Bagian ke3
Murid-Murid Imam Al-Adeni
Pembahasan tentang para ulama dan pelajar yang
belajar kepada Imam Al-Adeni atau hanya sekedar mengambil berkah atau
orang-orang yang khidmah kepada beliau baik mereka yang berasal dari kota-kota
di Yaman ataupun dari luar Yaman adalah sangat panjang sekali, namun penulis
akan menyebutkan beberapa orang dari ulama yang pernah menimba kepada Imam
AL-Adeni.
1.
Syeh Abdurrahman bin Ali bin Abu Bakar
Assakran
Syeh Abdurrahman bin Ali adalah putra pamannya
Imam Al-Adeni Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran, beliau dilahirkan di Tarim pada
tahun 850 H, hafal Qur'an dan tumbuh dewasa sebagaimana tumbuhnya orang-orang
shaleh dan dalam keluarga yang shaleh serta lingkungan shaleh juga, suatu
factor penting dalam membentuk pribadi yang siap menerima dan menjalankan
segala perintah Allah dan melakukan mujahadah serta pembersihan jiwa dari
segala kotoran batin dengan bimbingan dari para ulama besar pada zaman itu.
Sehinga sebagaimana telah disebutkan dalam
biografi Imam Al-Adeni bahwa diantara mujahadahnya adalah setiap malam Imam
Al-Adeni bersa putra pamannya Syeh Abdurrahman bin Ali pergi ke pinggiran kota
Tarim dan melakukan shalat malam dengan membaca 10 juz daripada Al-qur'an,
mereka melakukan hal tersebut hingga menjelang datangnya waktu shalat fajar,
apabila tiba waktu shalat maka mereka berdua kembali ke Tarim untuk menunaikan
shalat berjamaah di masjid dengan Imam Alidrus, begitulah hubungan keduanya
dari sejak belia sudah begitu eratnya dan demikian seterusnya hingga keduanya
menjadi orang yang mempunyai kedudukan dan ilmu yang tinggi.
Dalam permulaan belajarnya Syeh Abdurrahman
memulainya dengan ayahandanya Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran, dari ayahnya
Syeh Ali mempelajari berbagai kitab dalam berbagai macam bidang ilmu, terutama
kitab Ihya Ulumuddin, hingga diriwayatkan bahwa beliau menamatkan Ihya dengan
ayahya sebanyak 40 kali.
Selain menimba ilmu dari sang ayah Syeh
Abdurrahman juga belajar kepada ulama-ulama Hadhramaut pada zaman itu, dan
kebanyakan dari guru Imam AL-Adeni adalah guru Syeh Abdurrahman juga terutama
para ulama yang mereka temui di tengah-tengah perjalanan ke tanah suci
Mekah.
Setelah Imam Al-Adeni menetap di Aden, hubungan
keduanya tetap erat hal tersebut bisa terbukti dengan saling kirim surat antara
Syeh Abdurrahman dan Imam Al-Adeni, yang akan disebutkan dalam pembahasan
kumpulan surat-surat Imam Al-Adeni insyaAllah.
2.
Syeh Umar bin Abdullah Alidrus
Dilahirkan tahun 926 H, meninggal dunia pada bulan
Muharam tahun 1000 H dan dimakamkan disamping makam Imam Abu Bakar Al-Adeni
dalam qubah.
Syeh Umar menimba ilmu dari Imam Al-Adeni secara
sempurna dan setelah itu dinikahkan oleh Imam Al-Adeni dengan putrinya yang
bernama Syarifah Muznah.
Selain terkenal dengan keilmuannya Syeh Umar juga
dikenal oleh masyarakat sebagai dermawan, orang yang sangat bijak, dan
sangat rajin beribadah, dan sangat tawadu', dikisahkan pada suatu majlis ada
seorang yang membaca syair yang berisi pujian terhadap Syeh Umar, maka seketika
itu beliau menyuruh orang itu untuk keluar dari majlis. Syeh Umar memegang
masjid dan menjadi imam di masjid peninggalan kakeknya setelah saudaranya
Muhammad bin Abdullah meninggal dunia di Mekah pada tahun 978 H.
Dari Syeh Umar inilah tersebar keturunan Imam
Al-Adeni karena selain putrinya yang menikah dengan Syeh Umar Imam Al-Adeni
tidak memiliki keturunan lagi.
3.
As-Syeh Syeh bin Abdullah Alidrus
Diantara murid Imam Al-Adeni adalah Syeh bin
Abdullah Alidrus adik Imam Al-Adeni, dilahirkan di Tarim dan tumbuh besar
disana dalam bimbingan ayah serta pamannya dan ulama pada zaman itu, ketika
usianya menginjak 14 tahun dipinta oleh Imam Al-Adeni untuk tinggal di Aden
guna menuntut ilmu pada ulama disana, setelah selesai menghafal Al-qur'an pada
Syeh Abdurrazaq Al-Khatib, Syeh bin Abdullah diizinkan untuk pergi ke Tarim
oleh Imam Al-Adeni dan menetap disana selama 5 tahun lamanya, kemudian kembali
lagi ke Aden dan menimba ilmu dari sang kakak Imam Al-Adeni, dengan giat dan
sungguh-sungguh Syeh bin Abdullah menuntut berbagai macam ilmu dari Imam
Al-Adeni hingga tiba saatnya Imam Al-Adeni dipanggil oleh Yang Maha Kuasa,
setelah sang guru wafat Syeh bin Abdullah pun kemudian kembali lagi ke Tarim.
Diantara wasiat Imam Al-Adeni kepada Syeh bin
Abdullah adalah wasiat yang ditulis oleh Imam Al-Adeni kepada Syeh yang
berbunyi : "Jangan sekali-kali megurusi hal yang tidak bermanfaat, dan
jangan gembira dengan pangkat dan kekuasaan dan berkatalah : Wahai raja pada
hari kiamat hanya kepadaMu aku menyembah dan hanya kepadaMu aku meminta pertolongan".
Syeh bin Abdullah Alidrus meninggal dunia pada
awal bulan Muharam tahun 919 H, dan dimakamkan di kota kelahirannya Tarim.
4.
Syeh Alhusain bin Abdullah Alidrus
Diantara murid Imam Al-Adeni adalah adiknya Syeh
Alhuasin bin Abdullah Alidrus, dilahirkan di Tarim pada tahun 861 H, hafal
Qur'an dalam usia anak-anak dan tumbuh besar dalam bimbingan sang ayah Imam
Abdullah Alidrus serta para ulama pada zaman itu, dalam fiqih Syeh Alhuasin
belajar kepada Syeh Alfaqih Abdullah bin Ahmad Bakatsir, Alqodli Ibrahim bin
Dzahiroh, Syeh Alfaqih Muhammad bin Abdurrahman Al-Asyqo' dan Syeh Alallamah
Alfaqih Abdul Hadi Assudi sebelum beliau mazdub, setelah usianya menginjak
dewasa Syeh Alhusain pergi ke Mekah guna menuntut ilmu dari para ulama disana,
dan menetap disana selama 2 tahun, kemudian kembali lagi ke Tarim dan menetap
disana.
Syeh Alhuasin selain terkenal dengan kedalaman
ilmunya terutama dalam bidang ilmu falak dan qiroah, beliau juga dikenal
sebagai seorang dermawan, bahkan Imam Al-Adeni mengatakan bahwa Syeh Alhusain
lebih dermawan daripadaku, ketika ditanya apa sebabnya? Imam Al-Adeni menjawab,
karena Syeh Alhusain menafkahkan hartanya dalam keadaan sulit sedangkan aku
menafkahkan hartaku dalam keadaan cukup, karena itu dia lebih dermawan dariku.
Syeh Alhuasin meninggal dunia di Tarim pada
tanggal 16 Muharam tahun 917 H. tentang Syeh Alhuasian seorang penyair berkata
:
إن الحسين
تواترت
أخباره
في فضله
عن
سادة
فضلاء
غيث يسح
على
العفاة
سحابه
سحا إذا
شحت
يد
الأنواء
تال لآثار
النبي
محمد
متمسك
بالسنة
البيضاء
ورث المكارم
والعلى
عن
سادة
ورثوا
عن
الأسلاف
والآباء
5.
Syeh Abdullah bin Syeh bin Abdullah Alidrus
Diantara murid Imam Al-Adeni adalah Syeh Abdullah
bin Syeh, dia dilahirkan di lembah Damun dengan di hadiri oleh Imam Al-Adeni,
ketika Syeh Abdullah lahir Imam Al-Adeni mengadzaninya di kuping kanan dan
memabacakan komat dikuping kirinya sesuai tuntunan sunnah Rasul Saw, setelah
itu menyuapinya dengan kurma, dan berkata kepada saudaranya Syeh bin Abdullah
Alidrus : "Anak ini adalah anakku dan yang akan mewarisiku maka jagalah
dia nisacaya kamu akan di jaga oleh Allah SWT".
Syeh Abdullah bin Syeh dilahirkan pada tahun 787
H, semenjak kecil beliau sudah mendapatkan bimbingan dan ajaran dari para ulama
pada zaman itu, terutama dari ayahnya dan pamannya Syeh Alhusain bin Abdullah
Alidrus, ketika umurnya menginjak 14 tahun datanglah surat dari Imam Al-Adeni
kepada Assyeh Syeh bin Abdullah yang isinya meminta saudaranya itu mengirimkan
putranya ke Aden guna menuntut ilmu disana, maka sesuai permintaan Imam
Al-Adeni diutuslah Syeh Abdullah bin Syeh ke Aden, tiba di Aden Syeh Abdullah
disambut dengan gembira oleh Imam Al-Adeni dan beliau memerintahkan Syeh
Ashaleh Abdurraziq Al-Khatib untuk mengajari Syeh Abdullah Al-qur'an dan
menghafalnya, dan setiap hari menyetorkan hafalannya kepada Imam Al-Adeni
hingga selesai menghafal seluruh Qur'an.
Setelah 2 tahun lamanya tinggal dalam asuhan dan
bimbingan Imam Al-Adeni Syeh Abdullah bin Syeh akhirnya kembali ke Tarim dan
tinggal disana selama 5 tahun dan kemudian kembali lagi ke Aden untuk
meneruskan menuntut ilmu kepada pamannya Imam Al-Adeni, dan seterusnya menetap
disana menuntut ilmu hingga wafatnya Imam Al-Adeni bahkan ketika wafat Imam
Al-Adeni berada dalam pangkuan Syeh Abdullah.
Sepeninggal Imam Al-Adeni, Syeh Abdullah kembali
ke Tarim kemudian menikah dan menetap disana, hingga pada tahun 917 H beliau
diundang untuk datang ke Aden oleh saudara sepupunya Syeh Ahmad bin Abu Bakar,
maka bertolaklah beliau menuju kesana guna memenuhi undangan tersebut,
setibanya disana beliau disambut gembira oleh Syeh Ahmad dan menetap beberapa
waktu lamanya di Aden dan kemudian kembali lagi ke Tarim.
Setelah Syeh Ahmad bin Abu Bakar meninggal dunia
(Thn 922 H) Syeh Abdullah bin Syeh pergi ke India, disana beliau mendapat
sambutan baik dari penguasa India pada masa itu Sultan Madzhar bin Mahmud, dari
sana beliau kembali ke Tarim dan kemudian bertolak ke Aden pada masa kekuasaan
Pangeran Marjan, maka semenjak itu beliau terjun dalam penyebaran dakwah dan mengajar
masyarakat disana, hingga selanjutnya beliau pulang pergi antara Hadhramaut dan
Aden.
Pada masa kekuasaan Syeh Abdul Malik bin Thahir
tahun 927 H, Syeh Abdullah menetap lagi di Aden selama 9 tahun, kemudian
kembali ke Tarim, pada tahun 937 H, Syeh Abdullah berniat melakukan ibadah
Haji, maka berangkatlah beliau menuju tanah suci Mekah, namun sebelumnya beliau
singgah dulu di Aden yang pada waktu ada dalam kekuasaan Sultan Amir bin Daud,
kemudian pada tahun 938 Syeh Abdullah melanjutkan perjalanannya ke tanah suci
Mekah guna menunaikan ibadah Haji, setelah menunaikan ibadah Haji dan ziarah ke
Madinah beliau menetap di Mekah selama 1 tahun dan pada musim haji berikutnya
beliau menunaikan ibadah Haji untuk yang kedua kalinya, dari Mekah beliau
kembali ke Aden dengan menggunakan jalan laut dan menetap di Aden hingga tahun
943 H, kemudian beliau melanjutkan perjalanannya menuju kampung halaman Tarim
dengan menggunakan jalan darat, dari Aden Syeh Abdullah menuju Khanfar dari
Khanfar ke Abyan dan disana beliau ziarah Syeh Ibnu Abilja'di, dari sana
dilanjutkan ke kampung Masjid yang kemudian dikenal dengan nama kampun Syeh
Salim, dari sana kemudian menuju Ahwar, disana Syeh Abdullah ziarah kepada Syeh
Ahmad Baljafar, dari Ahwar kemudian ke Maifaah, Gidun dan tiba di Tarim pada
bulan Dzul hijjah tahun 943 H, dan selanjutnya beliau menetap di Tarim
dipanggil Allah Yang Maha Kuasa pada tanggal 14 Sya'ban 944 H, Syeh Abdullah
dimakamkan di pemakaman keluarga Baalawi di Tarim.
6.
Syeh Ahmad Al-Musawa bin Abu Bakar Al-
Adeni
Beliau adalah penerus perjuangan Imam Abu Bakar
dalam menyebarkan dakwah islamiah, dilahirkan di Tarim pada tahun 882 H, Syeh
Ahmad Al-Musawa tumbuh besar di Tarim dalam naungan dan bimbingan para ulama
disana, dan ayahnya Imam Al-Adeni selalu mengirim surat yang berisi dorongan
kepada putranya agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, hal tersebut
sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Haddad dalam "Kumpulan surat
menyuratnya" : seperti yang aku lihat sebelumnya dalam surat yang ditulis
oleh guruku Syeh Abu Bakar Al-Adeni kepada putranya Syeh Ahmad ketika dia masih
berada di Tarim yang berisi perintah untuk belajar ilmu nahwu kepada Alfaqih
Syeh Abdullah bin Abdurrahman Balhaj Bafadhol.
Kemudian beliua hijrah ke Aden mengikuti sang ayah
Imam Al-Adeni, untuk khidmah kepada kedua orang tua dan menuntut ilmu dari sang
ayah dan para ulama di Aden. Setelah beliau menguasai ilmu pengetahuan serta
mendapatkan ijazah dari sang guru, kemudian atas permintaan dari sultan
Nashiruddin Alhalwani pengauasa Zaila', Imam Al-Adeni mengutus Syeh Ahmad
Al-Musawa ke Zaila' guna menyebarkan dakwah islamiah disana, antara Imam
Al-Adeni dan Sultan Nashiruddin sering saling berkirim surat dan Imam Al-Adeni
seringkali mengisyaratkan kepada putranya dengan tanpa berlebihan, diantara
pujian Imam Al-Adeni atas putranya Syeh Ahmad Al-Musawa sebagaimana disebutkan
dalam salah satu Qasidah yang berbunyi :
و خص
لنا
شهاب
الدين
حقا
فنعم القرم
إن
ذكر
القروم
سلاما دائما
في
كل
حين
لعل
بحقه
يوما
نقوم
إمام سيد
حبر
فريد
و
عند
الغيظ
ذو
عفو
كظوم
كريم الأصل
من
سلفي
معد
جزيل الحلم
إن
ضاعت
حلوم
له القدح
المعلى
في
المعالي
وبحر ما
له
أحد
يعوم
يجيب دعاءه
ذو
العرش
حقا
ومن
نفثاته
تشفى
الكلوم
له كف
تلقف
كل
سقم
عصا
موسى
النبي
نعم
الكليم
رعاه الله
من
ولد
برير
كلاه
الله
ما
طلعت
نجوم
أقر الله
عيني
بالتملي
برؤيته
وإن
رغم
الخصوم
وأبقانا الجميع
بخير
عيش
فجود
إلهنا
جزل
عميم
Dan ketika suatu saat Imam Al-Adeni terbelit
hutang karena saking dermawannya beliau, ketika itulah Allah menggerakkan hati
sultan Nashruddin Abdullah Al-Halwani untuk membayar hutang Imam Al-Adeni, maka
sultan Nashruddin mengirim uang bersama Syeh Ahmad kepada Imam Al-Adeni,
sesampainya Syeh Ahmad di Aden maka dipanggillah semua orang yang memiliki
piutang kepada Imam Al-Adeni dan dibayarkan piutangnya tersebut.
Pada pertengahan Ramadlan Syeh Ahmad Al-Musawa
kembali lagi ke Zaila' dan selanjutnya menetap disana hingga datanglah berita
wafatnya sang ayah Imam Al-Adeni, setelah datangnya berita teresebut lalu Syeh
Ahmad kemabli ke Aden dan menetaplah disana serta meneruskan perjuangan Imam
Al-Adeni dalam menyebarkan dakwah islamiayah serta menyantuni anak yatim dan
fakir-miskin.
Syeh Bahraq dalam kitabnya "Mawahib
Alquds" mengatakan bahwa setelah Imam Al-Adeni meninggal dunia Syeh Ahmad
dimimpikan beliau menggendong ayahnya pada pundaknya, tetapi beliau tidak mau
menakwilinya, adapun takwil daripada mimpi tersebut adalah Syeh ahmad
sepeninggalnya Imam Al-Adeni akan menggantikan maqom ayahandanya di Aden serta
kakeknya di Hadhramaut.
Pada pembahasan lain Syeh Bahraq mengatakan bahwa
suatu ketika ada hal yang tercela yang dilakukan oleh salah seorang pengikut
dan pembantunya Imam Al-Adeni, hal yang mungkin tidak bisa dimaafkan kecuali
oleh orang-orang seperti Syeh Ahmad, namun karena aku takut orang tersebut akan
mendapat murka dari Syeh Ahmad karena walau bagaimana beliau adalah manusia
biasa, maka aku menghadap kepadanya dan memohon agar memaafkan orang tersebut,
maka Syeh Ahmad berkata : Kami akan merawat dan menjaga hewan peninggalan ayah,
apalagi pembantu dan para pengikut beliau.
Tentang Syeh Ahmad yang akan menggantikan maqom
ayahnya Imam Abu Bakar Al-Adeni, hal tersebut telah diisyaratkan oleh Imam
Al-Adeni dalam akhir kitabnya "Al-juz Al-latif", yaitu dengan
memakaikan khirqoh syarifah dan mengizinkan untuk memakaikannya dengan sanad
yang bersambung kepada para gurunya Imam Al-Adeni, hal tersebut terjadi pada
hari Jum'at tanggal 5 bulan Syawal 894 H.
Syeh Ahmad Al-Musawa bin Abu Bakar meninggal dunia
dalam usianya yang ke 64 tahun pada akhir bulan Muharam tahun 922 H di Aden,
dan dimakamkan disamping kanan makam Imam Abu Bakar Al-Adeni.
Syeh Ahmad Al-Musawa dikaruniai dua orang putra
namun kedua-duanya meninggal sebelumnya, maka beliau tidak mempunyai keturunan
yang mewarisi.
7.
Syeh Muhammad bin Umar Bahraq
Syeh Muhammad bin Umar Bahraq dilahirkan di
Hadhramaut pada pertengahan Sya'ban tahun 869 H, tumbuh besar disana, hafal
qur'an serta menguasai dasar-dasar ilmu bahasa Arab dan Syariat daripada
ulama-ulama di Hadhramaut sseperti Syeh Alfaqih Muhammad bin Ahmad Bajarfil,
setelah itu beliau pergi ke Aden, disana belajar kepada Syeh Abdullah bin Ahmad
Bamakhromah dalam berbagai bidang ilmu, Fiqih, Usul Fiqh, Bahasa Arab dan sebagainya,
sealain itu beliau juga belajar kepada Syeh Alfaqih Muhammad bin Ahmad
Bafadhol.
Dari Aden Syeh Bahraq menuju kota Zabid, disana
beliau belajar kepada para ulama besar di masa itu, seperti Alallamah Zainuddin
Muhammad bin Abdullatif Assyarji, Alfaqih Jamaluddin bin Muhammad bin Abu Bakar
Ad-dhai' dan Sayid Alhusain bin Abdurrahman Al-Ahdal, Sayid Husain inilah yang
memakaikan Khirqoh kepadanya, disamping itu Syeh Muhammad Bahraq juga mempunyai
sama' dari Al-Hafidz As-Sakhowi di Mekah, Syeh Umar selain dikenal dengan
keilmuannya juga dikenal fasih dan mahir dalam ceramah dan syair, sedang dari
segi budi pekertinya beliau dikenal bijak dan orang yang dermawan terutama
kepada para penuntut ilmu.
Di Aden Syeh Umar Bahraq juga belajar kepada Imam
Al-Adeni, dan beliau menulis kitab yang berisi tentang riwayat hidup Imam
Al-Adeni dan diberi nama "Mawahib Alquds Fi manaqib Ibn Alidrus".
Sekembalinya ke Hadhramaut Syeh Umar Bahraq
menjabat sebagi Qodli di kota Syihir, namun kemudian beliau mengundurkan diri
dan kembali lagi ke Aden, disana beliau disambut hangat terutama oleh penguasa
Aden masa itu Pangeran Marjan bin Abdullah Azzafiri, dan setelah Pangeran
Marjan meninggal dunia Syeh Bahraq pergi menuju India, disana disambut ramah
oleh penguasa India masa itu sultan Mudzofar bin Mahmud.
Syeh Umar Bahraq mempunyai hasil karya ilmiyah
sebagaimana disebutkan dalam kitab "An-nur Assafir", sebagaimana juga
mempunyai kumpulan sayair-syair yang sangat bagus, diantaranya syair yang beris
pujian kepada Sultan Amir bin Abdul Wahab ketika membangun madrasah di Zabid,
ada juga syair-syairnya yang berisi pujian atas Imam Al-Adeni dalam bentuk
puisi nyanyian, seperti syair yang awalnya :
شابيح بالغرام
كم ذا
تستر
بعشقي
وارفع
ذا
اللثام
أو خذ
نصيبي
ورزقي
Diantara karangan Syeh Bahraq yang berbentuk
qasidah adalah kitab yang dinamai "Al-Urwah Al-Watsiqoh Filjam'I Baina
Syariah Walhaqiqoh" dan syarahnya yang bernama "Alhadiqoh Al-Aniqoh",
keduanya sudah dicetak.
Syeh Umar Bahraq meninggal dunia di Haidar Abad
India pada tanggal 20 Sya'ban tahun 930 H, dan dimakamkan disana.
8.
Syeh Alhusain bin Assiddiq Al-Ahdal
Al-allamah Alfaqih Badruddin Alhusain bin Assiddiq
bin Alhusain bin Abdurrahman Al-Ahdal Al-Yamani, dilahirkan pada bulan Rabi
at-tsani tahun 805 H, diperkampungan Abyat Huasin dan tumbuh besar disana, dari
kecil Syeh Alhusain sudah menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan terutama
ilmu fiqh, beliau mendalami ilmu Fiqh kepada Syeh Alfaqih Abu Bakar bin Ma'yadh
dan Syeh Abulqosim bin Umar bin Mutoyyar serta ulama besar lainnya.
Riwayat hidupnya secara detail serta guru-gurunya
dikupas dalam "An-nur Assafir", pada tahun 872 Syeh Alhuasin pergi ke
Tanah Suci Mekah guna menunaikan Ibadah Haji, setelah itu Syeh Alhusain
bermukim di Mekah setahun lamanya menimba ilmu dari para ulama Mekah dan
Madinah, dalam perjalanan pulang Syeh Alhusain singgah di Zabid dan belajar
kepada Syeh Yahya Alamiri, dan ditangan Syeh Yahya inilah Syeh Alhusain
menguasai Al-Minhaj, selain itu Syeh Alhusain juga belajar kepada Alhafiz
Assakhowi sebagaimana disebutkan dalam "Ad-dhau Allami".
Kemudian beliau masuk ke kota Aden dan mukim
disana, di kota Aden beliau menyebarkan ilmu dan dakwah islamiayh, diantara
ulama yang menimba ilmu dari Syeh Alhusain adalah Syeh Alfaqih Muhammad Athahir
bin Abdurrahman bin Abdurrahman bin Alqodli Muhammad bin Mas'ud Basykil.
Ketika pertama kali Imam Al-Adeni memasuki kota
Aden dan kemudian mukim disana, Syeh Alhuasin sempat inkar terhadap keadaan
Imam Al-Adeni, namun setelah Syeh Alhusaini mengetahui tentang Imam Al-Adeni
yang sesungguhnya dan keluhuran ilmu dan budi pekertinya, Syeh Alhusaini pun
akhirnya berbalik menghormati dan bersahabat dengan Imam Al-Adeni, bahkan Syeh
Alhusain mempunyai beberapa gubahan syair yang berisi pujian kepada Imam
Al-Adeni, diantara syair-syair tersebut adalah bait yang berbunyi :
من الحسان
الخرد
قد
صادني
غرير
يرمي بقوس
حاجب
Syekh Alhusain meninggal dunia di Aden pada malam
senin awal bulan Dzul qo'dah tahun 903 H, dimakamkan di Aden, tepatnya didepan
masjid yang dinamai dengan namanya.
9.
Syeh Muhammad bin Ahmad Bajarfil Ad-
Dauani
Dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi' Alawal
tahun 820, masa mudanya dihabiskan dalam mencari ilmu dengan
sungguh-sungguh dari para ulama besar dimasa itu, selain itu Syeh
Muhammad Bajarfil semenjak muda sudah meniti tangga-tangga tasawuf hingga
terlihatlah semua itu pada kehidupan sehari-harinya, kemudian beliau
mendampingi Syeh Ali bin Abu Bakar Assakran sebagaimana benda dengan
bayangannya, selama empat bulan lamanya Syeh Muhammad Bajarfil mendampingi Syeh
Ali bin Abu Bakar dengan harapan dia akan mendengar dari Syeh Ali bin Abu Bakar
perkataan "kamu adalah bagian dari kami (anggota keluarga)",
sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat Salamn Alfarisi,
tetapi selama 4 bulan lamanya Syeh Muhammad Bajarfil menunggu dan meminta hal
tersebut kepada Syeh Ali bin Abu Bakar namun beliau tidak juga bersedia,
melihat kesungguh-sungguhan dan keinginan Syeh Muhammad Bajarfil yang begitu
kuat, maka Syeh Ali bin Abu Bakar berkata kepada Syeh Muhammad Bajarfil
:"Agama ini adalah nasihat, permintaan kamu itu tidak akan terpenuhi
kecuali oleh Syeh Abu Bakar bin Abdullah, beliaulah Alqutub yang diwarisinya
dari kecil semenjak ayahandanya meninggal dunia, dan aku akan menulis surat
kepadanya supaya memenuhi keinginan kamu, maka Syeh Ali pun mengirimkan surat
kepada Imam Abu Bakar Al-Adeni, begitu pula dengan Syeh Muhammad Bajarfil, dan
akhirnya datanglah jawaban dari Imam Al-Adeni sesuai dengan harapan Syeh
Muhammad Bajarfil.
Masa hidup Syeh Muhammad Bajarfil dihabiskan dalam
menyebarkan ilmu pengetahuan dan dakwah islmiah, dan pada masa-masa akhir
hayatnya beliau menetap di Gail Bawazir hingga dipanggil oleh Sang Pencipta
pada bulan Rabi Awal tahun 903 H.
10.
Syeh Jarullah bin Fahad
Adalah seorang ahli sejarah, al-allamah Syeh
Jarullah Muhammad bin Abdul Aziz bin Umar bin Muhammad bin Muhammad bin Fahad
Al-Hasyimi Almakki, dilahirkan di Mekah pada tahun 891 H, tumbuh besar dalam
asuhan kedua orang tuanya, hafal Al-qur'an, dan belajar ilmu syariah, adapun
dalam ilmu hadits Syeh Jarullah mengambilnya dari Syeh Alhafiz Assakhowi, Imam
Thobari dan mendapatkan ijazah dari banyak ulama dinataranya Syeh Abdul Gani
Annabulsi.
Selain menimba ilmu dari para ulama di Mekah Syeh
Jarullah juga merantau ke Madinah Almunawaroh bersama ayahnya, dan menetap
disana beberapa waktu lamanya, disana Syeh Jarullah menamatkan kutub assittah,
dan kitab "As-syifa" didepan makom Rasulullah SAW kepada ayahnya,
selain belajar kepada ayahandanya Syeh Jarullah juga belajar kepada ulama-ulama
besar Madinah Munawaroh, diantaranya Syeh Sayid Assamahudi, darinya Syeh
Jarullah mempelajari sebagian dari kitab "Assyifa", kitab sejarah
"Wafaulwafa" dan Fatawa Assamahudi, selain itu Sayid Samahudi juga
memakaikannya Khirqoh. Kemudian Syeh Jarullah bersama ayahandanya kemabalilagi
ke Mekah dan melanjutkan belajarnya disana kepada para ulama di kota suci
tersebut. Setelah menimba ilmu dari para ulama yang berada di kota mekah, Syeh
Jarullah kemudian berkelana ke Mesir dan Syam untuk menuntut ilmu dari ulama
disana, selanjutnya ke Yaman dan disana mendapatkan ijazah dari sejumlah ulama
Yaman, dari sana Syeh Jarullah bertolak ke Roma dan menikah disana hingga
dikarunia beberapa orang anak, kemudian kembali ke Mekah dan menyebarkan ilmu
terutama ilmu hadits hingga meninggal dunia pada tahun 954 H. adapun pertemuan
Syeh Jarullah dengan Imam Abu Bakar Al-Adeni sebagaimana dikisahakan oleh Syeh
Bahraq dalam kitabnya "Mawab Alquds" adalah ketika Syeh Jarullah
masuk ke Yaman, ketika itulah Syeh Jarullah mendapatkan ijazah dari Imam Abu
Bakar Al-Adeni, oleh karena itu Syeh Bahraq dalam kitabnya tersebut
menggolongkan Syeh Jarullah dalam ulama yang menjadi murid Imam Abu Bakar
Al-Adeni.
11.
Syeh Abdullah bin Abdullah Baqasyir
Diantara ulama yang menjadi murid Imam Abu Bakar
Al-Adeni adalah Syeh Alallamah Alfaqih Abdullah bin Alfaqih Abdullah bin
Alfaqih Al-Imam Muhammad bin Syeh Hakam Baqasyir Alhadhrami Assyafi'i.
Syeh Abdullah bin Abdullah Baqusyair dilahirkan di
Hadhramaut, tumbuh besar disana dalam bimbingan kedua orang tuanya dan para
ulama besar masa itu, hingga menjadilah seorang alim faqih yang mumpuni, Allah
memberinya karunia dengan ilmu dan amal serta wara', Syeh Abdullah Baqasyir
mempunyai hasil karya yang sangat penting, diantaranya kitabnya yang bernama
"Qolaid Alkharaid Wafaraid alfawaid", juga kitab "Assa'adah
Walkhair Fi manaqib sadah bani Qusair".
Syeh Abdullah bin Abdullah Baqasyir meninggal
dunia di kampung Qosam distrik Alajaz pada tahun 958 H.
12.
Syeh Syihabuddin Ahmad bin Ali Al-Halbi
Syeh Syihabudin merupakan salah satu ulama
yang mendapatkan inayah dari Allah sehingga ditengah perjalanan hidupnya beliau
berubah haluan, yang tadinya sibuk dengan perdagangan dan bepergian kemana-mana
dalam rangka berniaga, dengan taufik dari Allah SWT, maka sisa-sisa hidupnya
dihabiskan dalam mencari ilmu dan ibadah, hal tersebut sebagaimana disebutkan
dalam kitab "Annur Assafir", berikut ini kisahnya : pada awal
perjalanan hidupnya syeh Syihabuddin Ahmad bin Ali Al-halbi adalah seorang
pedagang yang berhasil, namun kemudian haluan hidupnya berubah, beliau memilih
jalan menuju Allah SWT, Syeh Syihabudin dikaruniai Allah tulisan yang bagus,
hingga pada suatu ketika beliau bertemu dengan seorang laki-laki soleh di
tempat sai', yang berkata kepada beliau : "pergilah, kamu telah aku beri
tulisan yang bagus dan juga keberuntungan", maka pergilah Syeh Syihabudin
menuju Aden, disana beliau bertemu dengan Imam Abu Bakar dan selanjutnya
belajar dan mendampingi beliau selam 20 tahun lamanya, kemudian Imam Abu Bakar
mengutus Syeh Syihabudin untuk pergi ke India dan menetap disana, maka sesuai
petunjuk dari Imam Abu Bakar, Syeh Syihabudin pun menuju India dan menetap
disana menyebarkan ilmu dan dakwah islamiyah di India hingga akhirnya meninggal
di Haidar Abad pada tahun 951 H.
13.
Syeh Muhammad bin Abdullah Alidrus
Beliau belajar kepada Imam Abu Bakar Al-Adeni dan
kemudian meneruskan tongkat perjuangan dalam penyebaran ilmu dan dakwah di
masjid Imam Al-Adeni setelah wafat putranya Syeh Ahmad Almusawa, kemudian
beliau pergi ke Mekah dan meninggal disana pada tahun 978 H.
14.
Syeh Abdulatif Bawazir
Syeh Abdulatif merupakan salah satu murid khusus
Imam Al-Adeni, beliau mendampingi Imam Al-Adeni dalam semua majlisnya, bahkan
kumpulan karya Imam Al-adeni yang bernama "Mahajatussalik wa
hujjatunasik" Syeh Abdullatif lah yang mengumpulkannya dan menghafalnya,
serta memberikan kalimat pembukaan dan biografi Imam Al-Adeni pada awal kitab
tersebut, dan penulis pun menyadur sebagian adat dan ahwalnya Imam Al-Adeni
dari Syeh Abdullatif Bawazir.
15.
Syeh Jauhar bin Abdullah Al-Habsy
Dikatakan bahwa ada dua orang yang bernama Jauhar
bin Abdullah, salah satunya adalah Syeh Jauhar bin Abdullah Al-Habsy murid Imam
Abu Bakar Al-Adeni, adapun yang lainnya adalah Syeh Jauhar bin Abdullah dan
hidup di zaman sebelum Imam Al-Adeni, Syeh Jauhar inilah yang dimakamkan di
dekat masjid Jauhar yang terkenal di kota Aden di kampung Albashol (dulu),
menurut ahli sejarah Syeh Jauhar ini tidak belajar kepada Imam Al-Adeni, tetapi
dia meninggal dunia sekitar 280 tahun sebelum kedatangan Imam Al-Adeni di kota
Aden.
Masalah timbul karena dua nama itu sama persis,
namun kalau dicermati jelas bahwa Syeh Jauhar yang merupakan murid dari Imam
Abu Bakar adalah Syeh Jauhar bin Abdullah yang dikenal dengan julukan Al-Habsy,
adapun Syeh Jauhar lainya adalah Albaha, Jauhar bin Abdullah Al-adeni, hidup di
masa raja Al mas'ud bin Aqyas bin Muhammad bin Abu Bakar bin Ayub, yang
merupakan raja terakhir dari raja-raja bani Ayub di Yaman, Syeh Jauhari ini
adalah bekas seorang budak yang di merdekakan, kemudian menjadi seorang
pedagang kain, selain itu beliau dikenal mempunyai kepribadian yang bersih,
terpercaya, dialah yang membangun masjid yang dikenal dengan namanya di kampong
Jauhar di Aden.
Dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa pendapat
yang mengatakan Syeh Jauhar sebagai hamba sahayanya Imam Al-Adeni adalah salah,
karena Syeh Jauhari meninggal pada tahun 621 H, bertepatan dengan tahun 1228 M,
dan Syeh Jauhari yang berguru kepada Imam Al-Adeni adalah Syeh Jauhari bin Abdullah
yang dikenal dengan julukan Al-Habsy.
16.
Syeh Abdul Alim Al-Hawaiji
Syeh Abdul Alim merupakan seorang murid dan
penuntut ilmu yang ikhlas dan sungguh-sungguh dalam belajar kepada Imam
Al-Adeni, Syeh Abdul Alim inilah yang menjadi penyebab Imam Al-Adeni menulis
kitabnya yang berjudul "Al-Juz Allatif Fi Tahkim Assyarif",
sebagaimana hikayat mengakatan bahwa Imam Al-Adeni mengangkat Syeh Abdul Alim
sebagai Syeh dan memberinya ijazah serta tahkim, dan Syeh Al-Hawaiji meminta
kepada Imam Al-Adeni agar mengajarinya cara tahkim dan memberikan ijazah, maka
sebagai jawaban dari permintaan tersebut Imam Al-Adeni menulis kitab tersebut.
17.
Syeh Abdullah bin Ahmad Bakatsir (mukim
di Mekah)
Syeh Abdullah Bakatsir dilahirkan di Tarim, tumbuh
besar disana dalam lingkungan ilmu serta bimbingan dari para ulama besar di
masa itu, dia termasuk murid Imam Al-Adeni yang belajar kepadanya dalam dua
masa, yaitu masa Imam Al-Adeni di Tarim dan di Aden, selain belajar kepada Imam
Al-Adeni Syeh Abdullah Bakatsir juga belajar kepada putranya, kemudian hijrah
ke Mekah dan mukim disana, Syeh Bakatsir sangat memperhatikan kepada jamaah
dari Hadhramaut yang dating ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji.
Syeh Abdullah Bakatsir meninggal dunia di Mekah
dan dimakamkan disana pada malam sabtu tanggal 13 Rabi' Tsani tahun 925 H.
18.
Syeh Nu'man bin Muhammad Almahdi
Tentang riwayat Syeh Nu'man dan hubungannya dengan
Imam Abu Bakar Al-Adeni dikupas dalam kitab "Aliqdu Annabawi"
disebutkan dalam kitab tersebut yang ringkasanya sebagai berikut : pada suatu
ketika Syeh Nu'man sedang dalam perjalanan dengan menaiki kapal laut, dan
kemudian kapal yang beliau naiki terjadi kebocoran yang diayakini akan
menyebabkan tenggelamnya kapal, kemudian Syeh Nu'man didatangi rasa kantuk dan
tertidur sebentar, dalam tidurnya itu beliau bermimpi didatangi oleh Imam
Al-Adeni dan beliau membawa sehelai sapu tangan yang kemudian dijadikannya
sebagai penambal kebocoran kapal tersebut, dan ketika Syeh Nu'man terbanguna
dari tidurnya maka beliau sadar bahawa yang dimimpikannya tadi adalah suatu hal
yang nyata.
19.
Syeh Muhammad Athohthowi Almakki
Sebagaimana disebutkan oleh Sayid Abdurrahman bin
Mustafa Alidrus dalam kitab "Syarah Qosidah Haat Ya Haadi" halaman
98, Syeh Muhammad Almakki merupakan salah satu ulama yang berguru kepada Imam
Abu Bakar Al-Adeni.
20.
Pangeran Marjan bin Abdullah Adzafiri
Pangeran Marjan bin Abdullah adalah mantan
pembantu raja Zafir, sultan Amir bin Abdul Wahab yang kemudian menjabat sebagai
sultan setelah wafatnya sultan Amir bin Abdul Wahab, dalam menjelankan tugasnya
sebagai raja pangeran Marjan dikenal sebagai raja yang tegas dalam memerintah
kerajaannya, dia termasuk salah satu penguasa yang mempunyai hubungan dekat
dengan Imam Al-Adeni.
Beberapa pengarang buku biograpi menyadur tentang
karomah-karomah Imam Al-Adeni yang terjadi di hadapan pangerana Marjan,
terutama karomah-karomah yang terjadi di sela-sela peperangan yang diarunginya
bersama majikannya sultan Amir bin Abdul Wahab, syeh Bahraq dalam "Mawahib
al-Quds" mengatakan bahwa pangeran Marjan pernah berkata : "kalau
kamu menginginkan aku mendiktekan tentang karomahnya Imam Al-Adeni dan
menjadikannya sebuah kitab yang besar maka aku sanggup mendiktekannya".
Setelah pangeran menjabat sebagai penguasa zafir,
selain tegas dalam memerintah, perkataan pengeran Marjan sangat di taati oleh
semua golongan bahkan oleh keluarga raja dalam kerajaan Athahiriah yang menjadi
penguasa zaman itu, bahkan penduduk daerah pegunungan Taiz dan sekitarnya tidak
mau tunduk kepada siapapun dari keluarga raja Athahiriah kecuali atas
persetujuan pengeran Marjan di Aden.
Disebutkan dalam "Mawahib alquds"
halaman 148, bahwa pada tahun 926 H, pangeran Marjan bersama Syarif Abdullah
bin Syeh bin Abdullah bin Abu Bakar Alidrus dan Hilal bekas hamba sayahanya
Imam Al-Adeni yang kemudian menjadi juru rawat makam Imam Al-Adeni, bertolak
menuju Attilaj. Dan pada kesempatan yang sama Syeh Abdul Malik datang dari
Lahaj menuju Attilaj, maka bertemulah kedua rombongan tersebut, pada kesempatan
itu pangeran Marjan membaiat Syeh Abdul Malik dan mengambil sumpah dan
memerintahkannya untuk memasuki wilayah pegunungan dan memerangi putra pamannya
Syeh Ahmad bin Muhammad, dan ketika urusannya sudah selesai maka kembali ke
Lahaj dan masuk Aden.
Selama hidupnya pangeran Marjan mengabdi kepada
Imam Al-Adeni, begitu pula setelah meninggalnya Imam Al-Adeni dengan membangun
kubah dan membangun rubat untuk para pelajar yang berada di sebelah masjid.
Pangeran Marjan meninggal dunia pada tahun 927 H,
dan dimakamkan di dekat makam Imam Abu Bakar Al-Adeni, dan tidak lama kemudian
disana di makamkan kapten Shafar Arrumi yang datang ke Aden bersama bala
tentara untuk mengusir penjajah barat dari Aden, namun di tengah perjalanan
pulang mengalami sakit parah dan kembali lagi ke Aden, untuk akhirnya wafat di
sana pada tahun 927 H.
Hasil karya Imam Al-Adeni yang berupa prosa
Karya tulis yang berbentuk prosa pada zaman Imam
Al-Adeni mengungguli sastra pada zaman itu, hal tersebut disebabkan madrasah
sufiah yang notabene ulamanya menggunakan bentuk prosa dalam penulisan karya
ilmiah dan surat menyurat, dengan menggunakan kata-kata yang mempunyai makna
yang luhur yang terdapat dalam kamus tasawuf.
Dalam bab ini penulis akan tampilkan sebagian
karya tulis Imam Al-Adeni baik yang berupa prosa ataupun syair, diantaranya
adalah suratnya yang merupakan campuran bentuk prosa dan syair yang ditujukan
kepada Syeh Abdurrahman bin Ali di Tarim.
بسم الله
الرحمن
الرحيم,
الحمد
لله
رب
العالمين,
والصلاة
والسلام
الأتمان
الأكملان
على
سيدنا
محمد
و
على
آله
وصحبه
وسلم.
من الفقير
إلى
الله
تعالى
المملوك
العبد
الرق
أبي
بكر
بن
عبد
الله
علوي
لطف
الله
به
:
فقد ورد
في
الكتاب
الكريم
المقابل
بالتبجيل
والتعظيم
المشتمل
على
الدرر
النظيم,
والزهر
الفائق
البسيم,
الذي
يحق
أن
يقال
: {إنه
من
سليمان
و
إنه
بسم
الله
الرحمن
الرحيم}
الوارد
من
الشيخ
الأوحد,
العالم
العلم
المفرد,
سيد
الشرفا
و
سبط
المصطفى,
ورضيع
ألبان
الصفا
والوفا,
بحر
الحقائق,
وكاشف
رموز
الدقائق,
زين
الأدباء,
ولسان
العرب
العرباء,
ذي
الأخلاق
الرضية,
والشمائل
المرضية,
والهمة
العالية
الأبية,
والأنفاس
العلوية
القدسية,
وجيه
الدين,
وبركة
المسلمين,
سليل
الصالحين,
واسطة
عقد
الشرف
الثمين,
الشيخ
الأجل
الولي
الصالح,
الساعي
في
المصالح,
عبد
الرحمن
بن
علي
بن
الشيخ
أبي
بكر
رضي
الله
عنهم
آمين,
ونفعني
بهم,
فقبلته
تقبيل
مقتطف
من
رياضه,
مغترف
من
حياضه,
متبرك
بمواضع
أقلامه,
محترف
بإنعام
تودده
وشامل
إكرامه
وإنعامه,
ونزهت
طرفي
في
حدائق
براعته,
وما
أودعه
من
جواهر
بلاغته,
فشكر
الله
أنامل
سطرت
سطوره,
ونظمت
منثوره,
واقتطفت
من
رياض
الأدب
زهوره,
وأطلعت
في
سماء
البلاغة
كواكبه
وبدوره.
وما أهديتم
من
السلام
فخصكم
الله
بأضعافه,
وغمركم
بمنه
وألطافه,
وما
جاء
به
من
علوم
البلاد,
وما
حدث
فيها
من
الفتن
والفساد,
فالرجاء
في
الله
أن
يزيل
الشر
وينفي
كل
محذور,
ويطفيء
نار
الفتن,
ويمحي
منها
سائر
اليمن,
ما
ظهر
منها
وما
بطن,
والبلاد
وإن
حصل
بها
ما
ترى
فالحوطة
بالله
ثم
ببركة
السلف
محفوظة,
وبعين
العناية
والرعاية
إن
شاء
الله
ملحوظة,
وكيف
لا
وهي
موضع
مهابط
الرحمة
والسكينة,
وموطن
أقدام
الأولياء
والصالحين.
وقد أحسن
سيدنا
الإمام
السبكي
رضي
الله
عنه
:
وفي دار
الحديث
لطيف
معنى
إلى فرش
بها
أصبو
وآوي
لعلي أن
أمس
بحر
وجهي
مكانا
مسه
قدم
النواوي
وعوائد الله
لم
تزل
جميلة,
ومواهبه
في
جميع
الأحوال
جزيلة.
Ini sebagian contoh daripada akhir suatu surat
yang ditulis oleh Imam Al-Adeni
وفي النفس
من
الضيق
بهذا
الوقت
من
عدم
المجالس
كثير,
فلما
آنست
منك
الأنس,
وعرفت
منك
أنك
تحب
البسط,كان
كمن
جر
نهرا
محبوسا,
فلا
تعتب
على
كثرة
البسط,
فإنه
من
صفاء
المودة,
وفي
القلب
نصائح
يحب
المملوك
أن
يبديها
لكم
لما
غلب
الود
وصفا
الحب.
إعلم أن
هذا
الزمان
خصوصا
عندكم
الغالب
على
أهله
عدم
الوفاء,
وإظهار
القبيح
والجفاء,
وصرتم
بين
أظهر
أعداء
للدين
جبلوا
على
محبة
إذاعة
مثالب
أهل
المناصب,
وقبيلنتا
الغالب
عليهم
عدم
الاحتراز
في
الأقوال
والتلبيس
في
الأفعال,
فلا
يجروا
على
أنفسهم
إلا
زيادة
سوء
ظن
فوق
ما
جلبوا
عليه.
وأنت بسلامتك
قد
جعلك
الله
مفردا,
وإفرادك
من
غير
اختيار
من
زمان
أبيك
في
الحافة
والبيت
والمسجد
والطبع,
فالصواب
اعتزالك
منهم
قلبا
وقالبا
وأبقالك
على
ما
اختار
الله
لك
فهو
أعلم
بالخيرة,
ولا
تدخل
نفسك
في
الأمور
الصادرة
ما
بين
إخوانك,
وقل
الكبار
سادة
والصغار
أولاد,
ولا
يمكن
العصبية
مع
أحد
على
أحد,
وقل
حالي
يضعف
عن
الخصومات
ومخالطة
أرباب
الدول,
وقل:
أنا
منفصل
من
زمان
الوالد
ورغبت
في
الاعتزال
عن
كله
لعلمي
بضعف
حالي
فلا
تكلفوني
سوى
أني
أحبكم
الجميع,
فهذا
هو
الأصلح
لأنهم
لا
يتبعون
ما
أمرت
ولا
تحسن
منك
العصبية
مع
أحد
دون
أحد
مع
ما
في
المخالطة
من
الآفات
ما
يذهب
الدين
والجاه
والمروءة,
وأكثر
مما
يتبعنا
قول
الشامتين
الحاسدين:
راحوا
أهل
الخير
وبقي
من
لا
ينفع,
ولا
عاد
على
رسم
الفقراء
سواك,
فبالله
عليك
ورسوله
لا
تدنس
قميص
سلوكك
بسليط
مخالطة
أو
باش
تريم
ورعاعها..
أف
لرئاسة
تناط
بهم
.. فو
الله
ما
تجشمت
الفرقة
وحليت
لي
الغربة
إلا
لكراهة
تلك
المخالطات
والمعاملات
من
خسران
الدين
والدنيا.
و بعد
فاعلم
سيدي
أني
إذا
ذكرت
بعدي
عن
الترب
المنيفة
والضرائح
الشريفة
وعدم
زيارة
المشايخ
يحصل
التعب
الكلي,
وإذا
راجعت
أذكر
ما
قاسيت
من
مرير
عشرة
العشيرة
وعدم
احتفالهم
بمراعاة
المروءة,
وقل
امتثال
العاقل,
وعدم
رمق
العواقب-
وسيان
عندهم
عدوهم
وصديقهم
في
إفشاء
غوابي
أسرارهم-
أحببت
الغربة
وذقت
لها
حلاوة
كائنا
ما
كانت,
ولا
شيء
يتبعني
سوى
أن
أموت
في
غير
تريم,
فالدعاء
الدعاء
الدعاء
أن
الله
تبارك
وتعالى
سبحانه
جل
ذكره
أن
يجعل
موتي
بتريم.
وبعد فخاتمة
كتابي
نسأل
الدعاء
أن
يختم
للجميع
بخير
الدنيا
والدين
والآخرة
بحق
محمد
وآله
آمين.
Sebagian daripada makalah-makalah Imam al-Adeni
Syeh Abdullatif bin Abdurrahman Bawazir dalam
pembukaan buku kumpulan syair yang berjudul "Mahajjatussalik wa
Hujjatunnasik" berusaha mengumpulkan beberapa petikan daripada ceramah
Imam Abu Bakar Al-Adeni yang didengarnya, daintara petikan tersebut adalah :
Petikan ceramah imam Al-Adeni dibidang
tauhid
Imam Abu Bakar AL-Adeni berkata : sesungguhnya
Allah adalah zat yang maha mendengar dan maha melihat, maha kuasa, zat yang
hidup dengan zatNya, maha mengatur dan menguasai segala isi alam, yang maha
awal dan maha akhir, yang maha zahir dan maha batin, yang maha abadi, tidak ada
permulaan dan akhir atas wujudNya, tidak ada zat yang menyamai atas zatNya,
tidak sifat yang menyamai sifatNya, yang mendengar tanpa indera pendengar, yang
melihat tanpa indera penglihatan, Dia tidak dapat dicapai penglihatan, sedang
Dia meliputi penglihatan dan Dia Maha Halus lagai Maha mengetahui, Dia tidak berasal
dari sesuatu, tidak berada dalam sesuatu juga tidak diatas sesuatu, karena
kalau Dia berasal dari sesuatu, maka niscaya adanya Dia didahului sesuatu, dan
kalau Dia berada dalam sesuatu maka niscaya keberadaannya terbatas, begitu juga
kalau Dia berada diatas sesuatu maka niscaya Dia dipikul, Tidak sesuatupun yang
serupa dengan Dia, dan Dialah yang maha mendengar lagi Maha Melihat, Maha Agung
Allah dari perkataan orang-orang zalim.
Mengenai ayat-ayat muatasyabihat dalam Al-Qur'an
seperti ayat الرحمن على
العرش
استوى)),
yang artinya : Yang Maha Pengasih bersemayam di atas 'arasy. Imam Al-Adeni
berkata : kata bersemayam dalam ayat tersebut, bukan bermakna menempati tetapi
bermakna menguasai, dan Rasulullah SAW bersabda "Janganlah engkau
mengunggulkan aku atas saudaraku Yunus bin Matta" hal tersebut karena
Rasul SAW naik hingga mencapai 'Arasy dan Kursy, sedang Nabi Yunus Alaihi
Salam, turun hingga ke dasar bumi, dan keduanya di hadapan Allah SWT tidak ada
bedanya, dan Allah SWT berfirman (واسجد
واقترب)
yang artinya : sebenarnyalah, janganlah engkau tunduk kepadanya, tetapi
sujudlah dan dekatkanlah dirimu kepada Allah. Dari ayat tersebut jelaslah bahwa
tidak ada arah, karena kalau Allah SWT berada di arah atas maka niscaya orang
yang berdiri lebih dekat ke langit daripada orang yang bersujud, maha tinggi
Allah daripada jangkauan akal dan faham manusia.
Dengan kekuasaanNya, Allah menciptakan alam
semesta dan dengan kehendakNya Allah mengaturnya, Dia tidak melekat dengan alam
juga tidak terpisah, tetapi Dia sebagaimana Dia kehendaki, dan bagaimana Dia
kehendaki, apa yang diperbuatNya tidak dipertanyakan, tetapi perbuatan
merekalah yang ditanyakan.
Dari perkataan Imam Al-Adeni tentang Takwa dan Husnu Adzon
Imam Al-Adeni berkata : hendaklah kamu sekalian
bertakwa kepada Allah, karena Allah SWT telah berfirman (وتزودوا
فإن
خير
الزاد
التقوى)
artinya : dan hendaklah kamu sekalian membawa bekal, maka sesungguhnya
sebaik-baiknya bekal adalah takwa. Dan Allah SWT berfirman (واتقوا
الله
ويعلمكم
الله),
artinya : dan bertakwalah kamu sekalian kepada Allah SWT, maka niscaya Allah
akan mengajari kamu.
Mengenai husnu dzon (berbaik sangka) Imam Abu
Bakar Al-Adeni berkata : hendaklah kamu sekalian berbaik sangka kepada Allah
SWT,
(ليس البر
أن
تولوا
وجوهكم
قبل
المشرق
والمغرب
ولكن
البر
من
آمن
بالله
واليوم
الآخر
والملائكة
والكتاب
والنبيين
... الآية)
Artinya : Bukanlah kebaikan itu menghadapkan wajah
ke arah timur dan barat, tetapi kebaikan itu adalah barangsiapa yang beriman
kepada Allah, hari akhirat, malaikat-malaikat, kitab-kitab, Nabi-Nabi.
Dan iman itu adalah berbaik sangka dan
membenarkan, Allah SWT berfirman, (و
تعاونوا
على
البر
والتقوى)
Artinya : dan saling tolong menolonglah diantara
kamu dalam kebaikan dan takwa.
Dan Allah SWT berfirman
(فسوف يأتي
الله
بقوم
يحبهم
و
يحبونه)
Artinya : maka kelak Allah akan mendatangkan kaum
yang Dia cintai dan mencintaiNya.
Mengenai hadits 'Araby ketika dia bertanya kepada
Rasul SAW tentang hari kiamat, maka Rasul balik bertanya kepadanya, "apa
yang kamu persiapkan untuk menghadapinya ? 'Araby menjawab, cinta kepada Allah
SWT dan RasulNya, maka Rasulullah SAW bersabda, kamu akan bersama dengan yang
kamu cintai". Berbaik sangka adalah suatu tanda akan kebahagiaan, dan
orang yang berbaik sangka diharapkan akan meninggal dalam keadaan husnul
khatimah.
Imam Al-Adeni berkata : tidak akan merugi orang
yang berbaik sangka walaupun sangkaannya salah, dalam sebagian qosidahnya
beliau mwngatakan :
ربي بك
أحسنت
ظني
فإنه خير
ملزم
وإنه الكنز
الأكبر
وإنه
الإسم
الأعظم
Pesan-pesan Imam Al-Adeni agar berbaik sangka
sangat banyak sekali, dan beliau berkata : berbaik sangka adalah amal yang
paling mendekatkan kepada Allah, karena Rasulullah SAW bersabda :
sesungguhnya setiap amal perbuatan itu tergantung niat, dan setiap orang akan
menuai dari niatnya itu.
Imam Al-Adeni berkata : janganlah kamu sekalian
berburuk sangka, kareng buruk sangka itu tanda dari kecelakaan, dan orang yang
berburuk sangka dikhawatirkan akan su'ul khatimah, Rasulullah SAW bersabda :
"barang siapa menyakiti salah seorang kekasihku, maka sesungguhnya aku telah
mengikrarkan peperangan dengannya". Dan Allah berfirman kepada NabiNya
mengenai orang-orang munafik
(استغفر
لهم
أو
لاتستغفر
لهم
إن
تستغفر
لهم
سبعين
مرة
فلن
يغفر
الله
لهم)
Artinya : sama saja bagi mereka orang-orang
munafik baik kamu memintakan ampunan bagi mereka ataupun tidak, bahkan kalaupun
kamu memintakan ampunan bagi mereka sebanyak tujuh puluh kali, Allah tidak akan
mengampuni mereka.
Perhatikanlah keadaan orang-orang munafik, karena
mereka berburuk sangka maka permintaan ampun dari Nabi SAW pun tidak ada
manfaat bagi mereka, padahal Nabi SAW adalah mahluk Allah yang paling utama.
Imam Al-Adeni berkata : tidak akan berbahagia
orang yang berburuk sangka walaupun sangkaannya benar.
Sebagian perkataan Imam Al-Adeni tentang ziarah kepada para wali
Imam Al-Adeni berkata : hendaklah kamu sekalian
ziarah kepada para wali dan mengenali mereka, jika niatnya betul, dan dibarengi
dengan keyakinan yang kuat, maka sesungguhnya antara alam gaib dan alam nyata
sangat erat hubungannya sebagaimana hubungan antara ruh dan jasad, tidak ada
berkah dari alam gaib kecuali melalui usaha dari alam nyata, dalil yang
menunjukkan hal tersebut adalah firman Allah SWT kepada Maryam
(و هزي
إليك
بجذع
النخلة
..)
Artinya : dan kamu gerakkanlah pohon kurma.
Dan firman Allah kepada Nabi Musa Alaihi Salam,
(أن اضرب
بعصاك
الحجر)
Artinya : pukullah batu itu dengan tongkatmu
Allah menjadikan, menggerakkan pohon kurma oleh
Maryam dan memukul batu oleh Musa sebagai sebab barokah yang turun dari alam
gaib.
Sebagian perkataan Imam Al-Adeni mengenai tha'at dan bahaya
maksiat
Imam Al-Adeni berkata : janganlah sekali-kali kamu
berdalih kepadaNya dengan perbuatan tha'at kamu, jangan pula kamu menjauhinya
ketika kamu melakukakn maksiat, dan janganlah kamu berputus asa dari rahmatnya
dalam setiap keadaan.
Imam Al-Adeni berkata : janganlah kamu meremehkan
perbuatan tha'at sekecil apapun, karena di dalamnya terdapat rdlo Allah SWT,
dan jangan pula kamu menganggap enteng sekecil apapun perbuatan maksiat karena
didalamnya terdapat murka Allah.
Imam Al-Adeni berkata kepada orang-orang yang suka
mengadu domba dan menggunjing orang lain, sesungguhnya Allah SWT berfirman
dalam surat Al-Hujuraat ayat 12 yang berbunyi :
ولا يغتب
بعضكم
بعضا
أيحب
أحدكم
أن
يأكل
لحم
أخيه
))
Artinya : Dan janganlah sebahagian kamu
menggunjing atas sebahagian yang lain. Adakah diantara kamu suka makan daging
saudaranya yang mati?.
Dan dalam surat Al Qalam ayat 13 Allah SWT
berfirman :
(هماز مشاء
بنميم
? مناع
للخير
معتد
أثيم)
Artinya : yang banyak mencela yang kian kemari
menghambur fitnah. Yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang melewati batas
lagi banyak dosa.
Rasulullah SAW bersabda : seorang muslim adalah
orang yang selamat daripada lisannya dan tangannya orang-orang muslim lainnya.
Dalam hadis lain bersabda : tidaklah manusia diceburkan ke neraka baik wajahnya
dahulu ataupun bokongnya kecuali akibat lisannya.
Imam Al-Adeni berkata :
كل جرح
علاجه
ممكن
ما خلا
يافتى
جرح
اللسان
Artinya : semua luka mungkin diobati kecuali luka
yang disebabkan lisan.
Seseorang yang mencela atas aib atau penderitaan
orang lain niscaya oleh Allah SWT akan diberi cobaan seperti halnya orang yang
dia cela atau bahkan lebih dahsyat, Sayidina Ali bersabda : kalau aku mencela
perempuan yang hamil, aku takut suatu ketika aku hamil.
Imam Al-Adeni berkata : jauhilah sifat sombong dan
hasud karena kedua sifat tersebut melebur perbuatan baik dan menghilangkan
keberkahan sebagaimana api melalap kayu bakar, Allah SWT berfirman :
(إلا إبليس
أبى
واستكبر
وكان
من
الكافرين)
Artinya : kecuali iblis, dia enggan (bersujud
kepada Adam AS) dan dia somong, maka masuklah dalam golongan orang-orang kafir.
Allah SWT berfirman :
(إن الذين
يستكبرون
عن
عبادتي
سيدخلون
جهنم
داخرين)
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang sombong
dan enggan menyembahKu akan masuk neraka selama-lamanya.
Allah SWT berfirman :
(أم يحسدون
الناس
على
ما
أتاهم
الله
من
فضله)
Artinya : apakah mereka merasa iri kepada manusia
atas pemberian Allah SWT dengan kemurahaNya.
Imam Al-Adeni berkata : sesungguhnya sombong dan
hasud adalah pertama kali maksiat, dan setiap kali seseorang bertambah
nikmatnya maka makin geramlah hati orang-orang yang hasud, tentang hal
ini Imam Al-Adeni sering mendendangkan ucapan syair :
قل للحسود
إذا
تنهد
: طعنة
يا ظالما
وكأنه
مظلوم
Dan orang-orang hasud selamanya tidak akan jadi
pemimpin, sesuatu yang kotor tidak akan mengeluarkan selain kotoran.
Sebagian doa-doa Imam Al-Adeni
اللهم أجرنا
من
غير
ضرر
واغننا
من
غير
بطر
اللهم
أجرنا
من
غير
ابتلاء.
Adapun doa yang sering dibacanya dalam majlis
zikirnya adalah :
اللهم ارزقنا
من
العقول
أوفرها
ومن
الأذهان
أصفاها
ومن
الأعمال
أزكاها
ومن
الأخلاق
أطيبها
ومن
الأرزاق
أجزلها
ومن
العافية
أكملها
ومن
الدنيا
خيرها
ومن
الآخرة
نعيمها
وصلى
الله
على
سيدنا
محمد
وآله
وصحبه
وسلم.
Sebagian perkataan Imam Al-Adeni tentang perbedaan
Syariah dan Hakikat
Sebagain ahli fiqih bertanya kepada Imam Al-Adeni
tentang perbedaan antara Syariah dan Hakikat, maka beliau menjawab :
بسم الله
الرحمن
الرحيم
Segala puji bagi Allah SWT, Dialah yang memuji
atas diriNya, dan Dial ah zat yang terpuji, dari Dial ah datangnya maksud
kepada orang-orang yang memiliki maksud, dan Dial ah yang dimaksud, Dia
menciptakan kehendak hamba dengan kehendakNya, dan menetapkannya hingga menjadikan
hujjah atas hamba, dan dengan ketetapan dariNya seorang hamba melakukan
perintah dan menjauhi laranganNya, dan Dial ah yang membalas semuanya sesuai
perbuatannya, maka Dia berfirman :
(وأن ليس
للإنسان
إلا
ما
سعى)
Artinya : dan seorang manusia tidak berhak kecuali
sesuatu yang dia kerjakan.
Dia juga berfirman :
(وما تشاؤون
إلا
ما
يشاء
الله)
Artinya :
Dan tidaklah kamu sekalian berkehendak kecuali
sesuai kehendak Allah.
Maka terjadilah kebingungan, dan butalah indra
penglihatan dan mata hati, maka Dia memberikan taufik kepada hambaNya, maka
sebagian dari mereka diberi taufik dengan syariah dan sebagiannya denga
hakikat, ilmu yang menghiasi jasmani adalah ilmu zahir dan ilmu yang menghiasi
hati adalah ilmu batin dan itulah ilmu hakikat, Allah menjadikan zahir Islam
atas beberapa rukun yang dilakukan oleh badan, dan menjadikan hakikat iman dan
ihsan atas yakin yang ada pada hati nurani, tetapi karena sesuatu yang
tersimpan dalam hati nurani itu suatu yang tidak bisa dilihat ataupun didengar,
maka dijadikanlah lisan sebagai alat terjemah, maka jelaslah antara syariah dan
hakikat mempunyai hubungan yang sangat erat.
Adapun perkataan ahli syariah yang hanya mengerti
ilmu tanpa dibarengi amal "selain syariah adalah kufur" maka
perkataan mereka ada benarnya dan juga ada salahnya, begitupula halnya
perkataan orang-orang yang mengaku berpegang terhadap hakikat tanpa mengetahui
syariat "selain hakikat itu tidak ada apa-apanya".
Adapun mereka yang menguasai syariat dan hakikat
maka mereka berkata "apakah kamu sekalian tidak mendengar pemberi taufik
berfirman :
( والذين
جاهدوا
)
Artinya :
Yang dimaksud ijtihad (bersungguh-sungguh) dalam
ayat tersebut adalah syariah, ijtihad tersebut adalah merealisasikan nas-nas
syariah dalam bentuk amal agar mendapat petunjuk kepada jalanNya dan itulah
hakikat," dan bagi mereka yang mengaku berpegang kepada hakikat tanpa
menggunakan syariah, maka ketahuilah kamu sekalian tidak akan mendapatkan
hidayah kecuali dengan bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah syariah
dan menjauhi larangannya.
Dan diantara karangan Imam Al-Adeni yang paling
penting adalah kitabnya yang berjudul "الجزء
اللطيف
في
"التحكيم
الشريف,
dalam kitab ini beliau menjelaskan secara rinci sanad pemakaian khirqoh menurut
ahli tasawuf, dalil-dalil yang digunakan oleh ahli toriq dalam pemakaian
khirqoh, perbedaan pendapat ulama tentang khirqoh, serta pendapat sebagian
ulama yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah bid'ah, kemudian Imam Al-Adeni
menyelinginya dengan menjelaskan tentang bid'ah dan macamnya, dan
seterusnya menyebutkan berbagai macam pemakain khirqoh serta tatakramanya, juga
tentang tata cara pengambilan 'ahd dari seorang
murid oleh syehnya, seperti berikut ini :
1. hendaklah seorang Syeh
menyebutkan adab-adab taubat, kemudian meletakkan telapak tangan kanan diatas
telapak tangan sang murid, seraya menyatakan bahwa seorang syeh dan murid
keduanya bersekutu dalam taubat.
2. dengan suara keras syeh
mengucapkan :
أعوذ بالله
من
الشيطان
الرجيم
بسم
الله
الرحمن
الرحيم
استغفر
الله
العظيم
(3 kali ) وأسأله التوبة
والمغفرة
والتوفيق
لما
يحبه
و
يرضى
و
صلى
الله
على
سيدنا
محمد
وآله
وصحبه
وسلم
والحمد
لله
رب
العالمين.
Setelah Syeh mengucapkan perkataan diatas lalu
diikuti oleh sang murid.
Syair-Syair Imam Al-Adeni Memiliki Tujuan yang Bermacam-Macam.
Buku kumpulan syair-syair Imam Al-Adeni dihiasi
berbagai macam bentuk syair dan berbagai macam tujuan menurut ahli tasawuf,
sebagaimana diketahui bahwa sastera sufi mempunyai ciri khas tersendiri
terutama dalam penggunaan kata-kata, kebanyakan kalimat tidak digunakan dalam
maknanya yang lugas, begitupula dalam penggunaan kata-kata kiasan, seperti kata
mabuk, arak, gelas, panah mata, hindun, laila. Kata-kata tersebut yang dimaksud
adalah makna kiasannya, yang dimaksud dengan mabuk adalah kelezatan dalam
berzikir dalam tafakur, adapun gelas merupakan sebab untuk mencapai kelezatan
tersebut, dan tentang rumus yang menggunakan nama peremupan seperti laila,
adalah cara seorang penyair dalam mengungkapkan suatu keindahan batin dengan
menggunakan kata-kata yang menunjukkan keindahan zahir.
Dan tidak semua syair sufi berupa syair cinta,
selain itu banyak lagi macamnya, seperti syair nasihat, koreksi diri, dan
zuhud. Namun dari semua macam syair tersebut mempunyai ciri yang sama dan
menunjukkan bahwa sayir tersebut merupakan syair khas para ahli tasawuf.
Dan tidaklah sepantasnya bagi seseorang yang tidak
memiliki dzauk seperti yang dimiliki para ahli tasawuf, melecehkan
qasidah-qasidah tasawuf dengan menyangkutkan syair-syairnya dengan sesuatu yang
mereka hayalkan, sesuatu yang bersangkutan dengan syahwat, dan kalaupun
diantara syair-syair sufi yang pada zahirnya menunjukkan makna yang tidak baik,
maka hal tersebut tidak bisa dijadikan landasan untuk menyama ratakan hukum
tersebut kepada semua ahli tasawuf, disamping semua itu tidak ada perlunya
mendebatkan suatu pola pikir yang telah punah dengan kepunahan orang-orangnya dan
membesar-besarkan masalah tersebut.
Justru yang perlu menjadi perhatian kita sekarang
ini adalah pola pikir dalam kehidupan kita sekarang ini, yang nyata-nyata telah
merendahkan martabat dan menghancurkan kehidupan serta harga diri manusia.
Namun perkataan saya ini bukan berarti promosi
atas syari romantis sufi ataupun istilah arak maknawinya, tetapi maksud dibalik
semua itu adalah menegaskan bahwa seyogyanya kita memberikan penilaian atas
suatu madrasah berdasarkan asas pemikirannya bukan dari zahir kata-kata belaka,
tanpa melihat hakikat, keadaan, tempat dan waktu keberadaan madrasah itu
sendiri.
Dan yang sangat disayangkan, penyamarataan
tersebut bukan saja terhadap sastera sufi, namun berlaku kepada segala sesuatu
yang bersangkutan dengan tasawuf, orang yang mengaku sebagai peresensi yang
nota bene keluaran madrasah eropa, mereka yang menganggap dirinya memikul tugas
untuk membersihkan sejarah, sastera dan ilmu-ilmu islam dari kekeliruan dan
kesalahan sebagai akibat pemikiran tasawuf dan pemalsuan hadits dan hal
lainnya, tetapi semua itu mereka lakukan dengan menggunakan tolok ukur barat
yang merupakan ha lasing bagi Islam itu sendiri, oleh sebab itulah pada
akhirnya mereka menuduh para pendahulu dengan sesuatu yang tidak pernah mereka
lakukan, dan mereka sendiri menganggap bahwa tolok ukur yang mereka gunakan
adalah sesuatu yang murni dari islam, padahal hal tersebut sangat jauh sekali
dari Islam, bagaimana tidak? Karena mereka sendiri mendapatkan itu semua dari
musuh-musuh Islam maka tidak diragukan lagi mereka sendiri justru telah
terpengaruh dengan pemikiran madrasah asalnya.
Dan hal tersebut kini telah merasuki
madrasah-madrasah islam dari mulai dasar sampai tingkat tinggi akibat
penjajahan moderen.
Dan langkah yang bijak dalam semua ini adalah memaklumi
dan memaafkan orang-orang Islam dan merasa kasihan atas keadaan mereka yang
menjadi incaran musuh-musuhnya, yang selalu menanamkan permusuhan dan
perpecahan diantara orang-orang Islam.
Dan dalam akhir tulisan ini penulis akan
menyuguhkan sebagian syair-syairnya Imam Al-Adeni secara ringkas. Sebagian
besar syair-syair Imam Al-Adeni merupakan syair romantis yang menggunakan
kata-kata dari bahasa daerah dan dengan nada nyanyian, terkadang syairnya
keluar dari kaidah-kaidah ilmu arudl, namun kelebihan syair-syair tersebut
adalah bait-bait permulaannya memiliki nada yang sangat cocok dengan nada
nyanyian para ahli tasawuf Yaman pada zaman itu, adapun kosa-kata yang
digunakan oleh Imam Al-Adeni terdiri dari bahasa daerah dan kata-kata arab
fasih, adapun bahasa daerah yang sering kali digunakan dalam syair Imam
Al-Adeni adalah bahasa daerah Tihamah.
Sebagaimana terlihat dalam bait-bait syair berikut
:
شاعشق لي
معز
غالي
وارتقي
لي
مرتقي
عالي
شا فخر
لي
بفخر
محبوبي
وأعطاني
في
الحب
مطلوبي
Begitu juga pada bait berikut ini :
إذا شا
اترك
لهم
وواصل
سروري
ولي رب
يعلم
بخافي
أموري
وشا ادخل
وشا
اجزم
بقلب
جسور
أرى
اللوم
عندي
خطأ
غير
صائب
أنا شا
استجير
بالجمال
المكمل
ومن في
النبيين
أكمل
وأفضل
dan kalau di teliti secara cermat sebetulnya dalam
syair –syair tersebut terdapat kelemahan, dan memang kelemahan dalam segi
bentuk syair tersebut merupakan suatu yang biasa, karena tujuan dari
syair-syair tersebut adalah dakwah kepada orang-orang awam, selain itu
kebanyakan dari gubahan-gubahan tersebut adalah untuk dinyanyikan, oleh sebab
itu syair-syair tersebut menggunakan katak-kata yang gampang untuk difaham dan
banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menurut sebagaian penulis
merupakan suatu kejanggalan dan mereka menganggap bahwa ada sesuatu dibalik itu
semua, karena terdapat perpautan yang menyolok antara sastera dan prosa pada
zaman itu, prosa lebih mendapat perhatian dari para ulama zaman itu, hal
tersebut terlihat jelas dalam tulisan dan khutbah-khutbah yang begitu
memperhatikan kaidah-kaidah bahasa baik dari segi tata bahasa, sajak serta
balagahnya, dan sebaliknya hal-hal tersebut tidak ditemukan dalam
tulisan-tulisan ulama pada zaman itu yang berbentuk sastera.
Jawaban yang bijak atas masalah tersebut
bahwasanya ulama-ulama terdahulu walaupun mumupuni dalam segi tata bahasa dan
balagah -sebagaimana terlihat jelas dalam tulisan mereka yang berbentuk prosa
dan khutbah-khutbahnya- namun mereka tidak menyukai bentuk syair yang dibuat-buat,
bahkan terkadang mereka mencela jika seorang penyair terlalu memenitingkan akan
bayan badi' apalagi kalau sayiar itu syair sufi yang ditujukan untuk pengajaran
dan dakwah, karena mereka lebih suka memberikan petuah dan wejangan kepada
orang awam dengan bahasa dan kata-kata yang bisa dan mudah difahami, hal
tersebut sebagaimana dikisahkan oleh Habib Abu baker al Attas bin Abdullah bin
Alawi Alhabsy bahwasanya beliau berkata : hikayat mengatakan bahwa ketika Habi
Abdullah bin Husain bin Thahir mendengar perkataan penyair yang berbunyi :
علي نحت
القوافي
من
معادنها
وما علي
إذا
لم
تفهم
البقر
Artinya :
Aku harus menggali kowafi (not syair) daripada
penyimpanannya
Dan aku tidak perduli kalau syairku tidak difahami
oleh orang bodoh
Habib Abdullah bin Husain bin Thahir berkata :
تركت نحت
القوافي
من
معادنها
لأن لي
مقصدا
أن
تفهم
البقر
Artinya :
Aku tidak menggali kowafi daripada penyimpanannya
Karena aku ingin syairku difahami orang-orang
bodoh
Dari hal tersebut diatas sangat jelas bahwa
madrasah Hadhramaut memiliki ciri has tersendiri baik dalam pola pikir ataupun
kesusastraan, adapun penyebab itu semua karena kebanyakan masyayeh pada zaman
itu menggunakan semua waktunya dalam berdakwah dan memberi wejangan kepada
orang awam, maka perhatiannya mereka terhadap hal yang lain seperti sastera
sangat minim sekali, namun bukan berarti bahwa Hadhramaut pada zaman itu tidak
memiliki ulama yang mumpuni dalam syair, karena banyak dari mereka yang
memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang sastera dan syair.
Kesimpulan tersebut diatas merupakan hasil dari
penelitian penulis terhadap beberapa ulama dan suyuh Hadhramaut di sela-sela
penulisan riwayat hidup Alawi (kakek penulis) dalam buku yang berjudul "لوامع
النور".
Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa ketika Alawi kembali ke Hadhramaut
setelah menimba ilmu dari Mesir dengan membawa berbagai macam ilmu, dia
menemukan keadaan Hadhramaut tidak sesuai dengan ilmu yang ia bawa, tentang
keadaannya tersebut beliau berkata : "ketika aku tiba di negeriku, tanah
kelahiranku, mereka tidak mengetahui balghah, bahkan seseorang yang mempunyai
sifat balaghah justru menjadi ejekan, dan ketika aku memeriksa apa yang
tersimpan di benakku ternyata semuanya tak berguna, pada saat itulah aku
teringat perkataan seorang penyair :
أرض الحراثة
لو
أتاها
جرول
نجل الحطيئة
لانثنى
حراثا
تصدى بها
الأذهان
بعد
صقالها
وترد
ذكران
العقول
إناثا
Dan ketika aku dalam keadaan bingung dan ragu
tiba-tiba datanglah bisikan yang berkata : "lepaslah sandalmu sesungguhnya
kamu berada di lembah yang suci"
هذا شراب
القوم
سادتنا
وقد
أخطا
الطريقة
من
يقل
بخلاف
Maka aku terbangun dan jelaslah bahwa jalan yang
terbentang adalah jalan dilalah, makomat, ahwal, qobul dan iqbal, maka aku
bahwa memang gila itu banyak macamnya dan sesungguhnya hak tersebut selalu
bersama orang yang tahu tentang rahasia, maka kemudian aku mengikuti jejak para
pendahuluku dan meninggalkan segala yang akan membawa kerusakan kepadaku, dan
mulailah aku melangkah dalam jalan dakwah kepada Allah dan memberikan petunjuk
kepada yang tersesat.
Syair-syair Kerinduan Imam Al-Adeni
Imam Al-Adeni berkata dalam menggambarkan
kerinduannya kepada keluarga dan orang-orang soleh terdahulu :
عرض بذكري
إن
مررت
بلعل
واقري السلام
أهيل
تلك
الأربع
واشفع وقل
بتذلل
وتخشع
ياساكني وادي
النقا
والأرجع
فيكم ضنى
جسمي
وسالت
أدمعي
وبكم لبست
من
النوى
حلل
الضنا
وهجرت
فيكم
من
نأى
أو
من
دنا
وجعلت حبكم
لنفسي
ديدنا
إن كان
مسكنكم
بوادي
المنحنى
حسا فمثواكم
معي
في
أضلعي
يا من
أعدهم
أعز
دخائري
شغفي
بحبكم
سرى
في
سائري
وبدا وفاض
على
جميع
مظاهري
في خاطري
وضمائري
وسرائري
في منظري
في
منطقي
في
مسمعي
Dan tentang kerinduannya akan kampong halaman dan
sanak kerabat beliau berkata :
مسافرين أبلغوا
عنا
من
في
تريم
ألف
ألفي
سلام
من قامته
تشبه
الغصنا
ومن
جبينه
كبدر
التمام
متمم الحسن
والمعنى
سيوجي
الطرف
قميري
الحمام
والجسم من
فرقته
مضنى
وناظري
ما
تهنا
منام
قولوا لمن
قد
برا
حالي
لا
يحسب
انا
نسينا
لقاه
أفديه بالحال
والمال
و
ليس
مقصودي
إلا
رضاه
والله أقسم
ولا
أبالي
ما حب
في
الخلائق
سواه
Dalam qosidah lain Imam Al-Adeni berkata :
يا سفح
عيديد
يا
مأوى
الدمى
الكنس
الساجيات
العيون
الفتر
النعس
الحاليات اللما
الشنب
اللعس
يا سفح
عيديد
يا
وجدي
لغزلانك
يا سفح
عيديد
يا
مأوى
الملاح
الحور
الفاتنات
الورى
ألباهيات
النور
هل ترحمون
البعيد
القاصي
المهجور
سقيا
ورعيا
لروضاتك
ورضوانك
Dan dalam kerinduannya terhadap Aden beliau
berkata :
هزني الشوق
إلى
عدن
شد يا
حادي
الركاب
شوقنا ازداد
والوسن
عن
جفوني
نزح
وغاب
خاطري قط
ما
سكن
مذ
جاء
منهم
كتاب
هل درى
وردي
الوجن
ما بقلبي
من
اضطراب
لونه يمسك
حين
فاه
ما
يماثله
قد
طيب
أو كما
البارد
القراح
أو
كما
المندل
الرطيب
لا غنى
لي
ولا
سراح
عنك والله
يا
جبيب
وجهك الباهي
الحسن
شمس ما
دونها
سحاب
Syair Imam Al-Adeni yang berisikan petuah dan
hikmah
نصبت لأهل
المناجاة
في
حندس
الليل
أعلام
واستعذبوا السهد
وامسوا
قياما إذ
نام
من
نام
واستقبلهم لطائف
بهجات
فضل
وإكرام
من
لذة
لا
تكيف
ولا
تصور
في
الأوهام
قد ذاقها
من
عناها
وهام
فيها
الذي
هام
واستوحش الخلق
وامسا
في الفيافي
والاكام
ولم يعرج
على
شي
سواه لولام
من
لام
طابوا وفاز
المخفون
ونحن
أرباب
الآثام
نبني ونهدم
بنانا
ومتهى
أمرنا
اهدام
بالسوف والسوف
تسويف
تمضي الليالي
والأيام
أيامنا قد
تقضت
على
التماني
والاوهام
وكل آت
قريب
والعافية
بعدها
اسقام
والعمر فان
وإن
طال
لابد
من
كرة
السام
والغيد تمسي
أرامل
منا
وأطفالنا
أيتام
ونذكر أياما
كنا
كأنها
أضغاث
أحلام
نندم على
ما
فعلنا
ولا
يفيد
التندام
يا ذا
الكسل
كم
تؤخر
توبتك من
عام
إلى
عام
وليست تدري
بعام
يأتيك
من
ناقص
أو
تام
أو هل
تحققت
دنيا
دامت
لحد
أو
لها
دام
وليس تعلم
لخصمك
أمرا
إذا
جا
للالزام
يا كاشف
الضر
يا
من
قضى
بقدره
وأحكام
احفظ علينا
جميعا
عند
انقضا
العمر
الاسلام
قد جدت
فضلا
بالاسلام
وأفضل الجود
ولاتمام
حاشاك بعد
التفضل
تذيقنا
هول
الاضرام
فنحن أهل
للاسوا
وأنت
أهل
للانعام
تمت وصلوا
على
احمد
مكررا
طول
الاعوام
Dalam qosidah lain beliau berkata :
كل من
ليس
يمنع
نفسه
عن
حضيض
الهوى
ذاق
الهوان
من تدني
دانت
به
همته
لو يكن
عاليا
بالزبرقان
واصحب اللطف
في
كل
الأمور
ما
لطف
كل
شي
إلا
وزان
كل جرح
علاجه
ممكن
ما
خلا
يا
فتى
جرح
اللسان
إنما يوقع
المرء
الغبي
في
جميع
المصائب
خصلتان
الطمع والتعدي
للذي
ليس
يعنيه
فاحذر
يافلان
والزم الصبر
في
كل
الأمور
صاحب الصبر
في
العقبى
معان
لا تعادي
زمانك
يغلبك
كن
مساير
يسايرك
الزمان
لا تعرج
على
وطن
وكن
أينما كان
عزك
هو
مكان
فالغنى الغنى
كل
الغنى
التقى
ما
سوى
التقوى
ففان
بالتقى يجتمع
لك
يا
فتى
في
حياتك
وفي
الأخرى
الأمان
لا يقنطك
ذنبك
والتزم
حسن ظنك
بربك
كل
آن
لا تمنى
على
الله
المحال
مطلبك منه
للعصمة
جنان
أنت ما
كنت
حيا
في
جهاد
كن قوي
اليقين
ثبت
الجنان
وإذا ما
يقينك
صح
به
فهو يحفظك
ما
قد
شاه
كان
وإذا كنت
من
أهل
اليقين
صح
قدم
التصوف
لك
وبان
يتضح سر
أسرار
الغيوب
في القلوب
والخبر
عندك
عيان
والكلام بعد
ذا
لا
ينبغي
قد حسن
هاهنا
قبض
العنان
والصلاة والسلام
على
النبي
الأتمان ثم
الأكملان
Syair Imam Al-Adeni yang Berisikan Koreksi Diri
(musahabah nafs)
يا عين
إن
نام
الخلي
ففي
الدجى
لا
تهجعي
لا
تهجعي
لا
تهجعي
جن الظلام
ففي
جنانك
فارتعي
و تمتعي
وتمتعي
وتمتعي
يا أذن
إن
طال
العذول
عتابه
لا
تسمعي
لا
تسمعي
لا
تسمعي
لا يستميلك
عن
هواك
مفند
منه ارعوي
منه
ارعوي
منه
ارعوي
يا مهجتي
شقي
الصفوف
وبادري
لا
ترجعي
لا
ترجعي
لا
ترجعي
وإذا أتاك
الموت
من
دون
المنا
لا
تجزعي
لا
تجزعي
لا
تجزعي
لا تطمعي
من
دونهم
بسلامة
لا
تطمعي
لا
تطمعي
لا
تطمعي
غير الرياض
المونقات
فاتركي
لا ترتعي
لا
ترتعي
لا
ترتعي
لا تدعي
ريب
الهوى
بجهالة
لا تدعي
لا
تدعي
لا
تدعي
إن كنت
صادقا
فلا
تتخشي
الفنا
فله اكرعي
فله
اكرعي
فله
اكرعي
و تجرعي
غصص
المهالك
واصبري
و
تجرعي
و
تجرعي
و
تجرعي
0 Response to "Manaqib Lengkap Imam Abi Bakar Al-Adeni bin Abdillah Alidrus (Bagian 3)"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip