//

Anjuran Minum Kopi


Suatu ketika as-Sayyid Ahmad bin Ali Bahr al-Qadimi jumpa dengan Nabi Muhammad Saw. dalam keadaan terjaga.
Ia berkata kepada Nabi Saw.:
“Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara.”
Nabi Muhammad Saw. kemudian bersabda:
“Aku akan memberimu 3 hadits;
  1. Selama bau biji kopi ini masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula malaikat akan beristighfar (memintakan ampun) untukmu.
  2. Barangsiapa yang menyimpan tasbih untuk digunakan berdzikir maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang banyak berdzikir, baik ia gunakan tasbihnya atau tidak.
  3. Barangsiapa yang duduk bersama waliyullah yang hidup atau yang sudah wafat maka pahalanya sama saja dengan ia menyembah Allah di seluruh penjuru bumi.”

Didalam kitab Tadzkiruun Naas karya Al Habib Ahmad bin Hasan Al Athas hal 177 diceritakan ;

وكان الحبيب أبو بكر بن عبد الله العطاس يقول : إن المكان الذي يُترك خالياً يسكنون فيه الجن ، والمكان الذي تفعل به القهوة لا يسكنونه الجن ولا يقربونه.

Bahwasannya Al Habib Abu Bakar bin Abdillah Al Atthas berkata : " Sesungguhnya tempat/rumah kalau ditinggalkan dalam keadaan sepi/kosong, maka para jin akan menempatinya.
Sedangkan rumah/suatu tempat yg mana disitu biasa membuat hidangan wedang kopi maka para jin tidak akan bisa menempatinya dan tidak akan bisa mendekat alias mengganggu ".

Syeikh Abul Hasan asy-Syadzili RA, adalah ulama besar dan kaya-raya, murid dari seorang wali yang sangat karomah, Syeikh Abdullah al-Masyisyi.
Suatu waktu ia harus mengamalkan wirid dan harus menahan wudhunya sampai 40 malam tanpa batal. Dengan memohon petunjuk Allah, beliau bermimpi didatangi Rasulullah SAW dan seraya bersabda: 
“Hai Abul Hasan.. ini saya bawakan biji-bijian yang banyak terdapat di tempatmu. Jemurlah! Goreng kering hingga menjadi lunak, kemudian tumbuk sampai lembut. Sesudah itu, seduh dengan air mendidih. Air itulah yang kau minum setiap malam. Insya Allah kamu tidak akan mengantuk”.

Esoknya, tahulah beliau bahwa biji yang ditunjukkan Rasulullah adalah biji kopi. Sejam minum kopi itu, beliau mampu menahan kantuk beberapa malam, bahkan 40 malam

Sumber: kitab Tadzir an-Nas halaman 177
Diriwayatkan Alhabib Abdullah bin Alwi Al-Haddad sohibul “Rotib Haddad” Mimpi bertemu dengan Rasulullah صلى الله عليه و سلم.
Didalam mimpinya Habib Abdulloh berkata:
“Ya Rasulullah berilah aku satu ucapan-MU /Sabda-MU yang belum pernah engkau sampaikan kepada para Sahabat, aku minta khusus buatku langsung dari Engkau YaRasulullah. 
Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda yang artinya :
1.      Siapa yang memegang tasbih maka dia dicatat sebagai orang yang bertasbih meskipun dia tidak bertasbih.
2.      Siapa yang minum kopi selama aroma kopi itu masih ada dimulutnya Malaikat memintakan ampun.”(kopi untuk pengajian/qiyamul lail) dapet Istighfarnya Malaikat.
3.      Barang siapa mengunjungi seorang Wali yang masih hidup maupun telah meniggal dunia, maka ibadahnya mengunjungi wali itu lebih baik dari pada ibadah selama 70 tahun sampai tulangnya putus-putus.

Inilah kenikmatan dari Allah سبحانه و تعالى melalui salah satu Dzurriah/keturunan Rosulullah صلى الله عليه و سلم yang mulia kedudukan lahir dan batinnya dihadapan Kakek beliau yang Agung Sayyidina Muhammad صلى الله عليه و سلم.

abdkadiralhamid@2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anjuran Minum Kopi"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip