//

Amalan untuk di Mudahkan dalam menghafal, Mendapatkan Kecerdasan, Diberikan Kefahaman, Ilham dan Ilmu laduni

Amalan untuk di Mudahkan dalam menghafal, Mendapatkan Kecerdasan, Diberikan Kefahaman, Ilham dan Ilmu laduni.

 

Beberapa amalan-amalan untuk di mudahkan sama Allah dalam menghafal, mendapatkan kecerdasan, diberikan kefahaman, ilham dan ilmu laduni. 

* Doa ini dibaca sebelum belajar : 

رب زدنى علما وارزقنى فهما
Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahman. 
Artinya : Ya Allah, tambahkanlah kepada saya ilmu dan berilah saya pengertian yang baik.
 
* Barangsiapa yang membaca do’a dibawah ini sebelum mempelajari suatu Ilmu maka insya Allah Allah akan membukakan baginya rahasia Ilmu tersebut.

اللهم أخرجنا من ظلمات الوهم، وأكرمنا بنور الفهم، وافتح علينا بمعرفة العلم، وحسن أخلاقنا بالحلم، وسهل لنا أبواب فضلك، وانشرعلينا من خزائن رحمتك، برحمتك يا أرحم الراحمين
 
Allaahumma akhrijnaa min zhulumaatil wahmi, wa akrimnaa bi nuuril fahmi, waftah ‘alainaa bi ma’rifatil ‘ilmi, wa hassin akhlaaqonaa bil hilmi, wa sahhil lanaa abwaaba fadhlika, wan syur ‘alainaa min khozaaini rohmatika, ya arhamar rohimiina.
 
Artinya : Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan keraguan/prasangka, mulyakanlah kami dengan cahaya kefahaman, bukakanlah kepada kami dengan ilmu pengetahuan, hiasilah/baguskanlah diri kami dengan akhlak yang baik, mudahkanlah untuk kami pintu-pintu anugrah-Mu, bentangkanlah kepada kami dari perbendaharaan rahmat-Mu, ya Tuhan Maha Pengasih sekalian yang berkasih sayang.
 
* Barangsiapa membaca doa ini sepuluh kali dalam setiap harinya maka insya Allah diberikan kemudahan dalam menghafal dan dimudahkan dalam memahami segala macam ilmu pengetahuan. 

ففهمنا ها سليمان و كلا اتينها حكما و علما و سخرنا مع داوود الجبال يسبحن و الطير و كنا فاعلين يا حي يا قيوم يا رب موسى و هارون و نوح و ابراهيم و عيسى و محمد صلى الله عليه و سلم و عليهم اجمعين اكرمنى بجودة الخفظ و سرعت الفهم و ارزقنى الحكمة و معرفة العلم و ثبات الذهن و العقل و الحكم بحق سيدنا محمد صلى الله عليه و سلم
 
Fafahhamnaa haa sulaimaana wa kullan atainaa haa hukman wa 'ilman wa sakhkharnaa ma'a daawuudal-jibaala yusabbihna wath-thoiro wa kunnaa faa'iliin, yaa hayyu yaa qoyyuumu yaa robba muusaa wa haaruuna wa nuuhin wa ibroohiima wa 'iisaa wa muhammadin shollallaahu 'alaihi wasallama wa 'alaihim ajma'iin, akrimniy bijuudatil-hifzhi wa sur'atil-fahmi warzuqnil-hikmata wa ma'rifal-ilmi wa tsabaatadz-dzihni wal-'aqli wal-hukmi bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu 'alaihi wasallam. 
 
Artinya : Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat), dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung , semua bertasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukanya, Ya Tuhan Yang Maha Hidup, Ya Tuhan Yang Maha terus-menerus menolong hambanya, Ya Tuhan Yan. Menguasai Musa, Harun, Nuh, Ibrohim, Isa dan Muhammad saww. dan shalawat dan keselamatan atas mereka semuanya, muliakanlah saya dengan hafalan yang baik, pemahaman yang cepat dan berikanlah saya hikmah, ilmu pengetahuan, hati yang kokoh, akal dan hukum yang kuat dengan hak tuanku Nabi Muhammad saww. 

* Barangsiapa yang ingin diberi kefahaman, pengertian, kecerdasan yang sangat luar biasa oleh Allah, maka hendaknya membaca dengan istiqomah shalawat Nurul Fahmi ini seratus kali dalam setiap harinya atau sebanyak-banyaknya. 

اللهم صل و سلم على سيدنا محمد صلاة تخرجنى بها من ظلمات الوهم و تكرمنى بنور الفهم و توضح لى ما اشكل حتى يفهم انك تعلم و لا اعلم و انت علام الغيوب
 

Allaahumma sholli wasallim 'alaa sayyidinaa muhammadin sholaatan tukhrijunii bihaa min zhulumaatil-wahmi watukrimunii binuuril-fahmi watuwadhihu lii maa usykila hatta yufhama innaka ta'lamu wa laa a'lamu wa anta 'allaamul-ghuyuubi. 
 
Artinya : Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad saww. yang dengan shalawat tersebut Engkau keluarkan saya denganya dari kegelapan dan kebimbangan, Engkau muliakan saya dengan cahaya kefahaman dan Engkau jelaskan bagi saya apa-apa yang sulit, sehingga dapat saya mengerti, sesungguhnya Engkau Yang Maha Mengetahui dan saya tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui Yang Ghaib. 
 
* Barangsiapa ingin mendapatkan ilham dari Allah Ta'ala mengenai ilmu pengetahuan yang dipelajari, maka hendaklah selalu membaca doa dibawah ini paling sedikit setiap selesai shalat fardhu tiga kali, pada waktu-waktu luang tanpa hitungan.

و صب على قلبى سآبيب رحمة بحكمة مولانا الحكيم فاحكمت
 
Wa shubba 'alaa qolbii sa-aabiiba rahmatin bihikmati maulaanal-hakiimi fa-ahkamat.

* Barangsiapa membaca do’a ini sebanyak empatpuluh (40) kali dalam setiap harinya maka insya Allah tidak akan mudah lupa dan mudah untuk menghafal.

اللهم اجعل نفسى نفسا طيبة مطمئنة طآئعة حافظة تؤمن بلقائك وتقنع بعطائك وترضى بقضآئك وتخشاك حق خشيتك لا حول و لا قوة الا بالله العلى العظيم
 
Allaahummaj’al nafsii nafsan thoyyibatan muthma-innatan thoo-i’atan haafizhotan tu’minu biliqoo-ik, wa taqna’u bi ‘athoo-ik, wa tardhoo bi qodhoo-ik, wa takhsyaaka haqqo khosy-yatik, laa haula walaa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.
(Dibaca 40x dalam setiap harinya)
 
* Barangsiapa membaca doa di bawah ini setiap hari tiga kali dan waktunya kapan saja, insya Allah dengan mengamalkannya, kita tidak mudah lupa, termasuk dalam menghafal ayat-ayat dan surah-surah dalam Al-Quran.

اللهم اجعل نفسي مطمئنة تؤمن بلقائك و تقنع بعطائك و ترضى بقضائك
Allaahummaj'al nafsii muthma-innatan tu'minu biliqoo-ika, wataqna'u bi'athoo-ika, wa tardhoo biqodhoo-ika. 
 
Artinya : Ya Allah, jadikanlah diriku tentram, mengimani perjumpaan dengan-Mu, merasa puas dengan pemberian-Mu dan ridho dengan ketentuan-Mu. 
 
* Apabila diri kita atau ada anak yang bodoh atau sulit menerima pelajaran dari bapak/ibu gurunya maka ambillah air satu gelas lalu bacakan :  
بسم الله الرحمن الرحيم
(Bismillaahir Rahmaanir Rahiim) 
sebanyak 786 kali lalu setelah selesai ditiupkan keair tersebut dan diminumkan kepada anak tersebut atau untuk diri kita pada waktu pagi hari ketika matahari terbit maka insya Allah ia akan menjadi anak yang sangat mudah dalam menerima berbagai pelajaran dan tidak akan pernah lupa segala apa yang pernah ia dengar dari gurunya, amalan ini dilakukan selama 7 hari berturut-turut.  
 
* Bila kalian ingin mudah menghafal sesuatu, maka sebelum menghafal untuk membaca ayat ini sebanyak 3 kali : 
و اذ نتقنا الجبل فوقهم كانه ظلة و ظنو انه واقع بهم خذوا ما اتينكم بقوة و اذكروا ما فيه لعلكم تتقون
Wa idz nataqnaal-jabala fauqahum ka-annahu zhullatun wa zhannuu annahu waaqi'un bihim khudzuu maa atainaakum biquwwatin wadzkuruu maa fiihi la'allakum tattaquuna.  
 
Artinya : Dan (ingatlah) ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka, seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka): "Pegang dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa.". (QS. Al-A'raaf : 171) 
 
* Bila kalian ingin memiliki banyak ilmu dan menjadi orang yang kreatif serta banyak ide, maka biasakanlah secara rutin setelah shalat lima waktu untuk membaca ayat dibawah ini 3 kali dan kalau dapat tiap malamnya dibaca 100 kali.  
قل لو كان البحر مدادا لكلمت ربى لنفد البحر قبل ان تنفد كلمت ربى و لو جئنا بمثله مدادا
Qul lau kaanal-bahru midaadan likalimaati robbii lanafidal-bahru qobla an tanfada kalimaatu robbii wa lau ji'naa bimitslihii madaadan.  
Artinya : Katakanlah : "Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku meskipun Kami datangkan tambahan tinta sebanyak itu (pula).". (QS. Al-Kahfi : 109).

* Telah meriwayatkan Imam Abu 'Ali At-Turmudzi akan suatu doa yang didapat dari Nabi Muhammad saww. beliau bersabda : 
من قرأه عقب كل صلاة صار عالما البتة
Man qoro-ahu 'aqiba kulla sholaatin shooro 'aaliman al-battata. 
Artinya : Barangsiapa yang membacanya (doa dibawa ini) tiap-tiap selesai sembahyang, niscaya dia menjadi orang 'alim yang tidak diragukan. 
Ini doanya : 
رب زدنى علما و وسع لى فى رزقى و بارك لى فيما رزقتنى واجعلنى محبوبا فى قلوب عبادك و عزيزا فى عيونهم واجعلنى و جيها فى الدنيا و الاخرة و من المقربين يا كثير النوال يا حسن الفعال يا قائما بلا زوال يا مبدئا بلا مثال فلك الحمد و المنة و الشرف على كل حال
Robbi zidnii 'ilman wa wassi' lii fii rizqii wa baarik lii fiimaa rozaqtanii waj-alnii mahbuuban fii quluubi 'ibaadika wa 'aziizan fii 'uyuunihim waj'alnii wa jiihan fid-dunyaa wal-aakhiroti wa minal-muqorrobiina yaa katsiiron-nawaali yaa hasanal-fi'aali yaa qoo-iman bilaa zawaalin yaa mubdi-an bilaa mitsalin falakal-hamdu wal-minnatu wasy-syarofu 'alaa kulli haalin.

* Dikatakan bahwa doa mujarab dibawah ini dari Nabi Muhammad Saww. untuk memudahkan hafalan maksudnya supaya cepat hafal dan tidak mudah lupa, maka bacalah doa dibawah ini satu kali setiap usai sholat fardhu.  
اللهم انك تعلم سرى و علا نيتى فاقبل معذرتى و تعلم حاجتى فاعطنى لسؤالى و تعلم ما فى نفسى فاغفرلى ذنبى يا من يعلم خائنة الاعين و ما تخفى الصدور و الله يقضى بالحق و الذين يدعون من دونه لا يقضون بشىئ ان الله هو السميع البصير
Allaahumma innaka ta'lamu sirrii wa 'alaa niyyatii faqbal ma'dzirotii wa ta'lamu haajatii fa a'thinii lisu-aalii wa ta'lamu maa fii nafsii faghfirlii dzanbii yaa man ya'lamu khoo-inatal-a'yuni wa maa tukhfish-shuduuru wallaahu yaqdhii bil-haqqi walladziina yad'uuna min duunihi laa yaqdhuuna bisyai-in innallaaha huwas-samii'ul-bashiiru.
 
* Barangsiapa ingin diberikan ilmu ma'rifat kepada Allah, dipermudah dalam mempelajari ilmu agama dan cepat diberi kepemahaman dalam berbagai masalah maka bacalah :  
يا عليم
YAA 'ALIIMU (Yang Maha Mengetahui segalanya) 
sebanyak seratus (100) kali setiap usai sholat lima waktu secara istiqomah, Insya Allah, Allah pasti mengabulkan apa yang kita hajatkan. 
 
* Barangsiapa menghendaki agar dapat meningkatkan pemahamannya terhadap berbagai pelajaran, maka bacalah selalu Asma Allah :  
البديع 
AL-BADII'U (Yang Maha Mencipta) sebanyak delapanpuluh enam (86) kali setiap usai shalat fardhu. 
 
* Barangsiapa ingin dikaruniai ilmu laduni, maka hendaknya selalu membaca Asma Allah : 
النور البديع 
AN-NUURUL-BADII'U sebanyak tigaratus empatpuluh dua (342) kali setiap usai shalat fardhu, insya Allah dalam waktu yang relatif yang tidak terlalu lama akan dikaruniai ilmu laduni oleh Allah Ta'ala sehingga mampu menguasai berbagai ilmu yang sedang dipelajari atau belum dipelajari sama sekali.
 
* Apabila ingin mendapat ilmu pengetahuan yang dalam, maka hendaklah selalu membaca Asma Allah : 
الحكيم
AL-HAKIIMU (Yang Maha Bijaksana) maka insya Allah dikaruniai Allah Ta'ala ilmu yang tinggi dan sulit dicari/dipelajari.
 
* Barangsiapa ingin mendapatkan ilmu laduni maka membiasakan setiap harinya untuk membaca : 
يا علام الغيوب
YAA 'ALLAAMAL-GHUYUUB (Yang Maha Mengetahui sesuatu yang ghaib) sebanyak-banyaknya, maka insya Allah, Allah akan memberikan ilmu laduni bagi yang mau mengamalkanya dengan istiqomah. 
 
* Bila ingin mendapatkan ilmu laduni selain dengan sering belajar maka setiap usai sholat lima waktu bacalah :  
Bimu'jizati Sayyidinaa Khadhir 'alahis-salaam, alfatihah (baca Al-Fatihah 1 kali)  
Wabibarokati Sayyidinaa Khadhir 'alaihis-salaam, alfatihah (baca Al-Fatihah 1 kali)  
Wa ilaa ruuhi Nabi Khadhir 'alaihis-salaam, alfatihah (baca Al-Fatihah 1 kali) 
 
* Doa ini dibaca sesudah belajar atau sesudah selesai dari majelis ta'lim/ilmu maka insya Allah, Allah jauhkan dari lupa terhadap pelajaran atau ilmu yang didapat dari majelis ta'lim tersebut :  
اللهم انى استودعك ما علمتنيه فاردده الى عند حاجتى اليه و لا تنسنيه يا رب العالمين
Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaihi wa laa tansaniihi yaa robbal-'aalamiina. 
 
Artinya : Ya Allah sesungguhnya saya menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang Engkau ajarkan kepada saya dan kembalikanlah kepada saya sewaktu saya butuhkan kembali dan janganlah Engkau lupakan saya kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam.  
Allahu a’lam bishawab..


Amalan Penguat Ingatan

Seorang Ulama besar, Al-Imam Al-'Allamah Al-Quthb Al-Arifbillah, Salah seorang keturunan Rasulullah saw yang senantiasa mengikuti jejak leluhurnya, Sayyid Ali bin Muhammad Al-Habsyi (Mu'allif Simtud Durrar) telah berkata :

"Surat Al-A'la mengandung rahasia besar dan serba mencakup. Setiap orang yang mengeluh kepadaku tentang kelemahan daya ingat, maka aku akan menganjurkan kepadanya untuk membaca surat ini, dan ketika sampai pada ayat :

"Sanuq-ri-uka falaa tansaa"
"Kami akan membacakan kepadamu (Rasulullah) maka kamu tidak akan lupa" (QS. Al-A'la, 87;6)

Hendaknya ia mengulang ayat itu paling sedikit 7 kali, lalu menyelesaikan surat tersebut"

مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه

(Manaqib Habib Ali bin muhammad Al-Habsyi, Mu'allif Simtud Durrar)
 

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Amalan untuk di Mudahkan dalam menghafal, Mendapatkan Kecerdasan, Diberikan Kefahaman, Ilham dan Ilmu laduni"

  1. Bismillah QOBILTU, Jazakumullahu khair...

    ReplyDelete
  2. Bismillahirrohmanirrohiem...QOBILTU Jazakumullohu khair

    ReplyDelete
  3. Bismillahirrohmaanirrohiim..Qobiltu ijazatak

    ReplyDelete
  4. Bismillah, semoga dengan ilmu di atas bisa menyelesaikan target saya untuk bisa hafal Juz Amma dengan benar

    ReplyDelete
  5. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Online

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Buktikan Cintamu dengan Menikah

    ReplyDelete
  6. Qobilna Ijazah

    ReplyDelete
  7. Bismillah qobiltu Al ijazah

    ReplyDelete
  8. Terima kasih untuk ijazahnya ,Kumpulan Tausiyah Habib Umar bin hafidz, Kisah para alim ulama, Fiqih, Informasi pesantren, Ijazah, Wirid dll.. disini tempatnya : Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jama'ah

    ReplyDelete
  9. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Promo Deposit RATE TERBESAR!
    Via Pulsa Tanpa Potongan Setiap Deposit
    Deposit Pulsa TELKOMSEL - XL - AXIS Tanpa Potongan
    ♣Bandar Judi Online Deposit Pulsa TELKOMSEL XL AXIS TANPA POTONGAN♣
    Spesial Event Daftar Zeusbola Deposit Pulsa Tanpa Potongan Rate :
    Syarat & Ketentuan Berlaku :
    • Minimal Deposit Pulsa Zeusbola Rp.10.000,- ( Minimal Deposit Pulsa Tanpa Potongan Yang Berlaku Sebesar : Rp.100.000,- )
    • Untuk mendapatkan Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Wajib Komfirmasi kepada Layanan Customer Service Zeusbola, Bisa Melalui : Livechat ataupun Whatsapp Resmi Zeusbola terlebih dahulu.
    • Setiap member yang mengikuti Event Deposit Pakai Pulsa Tanpa Potongan, Beberapa Bonus Promo Zeusbola Tidak Berlaku Seperti ( Bonus Harian , Bonus New Member )
    • Penarikan Dana dapat dilakukan apabila telah mencapai 3x TO (TurnOver) Dari Jumlah Nilai Deposit.
    Noted : Apabila tidak mencapai syarat & ketentuan penarikan dana, maka akan dikenakan potongan sebesar 40% Dari Jumlah DP.
    ☻ Ilustrasi : DP 100rb ( Tidak mencapai TO ) - Maka Potongan Sebesar ( Deposit = 100rb - 40% ) = Potongan Sebesar Rp.40.000,-
    • Maksimal Claim Promo Deposit Tanpa Potongan Yang Berlaku Per Userid / Akun Hanya Rp.1.000.000/Hari
    • Deposit Pulsa Tanpa Mengikuti Promo Tanpa Potongan Ataupun Telah Mencapai Maksimal Yang Berlaku, akan dikenakan biaya potongan sesuai rate yang berlaku :
    – Provider XL / AXIS ( Rate 85 Atau Potongan Sebesar 15% )
    – Provider TELKOMSEL ( Rate 80 Atau Potongan Sebesar 20% )
    • Promo dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
    • Seluruh keputusan yang diambil oleh pihak zeusbola bersifat multak.
    Nikmati Layanan Transaski Lainnya Dari Zeusbola Seperti Deposit Via Pulsa Xl, Axis, Telkomsel, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, Jenius BTPN & Seluruh Bank Lokal Indonesia.
    Segera hubungi kami di WHATSAPP (+62822 7710 4607)

    #agenresmi #agenterpercaya #live24jam #fasrespon #newmember #bigbonus #jackpot #turnover #situsjudionlineterbaik #notiputipu #bonusspesial #bonusreward #bandarjudi #promoterbaruzeusbola #depositpulsa


    ReplyDelete

Silahkan komentar yg positip