Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir
Nasab :
Al-Imam
Ubaidillah - Ahmad Al-Muhajir - Isa Ar-Rumi - Muhammad An-Naqib - Ali
Al-’Uraidhi - Ja’far Ash-Shodiq - Muhammad Al-Baqir - Ali Zainal Abidin -
Husain - Fatimah Az-Zahro - Muhammad SAW
Beliau
adalah Al-Imam Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali
Al-’Uraidhi bin Ja’far Ash-Shodiq, dan terus bersambung nasabnya hingga
Rasulullah SAW. Beliau seorang imam yang agung dan dermawan, alim dan berakhlak
mulia, penuh dengan sifat-sifat kebaikan dan kemuliaan.
Beliau
juga seorang yang sangat tawadhu (rendah diri). Karena begitu tawadhunya,
beliau tidak menamakan dirinya dengan nama Abdullah, akan tetapi
di-tasghir1-kan menjadi Ubaidillah, semata-mata untuk mengagungkan Allah dan
berendah diri di hadapan-Nya.
Beliau
adalah seorang yang Allah memberikan keistimewaan sifat-sifat yang terpuji pada
dirinya. Berkata AS-Sayyid Ali bin Abubakar as-Sakran mengenai diri beliau;
Ubaidullah,
orang yang menjaga dirinya dalam agama, paling terkemuka dalam kedermawanan dan
keagungan ilmunya.Datuk para keturunan mulia, sumber kedermawanan,dan lautan
ilmu, itulah tuan kami yang mulia.
Beliau
mengambil ilmu dari ayahnya. Selain itu, beliau juga mengambil ilmu dari para
ulama di jamannya. Di kota
Makkah, beliau berguru kepada Asy-Syeikh Abu Thalib Al-Makky. Dibawah asuhan
gurunya, beliau berhasil menamatkan pelajaran dari kitab gurunya tersebut yang
berjudul Quthul Al-Quluub.
Tampak
pada diri beliau berbagai macam karomah yang dikaruniakan kepada dirinya.
Beliau, Al-Imam Ubaidillah, jika meletakkan tangannya pada orang yang sakit,
lalu beliau meniupnya dan mengusapkan di tubuhnya, maka sembuhlah si sakit itu.
Mengenai
kedermawanannya, beliau jika menggiling kurma miliknya dan meletakkannya di
tempat penggilingan, maka kurma-kurma itu semuanya beliau sedekahkan, meskipun
jumlahnya banyak.
Imam
Ubaidillah bin Ahmad mempunyai tiga orang anak, yaitu:
- Alwi,
- Jadid dan
- Basri.
Salah satu keturunan dari Sayid Basri adalah al-Arifbillah Syaikh Salim bin Basri, meninggal di Tarim tahun 604 Hijriyah, dikuburkan sebelum maqam Alwi bin Muhammad al-Faqih al-Muqaddam.
Di antara keturunan dari Sayid Jadid adalah al-Imam al-Muhaddits al-Faqih al-Hafidz Abi Jadid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Jadid meninggal di Mekkah tahun 630 Hijriyah.
Keturunan
Sayid Jadid dan sayid Basri terputus pada awal-awal kurun ke tujuh
hijriyah. Sedangkan Sayid Alwi, keturunannya tersebar di Hadramaut yang
sekarang dikenal dengan keluarga Abi Alawy dimana nama tersebut
dinisbahkan kepada nama kakeknya.
Beliau
mewarisi sifat-sifat mulia dari ayahnya, baik itu di dalam kezuhudannya,
ilmunya ataupun ibadahnya. Setelah ayahnya wafat, beliau pindah ke daerah Saml,
dan memberikan tanah miliknya ke budaknya yang telah dimerdekakannya yang
bernama Ja’far bin Mukhaddam. Tinggallah beliau di kota Saml. Beliau menikah dengan wanita dari
daerah tersebut dan dilahirkannya salah seorang anaknya yang bernama Jadid.
Sampai akhirnya beliau menutup mata untuk terakhir kalinya di kota tersebut pada tahun 383 H.
Radhiyallohu
anhu wa ardhah…
================================
Syaikhul
Islam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali
al-Uraidhi Ja’far ash-Shodiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin
bin Husein bin Ali bin Abi Thalib[1] dilahirkan di Basrah, dibesarkan dalam lingkungan para ahli ilmu. Dinamakan
Ubaidillah karena bentuk tasghir dari Abdullah dan beliau suka
dipanggil dengan nama tersebut. Beliau hijrah dari Iraq bersama ayahnya
ke kota Madinah kemudian ke Hadramut, bersama beliau ikut serta istri
dan anaknya yang paling besar bernama Basri yang mengikuti jejak ayahnya
dalam menyebarluaskan ilmu dan berda’wah ke jalan Allah swt.
Guru beliau adalah ayahnya sendiri Imam Ahmad bin Isa. Pada tahun 317
hijriyah beliau mengadakan perjalanan ke Makkah dan sekaligus menunaikan
ibadah haji ke Baitullah. Imam Ubaidillah bin Ahmad bin Isa seorang
yang hafal hadits, para ulama banyak meriwayatkan hadits darinya. Beliau
juga merupakan ulama kenamaan di zamannya. Harta kekayaan beliau berupa
perkebunan yang subur dan luas.
Beliau
membeli tanah yang luas di Sumal dan Bait Jubair untuk membantunya
membiayai kegiatan dalam penyebaran ilmu dan infaq ke jalan Allah swt.
Beliau selalu menanamkan kepada anak-anaknya dengan pelajaran atas dasar
manhaj ahlu sunnah. Beliau wafat setelah kaidah-kaidah yang dipelopori
oleh ayahnya telah tumbuh subur. Beliau wafat di Sumal tahun 383
hijriyah. Di lain riwayat beliau dikuburkan di daerah Najdi dekat dengan
kota Boor.
Awal Sufi Di Hadramaut.
Pendiri
pertama madrasah bani Alawi yang hanya padanya manhaj Saadah Bani Alawi
melekat sebagaimana telah disebutkan ialah al-Imam al-Muhajir yang pada
saat itu beliau hidup di tengah-tengah zaman yang penuh fitnah, beliau
pula yang pertama kali menumbuhkan dasar-dasar manhaj tersebut. Setelah
beliau wafat, manhaj beliau diteruskan oleh anaknya Ubaidillah yang
hidup di zaman ayahnya dengan menyaksikan berbagai cara beramal dan
da’wah, beliau juga merupakan orang pertama yang mengambil ijazah ilmu
usul ahlu sunnah wal jamaah di Mekkah dan Madinah. Beliau pergi ke
Mekkah diutus oleh ayahnya, dimana hal tersebut merupakan saksi yang
agung akan kecintaan al-Imam al-Muhajir terhadap usaha mengembangkan
wawasan dengan mengambil pemikiran-pemikiran baru yang tercermin dalam
cara berpikir anak-anak dan cucunya sebelum manusia yang lain.
Ubaidillah bin Ahmad tidak saja cukup mempelajari ilmu usul dan hadits
di Makkah Mukarromah, bahkan beliau mempelajari ilmu tasawuf dan ilmu
akhlaq kenabian kepada guru besar ahlu sunnah a-Imam al-Allamah al-Syekh
Abu Thalib al-Makki yang wafat pada tahun 386 hijriyah, kepada gurunya
beliau membaca kitab Quut al-Qulub[2],
sebagaimana mempelajari ilmu fiqih beliau selalu diijazahkan dari
setiap periwayatan dan sanad. Dari sinilah menyambung sanad keluarga Abi
Alawi dan madrasah mereka kepada sanad ahlu sunnah.
Untuk
masalah ini para ahli sejarah menjelaskannya dalam biografi Ubaidillah
bin Ahmad, diantaranya : Ubaidillah bin Ahmad, beliau orang yang pertama
kali membawa ajaran tasawuf di Hadramaut, beliau kembali ke Hadramaut
pada zaman ayahnya masih hidup, dan ayahnya memberikan izin kepada
beliau untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat kepada manusia hingga
ayahnya wafat pada tahun 345 hijriyah. Maka kepemimpinan ayahnya
berpindah kepadanya. Beliau telah meletakkan tasawuf dalam mimbar ilmu
dan da’wah sebagaimana hal tersebut telah dilakukan oleh al-Imam
al-Muhajir, sehingga para ulama, ahli syair pada zamannya memuji akan
keutamaan ilmu dan kemuliaan serta kedermawanannya, beliau telah
berakhlaq seperti akhlaq kakeknya Rasulullah saw.
Dan
ketika ayahnya wafat di Husaisah pada tahun 345 hijriyah kekhilafahan
ilmu dan da’wah kembali kepadanya, dan masyarakat sangat mengharapkannya
di berbagai tempat, dan ini menunjukkan bahwa beliau banyak berda’wah
ke pelosok daerah, maka berangkatlah beliau ke desa Sumal dan
menghadiahkan semua tanah dan apa yang dimilikinya semua kepada maulanya
Ja’far bin Makhdam sebagaimana hal tersebut telah dilakukan oleh
ayahnya al-Muhajir, yang membeli perkebunan kurma ketika beliau tiba di
Hajrain Hadramaut, kemudian berpindah lagi ke daerah Bani Jusaib sebelum
akhirnya beliau menentap di Husaisah. Beliau menghadiahkan semua harta
dan perkebunannya kepada maulanya Suwaih yang termasuk maula yang
terdahulu ikut serta hijrah dari Iraq. Di Sumal dan di Bait Jubair
beliau mengusahakan sumber kehidupan untuknya dan untuk para pengikutnya
dengan membeli sebidang tanah pertanian dan perkebunan kurma.
Al-Imam
Ubaidillah bin Ahmad telah mendirikan kaidah-kaidah ilmu dan syariah
dan da’wah kejalan Allah swt berdasarkan manhaj berpikir yang telah
diterima bulat oleh para ulama ahlu sunnah di Hadramaut, dimana saat itu
terdapat ulama dari keluarga Abi Fadhol dan dari keluarga al-Khatib di
negeri Tarim, sebagaimana sama halnya dengan kaum Khawarij dan beberapa
ulama mereka yang mengambil hujjah serta keterangan-keterangan dari
uslub yang diajarkan oleh ayahnya dengan cara akhlaq yang mulia tanpa
mendahulukan rasa fanatik dan hawa nafsu, sehingga keadaan Hadramaut
berubah menjadi negeri ahlu sunnah dikarena beliau, begitu pula pada
zaman ayahnya.
Keturunan Imam Ubaidillah.
Silsilah
Saadah Bani Alawi al-Husaini yang menetap di Hadramaut sampai hari ini
dan yang telah menyebar ke penjuru alam semua bersumber kepada Sayid
Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir. Beliau merupakan satu-satunya
anak dari keturunan Ubaidillah bin Ahmad yang mempunyai keturunan yang
bersambung hingga hari ini. Imam Ubaidillah bin Ahmad mempunyai tiga
orang anak : Basri[3], Jadid dan Alwi.
Basri
dan Jadid mempunyai keturunan yang tinggal di Hadramaut dan terputus
pada awal tahun 700 hijriyah, hingga tidak ada lagi dari keturunannya
yang tercatat dalam silsilah dan biografi keluarga Alawi.
Pengarang kitab Ghuror al-Bahau al-Dhowwiy menulis : Sesungguhnya keluarga Bani Jadid[4]
terputus begitu pula keluarga dari Bani Basri, yang hidup paling akhir
dari keluarga Jadid ialah seorang wanita di Zubaid yang bernama Jadidah.
Alwi bin Ubaidillah mempunyai banyak keturunan yang tersebar di
Hadramaut, Yaman, Hijaz, Mesir, Kholij, Indonesia, Afrika Timur, India,
Sailan dan negeri lainnya. Dalam hal ini telah ditetapkan nisbah Saadah
Bani Alawi kepada asalnya yang diberkahi khususnya sesudah hijrahnya
al-Imam Ali bin Jadid ke negeri Iraq.
[1] Abubakar al-Adeni bin Ali al-Masyhur. Al-Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir Wa Abnauh al-Tsalatsah, hal. 5.
[2] Sayid Alwi bin Thahhir al-Haddad membahas secara luas tentang masalah ini dalam kitabnya Itsmid al-Bashoir Fi Madzhab al-Imam al-Muhajir.
[3]
Nama ‘Basri’ merupakan nisbah kepada kota Basrah tempat beliau
dilahirkan. Nama asli beliau ialah Ismail, datang ke Hadramaut bersama
pengikut ayah dan kakeknya pada tahun 318 hijriyah. Diantara keturunan
beliau ialah al-Imam Salim bin Basri yang wafat tahun 604 hijriyah di
Tarim. Beliau adalah seorang ulama ahli hadits dan ilmu ushul..
[4]
Bani Jadid terkenal dengan beberapa ulama ahli haditsnya, diantaranya
Sayid Ali bin Muhammad bin Jadid. Beliau pergi menuntut ilmu ke Makkah
dan Madinah kemudian ke India, Iraq. Aden dan beberapa daerah di Yaman.
abdkadiralhamid@2013
0 Response to "Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip