URGENSI MEMAHAMI ILMU NASAB


A. APA URGENSI MEMAHAMI ILMU NASAB

1. Ada hadist Nabi bahwasanya orang tidak mengakui Nasabnya sendiri adalah Kafir (Riwayat Muslim, Bukhori dan Ahmad).

Jadi tidak boleh ada orang tidak mengakui ayahnya sendiri, atau sayyid tidak mengakui dirinya sayyid. Jadi tidak ada istilah orang yang mengatakan bahwa ada di zaman belanda, sayyid menyembunyikan kesayyidannya atau dikenal sayyid mastur.

2. Begitupun juga sebaliknya jika ada orang yang mengaku-ngaku keturunan nabi dan ternyata dia bukan keturunan nabi maka dia dilaknat sebagaimana sabda nabi :

Bahwa barang siapa yg menasabkan dirinya kepada bukan nasab ayahnya, maka dia mendapat laknat Allah, Nabi, para malaikat dan seluruh umat manusia.

3. Ada janji persucian Ahlulbait dari Allah dari surat Al Ahzab ayat 33, selama Ahlulbait tersebut mengikuti perintah Allah dan Rasulnya, beriman dan bertakwa.



B. APA URGENSI MEMAHAMI NASAB

1. Ada janji persucian Ahlulbait dari Allah dari surat Al Ahzab ayat 33, selama Ahlulbait tersebut mengikuti perintah Allah dan Rasulnya, beriman dan bertakwa.

2. Ada kewajiban menghormati kepada Ahlulbait Nabi.

3. Haram membenci Ahlulbait Nabi.

4. Menjaga dirinya agar tidak menerima zakat dan sedekah sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist-hadist.

5. Menjaga Kafaah syarifahnya, meskipun banyak pandangan berbeda tentang hal ini, tetapi mayoritas ulama2 dari berbagai mazhab khususnya Hambali, Syafii dan Hanafi menganggap bagian kafaah ini sebagai kesempurnahan pernikahan bahkan dari mazhab ahmad bin hambal menganggap kafaah sebagai bagian syah pernikahan dan yang ini yg banyak digunakan oleh kaum alawiyyin. Perbedaan seperti ini mestinya dihargai dan dihormati bukan malah membenturkan perbedaan2 tersebut.

6. Ahlulbait sebagai pusaka nabi.

7. Dll, untuk lebih jelasnya nonton videonya dibawah ini : 



abdkadiralhamid@2016

Subscribe to receive free email updates: