-‘Atthos dan Habib Ali al-Habsyi ini terdapat kedekatan tersendiri.
Habib Abu Bakar mengisi waktu-waktunya dengan banyak berdzikir. Setiap hari beliau membaca “Laailaha illalloh” 12 ribu kali, “Allah Allah” 12 ribu kali, “Huwa Huwa” 12 ribu kali, dan masih banyak lagi.
“ALLAH memberi barokah waktuku. Di antara Maghrib dan ‘Isya’ aku bisa membaca surat Ya Sin sebanyak 60 kali,” katanya suatu ketika.
Habib Abu Bakar pernah berdo‘a agar dimudahkan untuk memiliki shodaqoh jariyah berupa masjid dan sumur. Sepulang dari Haromain, beliau melaksanakan penggalian sumur di Huroidhoh dengan disaksikan para habaib. Dalam hal ini putra beliau bercerita, “Ayah pernah berkata padaku, ‘Airnya akan keluar saat aku masih hidup.’ Saat itu pembuatan sumur terus berlanjut. Sampai akhirnya air keluar, aku teringat perkataan ayahku, dan memang saat itu ayahku sedikit sakit, maka aku merasa bahwa tidak lama lagi ayahku akan meninggal. Tiga hari kemudian ayah pun wafat.”
Dalam masalah ilmu beliau seakan tiada duanya. Habib Ahmad bin Hasan al-‘Atthos mengatakan bahwa tak seorang pun di dunia ini yang menyamai beliau dalam ilmu syari’at dan haqiqot.
Meski demikian, terkadang Habib Abu Bakar membiarkan dirinya salah dalam nahwu dan memberi kesempatan orang lain untuk mengoreksinya, padahal beliau lautan segala ilmu. Suatu saat Habib Abu Bakar mengajak Habib ‘Ali berdiskusi tentang ilmu nahwu. Luar biasa! Ternyata pengetahuan beliau tentang nahwu mengungguli para ahli nahwu.
Setiap saatnya, Habib Abu Bakar selalu merasakan kehadiran kakeknya, RASULULLAH ﷺ. Kecintaan Habib Abu Bakar pada RASULULLAH ﷺ memenuhi sanubarinya. Hal ini tercermin dari ucapan beliau, “Kalau sekejap mata saja Nabi ﷺ luput dari ingatanku, maka tak kuanggap lagi diriku sebagai seorang muslim.”
Menjelang akhir umurnya, beliau jatuh sakit. Beliau berkata pada salah seorang putranya, Habib Salim, “Wahai Salim, mungkin sakitku ini adalah sakit yang merupakan penutup usiaku.” Tak lama kemudian beliau menghadap Allah, Robbul ‘Alamin.
Guru para auliya’ ini wafat di Huroidhoh pada tanggal 17 Dzulqa’dah 1281 H dalam usia 65 tahun. Semoga ALLAH merahmati beliau rodhiallahu ‘anhu, aamin.
*Habib ‘Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi & Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib al-‘Atthos*
Al-Imam Syeikhul Kamil al-Murobbi al-Mursyid al-‘Arifbillah wa ad-Dal‘alaih al-Quthbul Mutlaq al-Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib bin Husein al-‘Atthos, beliau adalah syeikhul fath dari as-Sayyid asy-Syarif al-‘Alim az-Zahid al-‘Arifbillah Syeikh al-Mutaakhkhirin, al-Habib ‘Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi.
*Pertemuan Pertama Habib ‘Ali Dengan Habib Abu Bakar*
Pertemuan pertama kali antara Habib ‘Ali & Habib Abu Bakar terjadi di kota Syihr, ketika Habib Ali sedang dalam perjalanan ke kota Mekkah untuk menunaikan ibadah Haji, pada tahun 1276 H. Saat itu Habib ‘Ali berusia 17 tahun.
Diceritakan oleh Habib ‘Ali :
Ketika pertama kali berjumpa dengan Habib Abu Bakar dan memandang beliau, jantungku hampir saja copot. Kulihat beliau diliputi cahaya dari ujung kepala hingga ujung kaki.
“Lelaki ini malaikat atau manusia!” Kataku dalam hati.
Setiap kali ada yang terlintas di hatiku, Habib Abu Bakar mengetahui dan menjelaskannya. Aku sangat senang dan gemas dengan Habib Abu Bakar. Rasanya aku ingin menelan beliau. Aku tak ingat pada keluargaku atau yang lain. Malam hari aku tidak dapat tidur, khawatir jika suatu saat nanti aku harus berpisah dengan beliau. Aku lalu bertanya di mana Habib Abu Bakar akan menunaikan sholat Shubuh. Mereka mengatakan bahwa beliau akan sholat Shubuh di Masjid Amr. Sebelum fajar, kami telah berada di Masjid Amr. Tak lama kemudian Habib Abu Bakar datang, kami pun lalu sholat Shubuh berjamaah dengan beliau.
Tiga belas hari kami tinggal di Syihr bersama beliau. Selama itu aku membacakan kepadanya kitab ar-Rasyafat [Rasyafat adalah sebuah kitab syair sufistik karya al-Habib Abdurrahman bin Abdullah Bilfaqih] dan beliau menerangkan dan melimpahkan ilmunya kepada kami. Beliau sering melihat aku, tapi setiap kali aku memandangnya, beliau segera memalingkan wajahnya. Aku menjadi semakin suka dan senang kepada beliau. Habib Abu Bakar juga memberikan perhatian kepada Hasan bin Ahmad dan yang lain. Aku berkata kepada Hasan bin Ahmad, “Katakanlah kepada Habib Abu Bakar bahwa aku anak Muhammad bin Husein.” Beberapa yang hadir juga berkata kepada Habib Abu Bakar, “Dia anak Muhammad bin Husein.” “Ajib (Oh, ya)?” jawab beliau. Setiap kali para hadirin mengenalkan aku, Habib Abu Bakar berkata, “Ajib (Oh, ya)?!” Namun beliau akhirnya berkata kepadaku, “Wahai anakku, camkanlah bahwa fath-mu terletak pada kitab ar-Rasyafat.” Aku pun berkata kepada beliau, “Katanya fath-ku di tanganmu.”
Aku akhirnya dapat mengkhatamkan kitab ar-Rasyafat di bawah bimbingan beliau.
Dalam pertemuan itu aku (Habib ‘Ali) bertanya tentang ayat berikut :
ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَ سَبْعَ سَمَٰوَٰتٍ وَمِنَ ٱلْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ ٱلْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىْءٍ عِلْمًۢا
“ALLAH-lah yang menciptakan tujuh Langit dan seperti itu pula Bumi. Perintah ALLAH berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya ALLAH Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya ALLAH, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.” (QS. Ath-Tholaq : 12)
Habib Abu Bakar lalu menjelaskan sampai Dzuhur. Dari Dzuhur dilanjutkan sampai ‘Ashar, lalu sampai Maghrib, lalu dilanjitkan sampai ‘Isya‘, lalu dilanjutkan sampai tengah malam. Ia berkata, “Anakku, kalau aku mau menjelaskan ayat yang kau tanyakan, niscaya semua penulis di dunia tidak akan mampu menuliskannya.”
Syeikh fath dari Habib Abu Bakar adalah Habib Hasan bin Sholeh al-Bahr al-Jufri.
Habib Abu Bakar kemudian pergi ke Mukalla dan kami pun mengikuti beliau. Di Mukalla, beliau tinggal di rumah ‘Abdurrahman Bahwal. Hasan bin Ahmad dan rombongannya meminta ijazah. Beliau memberi kami semua ijazah dan menganjurkan kami untuk menziarahi Nabi ﷺ. Beliau berkata, “Kalian akan memperoleh sesuatu dari Nabi ﷺ.”
Hasan bin Ahmad beserta rombongannya kemudian melanjutkan perjalanan, begitu pula aku. Sesungguhnya, aku tidak ingin sedetik pun berpisah dari Habib Abu Bakar.
*Pertemuan Dengan Habib Abu Bakar Sepulang Haji*
Pada tahun 1278, sepulang dari menunaikan ibadah Haji, Habib ‘Ali bertemu lagi dengan Habib Abu Bakar.
Habib ‘Ali bercerita :
Ketika Habib Abu Bakar datang ke Seiwun, bertamu ke rumah ‘Ammi Muhammad bin ‘Ali as-Saggaf, aku pergi untuk menemuinya. Kuketuk pintu rumah ‘Ammi Muhammad bin ‘Ali. Habib Abu Bakar bertanya, “Siapa yang mengetuk pintu?”
“‘Ali bin Muhammad al-Habsyi,” kata ‘Ammi Muhammad.
“Biarkan saja ia di depan rumah, jangan kau bukakan pintu!” Kata Habib Abu Bakar.
Aku mendengar suara Habib Abu Bakar. Aku lalu duduk dan teringat cerita Habib ‘Ali bin ‘Abdulloh as-Saggaf ketika hendak menemui syeikhnya, Habib ‘Ali bin ‘Abdulloh al-‘Aydrus. Ia tidak dibukakan pintu dan dibiarkan di depan rumah. Ia bahkan diguyur kepalanya dengan air bekas cucian tangan setelah makan. Namun perlakuan ini tidak mengusiknya, ia tetap duduk di depan rumah sampai dibukakan pintu.
Beberapa saat kemudian, ‘Ammi Muhammad melongok ke bawah dan melihatku tetap duduk menunggu. Ia bertanya kepada Habib Abu Bakar, “Kita bukakan pintu?”
“Jangan!” Jawab Habib Abu Bakar.
Aku bersabar menunggu sampai kemudian Habib Abu Bakar berkata kepada ‘Ammi Muhammad, “Katakan kepadanya agar menemuiku di rumah ‘Abdul Qodir bin Hasan bin ‘Umar bin Saggaf, katakan kalau aku hendak pergi ke sana!” Kata Habib Abu Bakar.
Aku lalu pergi ke sana dan bertemu Habib Abu Bakar. Ia menyingkap isi hatiku dan berkata, “Ketahuilah, kau seperti Habib ‘Ali bin ‘Abdulloh, bahkan lebih besar.”
Suatu ketika Habib Abu Bakar datang ke Seiwun di waktu malam, dan aku tidak tahu. Sewaktu tidur aku mendengar suara, “Bagaimana kau bisa tidur, padahal syeikhmu datang ke kota ini?” Suara ini diulang sampai 10 kali hingga alu terbangun. Keesokan harinya aku bertanya tentang Habib Abu Bakar, dan mendapatinya di Masjid Thoha. Masjid telah penuh dengan habaib, di antaranya adalah, ‘Ammi Muhsin bin ‘Alwi, ‘Ammi Muhammad bin ‘Ali, dll. Namun demikian, aku tidak melihat seorang pun kecuali Habib Abu Bakar karena luapan rasa cintaku. Sewaktu aku menjabat dan mencium tangan beliau, beliau berkata, “Selamat datang al-Habsyi kami.”
Hari itu Habib ‘Ali sangat berharap agar Habib Abu Bakar bisa singgah ke rumahnya, kebetulan salah satu keluarga Habib ‘Ali wafat, “Andai Habib Abu Bakar mau menyolati, tentu dia jadi orang beruntung,” kata Habib ‘Ali dalam hati. Tiba-tiba Habib Abu Bakar berkata, “Aku akan menyolati Syarifah.” Apa yang terbersit dalam hati Habib ‘Ali al-Habsyi ternyata Habib Abu Bakar meng-kasyf-nya.
Aku (Habib ‘Ali) berhubungan dengan Habib Abu Bakar, dan beliau memperlakukan aku dengan akhlak yang sangat luhur. Beliau mencurahkan segenap ilmunya, walau pertemuanku dengan beliau hanya berlangsung kurang lebih 4 kali saja. Namun 1 detik bersama beliau, lebih dari cukup.
Suatu hari Habib Abu Bakar berkata kepada Habib Ali, “Aku telah menghadapkan kau kepada Nabi ﷺ sebanyak 20 kali.”
*Kumpulan Faedah al-Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib al-‘Atthos*
Habib ‘Ali mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Habib Abu Bakar. Suatu hari ia tidak bisa lagi membendung rasa rindunya kepada gurunya ini. Ia kemudian bersama ‘Abdurrahman bin Hamid pergi ke Ghurfah di bawah teriknya matahari. Saat itu Habib Abu Bakar sedang di rumah salah seorang kenalannya.
“Tambahlah hidangan untuk ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi. Sebentar lagi ia akan datang kemari. Ia tidak mampu berpisah terlalu lama dariku,” kata Habib Abu Bakar kepada tuan rumah.
Sesampainya kami di rumah itu, si tuan rumah memberitahu bahwa Habib Abu Bakar sudah meng-kasyf kedatangan kami. “Semoga Allah memberimu kabar gembira,” ujarku kepadanya. Kemudian aku menemui Habib Abu Bakar.
Habib ‘Ali lalu berkata kepada Khadijah, putrinya :
Kau tidak pernah berjumpa dengan Habib Abu Bakar, akan tetapi kalian semua mencintainya. Habib Abu Bakar pernah berkata, “Tidak mencintaiku kecuali orang yang berbahagia (sa‘id). Tidak mencintaiku kecuali orang yang sholeh.” Beliau juga pernah berkata, “Aku, para sahabatku, dan orang-orang yang mencintaiku kelak di hari Kiamat berada dalam naungan ‘Arsy.”
Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata :
“Ucapan kaum sholihun cukup sebagai pengganti makanan selama sebulan. Jika mendengar Habib Abu Bakar berceramah, rasanya aku tidak memerlukan makanan lagi. Seandainya beliau menyampaikan ilmunya selama sebulan, maka aku akan menjadikan ucapannya sebagai santapanku. Bukankah tujuan memberi makan jasad adalah untuk ruh, padahal ucapan beliau ini adalah santapan ruh langsung.”
“Alangkah baiknya membicarakan ilmu dengan seorang yang ahli dan mampu menerangkannya dengan baik. Habib Abu Bakar jika menerangkan suatu ilmu kepada kami dari kedua bibirnya meluncur ilmu-ilmu yang melekat di hati kami. Ucapannya bak air dingin bagi orang yang kehausan. Jika duduk bersama beliau, aku selalu berharap agar majelis itu tidak pernah berakhir, walau selama sebulan. Saat itu, rasanya aku tidak menginginkan lagi kenikmatan duniawi; aku tak merasa lapar dan haus. Orang-orang yang hidup sezaman dengan Habib Abu Bakar tidak mengerti keadaan beliau. Kadang kala secara terang-terangan beliau menunjukkan kebesarannya kepada sebagian dari mereka, kadang kala tampak dengan sendirinya, namun mereka tidak menyadarinya. Berbahagialah orang-orang yang mengetahui kebesaran Habib Abu Bakar. Aku sangat beruntung karena merasa cukup dengan Habib Abu Bakar.”
Habib Abu Bakar berkata kepadaku, “Wahai anakku, ketahuilah, aku mengetahui semua wali yang ada di Timur dan di Barat. Aku belajar kepada mereka semua. Kadang kala aku memberitahu seseorang bahwa dia adalah seorang wali karena dia sendiri tidak menyadarinya.”
Ketika aku masih tinggal di Haromain. Suatu hari datang seorang Darwisy duduk di sampingku. Ia membawa sebuah Qur‘an. “Simaklah bacaanku,” kata Darwisy itu kepadaku. Darwisy itu lalu membacanya sampai khotam dalam waktu yang sangat singkat. Ia kemudian pergi meninggalkanku. Sewaktu bertemu Habib Abu Bakar di Hadhromaut, beliau bertanya kepadaku tentang Darwisy tersebut. Aku jawab bahwa aku tidak tahu siapa dia. “Akulah Darwisy itu,” kata Habib Abu Bakar.
Dalam kitab Tajul A‘ros disebutkan bahwa Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib al-‘Atthos memelihara Habib ‘Ali sejak dia masih berada di alam buthun (perut) hingga berada di alam dzhuhur (dunia). Suatu hari beliau berkata kepada Habib ‘Ali, “Ya ‘Ali, sesungguhnya aku telah memeliharamu sejak kau berada dalam sulbi ayahmu.”
Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata :
Salim bin Abu Bakar al-‘Atthos berkata kepadaku, “Wahai ‘Ali, tidak ada yang menunjukkan kewalian ayahku kepada kami selain engkau. Ketika kami melihat bagaimana engkau memuliakan dan memuji beliau, maka kami menyadari kebesarannya. Semoga ALLAH membalasmu dengan kebaikan.”
Salim juga pernah berkata kepadaku, “Suatu hari aku bermimpi melihat sejumlah penghuni barzakh. Setiap kali aku berkata kepada salah seorang dari mereka, ‘Do‘akanlah aku!‘ Mereka selalu menjawab, ‘Kami semua berada dalam keberkahan ayahmu.‘”
Mimpi Salim tidak lain adalah penyingkapan rahasia ilahiah (kasyf), bukan mimpi bohong.
Muhammad bin Thohir berkata :
Suatu hari Habib Abu Bakar al-‘Atthos mengunjungiku. Aku menyuguhkan empat telur rebus kepada beliau. Ketika aku hendak mengupas salah satu telur itu, beliau berkata, “Tunggu, kupaslah telur yang ini saja, tinggalkan tiga yang lain!”
“Kenapa?”
“Jangan kau ceritakan kepada siapa pun, telur ini halal dan yang lain harom.”
“Wahai ‘Ammi Abu Bakar, telur ini semuanya sama.”
“Kabar yang kuterima ini meyakinkan. Tanyakan saja kepada istrimu.”
Lalu aku keluar menemui istriku.
“Dari mana kau peroleh telur ini?”
“Satu dari ayam kita dan tiga yang lain dari seorang wanita keluarga Zaidan,” jawab istriku.
Aku lalu menemui Habib Abu Bakar, “Hasbukalloh, sampai asal-usul telur ini pun engkau mengetahuinya.”
Habib Abu Bakar tersenyum.
Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata :
Suatu hari Habib Abu Bakar pergi ke Bur. ‘Awud bin Zein Mukhoddam, ayah Syeikh Hasan mengunjungi beliau dan berkata, “Wahai Habib Abu Bakar, aku akan melakukan perjalanan, tolong bacakan Fatihah untukku.”
“Wahai ‘Awud, kau akan pergi kemana? Waktumu hanya tinggal 40 hari. Dengan waktu sependek itu kau takkan sanpai kemana-mana,” kata Habib Abu Bakar.
Ia lalu mengurungkan niatnya dan mencatat tanggal hari itu. Setelah 40 hari tepat, ia meninggal dunia.
Habib Abu Bakar rodhiallohu ‘anhu berkata :
“Setiap Jum‘at aku pergi ke Mekkah al-Mukarromah, berthowaf di Masjid al-Harom, berziarah kepada Nabi ﷺ, dan pergi ke Baitul Maqdis. Aku berjalan bersama ahli daroj, dan ALLAH menjadikan dunia ini seperti telur di tanganku.”
Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata :
Salim bin Abu Bakar al-‘Atthos adalah seorang ‘arifbillah. Ia berkata kepadaku, “Pernah suatu hari aku pergi bersama ayahku. Di tengah jalan, roda kendaraanku rusak. Ayahku turun dari kendaraan, semwntara aku mencoba memperbaikinya. Setelah selesai, beliau naik kembali dan berkata, ‘Wahai anakku, waktu yang singkat tadi menjadi berkah bagiku.‘ Aku bertanya kepadanya, ‘Ayah, engkau memberkati segala sesuatu, apakah yang telah engkau lakukan tadi?‘ Beliau menjawab, ‘Aku telah membaca surat Ya Sin sebanyak 500 kali.‘”
Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata :
Habib Abu Bakar berkata, “Alhamdulillah, aku adalah seorang washil dan mushil kepada ALLAH. Para sahabatku juga sepertiku, washil dan mushil kepada ALLAH. Kelak di hari Kiamat, aku dan para sahabatku berada di bawah naungan ‘Arsy, orang-orang yang berada di Mauqih (Mahsyar) ingin menjadi pengikutku.” Habib Abu Bakar juga berkata, “Wahai anakku, ketahuilah, aku mewarisi semua hal keluargaku, dan aku melebihi nmereka dalam pemahamanki tentang kitabulloh, aku memiliki pemahaman tentang Qur‘an yang tidak dimiliki oleh seorang pun dari keluargaku.”
Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata :
Habib Ahmad bin Hasan al-‘Atthos mendengar Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh al-‘Atthos berkata, “Andaikan aku membahas sebiji atom dari ilmu iman, tentu para juri tulis dunia tidak akan mampu menulisnya.”
Habib Abu Bakar juga berkata kepadaku, “Aku berniat mensyarahkan kitab Ihya‘ ‘Ulumiddin. Dan aku akan memulainya dari bab keajaiban-keajaiban hati, sebab Syeikh Ghozali tidak membahas semuanya, beliau hanya menjelaskan secara garis besar. Namun kemudian, aku ingat bahwa tidak ada seorang salaf pun yang melakukannya.”
Seseorang bertanya kepada Habib ‘Ali, “Diwan-mu berisi banyak pujian untuk Habib Abu Bakar, tapi pujian untuk ayahmu sedikit.” Habib ‘Ali berkata, “Habib Abu Bakar adalah ayah ruhaniku, sedangkan ayahku adalah ayah jasmani.”
Habib Abu Bakar berkata kepada Habib ‘Ali, “Syarat pertama yang kuajukan kepadamu adalah bahwa kau harus terus mengajarkan ilmu dzhohir, dan tidak boleh menyibukkan diri dalam ilmu bathin.” Aku menjalankan perintahnya, yakni selalu mengajarkan ilmu dzhohir dan tidak pernah menyibukkan diri dalam ilmu bathin karena perinta Habib Abu Bakar.
Habib Abu Bakar al-‘Atthos memperhatikan teman-temanku (Habib ‘Ali). Beliau menemui mereka dan menjenguk yang sakit di antara mereka, sebab mereka juga mencintai beliau sebagaimana aku.
‘Abdul Qodir bin Ahmad bin Thohir bercerita bahwa Habib Abu Bakar berkata, “Ketahuilah Nak, (dari Huroidhoh) aku pergi ke Syibam ke tempat Habib Ahmad bin ‘Umar bin Smith, kemudian ke Masileh ke rumah Al Syeikh, lalu berziaroh kepada Habib Thohir dan Habib ‘Abdulloh, kemudian aku kembali lagi ke Huroidhoh. Semua ini berlangsung selama bacaan Fatihah.”
Habib Abu Bakar berkata, “Paling sedikit yang diberikan kepada mereka yang menziarohi wali, baik yang hidup maupun yang mati, adalah diampuni dosanya. Dan yang paling besar yang bisa diperoleh adalah sang wali akan memberikan maqom-nya.”
Habib Abu Bakar al-‘Atthos berkata, “Andaikan seoramg pencari (tholib) bersikap shidq, tentu ia akan menemukan syeikh di jalanan atau di depan rumahnya.”
Bagaimana tidak, para syeikh mengenal para pencari (guru dan ilmu) seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri. Sebagaimana wahyu ALLAH tentang kaum kafir Quroisy :
...يَعْرِفُونَهُۥ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَآءَهُمْ...
“Mereka mengenal beliau, seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri.” (QS. Al-Baqoroh : 146)
Pintu ALLAH tidak pernah tertutup. Pemberian-Nya selalu tersebar luas sejak dahulu dan akan terus demikian. Ia akan memberikan karunia-Nya kepada orang-orang terakhir (mutaakhirin) sebagaimana Ia telah memberi orang-orang terdahulu. Meski Nabi MUHAMMAD ﷺ diutus terakhir, namun beliau adalah Nabi yang paling utama dan mulia. Ini insya ALLAH merupakan dalil bahwa bagian yang diberikan kepada orang-orang terakhir tidak kecil.
*Sholat Witir Serta Bacaan dan Do‘anya*
Aku sering bertanya dan meminta wasiat kepada Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh al-‘Atthos. Suatu hari beliau berkata kepadaku, “Wahai anakku, ketahuilah, asror (rahasia) merupakan amanah, ia tidak diletakkan di kertas, namun diberikan dari hati ke hati. Aku akan memberimu tiga wasiat, wasiat yang ke-empat bukan sekarang waktunya.”
“Apakah ke-tiga wasiat itu?” tanyaku.
“Wasiat pertama, tetapkan niat yang baik setiap kali hendak memulai perbuatanmu. Wasiat ke-dua, jagalah sir-mu (nuranimu) agar selalu bersama ALLAH. Wasiat ke-tiga, kerjakanlah secara tekun sholat Witir sebanyak 11 roka‘at sesuai kaidah yang kuperoleh dari Habib Hasan bin Sholeh al-Bahr al-Jufri, yaitu setelah sholat Witir bacalah :
يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ.
Sebanyak 40 kali. Kemudian bacalah Fatihah sebanyak 4 kali. Untuk setiap Fatihah bacalah 1 kali surat Ya Sin. Fatihah pertama ditujukan kepada Nabi ﷺ, segenap keluarga dan para sahabatnya. Fatihah ke-dua tujukanlah kepada al-Faqih al-Muqoddam, as-Saggaf, dan tokoh-tokoh lain dari keluarga Ba ‘Alawi. Fatihah ke-tiga tujukanlah kepada Habib Sholeh bin ‘Abdulloh al-‘Atthos. Dan Fatihah ke-empat, tujukanlah kepada kaum muslimin secara umum,” kata Habib Abu Bakar.
(“Bagaimana dengan sholat Witirnya?” tanya seseorang kepada Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu.)
Adapun cara melaksanakan sholat Witirnya adalah demikian :
Setelah Fatihah roka‘at pertama bacalah surat al-Zalzalah sebanyak 2 kali, sebab, membaca surat tersebut 2 kali seperti mengkhotamkan Qur‘an. Setelah Fatihah roka‘at ke-dua, bacalah surat at-Takatsur sebanyak 6 kali, sebab, membaca surat tersebut 6 kali seperti mengkhotamkan Qur‘an. Kemudian pada 6 roka'at berikutnya, setiap roka‘at setelah membaca surat Fatihah, bacalah ayat Kursi 1 kali dan surat al-Ikhlash 3 kali. Kemudian pada 3 roka‘at terakhir, setelah Fatihah roka‘at pertama, bacalah surat al-A‘la, setelah Fatihah roka‘at ke-dua bacalah surat al-Kafirun, dan setelah Fatihah roka‘at ke-tiga, bacalah surat al-Ikhlash dan al-Mu‘awwidzatain (al-Falaq dan an-Nas). Sholat Witir ini dilakukan masing-masing 2 roka‘at, dan terakhir 1 roka‘at.
*Doa Nushfu Sya‘ban*
Pada malam Selasa, 15 Sya‘ban 1319., Habib ‘Ali rodhiallohu ‘anhu berkata kepada Sayyid ‘Abdulloh bin Abu Bakar al-‘Atthos, “Dahulu setiap malam Nishfu Sya‘ban, Habib Abu Bakar mengerjakan sholat sunnah 6 roka‘at. Pada setiap roka‘at setelah membaca surat al-Fatihah, beliau membaca surat al-Ikhlash sebanyak 6 kali. Setiap selesai mengerjakan sholat 2 roka‘at, beliau membaca Fatihah dan surat Ya Sin, kemudian dilanjutkan dengan membaca do‘a Nishfu Sya‘ban. Aku (Habib ‘Ali) juga melakukan sholat ini dengan cara yang sama.”
Habib ‘Abdulloh berkata, “Aku ingin mengerjalan sholat bersamamu.”
Setelah shof-shof diluruskan, Habib ‘Abdulloh bertanya, “Bagaimana niatnya?”
Habib ‘Ali berkata, “Ucapkanlah :
أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى
‘Aku niat sholat dua roka‘at karena ALLAH Ta‘ala.‘
Namun jika kalian meniatkan sebagai sholat sunnah Awwabin akan lebih utama.”
Habib ‘Ali kemudian mengimami kami. Setelah mengucapkan salam dari 2 roka‘at pertama, beliau menghadap kepada kami lalu mengucapkan :
الفاتحة و يس بنية طول العمر مع التوفيق للطاعة.
(Bacalah) Al-Fatihah dan Ya Sin, dengan niat agar ALLAH memanjangkan umur dan memberi kita taufiq untuk taat kepada-Nya.
Setelah membaca (Fatihah dan Ya Sin), beliau menuntun kami membaca do‘a Nishfu Sya‘ban yang berbunyi :
اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيهَ، يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ، ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ، لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ، وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ، وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ،
اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ، شَقِيًّا، اَوْ مَحْرُوْمًا، اَوْ مَطْرُوْدًا، اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِي، وَ حِرْمَانِي، وَ طَرْدِي، وَ اِقْتَارَ رِزْقِي، وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا، مَرْزُوْقًا، مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ، فَإِنَّكَ قُلْتَ، وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ، فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَل، عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ، {يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَاب}ِ
اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ، فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ، الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ، أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلاَءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَا نَعْلَمُ، وَمَا اَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، اِنَّكَ أَنْتَ اْلأَعَزُّ اْلاَكْرَمُ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ، اَمِيْنَ.
Beliau lalu memimpin sholat dua roka‘at lagi. Setelah salam beliau mengucapkan :
الفاتحة و يس بنية العصمة من الافات والعاهات، وبنية السعة في الرزق الظاهر والباطن.
(Bacalah) Al-Fatihah dan Ya Sin, dengan niat agar ALLAH melindungi kita dari segala bencana dan penyakit, juga dengan niat agar ALLAH melapangkab rezeki; lahir maupun bathin.
Setelah selesai membaca (Fatihah dan Ya Sin), beliau menuntun kami membaca do‘a Nishfu Sya‘ban. Setelah itu beliau memimpin kami untuk sholat 2 roka‘at. Setelah salam beliau mengucapkan :
الفاتحة و يس بنية غنا القلب وحسن الخاتمة.
(Bacalah) Al-Fatihah dan Ya Sin, dengan Niat agar ALLAH menjadikan hati kita kaya dan mengakhiri usia kita dengan Husnul Khotimah.
Setelah selesai membaca (Fatihah dan Ya Sin), beliau menuntun kami membaca do‘a Nishfu Sya‘ban.
*Sholawat Sayyid Ahmad bin Idris al-Maghrobi*
Salah satu sholawat Sayyid Ahmad bin Idris al-Maghrobi yang sangat agung dan masyhur. Sholawat itu berbunyi sebagai berikut :
اَللهُم اِنيْ اَسْاَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ، اَلذِيْ مَلأَ اَرْكَانَ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ، وَقَامَتْ بِهِ عَوَالِمُ اللهِ الْعَظِيْمِ، اَنْ تُصَليَ عَلىَ مَوْلاَناَ مُحَمدٍ ذِيْ الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ، وَعَلىَ آلِ نَبِي اللهِ الْعَظِيْمِ، بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ الْعَظِيْمِ، فِيْ كُل لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَماَ فِيْ عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ، صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ، تَعْظِيْماً لِحَقكَ يَامَوْلاَناَ ياَمُحَمدُ، ياَ أَحْمَدُ، ياَ أَبا الْقَاسِمِ، ياَ ذَالْخُلُقِ الْعَظِيْمِ، وَسَلمْ عَلَيْهِ وَعَلىَ آلِه مِثْلَ ذَلِكَ، وَاجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَهُ كَماَجَمَعْتَ بَيْنَ الروْحِ وَالنفْسِ، ظاَهِرًا وَباَطِناً، يَقْظَةً وَمَناَماً، وَاجْعَلْهُ ياَرَب رَوْحاً لِذاَتِيْ مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ، فِي الدنْياَ قَبْلَ اْلآخِرَة،ِ ياَعَظِيْمُ ياَعَظِيْمُ.
Setelah menerima sholawat itu dari Sayyid Ahmad bin Idris al-Maghrobi, Habib Abu Bakar lalu menulisnya dan meletakkannya dalam peti. Ketika beliau berlayar, seorang Darwisy mendatanginya dan berkata, “Aku melihat cahaya keluar dari peti itu yang menjulang tinggi ke Langit.” Habib Abu Bakar lalu membuka peti itu dan ternyata cahaya tersebut berasal dari sholawat Sayyid Ahmad bin Idris al-Maghrobi.
Wallahu a‘lam, semoga Barokah dan manfaat bagi kita semua, aamiin.
0 Response to "Manaqib Al-Imam Al-Habib Abu Bakar bin ‘Abdulloh bin Tholib al-‘Atthos (Guru dari Al-imam Al-Habib Ali bin Muhammad Alhabsyi Sohibul Maulid Simtud Duror)"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip