//

BIOGRAFI Habib Ibrahim bin `Aqil bin Yahya, Mufti Ta'iz

 Mufti Ta'iz


Nasab Beliau

Beliau adalah al‐Habib al‐`Allamah Ibrahim bin `Umar bin `Aqil bin `Abdullah bin `Umar bin Abu Bakr bin `Umar  bin Taha bin Muhammad bin Shaykh bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin `Alawi bin Shaykh Muhammad Mawla al‐Dawilah bin `Ali Mawla Darak, bin `Alawi al‐Ghuyur, bin al‐Faqih al‐Muqaddam, Muhammad bin `Ali, bin Muhammad Sahib Mirbat, bin `Ali Khali` Qasam, bin `Alawi, bin Muhammad Sahib al‐Sawma`a, bin `Alawi, bin `Ubaydullah, bin al‐Imam al‐Muhajir il‐ Allah   Ahmad,  bin   `Isa,   bin   Muhammad   al‐Naqib,   bin   `Ali   al‐`Uraydi,  bin   Ja`far   al‐Sadiq,   bin Muhammad al‐Baqir, bin  `Ali Zayn al‐`Abidin, bin Husayn al‐Sibt, bin `Ali bin  Abu  Talib and Fatima al‐Zahra, anak perempuan Rasulullah SAW, Nabi Penutup.

Kehidupan Beliau

Habib Ibrahim lahir di kota al-Masilah, dekat Tarim pada tahun 1327 H (1908 M). Beliau mendapat pendidikan dari kedua orang tuanya dan nenek kandungnya yaitu Syarifah Zahra dan Syarifah Sayyidah yang mana merupakan anak perempuan dari Imam Besar Habib `Abdullah bin Husayn bin Tahir. Kedua wanita ini terkenal akan kealimannya, khususnya Syarifah Sayyidah akan keulamaannya. Pelajar dan salik akan mendatangi beliau untuk mendapat ilmu dan mendapat ijazah dari beliau karena sanadnya yang kuat. Pada suatu waktu, Habib Ahmad bin Hasan al-Athas datang untuk menemui Syarifah Sayyidah, lalu Habib Ibrahim yang masih kecil dibawa ke hadapan Habib Ahmad untuk dibacakan doa. Habib Ibrahim juga pernah dibawa ke Habib Ali al-Habshi dengan alasan yang sama. Ibunya Syarifah Nur sering membawanya ke mesjid waktu umurnya belum mencapai 7 tahun pada sepertiga malam dan melarangnya pulang sebelum matahari terbit. Begitulah kondisi keilmuan dan spiritual Habib Ibrahim tumbuh. Jadi tidak mengherankan bila pada usia 8 tahun beliau sudah dapat menyusun syair yg menunjukkan tidak hanya kejeniusan tata bahasanya tapi juga hubungannya dengan Tuhannya.

Beliau berkata, " Jika saya ingin berbicara hanya sesuai dengan ayat yang sudah saya kerjakan". Kekuatan memorinya, seperti kata beliau," Saya tidak pernah membaca sebuah buku dan butuh untuk membacanya lagi." Maka dari itu tidak heran bila beliau cepat menghafalkan Al_qur'an dan kitab-kitab ilmu agama Islam.


Beliau diajarkan pertama oleh pamannya, Habib Muhammad bin Aqil bin Yahya. Kemudian beliau menguasai ilmu lahir dan bathin di tangan para Imam Tarim kala itu yaitu  Habib `Abdullah bin `Aydarus al‐`Aydarus, Habib `Abd al‐Bari bin Shaykh al‐`Aydarus, Habib `Abdullah bin `Umar al‐ShaPri dan Habib `Alawi bin `Abdullah Shihab al‐Din. Beliau juga belajar dari para guru seperti Habib `Alawi bin Tahir al‐Haddad and Habib Salih bin `Abdullah al‐Haddad. 
Beliau mulai mengajar di mesjid Habib `Abdullah bin Husayn bin Tahir sebelum beliau baligh dan nantinya menjadi imam dari mesjid tersebut. Di masa mudanya beliau terlibat di beberapa kegiatan keulamaan dan selalu menulis, meneliti dan mengajar. Beliau mewarisi banyak tanah di sekitar al-Masilah, tetapi salah satu saudaranya memalsukan bahwa tanah itu milik saudaranya. Habib Ibrahim akhirnya pergi ke Tarim dengan dokumen yang membuktikan kepemilikan tanahnya untuk diserahkan kasusnya kepada hakim. Tapi kemudian beliau bertemu dengan syaikhnya Habib `Abdullah bin `Umar al‐ShaPri, yang berkata kepadanya," Wahai Ibrahim, jika seseorang menentangmu di masalah agama, maka pertahankanlah agamamu. Tapi jika seseorang berselisih denganmu karena masalah dunia maka lemparkanlah ke wajahnya."  
Habib Ibrahim akhirnya meninggalkan masalah kepemilikan tanahnya dan di tahun 1354 H (1935 M) meninggalkan Hadramaut ke Yaman Utara. Beliau pertama tinggal di al-Hudaydah di pesisir Laut Merah, dimana beliau belajar kepada pamannya, Habib Muhammad bin 'Aqil. Beliau juga belajar dari ulama besar Sayyid `Abd al‐Rahman bin Muhammad al‐Ahdal.
Beliau pernah berdagang dan sangat sukses tapi kemudian beliau tinggalkan karena tidak menghendaki sesuatu yang bersifat sementara. 
Setelah kematian pamannya, beliau pindah ke Zabid lalu kemudian Ta'izz yang mana akhirnya beliau menetap. Selama periode itu beliau pergi ke Irak sebagai bagian dari delegasi pemerintahan, yang mana beliau lulus akademi militernya. Ketika kembali ke Yaman beliau diangkat sebagai Mentri di masa pemerintahan Imam Yahya bin Muhammad. Beliau menjabat posisi ini sampai revolusi tahun 1381 H (1962 M), yang mana setelah itu beliau diangkat menjadi Mufti di kota Ta'izz.

Rumah beliau di Ta'izz terbuka siang dan malam untuk semua pendatang. Bahkan lebih mirip sebuah zawiya dibandingkan sebuah rumah, menjadi tempat majlis-majlis zikir, tamu-tamu dihormati, yang miskin diberi makan dan kebutuhan mereka dipenuhi. Habib Ibrahim bisa tiap hari duduk dari Zuhur hingga Maghrib dan murid-muridnya datang dan membacakan buku-buku di berbagai ilmu kepada beliau. Beliau memiliki sanad yang sangat kuat  dalam Sahih al-Bukhari dan kitab ini terus menerus dibaca bersama dengan penjelasannya. Jika sudah selesai, bacaan baru segera dimulai. Banyak orang yang datang dengan masalahnya atau meminta fatwa dan Habib Ibrahim menolong mereka semua dengan penuh kehangatan dan kasih sayang. Sisa waktu beliau digunakan untuk berzikir kepada Allah dan membaca Al-Qur'an. Beliau melaksanakan haji lebih dari 20 kali, memperbaharui hubungannya dengan ulama-ulama Hijaz di setiap kesempatan.


Beliau sangat rendah hati dan hatinya tidak terpaut keduniaan. Beliau lebih memilih hidup sederhana dan tidak menyukai sifat mempengaruhi (takalluf). Ketika seorang pebisnis paling kaya di Yaman mengunjungi beliau, beliau bersikeras kalau beliau makan dari piring yang sama yang mana orang miskin makan. Beliau berkata," Saya tidak pernah bersumpah atas nama Allah dalam hidup saya baik dalam kebenaran atau keburukan."

Seumur hidupnya, Habib Ibrahim Bin Aqil dikenal sebagai ulama terkemuka di Yaman, seorang guru yang menghasilkan banyak murid hebat (seperti Habib Zein Bin Sumaith, Habib Umar bin Hafidz, Sayyid Muhammad Al Maliki,dll), pernah menjabat menjadi menteri, mufti, dll, banyak bangun rumah buat faqir miskin dan membantu mereka (untuk diri pribadi, beliau tak pernah peduli dan tetap bahagia tinggal disebuah rumah tua), keutamaan beliau yang paling menonjol adalah dibidang sastra arab, semua ulama besar yang pernah bertemu atau membaca syair atau qasidah susunan beliau mengagumi karya karya itu, tapi justru itu yang membuat beliau takut, pernah beliau menulis bertahun tahun lebih dari 11000 syair pujian pada Allah dan Rasulullah ﷺ, begitu beliau merasa ada kepuasan dan sedikit kekaguman pada dirinya setelah berhasil membuat karya hebat tsb, beliau membakar semuanya dan tidak berani menulis lagi..

Habib Ibrahim mengatakan:
"Setiap amalan ibadah rentan hancur oleh kesombongan (riya '), kecuali melimpahkan sholawat pada Nabi ﷺ karena sholawat merupakan sarana syafaat dan pasti diterima oleh Allah apa pun keadaan orang tersebut".

اللَّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الكَوْنَيْنِ و على آلِهِ و صَحْبِهِ صَلاةً و سَلاماً نَسْعَدُ بِهِما في الدَّارَيْنِ

Allahumma salli wa sallim `ala sayyidina Muhammad sayyidi’l-kawnayn wa `ala alihi wa sahbihi salatan wa salaman nas`adu bihima fi’ddarayn.


Ya Allah, limpahkan shalawat dan salam atas Nabi kami Sayyidina Muhammad, Pemimpin dari kedua alam (kaunain) dan atas Keluarga dan Sahabatnya, semoga kami meraih kebahagiaan di kedua kehidupan (dunia dan akhirat)...

*Al Habib Al Imam Ibrahim Bin Umar Bin Aqil Bin Yahya (kanan) dan cucu beliau Al Habib Hasyim Bin Sahl (seorang dai dan juga guru di Darul mustafa, Tarim, beliau sering datang mengunjungi Habib Muhammad Luthfi bin Yahya di pekalongan)

Pada tanggal 14 jumadil awal minggu yang lalu adalah haul Habib Ibrahim, Taizz, kota dimana beliau jadi mufti dan terletak makam beliau menjadi kota yang paling parah hancur akibat perang yang digelar saudi dan kaum houthi, marilah kita berdoa semoga Allah mengampuni seluruh Umat Islam dan segera mengangkat segala kesengsaraan ini.. Aamiin..

Murid-muridnya antara lain adalah  Habib   Muhammad   al‐Haddar,   Habib   Zayn   bin   Sumayt,   Sayyid Muhammad `Alawi al‐Maliki, Habib `Umar bin Hafiz and Shaykh Muhammad al‐Hariri.  

Kematian Beliau

Habib Ibrahim kehilangan penglihatannya di masa akhirnya dan menghabiskan waktunya dalam kebungkaman. Beliau berkata bahwa saat ini makna sebenarnya sehat ('afiyah) adalah di mana hati bersih dari penentangan terhadap ketetapan Allah. Beliau telah hidup dengan penuh ketaatan terhadap Sunnah dan hal ini tidak berubah bahkan di akhir hayatnya. Ketika seseorang menolongnya untuk berwudhu menggulung lengan bajunya yang kanan sebelum yang kiri supaya bisa membasuh tangan kanannya, beliau mengingatkan bahwa sunnahnya ketika membuka pakaian adalah dimulai dari yang kiri bukan yang kanan. Beliau wafat pada 14 Jumadil Awal 1415 H (1995 M). Banyak sekali yang menghadiri shalat jenazah beliau di Jami' al-Muzaffar, di mana beliau menjadi khatib selama lebih dari 30 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman Habil Salman di Ta'izz.
    

Semoga Allah mengangkat derajatnya dan menurunkan rahmatNya karena beliau dalam kehidupan ini dan akhirat. 


abdkadiralhamid@2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BIOGRAFI Habib Ibrahim bin `Aqil bin Yahya, Mufti Ta'iz"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip