//

Buruknya Kemarahan



Allah Swt. berfirman: “Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka. (yaitu) kesombongan jahiliyah, lulu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang mukmin [QS Al-Fath ( 4 ): 26]
Melalui ayat ini Allah mencela orang-orang kafir karena mereka menampakkan kesombongan yang bersumber dari penggunaan amarah yang tidak pada tempatnya, Melalui ayat ini pula, Allah memuji orang-orang mukmin atas ketenangan yang diberikan-Nya kepada mereka.

Diriwayatkan dan Abu Hurairah bahwa seorang lelaki berkata, “Wahai Rasulullah. Perintahkan aku pada suatu amalan, tetapi sedikit saja,” Rasulullah pun bersabda. “Jangan marah.” Lelaki itu lalu mengulangi permintaannya tetapi Rasulullah tetap mengatakan, “Jangan marah!’

Diriwayatkan dan Ibnu Umar, ia berkata. ‘Aku pernah berkata kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam, ‘Katakan satu ucapan kepadaku. tetapi sedikit saja. Siapa tahu aku bisa memahamLnya.’ Lalu Rasulullah bersabda. ‘Jangan marah! Aku lantas mengulangi permintaanku dua kali lagi. tetapi beliau memberiku jawaban yang sama, ‘Jangan marah,’


Diriwayatkan dan Ibnu Amru bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam, “Apa yang bisa menyelamatkan aku dari murka Allah?” Rasulullah menjawab. “Jangan marah.”

Ibnu Mas’ud menuturkan, “Nabi Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam pernah bertanya; “Siapakah petarung tangguh menurut kalian?’ Kami meniawab, Orang yang tak terkalahkan oleh banyak orang.’ Nabi lantas menjelaskan, ‘Bukan dia. Tetapi orang yang sanggup menguasai diri ketika sedang marah.”

Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam juga pernah bersabda, “Orang kuat bukunlah orang yang tak terkalahkan dalam perkelahian. Orang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan diri saat sedang marah.”

Beliau Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa salam juga bersabda, ‘Barang siapa menahan amarahnya, Allah menutup aibnya”

Nabi Sulaiman bin Dawud as. mengatakan. “Wahai Anakku jauhi olehmu sering marah karena itu bisa menipiskan hati seseorang yang penyabar.”

Hasan Al-Bashri mengatakan. “Wahai anak Adam setiap kali engkau marah. engkau melompat. Dikhawatirkan saat engkau melompat tinggi, engkau jatuh ke neraka” Diriwayatkan dari Zulkarnaen, “jangan marah karena setan lebih bisa menguasai anak Adam saat ia sedang marah. Maka, tolaklah kemarahan dengan menahannya, dan padamkan ia dengan kelembutan” Ja’far bin Muhammad mengatakan; “Kemarahan adalah kunci segala keburukan” Sebagian orang Anshar menyatakan “Pangkal kedunguan adalah kebengisan, panglimanya adalah kemarahan, dan diam tidak menjawab pertanyaan orang dungu adalah jawaban.”

Kepada seorang bijak dikatakan. “Betapa hebat orang yang bisa menguasai dirinya’ la lantas mengatakan. Ia tidak dihinakan oleh keinginan, tidak dirongrong oleh nafsu, dan tidak dikalahkan oleh amarah.”

Diriwayatkan pula bahwa, “Kemarahan bisa merusak keimanan, sebagaimana kesabaran bisa merusak madu.”

Ibnu Mas’ud r.a, mengatakan. “Ketahui kesabaran seseorang saat ia marah. Ketahui pula keamanahan seseorang saat ia membutuhkan. Bagaimana engkau bisa tahu kesabarannya jika ia tidak pernah marah? Bagaimana engkau bisa tahu keamanahannya jika ia tidak pernah membutuhkan.” Ali bin Zaid menceritakan; “Seorang lelaki Quraisy berbicara kasar kepada Umar bin Abdul Aziz. Lalu Umar diam cukup lama Kemudian Umar mengatakan, Engkau ingin setan mengobarkan amarahku dengan (merusak) kehormatanku sebagai sultan. Hari ini aku mendapatkan darimu sesuatu yang akan engkau dapatkan dariku besok.”

Apabila berkhutbah, Umar bin Khathab r.a. mengatakan, “Beruntunglah salah seorang diantara kalian yang terjaga dari ketamakan, nafsu, dan kemarahan.”

Wahab bin Munabbih mengatakan. “Kekufuran mempunyai empat sendi. yaitu kemarahan, nafsu, kedunguan, dan ketamakan.”


Sumber: Amal Pemusnah Kebaikan Ringkasan Bab Mukhlikat Ihya ‘Ulum al-Din karya Al Habib Umar bin Hafidz

abdkadiralhamid@2017

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buruknya Kemarahan"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip