Silsilah Thariqah Saadah Bani Alawi
Bermula
silsilah manhaj ilmu dan amal madrasah Bani Alawi di Hadramaut pada
masa al-Imam al-Ustadz al-A’zhom al-Faqih al-Muqaddam, masa ini dikenal
dengan silsilah vertikal dan silsilah puncak.
Pendiri
pertama madrasah bani Alawi yang hanya padanya manhaj Saadah Bani Alawi
melekat sebagaimana telah disebutkan ialah al-Imam al-Muhajir yang pada
saat itu beliau hidup di zaman yang penuh fitnah, beliau pula yang
pertama kali menumbuhkan dasar-dasar manhaj tersebut. Setelah beliau
wafat, manhaj beliau diteruskan oleh anaknya Ubaidillah yang hidup di
zaman ayahnya dengan menyaksikan berbagai cara beramal dan da’wah,
beliau juga merupakan orang pertama yang mengambil ijazah ilmu ushul
ahlu sunnah wal jamaah di Mekkah dan Madinah. Beliau pergi ke Mekkah
diutus oleh ayahnya, dimana hal tersebut merupakan saksi yang agung akan
kecintaan al-Imam al-Muhajir terhadap usaha mengembangkan wawasan
dengan mengambil pemikiran-pemikiran baru yang tercermin dalam cara
berpikir anak-anak dan cucunya sebelum manusia yang lain. Ubaidillah bin
Ahmad tidak saja cukup mempelajari ilmu usul dan hadits di Makkah
al-Mukarromah, bahkan beliau mempelajari ilmu tasawuf dan ilmu akhlaq
kenabian kepada guru besar ahlu sunnah a-Imam al-Allamah al-Syekh Abu
Thalib al-Makki yang wafat pada tahun 386 hijriyah, kepada gurunya
beliau membaca kitab Quut al-Qulub[1],
sebagaimana mempelajari ilmu fiqih beliau selalu diijazahkan dari
setiap periwayatan dan sanad. Dari sinilah menyambung sanad keluarga Abi
Alawi dan madrasah mereka kepada sanad ahlu sunnah.
Untuk
masalah ini para ahli sejarah menjelaskannya dalam biografi Ubaidillah
bin Ahmad, diantaranya : Ubaidillah bin Ahmad, beliau orang yang pertama
kali membawa ajaran tasawuf di Hadramaut, beliau kembali ke Hadramaut
pada zaman ayahnya masih hidup. Beliau telah meletakkan tasawuf dalam
mimbar ilmu dan da’wah sebagaimana hal tersebut telah dilakukan oleh
al-Imam al-Muhajir, sehingga para ulama, ahli syair pada zamannya memuji
akan keutamaan ilmu dan kemuliaan serta kedermawanannya, beliau telah
berakhlaq seperti akhlaq kakeknya Rasulullah saw.
Dan
ketika ayahnya wafat di Husaisah pada tahun 345 hijriyah kekhilafahan
ilmu dan da’wah kembali kepadanya, dan masyarakat sangat mengharapkannya
di berbagai tempat,
dan
ini menunjukkan bahwa beliau banyak berda’wah ke pelosok daerah, maka
berangkatlah beliau ke desa Sumal dan menghadiahkan semua tanah dan apa
yang dimilikinya semua kepada maulanya Ja’far bin Makhdam sebagaimana
hal tersebut telah dilakukan oleh ayahnya[2].
Di Sumal dan di Bait Jubair beliau mengusahakan sumber kehidupan
untuknya dan untuk para pengikutnya dengan membeli sebidang tanah
pertanian dan perkebunan kurma.
Al-Imam Ubaidillah bin Ahmad[3]
telah mendirikan kaidah-kaidah ilmu, syariah dan da’wah kejalan Allah
swt berdasarkan manhaj berpikir yang telah diterima bulat oleh para
ulama ahlu sunnah di Hadramaut, dimana saat itu terdapat ulama dari
keluarga Abi Fadhol dan dari keluarga al-Khatib di negeri Tarim,
sebagaimana sama halnya dengan kaum Khawarij dan beberapa ulama mereka
yang mengambil hujjah serta keterangan-keterangan dari uslub yang
diajarkan oleh ayahnya dengan cara akhlaq yang mulia tanpa mendahulukan
rasa fanatik dan hawa nafsu, sehingga keadaan Hadramaut berubah menjadi
negeri ahlu sunnah dikarenakan beliau, begitu pula pada zaman ayahnya.
[1] Sayid Alwi bin Thahhir al-Haddad membahas secara luas tentang masalah ini dalam kitabnya Itsmid al-Bashoir Fi Madzhab al-Imam al-Muhajir.
[2]
Al-Muhajir membeli perkebunan kurma ketika beliau tiba di Hajrain
Hadramaut, kemudian berpindah lagi ke daerah Bani Jusaib sebelum
akhirnya beliau menentap di Husaisah. Beliau menghadiahkan semua harta
dan perkebunannya kepada maulanya Suwaih yang termasuk maula yang
terdahulu ikut serta hijrah dari Iraq.
[3]
Beliau lahir di Basrah, namanya Abdullah. Dinamakan Ubaidillah karena
bentuk tasghir dari Abdullah dan beliau suka dipanggil dengan nama
tersebut. Beliau hijrah dari Iraq bersama ayahnya ke kota Madinah
kemudian ke Hadramut, bersama beliau ikut serta istri dan anaknya yang
paling besar bernama Basri yang mengikuti jejak ayahnya dalam
menyebarluaskan ilmu dan berda’wah ke jalan Allah swt. Imam Ubaidillah
pernah pergi ke Hijaz untuk menuntut ilmu kepada ulama yang berada di
sana, beliau membaca kitab Quut al-Qulub kepada pengarangnya
Syaikh Abi Thalib al-Makki. Kemudian beliau kembali ke Hadramaut ketika
ayahnya masih hidup dan ayahnya memberikan izin kepada beliau untuk
menyebarkan ilmu yang bermanfaat kepada manusia hingga ayahnya wafat
pada tahun 345 hijriyah. Maka kepemimpinan ayahnya berpindah kepadanya.
Beliau membeli tanah yang luas di Sumal dan Bait Jubair untuk
membantunya membiayai kegiatan dalam penyebaran ilmu dan infaq ke jalan
Allah swt. Beliau selalu menanamkan kepada anak-anaknya dengan pelajaran
atas dasar manhaj ahlu sunnah. Beliau wafat setelah kaidah-kaidah yang
dipelopori oleh ayahnya telah tumbuh subur. Beliau wafat di Sumal tahun
383 hijriyah. Di lain riwayat beliau dikuburkan di daerah Najdi dekat
dengan kota Boor.
abdkadiralhamid@2012
abdkadiralhamid@2012
0 Response to " Silsilah Thariqah Saadah Bani Alawi"
Post a Comment
Silahkan komentar yg positip