Kesalahan Albani tidak hanya diakuioleh murid-muridnya sendiri. Kenyataan di atas juga diakui oleh Syaikh YusufQardhawidi dalam tanggapan beliau terhadap al-Albani yang mengomentarihadis-hadis di dalam kitabnya berjudul 'al-Halal wal-Haram fil-Islam', sebagai berikut:“Olehsebab itu, penetapan Syaikh al-Albani tentang dha’if-nya suatu hadits bukanmerupakan hujjah yang qath’i (pasti) dan sebagai kata pemutus. Bahkan dapatsaya katakan bahwa Syaikh al-Albani hafizhahullah kadang-kadang melemahkansuatu hadits dalam satu kitab dan mengesahkannya (menshahihkannya) dalam kitablain”. (Lihat Halal dan Haram, DR. Yusuf Qardhawi,Robbani Press, Jakarta, 2000, hal. 417). Syaikh Yusuf Qardhawi juga banyakmenghadirkan bukti-bukti kecerobohan al-Albani dalam menilai hadis yangsekaligus menunjukkan sikapnya yang “tanaqudh”.
Berikut beberapa bukti kongkritkontradiksi Albani dalam menilai hadis yang telah diteliti oleh Syaikh Hasanbin Ali Assegaf (Cucu Sayyid Abdurrahman Assegaf pengarang kitab Syarah FathulMuin, Tarsyih al-Mustafidin) dalam kitab beliau yang bernama 'Tanaqudhat al-Albanial-Wadhihat':
Hadis Pertama
حديث عن محمود بن لبيد قال : أخبر رسول الله صلى الله عليه وآلهعن رجل طلق امرأته ثلاث تطليقات جميعا ، فقام غضبان ، ثم قال : (أيلعب بكتاب اللهعزوجل وأنا بين أظهركم ؟ !) حتى قام رجل فقال : يا رسول الله ألا أقتله ؟ ! رواه النسائي. ضعفه الالباني في تخريج (مشكاة المصابيح) الطبعة الثالثة ، بيروت - سنة 1405 هالمكتب الاسلامي (2 / 981) فقال : ورجاله ثقات لكنه من رواية مخرمة عن أبيه ولميسمع منه . اه ثم تناقض فصححه في كتاب (غاية المرام تخريج أحاديث الحلال والحرام)طبعة المكتب الاسلامي ، الطبعة الثالثة 1405 ه صفحة (164) حديث رقم (261)
"Albani menilainya dlaif dalam Misykat al-Mashabih (Juz IIhal. 981. Cetakan III, Beirut, 1405 H, al-Maktab al-Islami). Kemudian iamenilainya sahih dalam Kitab Ghayat al-Maram Takhrij Ahadits al-Halal waal-Haram (Hal. 164 No hadis: 261, Cetakan III, Maktab al-Islami, 1405 H)"
Hadis Kedua
حديث : إذا كان أحدكم في الشمس فقلص عنه الظل وصار بعضه في الظلوبعضه في الشمس فليقم) أقول : صححه الالباني فقال في صحيح الجامع الصغير وزيادته(1 / 266 / 761) صحيح الاحاديث الصحيحة : 835 . اه ثم تناقض فضعفه في : تخريج(مشكاة المصابيح) (3 / 1337 / برقم 4725 الطبعة الثالثة) وقد عزاه في كل منالموضعين إلى سنن أبي داود .
"Albani menilainya sahih dalam Kitab Sahih al-Jami'ash-Shaghir wa Ziyadatuhu (I/266) dan Sahih al-Hadits ash-Shahihah No 835. KemudianAlbani menilainya dlaif dalam Kitab Misykat al-Mashabih (Juz III, hal. 1337 Nohadis: 4725 Cetakan III)"
Hadis Ketiga
حديث : الجمعة حق واجب على كل مسلم ... ضعفه الالباني في :تخريج (مشكاة المصابيح) (1 / 434) : فقال : رجاله ثقات وهو منقطع كما أشار أبوداود اه بمعناه ومن التناقضات أنه : أورد الحديث في إرواء الغليل (3 / 54 / برقم592) وقال : صحيح . اه فتدبروا يا أولي الالباب .
Albani menilaidlaif dalam Kitab Misykat al-Mashabih (I/434), ia berkata: Perawinya terpercayatetapi hadis ini terputus sebagaimana isyarah Abu Dawud. Namun hadis inidicantumkan oleh Albani dalam Kitab Irwa' al-Ghalil (III/54 No hadis: 592).Albani berkata: "Hadis ini sahih"
Hadis Keempat
حديث : عبد الله بن عمرو مرفوعا : (الجمعة على من سمع النداء) رواهأبو داود . صححه الالباني في: (إرواء الغليل) (3 / 58) فقال : حسن . اه وناقض نفسه فضعفه في :تخريج مشكاة المصابيح 1 / 343) (برقم 1375) حيث قال :سنده ضعيف . اه
"Albani menilai sahih dalam Kitab Irwa' al-Ghalil (III/58).Albani berkata: "Hadis ini hasan". Tetap Albani menilainya dlaifdalam Kitab Misykat al-Mashabih (I/343 No hadis 1375). Albani berkata:"Sanadnya dlaif"
Hadis Kelima
حديث أنس بن مالك أن رسول الله صلى الله عليه وآله كان يقول : (لاتشددوا على أنفسكم فيشدد الله عليكم فإن قوما شددوا على أنفسهم فشدد الله عليهم .. .) رواه أبو داود . ضعفه الالباني في : (تخريج المشكاة) (1 / 64) فقال : بسند ضعيف اه . ثم تناقض فحسنه في آخرتخريجه في (غاية المرام) ص (141) بعد أن حكم عليه هناك أيضا بالضعف فقال : فلعلحديثه هذا حسن بشاهده المرسل عن أبي قلابة . اه
"Albani menilai dlaif dalam Kitab Misykat al-Mashabih(I/64). Albani berkata: "Diriwayatkan dengan sanad yang dlaif. Tapi Albanimenilainya hasan dalam Kitab Ghayat al-Maram hal. 141, setelah menghukuminyadlaif, Albani berkata: "Semoga hadis ini hasan dengan dalil penguat secaraMursal dari Abu Qilabah"
Hadis Keenam
حديث السيدة عائشة رضي الله عنها قالت : (من حدثكم أن النبي صلىالله عليه وآله كان يبول قائما فلا تصدقوه ما كان يبول إلا قاعدا) رواه أحمدوالترمذي والنسائي . ضعفه الالباني في تخريج (مشكاة المصابيح)(1 / 117) فقال : اسناده ضعيف اه ثم من تناقضاته أنه صححه في سلسلة الاحاديثالصحيحة (1 / 345 برقم 201) فتأمل أخي القارئ
"Albani menilai dlaif dalam Kitab Misykat al-Mashabih(I/171). Albani berkata: "Sanadnya dlaif". Tapi Albani menilainyasahih dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah (I/345 No hadis 201)"
Hadis Ketujuh
حديث: ثلاثة لا تقربهم الملائكة جيفة الكافر والمتضمخ بالخلوق والجنب إلا أن يتوضأ)رواه أبو داود . صححه الالباني في (صحيح الجامع الصغير وزيادته) (3 / 71 برقم3056) فقال : حسن تخريج الترغيب (1 / 91) . اه ومن تناقضاته أنه ضعفه في تخريج(مشكاة المصابيح) (1 / 144 برقم 464) فقال : ورجاله ثقات لكنه منقطع بين الحسنالبصري وعمار فإنه لم يسمع منه كما قال المنذري في الترغيب (1 / 91) .
"Albani menilainya sahih dalam kitab Sahih al-Jami' No3056, ia berkata: "hadis ini hasan". Tetapi Albani menilainya dhaifdalam Kitab Tajhrij Misykat al-Mashabih No 464. Albani berkata: "Perawinyaterpercaya, tetapi hadis ini terputus antara Hasan Bashri dan Ammar"
Syaikh Hasan binAli Assegaf dalam Kitabnya 'Tanaqudhat al-Albani al-Qadhihat' dalam Juz Pertamamemuat 249 kesalahan Albani, baik dari sahih ke dhaif maupun sebaliknya. Tulisan Syaikh Hasan bin Ali al-Saqqaf yang berjudulTanaqudhat al-Albani al-Wadhihat merupakan kitab yang menarik dan mendalamdalam mengungkapkan kesalahan fatal al-Albani tersebut. Beliau mencatat seribu lima ratus (1500) kesalahan yangdilakukan al-Albani lengkap dengan data dan faktanya. Bahkan menurut penelitian ilmiah beliau, ada tujuh ribu(7000) kesalahan fatal dalam buku-buku yang ditulis al-Albani.Dengan demikian, apabila mayoritas ulama sudah menegaskan penolakantersebut, berarti Nashiruddin al-Albaniitu memang tidak layak untuk diikuti dan dijadikan panutan.
Di antara UlamaIslam yang mengkritik al-Albani adalah al-Imam al-Jalil Muhammad Yasinal-Fadani penulis kitab al-Durr al-Mandhud Syarh Sunan Abi Dawud dan Fathal-’Allam Syarh Bulugh al-Maram; al-Hafizh Abdullah al-Ghummari dariMaroko; al-Hafizh Abdul Aziz al-Ghummari dari Maroko;al-HafizhAbdullah al-Harari al-Abdari dari Lebanon pengarang Syarh Alfiyah al-Suyuthi fiMushthalah al-Hadits; al-Muhaddits Mahmud Sa’id Mamduh dari Uni Emirat Arabpengarang kitab Raf’u al-Manarah li-Takhrij Ahadits al-Tawassul wa al-Ziyarah; al-MuhadditsHabiburrahman al-A’zhami dari India; Syaikh Muhammad bin Ismail al-Anshariseorang peniliti Komisi Tetap Fatwa Wahhabi dari Saudi Arabia; Syaikh Muhammadbin Ahmad al-Khazraji menteri agama dan wakaf Uni Emirat Arab; Syaikh BadruddinHasan Dayyab dari Damaskus; Syaikh Muhammad Arif al-Juwaijati; Syaikh Hasan binAli al-Saqqaf dari Yordania; al-Imam al-Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dariMekkah; Muhammad bin Shalih al-’Utsaimin dari Najd (ulama Wahabi-red) yangmenyatakan bahwa al-Albani tidak memiliki pengetahuan agama sama sekali; dan lain-lain.Masing-masing ulama tersebut telah mengarang bantahan terhadap al-Albani(sebagian dari buku-buku al-Albani dan bantahannya ada pada perpustakaan TimPCNU Jember).
SyaikhAlbani Mendhaifkan Hadis Bukhari-Muslim
Kesalahanfatal dan sembrono Albani juga nampak jelas ketika ia banyak menilai dhaifdalam kitab sahih Bukhari dan Sahih Muslim, yang telah dinobatkan oleh umatsebagai kitab yang paling valid (sahih) setelah al-Quran. berikut bukti-buktinyata:
Hadis Pertama:
حديث: (قال الله تعالى : ثلاثة أنا خصمهم يوم القيامة : رجل أعطى بي ثم غدر ، ورجل باعحرا فأكل ثمنه ، ورجل استأجر أجيرا فاستوفى منه ولم يعطه أجره)) . قال الالباني في ضعيفالجامع وزيادته) (4 / 111 برقم 4054) : رواه أحمد والبخاري (2114) عن أبي هريرة(ضعيف) ! ! !
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 4054).Hadis ini Diriwayatkan oleh al-Bukhari No 2114"
Hadis Kedua:
حديث : (لا تذبحوا إلا بقرة مسنة ، إلا أن تتعسرعليكم فتذبحوا جذعة من الضأن) . قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (6 / 64برقم 6222) : رواه الامام أحمد ومسلم (1963) وأبو داود والنسائي وابن ماجه عن جابر(ضعيف) ! ! ! .
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 6222).Hadis ini Diriwayatkan oleh Muslim No 1963"
Hadis Ketiga:
حديث : (إن من شر الناس عند الله منزلة يومالقيامة الرجل يفضي إلى امرأته ، وتفضي إليه ثم ينشر سرها). قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (2/ 197 برقم 2005) : رواه مسلم (1437) عن أبي سعيد " (ضعيف) ! ! ! .
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 2005).Hadis ini Diriwayatkan oleh Muslim No 1437"
Hadis Keempat:
حديث : (إذا قام أحدكم من الليل فليفتتح صلاته بركعتين خفيفتين) قالالالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (1 / 213 برقم 718) : رواه الامام أحمد ومسلم(768) عن أبي هريرة (ضعيف) ! !
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 719). Hadisini Diriwayatkan oleh Muslim No 769"
Hadis Kelima:
حديث : (أنتم الغر المحجلون يوم القيامة ، من إسباغ الوضوء ، فمناستطاع منكم فليطل غرته وتحجيله) (1) قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (14 /2 برقم 1425) : رواه مسلم (246) عن أبي هريرة (ضعيف بهذا التمام) .
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 1425).Hadis ini Diriwayatkan oleh Muslim No 246"
Hadis Keenam:
حديث : (إن من أعظم الامانة عند الله يوم القيامة الرجل يفضي إلىامرأته . . .) (2) . قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (2 / 192 برقم 1986) :رواه أحمد ومسلم (1437) وأبو داود عن أبي سعيد (ضعيف) ! ! .
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 1986).Hadis ini Diriwayatkan oleh Muslim No 1437"
Hadis Ketujuh:
حديث : (من قرأ العشر الاواخر من سورة الكهف عصم من فتنة الدجال).قال الالباني في (ضعيف الجامع وزيادته) (5 / 233 برقم: 5772 رواه أحمد ومسلم (809) والنسائي عن أبي الدرداء (ضعيف) ! !
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 1986).Hadis ini Diriwayatkan oleh Muslim No 1437"
HadisKedelapan:
حديث : (كان له صلى الله عليه وسلم فرس يقال له اللحيف) . قالالالباني في ضعيف الجامع وزيادته) (4 / 208 برقم 4489 :رواه البخاري (2855) عن سهل بن سعد (ضعيف)! ! ! .
"Albaniberkata: "Hadis ini dhaif" (Dhaif al-Jami' ash-Shaghir No 4489).Hadis ini Diriwayatkan oleh al-Bukhari No 2855"
Penutup
Walhasil,Syaikh Nashiruddin al-Albani bukan al-Hafidz yang berhak memberi penilaianstatus hadis. Jangankan menjadi al-Hafidz, untuk memenuhi criteria sebagai'Muhaddits' masih sangat jauh. Masihkah anda lebih percaya pada takhrij Albani yangberlumur kontradiksi dengan mengalahkah ulama sekaliber al-Hafidz Ibnu Hajar,al-Hafidz as-Suyuthi, al-Hafidz adz-Dzahabi, dan ahli hadis lainnya?
SALAM ASWAJA
Abdkadiralhamid@2015
0 Response to "Kesalahan Dalam Karya-Karya Syaikh Albani"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip