AL-IMAM AS-SAKRAN: SHOHIB HIZIB SAKRAN
Wirid Sakran yang merupakan salah satu wirid khas yang diamalkan di tariqa alawiyyin beserta manakib sohibul wirid dari Syeh Abu Bakar Assakran MANAQIB AL-IMAM AS-SAKRAN. Beliau adalah Sayyidinal Imam Abu Bakar As-Sakran bin Syeikh al Ghauts Abdurrahman As-Seggaf bin Muhammad Maula Dawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghoyur bin Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Khali’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al Muhajir bin Isa Ar-Rumi bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-’Uraidhi bin Ja’far Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Siti Fatimah Az-Zahro binti Muhammad SAW )
Wirid Sakran yang merupakan salah satu wirid khas yang diamalkan di tariqa alawiyyin beserta manakib sohibul wirid dari Syeh Abu Bakar Assakran MANAQIB AL-IMAM AS-SAKRAN. Beliau adalah Sayyidinal Imam Abu Bakar As-Sakran bin Syeikh al Ghauts Abdurrahman As-Seggaf bin Muhammad Maula Dawilah bin Ali bin Alwi Al-Ghoyur bin Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Khali’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al Muhajir bin Isa Ar-Rumi bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-’Uraidhi bin Ja’far Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Siti Fatimah Az-Zahro binti Muhammad SAW )
Beliau digelari dengan As-Sakran (mabuk) , karena
beliau mabuk dengan cintanya kepada Allah swt. Waliyullah Abu Bakar
al-sakran dikarunia lima orang anak laki, yaitu: Muhammad al-akbar,
Hasan, Abdullah, Ali, dan Ahmad. Dari ketiga anaknya yang bernama
Abdullah, Ali dan Ahmad menurunkan keluarga al-Aydrus, Syahabuddin,
al-Masyhur, al-Hadi, al-Wahath, al-Munawar. Beliau adalah seorang wali
Allah yang mempunyai berbagai macam karamah yang luar biasa. Beliau
berasal dari keturunan Al-Ba’alawi. Sebahagian dari karamahnya pernah
diceritakan bahawasanya pernah ada dua orang yang datang ke kota Tarim
(Hadhramaut) dengan maksud mengunjungi setiap orang terkemuka dari
keluarga Al-Ba’alawi yang berada di kota tersebut. Setibanya di suatu
masjid jami’ keduanya dapati Syeikh Abu Bakar sedang bersolat di masjid
tersebut. Setelah solat Jumaat selesai keduanya menunggu keluarnya
Syeikh Abu Bakar dari masjid. Namun beliau tetap duduk beribadat dalam
masjid sampai hampir matahari terbenam. Kedua orang itu merasa lapar,
tapi keduanya tidak berani beranjak dari masjid sebelum bertemu dengan
Syeikh Abu Bakar. Tidak lama kemudian, Syeikh Abu Bakar Asseggaf menoleh
kepada mereka berdua sambil berkata: “Ambillah apa yang ada dalam baju
ini”. Keduanya mendapati dalam baju Syeikh itu sepotong roti panas. Roti
tersebut cukup mengenyangkan perut kedua orang tersebut. Bahkan masih
ada sisanya. Kemudian sisa roti itu barulah dimakan oleh Syeikh Abu
Bakar”. Ada seorang diceritakan telah meminang seorang gadis. Syeikh Abu
Bakar ketika mendengar berita tersebut telah memberikan komentarnya:
“Pemuda itu tidak akan mengahwini gadis itu, ia akan kahwin dengan ibu
gadis tersebut”. Apa yang diceritakan oleh Syeikh Abu Bakar ersebut
ternyata benar, kerana tidak lama kemudian ibu gadis itu diceraikan oleh
suaminya. Kemudian pemuda itu membatalkan niatuntuk mengahwini gadis
tersebut. Bahkan sebagai gantinya ia meminang ibu gadis tersebut.
Diceritakan pula bahwa ada serombongan tetamu yang berkunjung di Kota
Tarim tempat kediaman Syeikh Abu Bakar Asseggaf. Tetamu itu tergerak di
hatinya masing-masing ingin makan bubur gandum dan daging. Tepat waktu
rombongan tetamu itu masuk ke rumah Syeikh Abu Bakar, beliau segera
menjamu bubur gandum yang dimasak dengan daging. Kemudian sebahagian
dari rombongan tersebut ada yang berkata: “Kami ingin minum air hujan”.
Syeikh Abu Bakar berkata kepada pembantunya: “Ambillah bejana itu dan
penuhilah dengan air yang ada di mata air keluarga Bahsin”. Pelayan itu
segera keluar membawa bejana untuk mengambil air yang dimaksud oleh
saudagarnya. Ternyata air yang diambil ari mata air keluarga Bahsin itu
rasanya tawar seperti air hujan. Pernah diceritakan bahawasanya ada
seorang Qadhi dari keluarga Baya’qub yang mengumpat Syeikh Abu Bakar
Asseggaf. Ketika Syeikh Abu Bakar mendengar umpatan itu, beliau hanya
berkata: “Insya-Allah Qadhi Baya’qub itu akan buta kedua matanya dan
rumahnya akan dirampas jika ia telah meninggal dunia”. Apa yang
dikatakan oleh Syeikh Abu Bakar tersebut terlaksana sama seperti yang
dikatakan. Ada seorang penguasa yang merampas harta kekayaan seorang
pelayan dari keluarga Bani Syawiah. Pelayan itu minta tolong kepada
Syeikh Abu Bakar Asseggaf. Pada keesokkan harinya penguasa tersebut
tiba-tiba datang kepada pelayan itu dengan mengembalikan semua harta
kekayaannya yang dirampas dan dia pun meminta maaf atas segala
kesalahannya. Penguasa itu bercerita: “Alu telah didatangi oleh seorang
yang sifatnya demikian, demikian, sambil mengancamku jika aku tidak
mengembalikan barangmu yang kurampas ini”. Segala sifat yang disebutkan
oleh penguasa tersebut sama seperti yang terdapat pada diri Syeikh Abu
Bakar. Diceritakan pula oleh sebagian kawannya bahawasanya pernah ada
seorang ketika dalam suatu perjalanan di padang pasir bersama
keluarganya tiba-tiba ia merasa haus tidak mendapatkan air. Sampai
hampir mati rasanya mencari air untuk diminum. Akhirnya ia teringat pada
Syeikh Abu Bakar Asseggaf dan menyebut namanya minta pertolongan. Waktu
orang itu tertidur ia bermimpi melihat seorang penunggang kuda berkata
padanya: “Telah kami dengar permintaan tolongmu, apakah kamu mengira
kami akan mengabaikan kamu?” Waktu orang itu terbangun dari tidurnya, ia
dapati ada seorang Badwi sedang membawa tempat air berdiri di depannya.
Badwi itu memberinya minum sampai puas dan menunjukkannya jalan keluar
hingga dapat selamat sampai ke tempat tujuan. Waliyullah Abu bakar
al-sakran wafat di Tarim tahun 821 Hijriyah. Dipetik dari Kemuliaan Para
Wali diriwayatkan oleh Zulkifli Mat Isa.Mumu Bsa >>>
Ane dapet buku karya Habib Hasan Bin Abdullah Asy-Syathiri, salah satu isi dari buku tersebut isinya wirid sakran, nah dijudulnya tertulis Wirid sayyidina Abi bakar as-Sakran Arwandi Arwan>> di ktb Khulasoh Syawariqul Anwar fi Ad’iyati Sadatil Abror,susunan Prof.Dr.Almuhaddits Assayid Muhammad bin Alwi Almaliki Alhasani Ra.pada hal 69,cet Nurul ulumil islamiyah Surabaya. Di dlmnya tertulis Wirdul Imam Ali bin Abi Bakar Assakran Ra.
HIZIB SAKRAN:
حزب السكران للامام الحبيب على ابن ابيْ بكر
السكران بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اللَّهُمَّ إِنِّى احْتَطْنَا بِدَرْبِ الله طُوْلُهُ مَاشَاءَ الله قُفْلُهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله بَابُهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ سَقْفهُ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ أَحَاطَ بِنَا مِنْ بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ, مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ,إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ, إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ, صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ ( سُوْر3 واية الكرسي – الله لآإِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ, لاَتَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ, لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي الأَرْضِ, مَنْ ذَاالَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ, وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَاشَاءْ, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ بِنَا اسْتَدَارَتْ كَمَا اسْتَدَارَتِ الْمَلاَئِكَةُ بِمَدِيْنَةِ الرَّسُوْلِ بِلاَ خَنْدَقٍ وَلاَ سُوْرٍ مِنْ كُلِّ قَدَرٍ مَقْدُوْرٍ وَحَذَرٍ مَحْذُوْرٍ وَمِنْ جَمِيْعِ السُّرُوْرِ (تَتَرَّسْـنَا بِالله 3 مِنْ عَدُوِّى وَعَدُوِّ الله مِنْ سَاقِ عَرْشِ الله إِلَى قَاعِ أَرْضِ الله بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ صُنْعَتُهُ لاَ تَنْقَطِعُ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ عَزِيْمَتُهُ لاَ تَنْشَقُّ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ اللَّهُمَّ إِنْ أَحَدٌ أَرَادَنَا بِسُوْءٍ مِنَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ وَالْوُحُوْشِ وغيرهم من المخلوقات مِنْ بَشَرٍ أَوْ شَيْطَانٍ أَوْ وَسْوَاسٍ فَارْدُدْهُمْ ونظرهم فِي انْتِكَاسٍ وَقُلُوْبَهُمْ فِي وَسْوَاسٍ وَأَيْدِيَهُمْ فِي إِفْلاَسٍ وَأَوْبِقْهُمْ مِنَ الرِّجْلِ إِلَى الرَّأْسِ لاَ سَهْلَ يَجْدَعُ وَ
Ane dapet buku karya Habib Hasan Bin Abdullah Asy-Syathiri, salah satu isi dari buku tersebut isinya wirid sakran, nah dijudulnya tertulis Wirid sayyidina Abi bakar as-Sakran Arwandi Arwan>> di ktb Khulasoh Syawariqul Anwar fi Ad’iyati Sadatil Abror,susunan Prof.Dr.Almuhaddits Assayid Muhammad bin Alwi Almaliki Alhasani Ra.pada hal 69,cet Nurul ulumil islamiyah Surabaya. Di dlmnya tertulis Wirdul Imam Ali bin Abi Bakar Assakran Ra.
HIZIB SAKRAN:
حزب السكران للامام الحبيب على ابن ابيْ بكر
السكران بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اللَّهُمَّ إِنِّى احْتَطْنَا بِدَرْبِ الله طُوْلُهُ مَاشَاءَ الله قُفْلُهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله بَابُهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ سَقْفهُ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ أَحَاطَ بِنَا مِنْ بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ, الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ, مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ,إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ, إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ, صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِّيْنَ ( سُوْر3 واية الكرسي – الله لآإِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ, لاَتَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ, لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي الأَرْضِ, مَنْ ذَاالَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ, وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَاشَاءْ, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ بِنَا اسْتَدَارَتْ كَمَا اسْتَدَارَتِ الْمَلاَئِكَةُ بِمَدِيْنَةِ الرَّسُوْلِ بِلاَ خَنْدَقٍ وَلاَ سُوْرٍ مِنْ كُلِّ قَدَرٍ مَقْدُوْرٍ وَحَذَرٍ مَحْذُوْرٍ وَمِنْ جَمِيْعِ السُّرُوْرِ (تَتَرَّسْـنَا بِالله 3 مِنْ عَدُوِّى وَعَدُوِّ الله مِنْ سَاقِ عَرْشِ الله إِلَى قَاعِ أَرْضِ الله بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ صُنْعَتُهُ لاَ تَنْقَطِعُ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ عَزِيْمَتُهُ لاَ تَنْشَقُّ بِأَلْفِ أَلْفِ أَلْفِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ اللَّهُمَّ إِنْ أَحَدٌ أَرَادَنَا بِسُوْءٍ مِنَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ وَالْوُحُوْشِ وغيرهم من المخلوقات مِنْ بَشَرٍ أَوْ شَيْطَانٍ أَوْ وَسْوَاسٍ فَارْدُدْهُمْ ونظرهم فِي انْتِكَاسٍ وَقُلُوْبَهُمْ فِي وَسْوَاسٍ وَأَيْدِيَهُمْ فِي إِفْلاَسٍ وَأَوْبِقْهُمْ مِنَ الرِّجْلِ إِلَى الرَّأْسِ لاَ سَهْلَ يَجْدَعُ وَ
0 Response to "AL-IMAM AS-SAKRAN: SHOHIB HIZIB SAKRAN"
Posting Komentar
Silahkan komentar yg positip