//

Pesan Habib Zain Bin Sumaith Untuk Kesempurnaan Iman


Berikut kami hadirkan sebuah nasehat penting dari Al Imam Asy Syafi’i Shoghier, Al Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith yang perlu kita jadikan amal perilaku keseharian kita.

Semua nasehat, wasiat, petuah, kalam hikmah dari beliau yang kami hadirkan di website Suara-NU.com memiliki sanad yang muttashil, karena kami ambil langsung dari sumbernya. Salah satu kontributor Suara-NU.com adalah murid langsung dari beliau, Al Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith. InsyaaAllah segala hal yang kami hadirkan tentang beliau, sangat orisinil, dan sesuai pemahaman shohibul kalam. Wallohu A’lam.

—————————–

Nasehat Al Faqih Al ‘Allamah Al Habib Zain nafa’anallah bihi wa bi ‘Ulumihi fid-daarain amin.

Telah diriwayatkan dari ‘Ammar bin Yasir Radhiyallahu ‘anhum sesungguhnya beliau berkata :

Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya :

1. Berinfak ketika kondisi sedang pas-pasan.

Berinfak walau hanya sedikit, walau dalam keadaan bangkrut. Hal yang demikian menunjukkan kepercayaan dan ketawakkalannya kepada Allah SWT.

2. Bersikap adil pada diri sendiri.

Maksudnya adalah memenuhi hak-hak keluarga, tetangga dan sahabat-sahabatnya, meskipun mereka tidak mememenuhi hak-haknya kepadamu. Berilah mereka hadiah meskipun mereka tidak memberimu hadiah, tanyalah tentang kabar mereka, meskipun mereka tidak bertanya tentang kabarmu, kunjungi mereka meskipun mereka tidak mengunjungimu.

3. Mengucap salam kepada setiap orang muslim.

Tebarkanlah salam kepada setiap orang Muslim, yang engkau kenali maupun yang tidak engkau kenali, terhadap orang dekat maupun terhadap orang jauh, terhadap sahabat maupun terhadap musuh.

Peliharalah wasiat ini, ajarkan kepada anak-anakmu, ini adalah mutiara dari beberapa mutiara yang engkau hadiahkan kepada keluargamu dan kepada orang yang engkau cintai. Ini adalah perhiasan dunia yang telah engkau persembahkan kepada mereka.

Wahai Dzat yang telah menganugerahi taufiq orang-orang baik untuk melakukan kebaikan, dan membantu mereka dengan kebaikan, serta menerima kebaikan dari mereka. Anugerahilah kami kebaikan, bantulah kami diatas kebaikan, serta terimalah amal baik kami…aamiin.


“Di zaman akhir ini tidak ada madzhab yang memenuhi persyaratan kecuali madzhab yang empat (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali). Adapun madzhab yang lain seperti madzhab Syi’ah Imamiyyah dan Syi’ah Zaidiyyah adalah ahli bid’ah. Sehingga pendapat-pendapatnya tidak boleh diikuti”
(Muqaddimah Qanun Asasi li Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’, halaman 9).

Sumber : 
website Suara-NU.com


abdkadiralhamid@2015

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesan Habib Zain Bin Sumaith Untuk Kesempurnaan Iman"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip