"BA ALAWI "

"BA ALAWI "


Sebutan/gelar Habib di kalangan Arab-Indonesia dinisbatkan secara khusus terhadap keturunan Nabi Muhammad melalui Fatimah az-Zahra dan Ali bin Abi Thalib. Habib yang datang ke Indonesia mayoritas adalah keturunan Husain bin Fatimah binti Muhammad. Diperkirakan di Indonesia terdapat sebanyak 1,2 juta orang yang masih hidup yang berhak menyandang sebutan ini. Di Indonesia, habib semuanya memiliki moyang yang berasal dari Yaman, khususnya Hadramaut.

Dan telah dinukil dari kata Al-Allamah Idrus bin Umar al-Habsyi dalam kitabnya Iqd al-Yawaqit al-Jauhariyah , pada sebagian ulama yang menggambarkan thariqah al-Saadah Bani Alawi, berkata:

"Sungguh telah terkumpul nasab keagamaan dan pertalian darah ini dalam bentuk ilmu, amal, keledzatan ibadah, riwayah, dirayah, tahqiq dalam diri keturunan 'cucu kedua'-keturunan Imam al-Husein-yang dipuji yaitu keluarga Abi Alawi, yang siapapun masuk dalam thariqah mereka adalah golongan mereka."

Dan dikatakan padanya: 

"Sungguh kami telah melindungi siapa yang engkau lindungi hai ummu Hani, Salman dari kita ahlul bait. Dan semua itu berbasis kepada pengumpul segala hakikat, samudra ilmu dan ma'rifat, Imam Ali bin Abi Thalib, dan orang yang terlahir dari dua nasab yang agung dan memiliki dua arah kemuliaan, Ali bin Husein Zainal Abidin, sungguh wirid yang dilaziminya mencapai seribu rakaat dan lainnya, sampai keistimewaan-keistimewaan yang bersinar dan keagungan yang tinggi itu berakhir pada keluhuran yang mulia ke pusat orang-orang yang bertawajjuh, dan penghubung para kaum ahli hakikat al-Ustadz al-A'dzham, al-Faqih al-Muqaddam - yang menanamkan cahaya thariqah al-Syu'aibiyah - dan yang cahaya-cahaya thariqahnya menembus seluruh Hadramaut, lalu memancarlah cahaya itu dan bergeraklah rahasia-rahasianya pada kaum khawas di berbagai penjuru serta menebarlah keberkahannya kepada para ayah dan ibu. "


2012@abdkadiralhamid