MANAQIB AL HABIB AHMAD BIN 'UMAR BIN AHMAD AL HINDUAN
AL ALLAMAH AL 'ARIF BILLAH AL QUTHUB AL HABIB AHMAD BIN 'UMAR BIN AHMAD AL HINDUAN
NASAB BELIAU:
ALLAMAH AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MEMILIKI PERIBADI YANG MULIA, BERWAJAH LEMAH LEMBUT DAN BERFIKIRAN TAJAM. MEMILIKI BANYAK KEUTAMAAN,ALIM DAN MENGUASAI BERBAGAI BIDANG PENGETAHUAN.PENGARANG KITAB YANG SARAT DENGAN BERBAGAI MACAM ILMU.BELIAU TUMBUH BAIK DALAM ASUHAN AYAHNYA AL-HABIB AL-FAQIH UMAR BIN AHMAD BIN AQIL AL-HINDUAN. DISAMPING ITU BELIAU JUGA MEMPEROLEH ASUHAN DARI PAMAN-PAMANNYA DARI PIHAK IBUNYA, YANG JUGA MERUPAKAN ULAMA PADA MASA ITU SEPERTI: AL-HABIB AHMAD, AL-HABIB ABU BAKAR YANG MERUPAKAN PUTERA-PUTERA DARI AL-HABIB AL-FAQIH HUSAIN BA FAQIH RA. KEMUDIAN BELIAU JUGA MEMPEROLEH DIDIKAN DARI BEBERAPA ULAMA LAIN SEPERTI: AL-MU'ALLIM ABDULLAH BA JAM'AN SEBAGAI GURU DALAM BIDANG AL-QURAN. DAN BELIAU JUGA BELAJAR KEPADA AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA HARUN, AL-FAQIH MUHAMMAD BIN AHMAD BA JUBAIR, SYEIKH ABDULLAH BIN ABU BAKAR AL-KHOTIB DAN AS-SYARIF SAHL BIN AHMAD BA HASAN.
BELIAU MEMPUNYAI PERHATIAN DAN KEGEMARAN DALAM MENUNTUT ILMU DENGAN PENERIMAAN YANG BAIK, SENTIASA MELAZIMKAN KETAATAN DAN IBADAH DI SETIAP KESEMPATAN MANAKALA TIDAK ADA KESIBUKAN.
AL-QUTHB AL-GHAUTS AL-HABIB ABDULLAH BIN ALWI AL-HADDAD, PENGARANG RATIB AL-HADDAD MENUTURKAN TENTANG PENGALAMAN DIRINYA SELAMA BERSAMA DENGAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN. "DIANTARA KAMI DENGAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN TERDAPAT PERSAHABATAN SERTA KEDEKATAN YANG TAK TERPISAHKAN, KAMI SELALU DUDUK BERSAMA DALAM KERAMAHAN DIBERBAGAI KEGIATAN DIMASA BELAJAR KEPADA AL-FAQIH ABDURRAHMAN, AS-SAYYID SAHL DAN AL-FAQIH ABDULLAH AL-KHOTIB DI ZAWIYAH ALHAJIRAH."
BERKENAAN DENGAN KEPERIBADIAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN DIUNGKAPKAN OLEH AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD IAITU: "AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN ADALAH SEORANG TOKOH YANG ALIM, WARA',MEMILIKI KETAJAMAN JIWA (MUKASYAFAH), LEMAH LEMBUT DAN ZUHUD. KAMI MENGAKUI KEUTAMAAN YANG DIMILIKINYA DAN BERHARAP DAPAT MEMILIKI SIFAT SEPERTI BELIAU."
AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MELAKUKAN PERJALANAN KE INDIA DAN BELIAU TINGGAL DISANA DALAM BEBERAPA WAKTU UNTUK MEMBANTU PAMAN DARI SAUDARA IBUNYA AL-HABIB ABU BAKAR.
KEMUDIAN BELIAU KEMBALI KE TARIM (YAMAN), DAN DARI TARIM BELIAU MELAKUKAN IBADAH HAJI SERTA BERZIARAH KE PUSARA KAKEKNYA BAGINDA RASULULLAH SAW. SEMENJAK ITU BELIAU KELUAR MASUK INDIA SEBANYAK 2 ATAU 3 KALI. NAMUN SETELAH PAMAN BELIAU (AL-HABIB ABU BAKAR) MENINGGAL DUNIA, BELIAU MENETAP DI TARIM, HINGGA BELIAU WAFAT DI SANA.
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN MERAIH MUKASYAFAH PADA USIA 18 TAHUN. YAKNI MAMPU MENYAKSIKAN PERIHAL KEJIWAAN SESEORANG, APAKAH ORANG TERSEBUT DALAM KEADAAN SUCI ATAUKAH BERHADAS. KEMUDIAN BELIAU BERDOA KEPADA ALLAH AGAR MUKASYAFAH TERSEBUT DITUTUP, DIKERANAKAN BELIAU TIDAK MAHU MENATAP HAL-HAL YANG BERSIFAT DEMIKIAN.
BELIAU JUGA MEMPEROLEH GELAR "QIBLAT AD-DUNYA" YANG BERERTI KIBLAT DUNIA. HAL INI MERUPAKAN GELAR PENGHORMATAN ATAS KEPAKARAN BELIAU DALAM DUNIA HUKUM ISLAM (FIQH), SEHINGGA TIDAK TERTANDINGI PADA ZAMANNYA. DAN BUKTI KEBERHASILAN BELIAU ADALAH MENCETAK KADER, DIMANA MURIDNYA YAKNI, AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA FAQIH YANG MERAIH GELAR "ALAMAT AD-DUN YA" YANG BERERTI TANDA DUNIA, YAKNI BELIAU MAMPU MENGETAHUI DARI BEKAS TELAPAK KAKI MUSAFIR DARI MANA DIA BERASAL DAN SIAPA GURUNYA, DAN APAKAH GURU SI MUSAFIR ITU MASIH HIDUP ATAUKAH SUDAH MENINGGAL. BAHKAH BELIAU DAPAT MEMBACA LETAK KA'ABAH DARI HEMBUSAN ANGIN. JIKA AL-HABIB ABDURRAHMAN BA FAQIH SEDEMIKIAN LUAR BIASA, MAKA BAGAIMANA LAGI DENGAN AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN YANG SELAKU GURUNYA?!
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN JUGA MEMILIKI KEKERAMATAN, DIMANA SETIAP BELIAU MELAKSANAKAN SHOLAT,MAKA TERASA OLEHNYA KENIKMATAN YANG TAK TERHINGGA BAHKAN MELAMPAU SEGALA KELAZATAN BADANI.
DALAM KITAB SABIIL AL MUHTADIN HAL 100-118 TERMAKTUB SELAWAT KARYA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYAALLAH 'ANHU YANG SANGAT PANJANG. SELAWAT TERSEBUT MEMILIKI MAKNA YANG TINGGI TENTANG TAUHID DAN MAKRIFAT, AKHLAK, PUJIAN DAN DOA DENGAN BAHASA YANG INDAH. KITAB SELAWAT TERSEBUT DIBERI NAMA "AL KAWAAKIBUL MUDHIIAH FI SH-SHALAATI' ALAA KHAIRIL BARIYYAH" YANG BERERTI BINTANG-BINTANG YANG BERCAHAYA (DALAM SELAWAT) ATAS SEBAIK-BAIK MAKHLUK (IAITU SAYYIDINA MUHAMMAD SAW). SELAWAT TERSEBUT BAGAIKAN CAHAYA BINTANG DILANGIT. DENGAN KITA MEMBACA SELAWAT DIMAKSUD MAKA INSYAALLAH AKAN MENDAPAT LIMPAHAN CAHAYA, RAHMAT, TAIFIQ DAN HIDAYAH DARI ALLAH SWT DAN SYAFA'ATNYA RASULULLAH MUHAMMAD SAW. SEHINGGA AKAN MENCAPAI DERAJAT YANG TINGGI DI DUNIA DAN AKHIRAT.
DALAM KITAB GHAYAH AL QASHD DIKUTIP PERNYATAAN SINGKAT AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYALLAH 'ANHUMA. DIMANA PADA SUATU KESEMPATAN AL-HABIB ABDULLAH BERKATA KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN: "PERASAAN HATI KAMI SELALU BERSAMAMU, (DUHAI) ENGKAU AL-HINDUAN".AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MENJAWAB: TAK ADA YANG DAPAT MENYENANGKAN DAN MEMPERBAIKI PERASAAN HATI KAMI SELAIN AL-HADDAD".
DALAM KITAB RAFU AL-ASTAAR TERTULIS PENGAKUAN LANGSUNG DARI PENGARANGNYA IAITU: AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BIN AHMAD BA FAQIH. BAHWA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA ADALAH PERIBADI YANG ALIM, TERSOHOR, DAN MEMAHAMI BERBAGAI BIDANG ILMU. AKU TELAH MEMBACA KITAB DIHADAPANNYA PADA BERBAGAI KESEMPATAN SECARA TEKUN DAN MENGAMBIL MANFAAT DARI DIRINYA. DAN AKU TELAH MEMAKAI KHIRQAH MULIA (PAKAIAN SIMBOL SUFI) DARI BELIAU BERULANG KALI. DAN BELIAU TELAH MEMBERI IJAZAH KEPADAKU BAIK SECARA KHUSUS ATAUPUN UMUM. DAN AKU MENEMANI AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA HINGGA BELIAU WAFAT DI TAHUN 1122H.
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA WAFAT TANPA MENDERITA SUATU PENYAKIT, PADA MALAM JUMAAT TANGGAL 19 ATAU 20 SHAFAR TAHUN 1122H, DISEMADIKAN DI TARIM, HADHARAMAUT (YAMAN). DAN BELIAU MENINGGALKAN BANYAK ANAK, PUTERA DAN PUTERI.
SUMBER DARIPADA : AL-HABIB AL-SAYYID MURTADHA BIN MUHSIN AL-HINDUAN (SITUBONDO,JANUARI 2006,PENGHIMPUN)
AL ALLAMAH AL 'ARIF BILLAH AL QUTHUB AL HABIB AHMAD BIN 'UMAR BIN AHMAD AL HINDUAN
NASAB BELIAU:
HABIB AHMAD BIN UMAR BIN AHMAD BIN AQIL BIN MUHAMMAD BIN ABDULLAH BIN UMAR AL-HINDUAN BIN AHMAD BIN HASAN AL-WARAA' BIN ALI BIN MUHAMMAD MAULADDAWILLAH BIN ALI BIN ALWI AL-GHUYUR BIN MUHAMMAD AL-FAQIH AL-MUQADDAM BIN ALI BIN MUHAMMAD SHOHIB MIRBATH BIN ALI KHOLI' QOSAM BIN ALWI BIN MUHAMMAD SHOHIB SHUM'AH BIN ALWI BIN UBAIDILLAH BIN AHMAD AL-MUHAJIR BIN ISA AR-RUMI BIN MUHAMMAD A-NAQIB BIN ALI AL'URAIDHI BIN IMAM JA'FAR ASH-SHODIQ BIN IMAM MUHAMMAD AL-BAQIR BIN IMAM ALI ZAINAL ABIDIN BIN IMAM HUSSAIN BIN IMAM ALI BIN ABI THOLIB (BIN ASSAYYIDAH FATIMAH AZZAHRO) BINTI AR-ROSUL AL-A'DZHOM MUHAMMAD SAW.
ALLAMAH AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MEMILIKI PERIBADI YANG MULIA, BERWAJAH LEMAH LEMBUT DAN BERFIKIRAN TAJAM. MEMILIKI BANYAK KEUTAMAAN,ALIM DAN MENGUASAI BERBAGAI BIDANG PENGETAHUAN.PENGARANG KITAB YANG SARAT DENGAN BERBAGAI MACAM ILMU.BELIAU TUMBUH BAIK DALAM ASUHAN AYAHNYA AL-HABIB AL-FAQIH UMAR BIN AHMAD BIN AQIL AL-HINDUAN. DISAMPING ITU BELIAU JUGA MEMPEROLEH ASUHAN DARI PAMAN-PAMANNYA DARI PIHAK IBUNYA, YANG JUGA MERUPAKAN ULAMA PADA MASA ITU SEPERTI: AL-HABIB AHMAD, AL-HABIB ABU BAKAR YANG MERUPAKAN PUTERA-PUTERA DARI AL-HABIB AL-FAQIH HUSAIN BA FAQIH RA. KEMUDIAN BELIAU JUGA MEMPEROLEH DIDIKAN DARI BEBERAPA ULAMA LAIN SEPERTI: AL-MU'ALLIM ABDULLAH BA JAM'AN SEBAGAI GURU DALAM BIDANG AL-QURAN. DAN BELIAU JUGA BELAJAR KEPADA AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA HARUN, AL-FAQIH MUHAMMAD BIN AHMAD BA JUBAIR, SYEIKH ABDULLAH BIN ABU BAKAR AL-KHOTIB DAN AS-SYARIF SAHL BIN AHMAD BA HASAN.
BELIAU MEMPUNYAI PERHATIAN DAN KEGEMARAN DALAM MENUNTUT ILMU DENGAN PENERIMAAN YANG BAIK, SENTIASA MELAZIMKAN KETAATAN DAN IBADAH DI SETIAP KESEMPATAN MANAKALA TIDAK ADA KESIBUKAN.
AL-QUTHB AL-GHAUTS AL-HABIB ABDULLAH BIN ALWI AL-HADDAD, PENGARANG RATIB AL-HADDAD MENUTURKAN TENTANG PENGALAMAN DIRINYA SELAMA BERSAMA DENGAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN. "DIANTARA KAMI DENGAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN TERDAPAT PERSAHABATAN SERTA KEDEKATAN YANG TAK TERPISAHKAN, KAMI SELALU DUDUK BERSAMA DALAM KERAMAHAN DIBERBAGAI KEGIATAN DIMASA BELAJAR KEPADA AL-FAQIH ABDURRAHMAN, AS-SAYYID SAHL DAN AL-FAQIH ABDULLAH AL-KHOTIB DI ZAWIYAH ALHAJIRAH."
BERKENAAN DENGAN KEPERIBADIAN AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN DIUNGKAPKAN OLEH AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD IAITU: "AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN ADALAH SEORANG TOKOH YANG ALIM, WARA',MEMILIKI KETAJAMAN JIWA (MUKASYAFAH), LEMAH LEMBUT DAN ZUHUD. KAMI MENGAKUI KEUTAMAAN YANG DIMILIKINYA DAN BERHARAP DAPAT MEMILIKI SIFAT SEPERTI BELIAU."
AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MELAKUKAN PERJALANAN KE INDIA DAN BELIAU TINGGAL DISANA DALAM BEBERAPA WAKTU UNTUK MEMBANTU PAMAN DARI SAUDARA IBUNYA AL-HABIB ABU BAKAR.
KEMUDIAN BELIAU KEMBALI KE TARIM (YAMAN), DAN DARI TARIM BELIAU MELAKUKAN IBADAH HAJI SERTA BERZIARAH KE PUSARA KAKEKNYA BAGINDA RASULULLAH SAW. SEMENJAK ITU BELIAU KELUAR MASUK INDIA SEBANYAK 2 ATAU 3 KALI. NAMUN SETELAH PAMAN BELIAU (AL-HABIB ABU BAKAR) MENINGGAL DUNIA, BELIAU MENETAP DI TARIM, HINGGA BELIAU WAFAT DI SANA.
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN MERAIH MUKASYAFAH PADA USIA 18 TAHUN. YAKNI MAMPU MENYAKSIKAN PERIHAL KEJIWAAN SESEORANG, APAKAH ORANG TERSEBUT DALAM KEADAAN SUCI ATAUKAH BERHADAS. KEMUDIAN BELIAU BERDOA KEPADA ALLAH AGAR MUKASYAFAH TERSEBUT DITUTUP, DIKERANAKAN BELIAU TIDAK MAHU MENATAP HAL-HAL YANG BERSIFAT DEMIKIAN.
BELIAU JUGA MEMPEROLEH GELAR "QIBLAT AD-DUNYA" YANG BERERTI KIBLAT DUNIA. HAL INI MERUPAKAN GELAR PENGHORMATAN ATAS KEPAKARAN BELIAU DALAM DUNIA HUKUM ISLAM (FIQH), SEHINGGA TIDAK TERTANDINGI PADA ZAMANNYA. DAN BUKTI KEBERHASILAN BELIAU ADALAH MENCETAK KADER, DIMANA MURIDNYA YAKNI, AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BA FAQIH YANG MERAIH GELAR "ALAMAT AD-DUN YA" YANG BERERTI TANDA DUNIA, YAKNI BELIAU MAMPU MENGETAHUI DARI BEKAS TELAPAK KAKI MUSAFIR DARI MANA DIA BERASAL DAN SIAPA GURUNYA, DAN APAKAH GURU SI MUSAFIR ITU MASIH HIDUP ATAUKAH SUDAH MENINGGAL. BAHKAH BELIAU DAPAT MEMBACA LETAK KA'ABAH DARI HEMBUSAN ANGIN. JIKA AL-HABIB ABDURRAHMAN BA FAQIH SEDEMIKIAN LUAR BIASA, MAKA BAGAIMANA LAGI DENGAN AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN YANG SELAKU GURUNYA?!
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN JUGA MEMILIKI KEKERAMATAN, DIMANA SETIAP BELIAU MELAKSANAKAN SHOLAT,MAKA TERASA OLEHNYA KENIKMATAN YANG TAK TERHINGGA BAHKAN MELAMPAU SEGALA KELAZATAN BADANI.
DALAM KITAB SABIIL AL MUHTADIN HAL 100-118 TERMAKTUB SELAWAT KARYA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYAALLAH 'ANHU YANG SANGAT PANJANG. SELAWAT TERSEBUT MEMILIKI MAKNA YANG TINGGI TENTANG TAUHID DAN MAKRIFAT, AKHLAK, PUJIAN DAN DOA DENGAN BAHASA YANG INDAH. KITAB SELAWAT TERSEBUT DIBERI NAMA "AL KAWAAKIBUL MUDHIIAH FI SH-SHALAATI' ALAA KHAIRIL BARIYYAH" YANG BERERTI BINTANG-BINTANG YANG BERCAHAYA (DALAM SELAWAT) ATAS SEBAIK-BAIK MAKHLUK (IAITU SAYYIDINA MUHAMMAD SAW). SELAWAT TERSEBUT BAGAIKAN CAHAYA BINTANG DILANGIT. DENGAN KITA MEMBACA SELAWAT DIMAKSUD MAKA INSYAALLAH AKAN MENDAPAT LIMPAHAN CAHAYA, RAHMAT, TAIFIQ DAN HIDAYAH DARI ALLAH SWT DAN SYAFA'ATNYA RASULULLAH MUHAMMAD SAW. SEHINGGA AKAN MENCAPAI DERAJAT YANG TINGGI DI DUNIA DAN AKHIRAT.
DALAM KITAB GHAYAH AL QASHD DIKUTIP PERNYATAAN SINGKAT AL-HABIB ABDULLAH AL-HADDAD KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RADHIYALLAH 'ANHUMA. DIMANA PADA SUATU KESEMPATAN AL-HABIB ABDULLAH BERKATA KEPADA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN: "PERASAAN HATI KAMI SELALU BERSAMAMU, (DUHAI) ENGKAU AL-HINDUAN".AL-HABIB AHMAD AL-HINDUAN MENJAWAB: TAK ADA YANG DAPAT MENYENANGKAN DAN MEMPERBAIKI PERASAAN HATI KAMI SELAIN AL-HADDAD".
DALAM KITAB RAFU AL-ASTAAR TERTULIS PENGAKUAN LANGSUNG DARI PENGARANGNYA IAITU: AL-HABIB ABDURRAHMAN BIN ABDULLAH BIN AHMAD BA FAQIH. BAHWA AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA ADALAH PERIBADI YANG ALIM, TERSOHOR, DAN MEMAHAMI BERBAGAI BIDANG ILMU. AKU TELAH MEMBACA KITAB DIHADAPANNYA PADA BERBAGAI KESEMPATAN SECARA TEKUN DAN MENGAMBIL MANFAAT DARI DIRINYA. DAN AKU TELAH MEMAKAI KHIRQAH MULIA (PAKAIAN SIMBOL SUFI) DARI BELIAU BERULANG KALI. DAN BELIAU TELAH MEMBERI IJAZAH KEPADAKU BAIK SECARA KHUSUS ATAUPUN UMUM. DAN AKU MENEMANI AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA HINGGA BELIAU WAFAT DI TAHUN 1122H.
AL-HABIB AHMAD BIN UMAR AL-HINDUAN RA WAFAT TANPA MENDERITA SUATU PENYAKIT, PADA MALAM JUMAAT TANGGAL 19 ATAU 20 SHAFAR TAHUN 1122H, DISEMADIKAN DI TARIM, HADHARAMAUT (YAMAN). DAN BELIAU MENINGGALKAN BANYAK ANAK, PUTERA DAN PUTERI.
SUMBER DARIPADA : AL-HABIB AL-SAYYID MURTADHA BIN MUHSIN AL-HINDUAN (SITUBONDO,JANUARI 2006,PENGHIMPUN)