//

AL-HABIB ABU BAKAR 'Al Attas' IBN ABDULLAH AL HABSHI

AL-HABIB ABU BAKAR 'Al Attas' IBN ABDULLAH AL HABSHI


KETURUNAN MULIA RASULLULAH صلى الله عليه وآله وسل





Dia adalah Al Habib Abu Bakar "Alattas bin Abdullah bin Alwi bin Zain bin Abdullah bin Zain bin Alwi bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Alwi bin Abu Bakar Al Habshi. Ia dilahirkan di kota Hottah, Hadramaut pada tahun Zulkaedah 1.327 H (1909 M).


Al Habib pada umumnya dan secara luas dikenal sebagai Attas Habib dan nama samaran yang diberikan oleh Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Habshi. Itu adalah fenomena aneh dan misteri mulai terungkap sendiri kemudian dalam hidupnya. Al Habib Attas adalah seorang ulama besar dan dikejar cara teladan hidup mengikuti jejak dari Rasullulah صلى الله عليه وآله وسلم . Ia hidup di bawah represi keras dari aturan maka komunis di Hadramaut. Rezim akan membunuh ulama yang menyebarkan pesan Allah, contoh di mana, Mufti, Al Habib Mohammad bin Salim bin Hafiz Bensheikh Abu Bakar diculik setelah ia khotbah khotbah di Masjid Jame 'Terim. Itu adalah orang terakhir kali melihat dia masih hidup. Al Habib Attas termasuk dalam daftar 'hit'. Alhamdullilah, dia diberitahu tentang rencana berbahaya dan disarankan untuk meninggalkan dalam waktu 24 jam. Dia berhasil menggalang putaran keluarganya melarikan diri ke Jeddah melalui bandara di Aden. Perjalanan perjalanan darat memiliki hambatan militer banyak untuk mencari Al Habib Al Attas. Untungnya, paspornya disahkan di bawah nama aslinya Abu Bakar Al Habshi nya dan keluarga diizinkan untuk melewati dan itu hanya ketika pesawat itu melintasi zona internasional bahwa mereka menyadari bahwa Al Habib telah memberi mereka slip.


سبحان الله والحمدلله ولآ إله إلا الله والله أكبرولآحول ولا قوة الا بالله


Al Habib dibesarkan dan diasuh oleh ayahnya sendiri Al Habib Abdullah saleh. Ketika ayahnya meninggal pada 1.342 tahun hijrah, pendidikan khusus nya diurus oleh kakaknya Al Habib Hussin. Bahkan pada usia dini, Al Habib memiliki sudah hafal dan mampu memahami sebagian besar dari Al-Qur'an. Ia menghadiri henti cluster lingkaran belajar dan dengan pengetahuan yang mendalam tentang buku-buku agama, ia mampu mengekstrak makna esoteris mencakup. Ucapan yang keluar dari mulutnya adalah pencerahan seperti iluminasi cahaya yang berasal dari perhiasan.


Kakaknya meninggal dalam 1.369 tahun hijrah , setelah itu ia menjadi penyendiri, yang ditujukan sepenuhnya untuk menyembah Allah dalam suasana tenang ketenangan total dan juga untuk rekapitulasi buku menguntungkan pada jalan para pendahulu benar ( salafussalihin ).


Namun, keadaan ini tidak berlangsung karena ia dikalahkan oleh kebutuhan untuk bermigrasi ke Mekah dalam rangka untuk melarikan diri dari tirani yang dipaksakan oleh rezim komunis.


Al Habib terus-menerus diduduki dan waktunya dibagi terutama untuk berdoa menyembah dan taat, zikir, dan amal saleh dalam memberikan penyuluhan dan lain-lain guidance.to. Tanpa gagal, setiap malam ia akan memulai doa berjaga dan tindakan lain dari permohonan jam dua (dalam riwayat lain pukul satu siang), mengambil mandi dan mulai ibadah dan zikir sampai matahari terbit setelah itu ia akan memiliki cahaya sarapan dan tidur.


Pukul sepuluh pagi, ia kemudian akan mulai berdoa doa Dhuha. Telah diriwayatkan bahwa ia akan membaca sepuluh bab 'juzu dari Al Quran selama shalat Dhuha. Dia kemudian akan melanjutkan permohonan sampai sore Zohor waktu sholat diikuti dengan berdoa empat rakaat qabliah.Dia akan membaca surah Yasin di setiap rakaat tersebut. Setelah berdoa empat rakaat ba'diah, ia akan makan siang dan beristirahat. Pada pukul empat sore dan setelah berdoa empat rakaat qabliah Asar, ia akan mencari pengampunan Allah tujuh puluh kali, ia kemudian akan berdoa doa Asar diikuti dengan permohonan lanjut. Dia kemudian akan memandu lingkaran studi transenden m ajlis ta'alim sampai waktu maghrib ketika ia akan memimpin doa dengan murid-muridnya, diikuti oleh doa sunnah muakad dan awabin. Dia hanya akan membaca Ratib Al Haddad setelah menyelesaikan shalat isha 'dan ba'diah nya,. Pukul sepuluh ia akan makan malam dan akan tidur, bangun pukul dua pagi untuk memulai ibadah rutin nya sampai matahari terbit.

Dalam membimbing nya lingkaran studi m ajlis ta'alim, pendekatan berbeda. Tidak seperti kebanyakan majalis mana pembacaan buku kitabdilakukan pada tingkat sepintas lewat dari satu pembaca yang lain, Al Habib akan meminta qari untuk terus mengulang teks sampai pesannya sepenuhnya dipahami dan masuk ke dalam hati seolah-olah Rasullulah صلى الله عليه وآله وسلم sedang berbicara secara pribadi dengan dia.

Tradisi hidup Hadramut selalu praktek mencari pengetahuan dan Ijazah dari Mashaeikh [1] . Berikut ini adalah mashaeikhs nya
Al Habib Hussin bin Abdullah Al Habshi
Al Habib Alwi bin Abdullah Al Habshi
Al Habib Abdullah bin Idrus Al Idrus
Al Habib Abdullah bin Umar Alshatrie
Al Habib Abdul Bari bin Sheikh Al Idrus
Al Habib Ahmad bin Abdul Rahman Al Saggaf
Al Habib Ahmad bin Mohsin Al Hedhar
Al Habib Ali bin Abdul Rahman Al Habshi
Al Habib Muhammad bin Ali Al Habshi
Al Habib Muhammad bin Salim Asree
Al Habib Muhammad bin Hadi Al Saggaf
Al Habib Alwi bin Abdullah Benshahab
Al Habib Umar bin Ahmad Bensmeth
Al Habib Hassan bin Muhammad Bilfagih
Sheikh Osman bin Mahfuz
Sheikh Salim Said Bakayir

Al Habib kepribadian indah diwujudkan esensi kebajikan yang tertuang dalam naskah Ba'Alawi berjudul "Al-Ilmu Nabras fi Tanbih 'ala Manhaj Al Akyas ditorehkan oleh Habib Abdullah bin Hassan bin Alwee Al Attas menggambarkannya sebagai-:

"Seseorang yang mengikuti cermat kehidupan dan praktek pendahulunya yang mulia dalam pengetahuan dan usaha, memiliki hati yang murni bebas, dari segala atribut negatif, hormat setia dan sepenuh hati hidup sampai perbuatan benar, menjaga perusahaan dengan mereka dengan karakter yang baik dan menjaga diri dari mereka dengan disposisi dekaden, tidak suka menonjol dan ketenaran, menghindari pesta, menyalahkan diri pada kekurangan pribadi, dijiwai dengan keluhuran terkemuka, kesalehan, penolakan, lembut, meninggalkan mereka dengan permusuhan samping dan penuh asyik mengenai hal-hal yang berkaitan dengan akhirat.

Al Habib juga juga menulis enam perjanjian termasuk "Al Tazkir Al Mustaffa"

Dalam mengingat Al Habib Attas, itu sudah cukup tc menyimpulkan pada kepercayaan dari kutipan Al Habib Abdul Qadir bin Ahmad Sebagai Saggaf yang menganggap dia sebagai seseorang yang diberkahi dengan rahasia perusahaan arifin salaful dan dibedakan dia sebagai "Saidi Al- arif billah "



Al Habib Abu Bakar Attas meninggal pada 28 Rejab 1.416 H (21 Desember 1995 M) Hidupnya telah di layanan lengkap kepada Allah dalam segala manifestasi total. Ia dimakamkan di Ma'la, Mekah di Al Mukarammah.

اللهم انشرنفحات الرضوان عليه وإمدنا بالأسرار التي أودعتهالديه

. اللهم صل وسلم على جده النبي الأمين سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

الفاتحة إلى النبي محمد صلى حضرة الله عليه وآله SAW وإلى روح سيدنا الحبيب ابي بكرالعطاس بن عبدالله بن علوي الحبشي وأصوله وفروعه وتلامذته والمنتسبين إليه أجمعين, أن الله يعلي درجاتهم في الجنة ويكثر من مثوباتهم ويضاعف حسناتهم ويحفظنا بجاههم وينفعنابهم ويعيد علينا من بركاتهم وأسرارهم وأنوارهم وعلومهم ونفحاتهم في الدين والدنيا والآخرة - الفاتحة

abdkadiralhamid@2012

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AL-HABIB ABU BAKAR 'Al Attas' IBN ABDULLAH AL HABSHI"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip