//

MANAGIB (BIOGRAFI) SAYYIDINA AL-IMAM AL-QUTB AL-GHAUTS AS-SYĔKH “ABDURRAHMAN AS-SEGAFF R.A”


oleh:"Habibal Qulub" Al-Habib Muhammad Rafiq bin Luqman Al-kaff.


هومن أكبر الاكابر المشائخ العارفين

وصدور الأجلاءالمقدمين وخلاصة الأصفياء المحبوبين

صاحب الأحوال الفائقة والمقامات الرائقة والكرامات الخارقة والأنفاس الصادقةوالهمم العالية والبركات التامية والفتح العلي والكشف الجلى والمحاسن الجميلة والمواهب الجليلة والقدم الراسخ في التمكين المحمود والباع الطويل النافذ فى الوجود واليد البيضاء فى السيف إلى اعلى معارج الوصل والمشرب الأهنى من كؤس مدام الوصل مطلعالشموس الأقمار ومنبعا لعيون الأسرار وسارت بذكرفضائله الركبان فى الأفاق وانعقد على إجلاله الإجماع والإتفاق عمرالله القلوب والوجود ببركاته واتاحت ركائب االطالبين لنيل هباته وسلبت قلوب العارفين ببديع صفاته فهو قطب الوجود حقاومرشد اهل الطريقين إلى الحق صدقا فطيب نشره فى الوجود فائح وغير ذلك مما يقصر عنه مدح كل مادح


I. TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR SAYYIDINA AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA.

Beliau masyhur dengan sebutan As-Segaff. Beliau merupakan salah satu pemuka sadah Ba`alawi Qutb Al-Aulia yang lahir pada tahun 739 H di Tarim, Hadhramaut.


II. GURU-GURU SAYYIDINA AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA.

As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff banyak mempelajari kitab Syari’ah dan hakekat, sehingga diriwayatkan bahwa beliau telah menguasai sekaligus hafal di luar kepala, lebih kurang 50 jilid buku dalam ilmu Syariah, itu pun belum termasuk tasawuf, tauhid dan prinsip ilmu yang lain.

As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra selama masa belajarnya telah dibina oleh tokoh-tokoh terkemuka di zamannya, beberapa di antara guru-guru beliau adalah :

1. Al-‘Alim Al-Allamah Muhammad bin Alwi bin Ahmad bin Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra.

Melalui guru beliau ini, As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempelajari kitab karya Al-Imamain Al-Azimain Bil Maqomil ‘Ali Muhammad Al-Ghazali dan Imam Mazhab Bil It-Tifaq As-Syĕkh Abu Ishak, serta kitab Al-Wajiz dan Al-Muhazib serta kitab karya Al-Imam As-Syayrodzy.

2. As-Syĕkh Ali bin Salim.

3. As-Syĕkh Al-Arib Al-Mualim Ahmad bin Muhammad Al-Khatib. Semasa kecil beliau mempelajari dan menghafal Al-Qur`an Al-Karim kepada guru beliau ini.

4. Al-Imam Ali bin Sa`id Basulaib.

5. Al-Imam Abu Bakar bin Isa Bayazid, yang tinggal di Wadi Amad.

6. As-Syĕkh Al-Imam Umar bin Sa`id Bajabir.

7. Al-Arif Billah Ta`ala Mazahim bin Ahmad Bajabir Shohib Barum.

8. Al-Imam Al-Wali Abdullah bin Thohir Ad-Du`ani.

9. Al-Imam Al-Faqih Muhammad bin Sa`ad Basyakil Shohib Al-Fiil. Melalui guru beliau ini, As-Syĕkh Abdurrahman mempelajari kitab Al-Ihya, Ar-Risalah dan Al-Ma`arif serta Al-Awarif.

10. Al-Imam As-Syĕkh Al-Islam Muhammad bin Abu Bakar Ba Ibad.

11. As-Syĕkh Al-Qodhi Muhammad bin Sa`id Kabn.


Beliau tinggal di kota ‘Adn. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendalami ilmu Nahwu dan Shorof juga ilmu bahasa yang lain seperti Mantiq dan lain-lain kepada guru beliau ini.


III. MURID-MURID SAYYIDINA AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA

Banyak di antara murid-murid beliau di kemudian hari menjadi ulama yang termasyhur, termasuk di dalamnya adalah anak-anak dan keponakan beliau serta anak dari guru beliau sendiri. Beberapa di antaranya adalah:

1. Al-Imam Al-Qutb Al-Ghauts As-Syĕkh Al-Kabir AbuBakar bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Al-Masyhur bis “Sakran” dan saudaranya.

2. Al-Imam Al-Qutb Al-Ghauts As-Syĕkh Al-Kabir Umar bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Al-Masyhur bil “Mahdhor”.

3. Al-Arif Billah Abu Bakar bin Alwi As-Syaibaih, dan saudaranya.

4. Al-Imam Asy-Syahir Muhammad bin Alwi.

5. Al-Arif Billah Muhammad bin Hasan Asy-Syahir Bi Jamalullail.

6. Al-Imam Al-Kabir Muhammad Shohib Aidid bin Ali.

7. Al-Arif Billah Ahmad bin Umar Shohib Al-Mushof .

8. An-Nur Al-Muta`ajjat Al-Imam Sa`ad bin Ali Madhaq.

9. As-Syĕkh Muhammad bin Abdurrahman bin As-Syĕkh Muhammad bin Abdurrahman bin Al-Imam As-Syeikh Ali bin Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohibul Wa’al Al-Khotib Al-Anshory, dan anak beliau, penulis kitab “Al-Jauhar As-Syafaf” yaitu :

10. As-Syĕkh Abdurrahman bin Muhammad Al-Khotib.

11. As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib.

12. Syĕkh Ali bin Muhammad Al-Khotib.

13. Syĕkh Syu`aib bin Abdullah Al-Khotib.

14. As-Syĕkh Ahmad bin Abu Bakar Baharmy.

15. As-Syĕkh Abdullah bin Al-Faqih Ibrahim Baharmy.

16. As-Syĕkh Abdullah bin Ahmad Al-‘Amudi.

17. As-Syĕkh Ali bin Ahmad bin Ali bin Muslim.

18. As-Syĕkh Abdullah bin Muhammad Basyarahil Al-Mualim.

19. Al-Faqih Muhammad bin Muafi.

20. Al-Wali At-Taqy Abdullah bin Nafi Bamundzir.

21. Al-Wali Isa bin Umar bin Bahlul.

22. Al-Imam Ahmad bin Ali Al-Habbani.

23. Al-Faqih Sa`ad bin Abdullah Ba Untar.

24. As-Syĕkh Muhammad bin Sa`id Al-Maghribi.

25. As-Sholeh Muhammad bin Ahmad Al-Umari.


Selain itu masih banyak lagi murid-murid Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra yang telah menjadi ulama, fuqaha dan wali terkemuka yang telah memberikan manfaat bagi umat di zamannya, mereka adalah mata air yang terbit dari sumber mata air utama yaitu Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra.


IV. ANAK-ANAK SAYYIDINA AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF.

Beliau mempunyai delapan orang anak laki-laki dan enam orang anak perempuan, yang merupakan anak-anak yang soleh dan solehah. Setiap anak laki-laki beliau membaca tahlil sebanyak 70.000 kali dan anak perempuan beliau membaca tahlil sebanyak 35.000 kali, yang pahalanya dihadiahkan kepada Imam As-Segaff. Beliau selalu menginfaqkan harta beliau bagi anak-anaknya untuk mereka gunakan di jalan Allah SWT. Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendirikan 10 buah masjid dan anak-anak beliau mendirikan 3 masjid. Selain itu beliau juga memberikan wakaf bagi setiap masjid. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra juga mempunyai banyak kebun kurma di Tarim dan di kota Al-Masfalah dan beliau mem-bacakan surat Yasin bagi setiap pohon kurmanya.

Anak beliau yang perempuan adalah :

1. As-sayyidah Asy-Syarifah Maryam. Saudari sekandung dari As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran, ibu dari Abu Bakar Al-Jufri bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam.

2. As-sayyidah Asy-Syarifah Fatimah. Saudari sekandung dari Syeikh, ibu dari Muhammad bin Ahmad bin Hasan Al-Wara`.

3. As-Sayyidah Asy-Syarifah Bahiyah. Saudari kandung dari Hasan bin Abdurrahman As-Segaff.

4. As-sayyidah Asy-Syarifah Asma`. Saudari kandung dari Husein bin Abdurrahman As-Segaff.

5. As-sayyidah Asy-Syarifah Aisyah. Ibu dari Abdurrahman Kheilah bin Abdullah bin Alwi Maula Ad-Dawiylayh, ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) berasal dari Bani Haritsah.

6. As-sayyidah Asy-Syarifah Alwiyah As-Saumul Kubro. Ibu dari Maryam binti Umar Syanah, saudara dari Abu Bakar Al-Jufri. Ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) berasal dari ‘Inat.

7. As-sayyidah Asy-Syarifah Alwiyah Al-Qarah As-Sughro. As-Syarifah ‘Alwiyah adalah isteri Muhammad Ar-Rakhilaih bin Umar bin Ali Ba’Umar. Ibunda beliau (isteri As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) dari Ãl Hamiysi’ As-Syanhajy.


Adapun anak-anak beliau yang laki-laki adalah :

1. Ay-Syĕkh Ahmad. Wafat di Tarim tahun 829 H.

2. As-Syĕkh Muhammad. Wafat di Tarim tahun 820 H.

3. As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran. Wafat di Tarim tahun 821 H.

4. As-Syĕkh Umar Al-Mahdhor. Wafat di Tarim tahun 833 H.

5. As-Sayyid Ali. Wafat tahun 840 H.
Ibunda beliau adalah seorang wanita sholeh dari kabilah arab Al-Basyiban yang berasal dari Seiwun.

6. As-Sayyid Alwi. Wafat di Tarim pada tahun 826 H.

7. As-Sayyid Abdullah. Wafat di Tarim tahun 857 H.

8. As-Syĕkh Syeikh. Wafat di Tarim tahun 837 H.
Ibunda mereka (Alwi, Abdullah dan Syeikh) ini bernama Fatimah Aisyah bin Yahya Qatiyn.

9. As-Sayyid Aqil. Wafat di Tarim tahun 871 H.

10. As-Sayyid Ja`far. Wafat tahun 829 H.

11. As-Sayyid Ad-Dza iq Hasan. Wafat tahun 830 H.
Ibunda mereka bernama Maryam binti Salim Al-Hudailiyah. Berasal dari daerah Asy-Syanahizah.

12. As-Sayyid Ibrahim. Wafat di Tarim tahun 875 H.
Ibunda beliau bernama Uwaisyah binti Ali Balhaj.

13. As-Sayyid Husein. Wafat di Tarim tahun 892 H.
Ibunda beliau bernama Asma` Fulana binti Ba Ubayd



V. KEAGUNGAN DAN KEMULIAAN SAYYIDINA AS-SYĔKH ABDURRAHMAN AS-SEGAFF RA.


Maqam beliau

Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra adalah seorang wali yang bermaqam Qutb Al-Ghauts, satu derajat kewalian tertinggi. Beberapa riwayat yang berkaitan dengan masalah maqam ini akan kami kemukakan sebagian.

As-Syĕkh Al-Jalil Al-‘Arif Muhammad bin Hasan Al-Mu’allim Ra berkata :

“Telah datang kepadaku suatu sosok ghaib yang berkata, ’As-Syĕkh Abdurrahman adalah seorang Wali Qutb’.Aku pun lalu berta’awwuz karena aku khawatir hal ini berasal dari syaithan, kemudian aku terdiam sesaat, setelah itu ia mendatangi diriku lagi dan berkata seperti tadi, lalu aku membaca ta’awwuz lagi, dan pada waktu ketiga kalinya ia mendatangi diriku kembali, ia berkata; ”Apakah engkau tidak mau membenarkan perkataanku bahwa As-Syĕkh Abdurrahman adalah seorang Qutb?”


Riwayat yang lain berasal dari anak beliau sendiri yaitu; As-Syĕkh Al-Wali Badruddin Hasan bin As-Syĕkh Abdurrahman R.Anhuma, beliau berkata :

“Sekali waktu aku duduk berdua bersama ayahku di Masjid beliau pada tahun 814 H, beliau berbicara panjang lebar kepadaku dan di tengah perbincangannya, ayahandaku berkata kepadaku beliau telah memakai Qamiys Qutb selama dua puluh dua tahun dan selama itu beliau tidak pernah makan kecuali minum air dingin.”

Banyak diambil dari kesaksian para Wali bahwa Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff telah mencapai martabat Quthbiyyah. Dan telah menjadi ijma` sari seluruh wali, bahwasanya seluruh wali di masa itu berada di bawah panji beliau tanpa terkecuali.

Salah seorang saudara Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra bercerita :

“Sungguh telah terjadi perselisihan antara diriku dan saudaraku, Abdurrahman As-Segaff. Sebenarnya perselisihan ini awalnya bermula hanya pada masalah harga dagangan kurma, hingga kemudian menimbulkan pemikiran pada diriku mengapa saudaraku itu bisa lebih tinggi derajatnya dari pada diriku? Aku berpuasa seperti dia berpuasa. Sholatnya pun sama dengan sholatku dan ayahanda kami juga satu. Selain itu tamuku juga lebih banyak dari tamunya. Akhirnya pada satu malam aku bermimpi, aku melihat suatu sosok yang bercahaya dan berkata kepadaku: “Apakah engkau berpikir derajatmu sama dengan saudaramu Abdurrahman?” aku pun menjawab, “Benar” kemudian cahaya tersebut berkata kepadaku, “Jalanlah bersamaku.”


‘Maka ia membawaku kepada saudaraku Abdurrahman. Dalam mimpiku itu aku mendapati seluruh tubuhnya diselimuti oleh cahaya, dan di setiap sendi tubuhnya tertulis dengan cahaya, surah Al-Ikhlas dan kalimat tauhid: Laa Ilaaha Illallah Muhammadar Rasulullah. Kemudian sosok bercahaya tersebut berkata kepadaku, “Jika engkau telah mencapai derajat seperti ini maka bolehlah engkau mengatakan dirimu lebih ataupun sama dengan saudaramu Abdurrahman.” Maka semenjak itu aku pun memandang saudaraku Abdurrahman lebih tinggi derajatnya daripada diriku.’”

Para Wali Al-‘Arifin dan para ulama Al-Muhaqiqin menjuluki beliau dengan As-Segaff. Untuk menutupi keagungan hal beliau atas ahli zaman di kala itu sebagai kata isyarat yang makna seutuhnya hanya dimengerti oleh kaum Khawas dikarenakan beliau sendiri sangatlah membenci kemasyhuran. Dengan segala kemuliaan yang telah Allah berikan kepada beliau, telah membuat dirinya tersohor kesegala penjuru negeri. As-Segaff yang dalam arti lughoh adalah bermakna “di atas” adalah mengandung pengertian kedudukan beliau adalah “di atas” seluruh para wali pada zaman itu secara keseluruhan tanpa terkecuali. Hal ini menyatakan bahwa maqom beliau adalah Qutb Al-Ghauts. Dan lazimnya setiap wali yang bermaqom seperti itu dalam perumpamaannya adalah bagaikan atap rumah yang menaungi para penghuni rumah, dalam hal ini rumah yang dimaksud adalah “wilayah” dan konteks yang dimaksud adalah apa yang disebut oleh kaum Sufi dengan “Tashrif Dairatul wilayah.” Atau semacam kedudukan rantai komando tapi dalam dunia kewalian. Pernah diriwayatkan oleh beberapa murid dari Al-Imam As-Segaff, sekali waktu para Wali di suatu daerah menyerahkan “tashrif wilayah” mereka kepada beliau, dengan membaiat beliau sebagai pemimpin mereka, kejadian ini mengisyaratkan bahwa para wali tadi menyerahkan kepemimpinan kewalian mereka kepada Al-Imam As-Segaff, dalam seluruh perkara kewalian pada saat seperti ini Al-Imam As-Segaff berlaku sebagai Ghust Al-Wali bagi mereka, kedudukan tinggi yang tidak bisa dianggap main-main, mengingat “Ghaust” lazimnya berlaku bagi kaum Awam, bisa dibayangkan bagaimana Ghaust bagi para Wali?.

Muhammad bin Hasan bin Abu Bakar berkata, “Ketika aku sedang tidur, aku mendengar suara dalam mimpiku yang berkata,


اَلْجَوَاهِر مُحَمَّد بْن عَلِى وَوَلَدِهِ عَلْوِى وَوَلَدِهِ عَلِى وَوَلَدِهِ

مُحَمَّد فَقُلْتُ :وَعَبْدُ الرَّحْمَن اَلسَّقَافْ؟ فَقَالَ:جَوْهَرَةُ الْجَوَاهِرْ


Permata-permata adalah Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali dan anak beliau Sayyidina Alwi Al-Ghuyur dan anak beliau Ali dan anak beliau Muhammad bin Ali Maula Ad-Dawiylaih. Kemudian aku bertanya, ‘Lalu bagaimana dengan Abdurrahman As-Segaff’ dan suara itu menjawab, ‘Ia adalah permata dari segala permata.’”


Mu’amalah, Riyadhoh, serta Mujahadah beliau


Mu’amalah, Riyadhah, serta Mujahadah beliau sangatlah luar biasa. Beliau beribadat mengikuti jejak kakeknya, Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra, yang beribadat dan beruzlah di lembah An-Nu`air pada sepertiga malam. Setiap malam beliau membaca Al-Qur`an hingga dua kali khatam dan begitu juga di siang harinya, hingga kemudian meningkat menjadi empat kali khatam di waktu malam dan empat kali khatam di waktu siang di dalam sholat.

Beliau mengkhatamkan Al-Quran dengan cara yang luar biasa. Biasanya setelah beliau selesai menunaikan sholat Subuh beliau duduk dan mengkhatamkan Al-Quran sebanyak dua kali dan itu dilakukan dengan jeda waktu antara selesai sholat Subuh sampai masuk waktu Dhuha, kemudian siang harinya setelah sholat Dzuhur beliau melakukan sholat sunnah dua raka’at dan membaca Al-Quran dengan satu kali khatam di setiap raka’at. Sedangkan di waktu malam beliau mengkhatamkan Al-Quran sebanyak empat kali khatam dalam sholat sunnah dengan satu kali khatam disetiap raka’at.

Mengenai hal itu As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khatib, seorang murid beliau, berkata : “Aku pernah mendengar As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata :

“Aku membaca Al-Quran setiap hari sebanyak delapan kali khatam, empat kali di waktu malam dan empat kali di waktu siang.”

Menurut riwayat, selama 30 tahun beliau hampir tidak pernah tidur siang dan malam, dan mengenai hal ini beliau berkata:

“Bagaimanakah aku bisa tidur bilamana aku menoleh ke sisi kanan aku melihat surga, dan bila berbalik ke sebelah kiri aku melihat neraka.”

Selain itu beliau pernah berziarah ke makam Nabi Allah Hud As dan tinggal di sana selama 1 bulan dengan hanya memakan beberapa suapan makanan saja dan meminum sedikit air. Dan selama masa hidupnya, Mu’amalah beliau ini tidaklah berkurang sedikit pun juga. Setiap malam beliau melakukan sholat malam pada setiap masjid di kota Tarim. Mengenai amal beliau ini Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mengata-kan :

“Sesungguhnya aku tidak pernah menghitung amal perbuatan yang zhohir.”

Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempunyai kekhusyu’an yang tinggi dalam mengerjakan ibadah. Bila beliau sedang mendirikan sholat, banyak orang-orang yang mengira beliau adalah patung atau tiang masjid karena lamanya beliau berdiri di dalam sholat.

Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dalam hidupnya selalu membaktikan diri kepada Allah SWT di dalam membimbing manusia ke jalan Allah. Beliau mengajarkan ilmu dan ma`rifat yang tidak bisa dilukiskan keagungannya. Para penuntut ilmu datang kepadanya dari pelosok barat maupun timur, dengan jalan darat maupun jalan laut. Beliau memberikan manfaat ke segenap makhluk Allah SWT, memberikan wejangan-wejangan yang agung dalam ilmu hakekat dan berbagai ilmu lainnya.


Majlis beliau


Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempunyai majlis yang masyhur dan selalu dihadiri para Wali dan para Rijal Al-Ghaib dari segala penjuru dunia.

Ada satu riwayat yang bercerita bahwa beliau sekali waktu pernah didatangi seorang lelaki asing di tengah Majlis beliau yang tiba-tiba berkata kepada beliau :

لمِاَتَتَكَلَّمُ عَلَى النَّاس ؟

“Kenapa engkau membuka rahasia hakekat kepada khalayak ramai?”

kemudian dijawab oleh beliau,

اَنْعِى إِلَيْكَ قُلُوْبًا طَالَ مَاهَطَلَتْ

سَحَائِبَ الْوَحْيُ فِيْهَا أَبْحُرِ الْحِكَم

Lalu bertanya murid beliau yang bernama Al-Imam Al-Wali Abu Bakar bin Alwi As-Syaibah, ”Bagaimanakah ciri laki-laki tersebut?”. Al-Imam As-Segaff lalu memberikan ciri laki-laki yang berbicara kepada beliau itu yang kemudian dijawab kembali oleh Al-Imam Abu Bakar Asy-Syaibah, “Hazihi shifatul ghozali yujizuka bitakallamu `alan naas.” (Ini adalah Al-Imam Al-Ghozali dan banyak yang telah menyaksikan bahwa yang belajar pada beliau adalah para ahli al-kasyaf yaitu para Wali Allah dan Arrijalul Ghoib.)

Al-Arif Billah Muhammad bin Ali Azzubaidi meriwayatkan: “Aku telah menyaksikan sendiri bahwa As-Syĕkh Abdul Qodir Al-Jaelani telah membaca Al-Miatain di hadapan Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Dan aku telah menyaksikan sendiri Al-Imam Al-Ghozali membaca kitabnya yang terkenal yaitu kitab Al-Ihya di depan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff.”

Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, pada awalnya kurang menyukai majlis Sima`. Kemudian karena selalu menghadiri majlis Sima` maka akhirnya beliau mencintai majlis tersebut.

Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra, bila tengah mendapatkan waridat, maka akan terlihatlah hāl beliau yang luar biasa di tengah khalayak ramai, sehingga terlihatlah dengan jelas kemuliaan beliau di sisi Allah SWT, terkadang para hadirin yang kala itu mendengarkan perkataan beliau pun, juga akan mendapatkan haibah yang agung karena mendengarkan perkataan beliau.

Sekali waktu, tatkala seorang saudara beliau yang bernama As-Syĕkh Ali meninggal dunia, Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff merasakan kesedihan yang mendalam hingga beliau meninggalkan majlis sima` ini sampai beberapa waktu. Kemudian ketika beliau kembali mengadakan majlis sima`, beliau berkata mengenai hal itu, “Kami menginginkan meninggalkan hal tersebut, tetapi sima` tidak meninggalkan kami.”


Hadhrah As-Segaff

Dalam setiap kesempatan di Majlis beliau, setelah sholat Isya pada setiap malam Kamis dan Senin, biasanya dibacakan beberapa Nasyid kaum sufi yang diiringi dengan beberapa alat musik seperti rebana dan seruling. Hal ini kemudian dilanjutkan oleh Sayyidina As-Syĕkh Al-Kabir Ahmad bin Husein Al-‘Aidrus dengan mengajak beberapa ahli pembaca Nasyid dari Mesir dan ‘Iraf . Dan ritual atau kebiasaan ini masih berlangsung hingga sekarang terhitung sudah berjalan selama lebih kurang 600 tahun.


Perkataaan para Wali Allah mengenai beliau

As-Syaikhah Al-‘Arifah As-Sayyidah Sulthanah binti Ali Az-Zubaidy R.Anha mengisahkan :

“Bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hendak datang ke tempat kami maka aku akan melihat, sesaat sebelum kedatangan beliau, tempat kami dan sekitarnya ditumbuhi oleh rumput yang menghijau seolah-olah tanaman tersebut tumbuh di tempat subur yang banyak airnya, kemudian setelah itu aku mendengar suara:
“Telah datang kepada kalian seorang sulthan, anak dari seorang sulthan.”

Tubuh dari Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff selalu mengeluarkan aroma yang sangat harum walau tanpa diberi wewangian, maka bilamana beliau masuk ke satu rumah, maka orang pun akan tahu bahwa rumah tersebut pernah disinggahi oleh Sayyidina Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff karena bau wangi yang masih melekat pada rumah tersebut. Begitu juga bila beliau berjalan, maka orang-orang pun akan tahu bahwa jalan tersebut pernah dilalui oleh Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, karena masih terciumnya aroma wangi dari Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff.

Mengisyaratkan hal ini, murid beliau yaitu As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib berkata di dalam syi`irnya :


إِذَاخَلَوْابِأَرْضٍ عَـطَرُوْهَا وَفَاحَ بِـَهاالْعَنْبَـرُوَالْعَبِـيْرَ

وَيَشْرُقُ سَوحِهَا بِالنُّوْرِطُرًّا وَيُصْبِحُ كُلُّ مُغَبَّـرِخَضِـيْرٍ

وَيَضْحَى لِلْوَرَى قَصْدًاوَذُخْرًا وَكُلُّ مِنْ مَنَافِعِهَايَـمِيْـُر

وَيُسْتَشْفَى بِـهَامِنْ كُلِّ سُقْمٍ وَيَمْحِى عَنْهُمُ الذَّنْبِ الْخَطِيْرُ


Lidah Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff tidak pernah putus di dalam zikrullah. Begitu juga hati beliau yang selalu mengingat Allah dalam siang maupun malam. Banyak murid-murid beliau yang mendengar suara zikir yang berasal dari hati beliau, terdengar hingga keluar oleh orang banyak. Dan semua ulama dan wali besar di zaman itu telah menyaksikan dengan mata kepala mereka sendiri, bahwa dari setiap sendi-sendi tubuh Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hingga rambut dan kulit beliau, sering kali terdengar suara dalam berzikir kepada Allah SWT..



VI. Kisah-kisah kekeramatan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra

Mengenai kekeramatan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, seorang murid beliau yang bernama As-Syĕkh Abdurrahman bin Muhammad Al-Khotib telah banyak menceritakan di dalam kitab Al-Jauhar As-Syafaf sebanyak lebih kurang 100 hikayat mengenai kekeramatan dan ahwal beliau yang sangat luar biasa. Di dalam bukunya tersebut As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib berkata :

“Bilamana beliau mendoakan seorang gadis maka gadis itu pun akan menikah, dan bilamana beliau mendoakan bagi perempuan yang mandul maka perempuan yang mandul itu pasti melahirkan seorang anak. Dan bilamana Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendoakan seorang yang miskin itu dengan kekayaan, maka si miskin tersebut pasti dikayakan oleh Allah SWT, dan bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berdoa untuk orang yang bermaksiat agar bertaubat, maka mereka pun akan bertaubat dan bilamana As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mendoakan seorang yang bodoh agar menjadi pintar maka orang itu akan dibukakan hatinya oleh Allah SWT untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.”

Sebagian kecil dari kisah kekeramatan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff R.a adalah sebagai berikut :

1. Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff ber- Tajazzu
Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, seringkali terlihat di banyak tempat dalam satu waktu yang bersamaan. Selain itu pernah disaksikan oleh banyak orang bahwa beliau menghilang sekejap dari baju beliau namun kemudian dalam sekejap itu pula beliau kembali lagi, sebelum baju beliau sempat jatuh ke tanah. 

Sekali waktu Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berniat akan melakukan ibadah haji ke Masjidil Haram dan di dalam niatnya beliau bertekad untuk tinggal di sana selama-lamanya, semata-mata hanya untuk beribadat dan bertasbih memuji Allah SWT, dan tidak akan pulang lagi ke Hadhramaut. Tetapi di tengah perjalanan menuju ke Masjidil Haram, beliau bertemu dengan Rasulullah SAW bersama para sahabat dan beberapa Wali, termasuk di dalamnya adalah ayahanda beliau yaitu Sayyidina As-Syĕkh Muhammad Maula Ad-Dawilaih. Mereka semua meminta kepada Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff agar mengurungkan niat beliau tersebut dan pulang ke Hadhramaut. Mereka berkata: “Sesungguhnya maqommu lebih bermanfaat di Hadhramaut.” 

Maka beliau pun pulang tanpa pernah melakukan ibadah haji. Tetapi anehnya, banyak orang yang melihat beliau berada di Mekkah setiap tahunnya menunaikan ibadah haji. Sehingga banyak orang yang merasa bingung dan bertanya kepada beliau, “Apakah anda telah melakukan haji?”, dan beliau menjawab, “Kalau dalam keadaan zhohir tidak pernah.”

2. Makanan yang tidak diketahui asalnya

Berkata murid beliau Sayyidina Al-Wali Muhammad bin Hasan Jamalullail: “Suatu ketika aku sedang berada di masjid Jami’ As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, dan pada waktu itu aku dalam keadaan lapar. Beliau sendiri terlihat sedang duduk di tengah-tengah masjid, kemudian beliau memanggilku dan tiba-tiba di samping beliau terdapat makanan yang lezat yang membuatku terheran-heran, lalu aku bertanya kepada beliau, ‘Siapakah yang mengantarkan makanan ini?’ dan beliau menjawab, ‘Pelayan perempuan.’ Padahal tidak ada satu orang pun yang kulihat memasuki masjid, hingga aku memperhatikan sekeliling masjid sekali lagi, tapi memang tidak ada satu orang pun yang kulihat.”
Kejadian ini mengingatkan kita seperti kejadian Siti Maryam ketika mendapatkan buah-buahan di Mihrabnya dan membingungkan Nabi Zakaria AS yang melihatnya. Kejadian ini adalah pembuktian benarnya sabda Baginda Rasul Allah SAW yang menjelaskan kemuliaan umatnya; bahwa Ulama umat Nabi Muhammad SAW menyamai derajat para Nabi Bani Israil .

3. Mu’allim yang dicabut hafalannya.

Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempunyai seorang budak yang bernama Akhis. Budak ini sekali waktu mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari seorang mualim yang hafal Al-Qur`an. Lalu ia mengadukan hal ini kepada Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Beliau berkata kepada budak beliau tersebut, “Apakah engkau ingin aku mengambil hafalan Qur`annya?” budak tersebut menjawab: “Benar.” Maka pada saat itu lupalah sang mualim akan hafalan Qur`annya. Setelah kejadian itu mualim tersebut meminta maaf kepada budak Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dan si budak mengadu kembali kepada Al-Imam bahwa si pengganggunya telah meminta maaf kepadanya, kemudian Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff pun berdoa pada saat itu juga, hingga hafalan orang tersebut kembali.

4. Tertahannya Matahari

Salah satu dari kekeramatan Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff adalah bisa menahan matahari atau waktu. Murid beliau yang bernama As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib, bercerita mengenai hal ini: “Sekali waktu kami pulang bersama-sama dengan As-Syĕkh As-Segaff dari ziarah ke makam Nabi Allah Hud As, pada waktu itu hari telah menjelang senja, ketika beliau berkata: “kita akan sholat Maghrib di Faraj.” Kami pun merasa keheranan karena tidak akan mungkin kami sempat sholat Maghrib di Faraj. Beliau meminta kami untuk berzikir sambil terus berjalan. Ternyata matahari berhenti atau tertahan sampai akhirnya kami sampai di Faraj, hingga kami sempat menunaikan sholat Maghrib. Kami pun saling membicarakan kejadian yang baru saja kami alami. Keramat beliau ini seperti yang terjadi pada Al-Wali Al-Kabir As-Syĕkh Ismail Al-Hadhrami.”

5. Ramalan anak yang lahir dan akan meninggal

Kekeramatan beliau yang lain adalah beliau sering kali mengabarkan kejadian-kejadian yang akan datang, seperti diriwayatkan dari kisah-kisah berikut. Beliau memiliki seorang istri di daerah Al-Ajz yang sedang hamil. Suatu hari beliau berkata kepada istrinya itu bahwa istri beliau yang sedang hamil itu akan melahirkan (disebutkan oleh beliau harinya) seorang anak laki-laki, tetapi anak tersebut akan meninggal. Kemudian beliau memberikan sehelai baju kepada keluarga istrinya sambil berpesan, “Kafanilah anakku itu dengan baju ini.” Dan ternyata kejadian tersebut terjadi persis seperti yang telah beliau ramalkan.
Pada lain waktu ketika beliau berada di Syibam, beliau berkata kepada orang yang sedang bersama beliau: “Salah satu anakku di Tarim telah meninggal pada hari ini.” Ternyata kejadian tersebut terjadi persis seperti yang telah beliau katakan.

6. Firasah dan kasyafnya As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff

Sekali waktu beliau menyuruh anak beliau yang bernama As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran untuk menjual kurma beliau. Dan As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran menyembunyikan harga sebenarnya dari kurma yang telah ia jual, dengan maksud untuk menguji kekasyafan dari ayahandanya. Ketika As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran sampai di rumah, dan belum sempat berkata apa pun, ayahandanya, As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, telah membuka dan menceritakan kejadian yang telah dialami oleh As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran.
Maka terheran-heranlah As-Syĕkh Abu Bakar As-Sakran dan berkata: “Sungguh tidak ada seorangpun yang memberitahukan hal tersebut kepada ayahanda.” Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff menjawab, “Ittaquw firosatul mukmin”(Al-Hadits) (Sesungguhnya seorang mukmin itu melihat dengan firasat yang ditimbulkan oleh nur Allah SWT)
Ada pula kisah yang menceritakan kekasyafan beliau yang diceritakan oleh salah seorang pembantu Al-Imam Abdurrahman As-Segaff. Ia berkata: “Sungguh terlintas di dalam hatiku, bahwa aku sungguh telah lama mengabdikan diriku kepada As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, tetapi aku tidak pernah mendapatkan futuh. Maka tiba-tiba As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepadaku; “Sesungguhnya seorang Syekh itu membimbing seorang faqir daripada yang diketahuinya.” Lalu berkata murid beliau yaitu As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib; “Tidaklah terlintas sesuatu apa pun di dalam hatiku kecuali dibuka oleh Syĕkh Abdurrahman As-Segaff”. Di lain waktu, salah satu istri Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepada beliau, “Sesungguhnya ayahandaku telah lama sakit parah, maka doakanlah agar ia sembuh atau wafat”, kemudian Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff menjawab, “Ayahmu akan wafat pada hari itu (beliau sebutkan hari wafatnya).” Dan kenyataannya terjadi persis seperti yang beliau beritahukan.

7. Buah-buahan yang ada sebelum musimnya

Dan telah banyak diriwayatkan bahwa seringkali di sisi Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff didapatkan buah-buahan yang ada sebelum musimnya. Dikisahkan oleh satu orang yang pernah ikut beliau bermusafir katanya: “Aku bermusafir bersama Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dari daerah `Iz. Tatkala kami tiba di daerah Kahlan, kami menunaikan sholat Dhuha. Setelah itu aku pergi sebentar. Ketika aku kembali, aku melihat kurma di sisi As-Syĕkh Abdurahman As-Segaff, padahal pohon-pohon kurma belum berbuah pada saat itu.
Maka aku pun bertanya kepada beliau, “Didapat dari manakah buah kurma ini?” dan beliau berkata, “Makanlah olehmu dan janganlah engkau banyak bertanya.” Aku pun lalu memakan kurma tersebut. Setelah itu biji-biji kurma tersebut aku kumpulkan dan kurangkai menjadi tasbih. Kemudian, ketika aku sedang menggunakan tasbih tersebut, tiba-tiba tasbihku tersebut dilemparkan oleh anak-anak kecil ke dalam api. Maka terbakarlah benang tasbih tersebut, tetapi anehnya biji-biji kurma yang kujalin dengan benang itu justru tidak terbakar sama sekali, sedikit pun tidak terbakar.

8. Anak murid beliau yang bertemu Nabi Allah Khidir As

Salah seorang murid sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepada beliau: “Aku ingin bertemu dengan Nabi Allah Khidir As, dan mendapatkan pengajaran dari beliau.” Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff menjawab, “Engkau akan bertemu dengannya.” Lalu murid Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff tersebut bercerita, “Tidak lama kemudian aku pun bertemu dengan Nabi Allah Khidir As dalam rupa seorang arab badwi. Hingga antara aku dan dirinya terjalin suatu percakapan, kemudian ia menghilang dari hadapanku dengan meninggalkan bau wangi yang semerbak. Aku pun terheran-heran dan berniat menceritakan kejadian tersebut kepada Al-Imam As-Syĕkh As-Segaff. Tetapi beliau telah terlebih dahulu memberitahuku, sebelum aku memberitahukan kepada beliau. Beliau berkata;
“Itu adalah Nabi Allah Khidir As yang menjumpaimu dalam bentuk seorang Badwi.”

9. Uang dan makanan yang menjadi banyak

Kekeramatan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff yang lain adalah dapat memperbanyak sesuatu yang tadinya sedikit. Hal ini diceritakan oleh As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib, bahwa Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff seringkali memberikan uang dirham kepada murid beliau. Untuk diberikan kepada keluarga beliau, anak-anaknya, juga ahli fuqara dan para tamu-tamu beliau. Padahal uang yang Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra berikan kepada murid-muridnya jauh dari mencukupi. Tapi anehnya, semuanya bisa mendapatkan bagian.
Dan ada satu kisah yang diceritakan oleh Syu`aib bin Abdullah. Sekali waktu Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff menyuruhku membagikan uang dan makanan kepada fakir miskin. Setelah aku melihat uang yang beliau berikan kepadaku, ternyata uang tersebut sangat sedikit dan tidak mencukupi sama sekali. Aku pun kembali datang kepada beliau, dan memberitahukan bahwa uang dan makanan yang beliau berikan tidaklah mencukupi sama sekali. Kemudian beliau berdiam diri sebentar, dan beliau berkata, “Pergilah dan bagikanlah olehmu bagian mereka semuanya tanpa terkecuali.” Lalu aku pun segera pergi dan membagikan uang serta makanan tersebut, dan ternyata semuanya bisa mendapatkan bagian, tidak kurang seperti yang kukira sebelumnya bahkan lebih dari yang seharusnya.
Selain itu, pada kesempatan lain Sayyidina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff memberikan sehelai kain kepada As-Syĕkh Abdurrahim dan Syu`aib bin Abdullah seraya berkata, “Bagikanlah kain ini menjadi tiga, dan buatlah baju untuk anak-anakmu,” aku pun bingung karena kain tersebut untuk dibuat menjadi dua baju pun tidak akan cukup, apalagi tiga baju. Lalu beliau berkata kepadaku, “Belahlah kain itu dengan nama Allah SWT.” Lalu aku melakukannya seperti yang beliau perintahkan. Dan dengan seizin Allah ternyata kain itu bisa mencukupi untuk tiga baju.

10. Tanah yang berubah menjadi uang

Ali bin Muhammad bin Abu Sho’ mengisahkan bahwa As-Syĕkh Umar Al-Mahdhor bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff R.Anhuma pernah bercerita kepadanya : “Sekali waktu aku melihat ayahku sedang bersama As-Syĕkh Abdurrahim di masjid beliau, pada waktu itu aku melihat ayahku mengambil tanah lalu diberikannya kepada As-Syĕkh Abdurrahim tiba-tiba tanah tersebut berubah menjadi uang dirham kemudian beliau ambil lagi sebongkah tanah kemudian diberikan beliau kembali (kepada As-Syĕkh Abdurrahim) dan kembali berubah menjadi uang dirham sampai berulang kali, setelah kejadian tersebut setiap kali ayahku bertemu dengan As-Syĕkh Abdurrahim beliau berkata :”Apakah engkau tidak berikan kepada orang lain tanah yang telah kuberikan kepadamu?”, seolah beliau mengajarkan kepada As-Syĕkh Abdurrahim nilai uang dirham itu sebenarnya sama dengan sebongkah tanah belaka.

11. Uang yang tiba-tiba berada di lemari

Sekali waktu pernah istri-istri beliau meminta kepada beliau, beberapa dinar untuk perbelanjaan mereka Radiallahu anhum ajma`in. Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepada istri-istri beliau, “Ambillah uang di lemari si fulan.” Setelah melakukan seperti yang diperintahkan, istri beliau menjawab, “Kami telah memeriksanya dan tidak ada uang sama sekali di sana,” Kemudian Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff kembali berkata: “Periksalah sekali lagi, kalian akan mendapati uang sebanyak 15 dinar di sana.” Istri beliau pun mengikuti perintah Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dan melihat di lemari yang ditunjukkan oleh beliau, dan ternyata di sana memang ada uang sebanyak 15 dinar persis seperti yang dikatakan oleh Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff.

12. Mata air yang berada di bawah batu

Sekali waktu Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff melakukan perjalanan bersama rombongan beliau. Di tengah jalan, di satu tempat yang tidak ada mata airnya mereka menderita kehausan. Mereka pun merasa letih dan kepayahan karena kehausan. Lalu Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepada mereka, “Angkatlah oleh kalian batu ini, karena di bawahnya terdapat mata air.” Dengan sedikit keheranan salah seorang dari rombongan beliau tersebut mencoba mengangkat batu besar itu dengan dibantu oleh yang lainnya beramai-ramai. Lalu mereka mendapatkan mata air tepat di bawah batu tersebut, seperti yang dikatakan oleh Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff.
Dalam riwayat yang lain dikisahkan: Sekali waktu Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hendak melakukan perjalanan ke Tarim pada waktu petang hari. istri beliau mencoba membujuk beliau agar melakukan perjalanan pada waktu sore hari ketika hari agak dingin. Tetapi Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff tidak mau dan tetap ingin melakukan perjalanan pada saat petang hari itu juga. Di tengah perjalanan beliau menemui seorang lelaki buta yang sedang risau dan kepayahan karena kehausan. Lalu Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepada para pembantunya, “Sesungguhnya di lembah ini ada mata air.” Beliau lalu menyuruh pembantunya untuk mengambil dan memberikan air dari mata air tersebut, kepada orang buta yang sedang kehausan tadi. Selain itu seluruh rombongan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff juga mengambil air tersebut untuk menghilangkan dahaga mereka, dan setelah itu mereka melanjutkan perjalanan.
Selanjutnya pada perjalanan menuju tempat tujuan rombongan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff bertemu dengan seorang lelaki, ia bertanya tentang keberadaan mata air di lembah itu. Ia mengetahuinya dari seorang buta yang ia temui di jalan, dan orang buta tersebut berkata mata air itu tidak jauh dari sekitar tempat itu, tetapi Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata kepada orang tersebut, “Orang buta ini berkata hal yang tidak diketahuinya.” Karena ternyata mata air di lembah itu, setelah kepergian Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff hilang dengan misterius. Mungkin kepergian beliau dari rumah pada petang hari tadi serta keberadaan mata air itu hanyalah wujud dari kekeramatan Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff yang ingin menolong seorang buta yang sedang kehausan di tengah jalan dengan izin Allah SWT. Subhanallah.

13. Kebun kurma yang selalu dirusak anjing liar

Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mempunyai kebun kurma yang sering diserang oleh anjing liar, yang selalu memakan buah kurma yang masih muda. Hal ini membuat pembantu beliau yang menjaga kebun merasa kepayahan. Pada suatu malam pembantu beliau tersebut bermimpi bertemu dengan As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Dalam mimpinya As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff menyuruh pembantunya tersebut untuk membuat garis di tanah pada sekeliling pohon-pohon kurma beliau. Kemudian setelah pembantunya itu terbangun, ia pun lalu melakukan seperti yang diperintahkan oleh Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dalam mimpinya. Keesokan harinya ketika ia bangun di pagi hari, pembantu As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff melihat jejak-jejak tapak anjing liar hanya berada di sekeliling luar kebun kurma tersebut sepertinya anjing liar yang biasanya merusak buah kurma tertahan oleh pagar yang tidak kelihatan.

14. Lelaki kehausan yang bertawassul

Diceritakan oleh seseorang lelaki dari kabilah Asy-Syuwaih, ia berkata, “Suatu saat ketika aku sedang berada dalam perjalanan, aku tersesat dan ditimpa kehausan yang sangat berat. Aku pun lalu bertawassul kepada As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Kemudian tiba-tiba ada seorang lelaki yang mendatangi diriku dan memberikan kepadaku air, ia juga membimbing diriku sampai akhirnya aku mencapai tujuan dengan selamat.”

15. Kapal yang terbakar

Dikisahkan oleh seseorang yang pernah mengalami pertolongan As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ia berkisah : “Pada suatu ketika, aku naik satu kapal, di tengah perjalanan, kapal yang kutumpangi tersebut terbakar sehingga hampir seluruh penumpangnya tenggelam. Setiap penumpang beristighosah pada setiap wali yang mereka kenal, sementara diriku bertawasul dengan As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Tak lama kemudian aku pun tertidur dan bermimpi bertemu dengan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Beliau pun lalu memadamkan api tersebut dengan kedua kaki beliau, sehingga padam. Ketika aku terbangun, api pun telah padam.
Para penumpang kapal yang lain telah mendengar dan tahu mengenai hal ini, tapi mereka meragukan kewalian Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Ketika kapal melanjutkan perjalanan, kapal tersebut seperti kehilangan arah dan terombang-ambing di lautan lepas, tak tentu arah. Akhirnya para penumpang sekali lagi beristighotsah dengan bertawasul ke beberapa wali yang mereka kenal. Tapi tanda-tanda pertolongan pun tidak kunjung datang. Kapal telah terombang-ambing selama tiga hari tiga malam, dan semua tidak tahu sudah berada di mana, makanan dan minuman perbekalan juga telah menipis. Akhirnya para penumpang teringat akan peristiwa kebakaran sebelumnya dan teringat kepada Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff. Akhirnya mereka pun ber-istighotsah kepada As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, mereka juga bernazar bilamana mereka selamat setelah bertawasul dengan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, mereka akan melayani beliau dan memberikan sebagian hartanya kepada beliau.
Kemudian tiba-tiba, datanglah Sayyidina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff sambil membawa air tawar serta kurma sambil menunjukkan arah. Kemudian sang nahkoda pun menuruti arah yang beliau tunjukkan. Dan ternyata tepi yang kami tuju sudah di depan mata”

16. Orang yang mati seketika

Diriwayatkan oleh Al-Faqih As-Syĕkh Al-Faqih Al-Wali Abdurrahman bin Ali,
“Sekali waktu ketika As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berada di kota Du’an, beliau masuk ke salah satu masjid di kota itu. Beliau melihat banyak orang yang sedang berkumpul di dalamnya, dan mereka hanya bercakap-cakap dengan perbincangan yang tidak ada gunanya, hal ini tampaknya melukai perasaan beliau, dikarenakan di Masjid yang layaknya diisi dengan ibadat, ternyata dijadikan ajang percakapan yang tidak berguna, di antara orang yang sedang ramai berbincang-bincang tersebut ada seorang laki-laki yang paling menarik perhatian beliau yang sedang berbincang-bincang bersama teman-temannya dengan perbincangan yang paling tidak patut untuk dibicarakan di masjid, yang diselingi dengan ucapan kotor, As-Syĕkh Abdurrahman lalu marah kepada lelaki tersebut dan berkata : “Matilah engkau dengan seizin Allah!,” Kemudian laki-laki tersebut mati seketika itu juga, semenjak itu tidak ada lagi yang berani berbicara kotor di masjid tersebut.

17. Cahaya di atas As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff

As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib berkisah : “Pada satu malam aku sholat di sisi guru kami, As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, ketika beliau hendak pulang tiba-tiba aku melihat seberkas cahaya di sebelah atas beliau, tepat berada di atas masjid, maka aku berhenti sejenak untuk melihat cahaya tersebut.” Al-Waliyyah Al-Arifah billah Sulthonah binti Ali Az-Zubaidy R.Anha juga pernah berkata mengenai hal ini ;
“Pertama kali cahaya yang akan naik ke langit adalah cahaya As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff baru setelahnya naiklah cahaya dari wali-wali yang lain.”

18. Atap rumah yang hilang

Diceritakan oleh Ahmad bin Syeikh Hasan bin Ali bin Abu Alwi, ia berkata: “Telah berkata Aisyah binti Yahya istri dari As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra, “Sesungguhnya sekali waktu Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra sedang berada di suatu kamar di rumahku, ketika aku masuk dan melihat beliau, tiba-tiba kulihat tempat tersebut tidak beratap sama sekali dan ketika kedua kalinya aku masuk kembali, aku mendapati kamar tersebut kembali beratap.”

19. Baju yang indah

Diceritakan oleh anak beliau Ali bin Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, ia bercerita bahwa Ali bin Zar’ah dan istrinya berkata kepadanya : “Ketika As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff mampir di rumah kami, kami bermaksud masuk ke dalam kamar beliau untuk satu keperluan kepada beliau, ternyata As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff sedang tidur, pada saat itu kami mendapati beliau memakai baju yang sangat luar biasa indahnya, yang tidak pernah kami lihat sebelumnya, tetapi ketika untuk kedua kalinya kami menemui beliau, baju yang tadi kami lihat, anehnya tidak ada lagi.”

20. Air sedikit yang diminum orang banyak

Telah berkata Muhammad bin Ali bin Al-Faqih Abu Alwi Ra, ”Pada suatu hari kami sedang bersama Syaikhina As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff sebanyak lebih kurang sepuluh orang di Masjid Al-Faqih Muhammad bin Umar bin Abu Alwi Ra, ketika itu beliau minta air kepadaku lalu aku pun pergi mengambil air sekira-kira untuk di minum dua orang saja, setelah As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff minum air tersebut, ayahku berkata kepadanya, ”Wahai guru kami, minumlah dan berikanlah sisanya kepada kami, agar kami mendapatkan barakah anda,” setelah beliau selesai minum, diserahkanlah air tadi kepada ayahku, setelah ayahku puas meminum air tadi, bergiliranlah semua yang hadir meminum air sisa dari minuman As-Syĕkh Abdurrahman, dan ternyata semuanya mendapatkan bagian, hanya satu orang yang memang tidak minum karena dalam keadaan berpuasa, aku pun pun melihat di dalam wadah air tadi malah masih tersisa air seperti sedia kala.”

21. Thoqiyah yang hilang

As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khotib penulis kitab Al-Jauhar As-Syafaf berkisah:
”Telah bercerita padaku seseorang yang hendak men-dapatkan Tahkim dari Syaikhina Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, ia bercerita, ‘Aku telah membeli Thoqiyah tanpa diketahui siapapun, dengan maksud untuk mendapatkan Tahkim dari As-Syĕkh Abdurrahman, pada waktu itu As-Syĕkh Abdurrahman sedang berziarah ke makam Nabi Allah Hud As dan aku juga berharap akan sekaligus mendapatkan barakah Tahkim di makam Nabi Allah Hud As, lalu aku pun berangkat bersama-sama dengan murid-murid beliau untuk berziarah bersama mereka, tanpa memberitahukan niatku tadi kepada siapa pun juga, ketika aku hampir sampai ke makam Nabi Allah Hud As aku pun lalu mampir sebentar ke sebuah mata air terdekat, pada saat itu jatuhlah Thoqiyahku tanpa ada yang tahu kejadian tersebut, aku pun lalu berusaha mencarinya kesana-kemari tapi tidak aku temukan juga, dalam keadaan sedemikian rupa aku pun pasrah seraya berpikir, semoga hal tersebut mengandung hikmah kebaikan.
Kemudian aku meneruskan perjalanan ke makam Nabi Allah Hud As, dan bertemu dengan As-Syĕkh Abdurrahman yang tanpa kuduga berkata kepada orang banyak sambil menghadap kepadaku; ”Siapakah yang menemukan Thoqiyah orang ini karena dia kehilangan Thoqiyahnya di mata air, sedangkan ia menginginkan mengambil Tahkim kepadaku dengan Thoqiyah itu.”
Ketika aku menghadap kepada beliau, ia berkata, ”Pergilah engkau kembali ke mata air, semoga ada yang telah menemukannya.” Aku pun menjawab, ”Aku telah berkeliling dan sungguh tidak kutemukan Thoqiyahku yang telah hilang.” Beliau lalu berkata, “Tidak, kembalilah engkau ke mata air tadi.” Maka aku kembali ke mata air tadi, di tengah jalan ada yang memberitahukan kepadaku ; ”Aku melihat Thoqiyahmu” lalu aku segera mengambilnya dan kembali ke sisi As-Syĕkh Abdurrahman, ketika itu berkatalah Syuaib bin Abdullah Al-Khatib salah satu murid beliau ; “Jika engkau ingin mendapatkan Tahkim hadirlah di sisi kami.” Kemudian aku pun duduk di sisi Syuaib bin Abdullah tak lama kemudian As-Syĕkh Abdurrahman memanggilku dan memberikan Tahkim kepadaku sebelum aku mengatakan apa pun kepada beliau.”
“Dalam kejadian ini aku telah mengalami lima kekeramatan As-Syĕkh Abdurrahman As-segaff: (1) beliau mengetahui niat Tahkim dengan Thoqiyahku, (2) beliau mengetahui kehilangan Thoqiyahku, (3) beliau mengetahui siapa yang telah menemukan Thoqiyahku, (4) beliau mengetahui kedatanganku yang kedua setelah kutemukan Thoqiyah, (5) beliau mengetahui apa yang telah Syu’aib katakan kepadaku.”

22. Bangkitnya Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Ra dari kubur

Telah bercerita As-Sayyid Umar bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Abu Alwi ; “Sekali waktu ketika ia sedang membantu ayahnya mengurus kebun, beliau hendak berziarah, waktunya antara maghrib dan isya, ketika ia hendak pulang ternyata sandalnya tertinggal di dekat makam kakeknya yaitu Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali Ra, lalu ia pun kembali ke makam untuk mengambil sandalnya, tatkala ia telah berada di depan makam kakeknya, tiba-tiba makam Sayyidina Al-Faqih terbuka dan Sayyidina Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali Ra berdiri di atas makam beliau seraya berkata kepadanya:
“Wahai Umar, sampaikan salamku kepada cucuku As-Syĕkh Abdurrahman dan katakan kepadanya, jangan berhenti berziarah kepada kami.”
As-Sayyyid Umar pun pingsan dan ketika ia sadar ia segera pulang dan beristirahat sebentar dari keterkejutannya karena mengalami peristiwa yang sangat luar biasa barusan, kemudian ia pergi menemui As-Syĕkh Abdurrahman dan menyampaikan pesan yang baru diterimanya.

23. Berubahnya badan As-Syĕkh Abdurrahman ketika sholat

Berkisah Muhammad bin Ahmad bin Abu Fulaits: ”Suatu hari, saya dan As-Syĕkh Abdurrahman sedang berada di dalam salah satu masjid di kota Syibam, kemudian aku keluar menuju sisi masjid. Ketika aku kembali ke dalam, aku melihat seseorang yang sama sekali asing bagiku sedang sholat di tempat As-Syĕkh Abdurrahman tadi duduk, aku pun lalu bertanya kepada orang di sekitar, siapakah orang yang sedang sholat ini?, mereka pun menjawab: ”Temanmu tadi,” maka tahulah aku bahwa As-Syĕkh Abdurrahman telah berubah, karena dahsyatnya kekhusyu’an beliau di dalam sholat.”


24. Orang yang terpental karena teriakan As-Syĕkh Abdurrahman

Dari As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib, ia berkisah: ”Ketika aku sedang berada di tengah majlis As-Syĕkh Abdurrahman dalam satu masjid, tiba-tiba beliau meneriakkan kalimat “Allah” dengan suara yang lantang, membuat semua orang yang berada di masjid terpental keluar karena dahsyatnya Haibah ucapan As-Syĕkh Abdurrahman, hanya satu orang yang tidak terpental yaitu Muhammad bin Ali Az-Zubaidy yang berlindung di belakang tiang masjid. Setelah sekian lama, orang yang berada di luar masjid belum bisa masuk juga ke dalam masjid, seolah tertahan oleh dinding yang tak kelihatan, sampai akhirnya terdengar beliau mengucapkan Istighfar dan terdengar bunyi gemerutukan jari beliau seperti suara tulang yang patah, setelah itu barulah orang ramai bisa masuk, dan Muhammad bin Ali Az-Zubaidy baru berani keluar dari persembunyiannya.”

25. Masuk ke dalam Masjid yang terkunci.

Dari Umar bin Amir bin Musa, ia berkisah : ”Sekali waktu aku tidur di Masjid Aĺ Ahmad dan pintu pun kukunci sedangkan kuncinya kubawa tidur, di tengah malam aku terbangun dan kudengar ada suara orang yang sedang mengaji aku pun merasa kebingungan siapakah gerangan yang masuk ke dalam masjid sedangkan pintunya aku kunci?, aku pun lalu mencari asal suara tadi, dan ternyata aku melihat As-Syĕkh Abdurrahman sedang sholat. Setelah beliau menyelesaikan sholatnya aku menghampiri beliau dan berbicara sebentar, baru setelah itu aku pun kembali ke tempatku semula, masih dengan keadaan bingung dari mana beliau masuk.”

26. Iblis yang dilempari tempat air

Dari As-Sayyid Ahmad bin As-Syĕkh Hasan bin Ali bin Abu Alwi beliau berkisah : ”Di kota Iz ada seorang perempuan sholehah yang sering beruzlah untuk beribadah di satu Syi’ib di sekitar batu karang yang bernama “Al-Mukhatthathah,” pada suatu hari As-Syĕkh Abdurrahman lewat persis di dekat tempat tersebut, tiba-tiba beliau mengambil tempat air yang dibawanya dan dilemparkannya ke arah serombongan perempuan yang sedang berada di dekat tempat tersebut, rombongan yang ikut bersama beliau pun terkejut dan bertanya kepada beliau : ”Kenapa anda lemparkan tempat air minum anda?” As-Syĕkh Abdurrahman menjawab : ”Aku melihat Iblis hendak mengganggu perempuan yang sedang beribadat tadi, oleh karena itulah ia (iblis) kulempar dengan tempat airku.”
As-Syĕkh Umar Al-Mahdhor bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkata : ”Ayahku berkata kepadaku sekitar 30 tahun sebelum beliau wafat; ‘Sungguh aku telah memaksa Iblis agar jangan sampai mengganggu anak-anakku dan tidak menggoda mereka berbuat dosa-dosa besar.’”

27. Orang yang tidak bisa bergerak.

Diceritakan oleh Al-Wali As-Sholeh Muhammad bin Ahmad Al-Umary : ”Sekali waktu terjadi perperangan antar suku, antara Qabilah Ãl Yamany dan Ãl Katsiri. Sedangkan aku di daerah tersebut mempunyai kebun dan binatang ternak. Ketika aku hendak mengambil binatang ternak kepunyaanku, tiba-tiba datanglah seseorang dari qabilah Al Katsiri yang bernama ‘Amir bin Badr mendekati binatang ternak kami dengan menghunuskan pedangnya, ketika itu aku berteriak megucapkan nama As-Syĕkh Abdurrahaman tiga kali dengan maksud beristighatsah dengan kemuliaan beliau, maka seketika itu juga orang yang bermaksud membunuh ternak kami tadi, tiba-tiba badannya mengejang tidak bisa bergerak dan ia berkata kepadaku : ”Tolonglah engkau lepaskan aku,” aku pun meminta agar ia berjanji untuk tidak membunuh ternak kami, setelah ia bersedia, ia pun kembali seperti sedia kala. Setelah peristiwa tersebut aku pergi ke Tarim untuk menemui As-Syĕkh Abdurrahman dan sebelum sempat aku bercerita, beliau lebih dahulu menceritakan kejadian yang kualami.”

28. Panasnya dada yang menjadi dingin dengan usapan tangan As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra

Dikisahkan oleh Isa bin Umar bin Bahlul : “Sewaktu aku sedang berjalan menuju kebunku, kudapati ada seorang Badwi yang sedang mengendarai onta di dalam kebunku dan ia membiarkan ontanya memakan tanamanku, pada saat itu timbul kemarahan yang sangat dahsyat pada diriku sehingga aku pun terjatuh karena menahan amarahku, ketika aku bangun aku merasakan panas di dadaku yang menyiksa, lalu aku mengunjungi As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dan meminta beliau mengusap dadaku, setelah beliau mengusap dadaku hilanglah hawa panas yang tadi kurasakan dengan keberkahan beliau, lalu aku pun membereskan urusanku dengan badwi tadi.”
Isa bin Umar bin Bahlul adalah murid As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff yang telah mendapatkan maqom kewalian, sebagaimana para Wali, bilamana mereka mendapati Hâl maka keadaan mereka pun terkadang didera sesuatu yang luar biasa, atau dengan kata lain yang dirasakan Isa bin bahlul ini bukanlah ‘panas’ kiasan yang lazimnya ditimbulkan oleh nafsu amarah seperti orang kebanyakan, tapi ‘panas’ yang dimaksud adalah panas dengan pengertian yang sebenarnya.

29. Baju As-Syĕkh Abdurrahman yang bisa menimbulkan Hâl Al-Wajd

Dikisahkan oleh Ar-Rojul As-Sholeh At-Taqiy Abdullah bin Nafi’ bin Abu Mundzir Ra : ”Aku telah meminta baju qamis kepada As-Syĕkh Abdurraman As-Segaff Ra dengan niat bertabarruk, pada saat itu beliau sedang berada di Tarim, ketika beliau memakaikan baju qamis beliau kepada diriku maka hilanglah kesadaranku pada saat itu juga, sampai akhirnya aku tidak merasa telah berada di kota Syibam .”
Dikisahkan dari As-Sayyid ‘Ubud bin Ali bin Abu Alwi dan Ali bin Sa’ad bin Abu Ghasan : “Pada suatu waktu kami bersama As-Syĕkh Abdurrahman beserta rombongan sedang berada di makam Nabi Allah Hud As, ketika itu datanglah seorang Faqir beliau yang sedang ditimpa Hâl karena hadir dalam Majlis sima’ beliau, karena dahsyatnya Hâl yang dialaminya, teman-temannya pun lalu membentangkan bajunya dan mengangkat dirinya menggunakan baju tersebut sampai akhirnya ia pun tersadar, pada saat itu tiba-tiba As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra melemparkan baju beliau kepadaku dan seketika itu juga aku ditimpa Hâl yang sangat luar biasa sehingga aku tidak sadar dan teman-temanku pun ketakutan karena melihat dahsyatnya Hâl Al-Wajd yang sedang kualami.”

30. Tanah yang terangkat karena ingin memuliakan As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra.

Diriwayatkan oleh murid beliau yaitu As-Syĕkh Abdurrahman Al-Khatib : ”Sekali waktu As-Syĕkh Al-kabir Al-Arif billah Abdullah bin Thohir Ra datang ingin berziarah menemui As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra, sekaligus ingin berziarah ke makam Nabi Allah Hud As. Pada saat itu As-Syĕkh Abdurrahman telah memasuki masa tua, dan beliau jarang keluar dari rumahnya, tatkala beliau mengetahui kedatangan As-Syĕkh Abdullah beliau pun keluar rumah, dan ketika beliau keluar dari rumahnya tiba-tiba tanah terangkat di depan beliau, As-Syĕkh Abdullah yang kala itu melihat langsung kejadian tersebut merasa kaget. Dan setelah berlalu sekian lama ia pun bertanya mengenai kejadian yang barusan terjadi, As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra menjelaskan bahwa pada waktu beliau keluar, cahaya Haibah beliau sebenarnya telah terpancar keluar demikian dahsyatnya sehingga membuat tanah pun berdiri mengagungkan dan memuliakan beliau.”

31. Penyakit yang sembuh dengan bertawasul

Diriwayatkan oleh As-Sayyid Abdurrahman bin Alwi bin Muhammad bin As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra :
“Ketika aku sedang berada di kota Adn, mataku ditimpa penyakit, aku pun lalu menemui Al-Faqih Al-‘Alim Al-Qadhi Muhammad bin Sa’id Kabn, lalu meminta beliau untuk memeriksa penyakit mataku, karena ia menguasai ilmu pengobatan. Selain itu aku juga meminta obat kepadanya, kemudian ia berkata;
“Sesungguhnya penyakitmu ini dinamakan oleh para Tabib dengan “Al-Maul Akhdhar” dan kami tidak mempunyai obatnya kecuali harus ditunggu dulu sampai kelihatan bengkaknya, bila engkau ingin cepat sembuh pergilah engkau ke makam kakek-mu, As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff dan tunjukkan penyakit-mu, kemudian sampaikan salamku padanya dan katakan ke-padanya bahwa engkau ingin penyakitmu ini hilang secepatnya, maka niscaya penyakitmu akan hilang pada saat itu juga dengan keberkahan beliau.”
Aku pun merasa kesal kepadanya, dan aku berkata;
“Bagaimanakah anda ini, apakah anda menginginkan aku mati?”
Tiba-tiba ia marah dan langsung berdiri dari tempatnya sambil berkata dengan suara lantang;
“Demi Allah, demi Allah, dan demi Allah sungguh aku percaya bahwa As-Syĕkh Abdurrahman tetaplah mempunyai kewalian walaupun beliau sudah wafat sebagaimana layaknya di kala beliau hidup, memang beliau telah berpindah ke alam Akherat tapi bukan berarti hilanglah keberkahan beliau.”
Setelah itu aku pergi ke makam kakekku dan melakukan apa yang As-Syĕkh Muhammad bin Sa’id Kabn katakan padaku dan ternyata penyakitku hilang dalam sekejap dengan ke-berkah-an kakekku atas izin Allah SWT. Setelah itu aku bermimpi berjumpa dengan kakekku As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra, aku berkata kepada beliau;
“Sesungguhnya As-Syĕkh Al-Faqih Ibnu Kabn berkata kepadaku bahwa ‘Anda tetap mempunyai kewalian sebagaimana layaknya di kala anda masih hidup!’.”
Tiba-tiba beliau menjewer telingaku dan berkata kepadaku :
“Aku adalah anak Muhammad bin Ali kenapa engkau tidak percaya juga sehingga Ibnu Kabn yang mesti memberitahumu?!, ketahuilah olehmu memang aku seperti itu, dan kedudukanku di sisi Allah terus bertambah naik.”

32. Nur yang meliputi majlis dan diri beliau

Diriwayatkan oleh beberapa orang yaitu As-Syĕkh ‘Ubud bin Ali bin Abu Alwi, Alwi bin Abdullah bin Abu Alwi dan Ali bin Ahmad bin Al-Faqih Ali bin Salim dan Ali bin Sa’ad bin Abi Ghasan mereka semuanya berkisah : “Sekali waktu kami dan beberapa jama’ah lainnya sedang berada di kota ‘Ir -yakni satu kota di Hadhramaut- bersama guru kami As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff kemudian beliau mengunjugi isteri beliau di kota tersebut ketika sampai di rumahnya, beliau menyuruh isterinya untuk masuk dan kami juga ikut masuk ke dalam rumah tersebut, rumah yang kami singgahi itu sangatlah sempit sehingga beberapa orang di antara kami duduk di luar rumah, kemudian As-Syĕkh Abdurrahman memerintahkan kepada kami agar berzikir bersama-sama, ketika kami sedang berzikir, tiba-tiba rumah yang tadinya sempit seketika itu juga menjadi luas, dan ketika kami sedang khusyuk berzikir muncullah seberkas sinar di tengah kami.”
As-Syĕkh Ali bin Sa’ad meneruskan cerita ini : “Lalu As-Syĕkh Abdurrahman memerintahkan kepada jama’ah lain yang tadinya berada di luar rumah agar masuk ke dalam, dan ketika mereka masuk anehnya kami tidak merasa kesempitan sama sekali sehingga posisi duduk kami tidak perlu bergeser dari tempat semula.”.
‘Ubud bin Ali berkomentar : ”Pada saat itu ada cahaya yang melingkupi pamanku - As-Syĕkh Abdurrahman - dan aku pun tidak bisa melihat beliau karena mataku disilaukan oleh cahaya tersebut.”
Alwi bin Abdullah menimpali : ”Aku melihat cahaya tersebut melingkupi As-Syĕkh Abdurrahman seperti gubah yang berwarna putih kekuning-kuningan, dan cahaya tersebut lalu melingkupi kami sehingga kami tidak bisa melihat satu sama lain, dikarenakan kuatnya kilau cahaya tersebut.”

33. As-Syĕkh Abdurrahman adalah Jindary

Diriwayatkan oleh As-Syĕkh Abdurrahim bin Ali Al-Khotib : ”Pada satu hari kami berada di Majlis As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff, pada saat itu beliau sedang menceritakan kisah As-Syĕkh Abu Al-Ghaits ibnu Jamil Al-Yamany, di tengah percakapannya beliau bercerita bahwa suatu hari telah datang para ahli Fiqih kepada As-Syĕkh Ibnu Jamil, mereka berkata :
”Wahai Abu Al-Ghaits kami tidak tahu apakah mazhabmu? Beritahukanlah kepada kami apakah anda bemazhab Syafi’i, Hanbali atau Hanafi?” lalu beliau menjawab : ”Aku tidak bermazhab Syafi’i, atau Maliki, Hanafi ataupun Hanbali”, para ahli fiqih itu pun terbelalak dan berkata kepada beliau : ”Lalu apakah mazhabmu?“ As-Syĕkh Ibnu Jamil menjawab : ”Aku adalah Jindariy min Janadirus Shulthan” , Kemudian As-Syĕkh Abdurrahman setelah mengisahkan kejadian ini tiba-tiba berkata kepada orang yang hadir dengan suara yang lantang :
”Aku termasuk dari Jindary min Janadirus sulthan.”
Beberapa hari setelah itu As-Syĕkh Abdurrahim Al-Khatib bertanya kepada gurunya yaitu As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff :
”Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Jindary ?” As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff menjawab :
”Jindariy adalah orang yang bilamana ada keperluan kepada sang Maha Raja (maksudnya adalah: Allah) tidak perlu meminta izin ataupun terhijab, dan orang tersebut memerintah atau melarang, serta tidak ada seorang pun yang bisa menahan apa pun yang diinginkannya dan apabila ia masuk ke sebuah negeri maka dialah yang berkuasa atas negeri tersebut, tidak ada seorang pun yang yang bisa menekannya ataupun menolaknya.”

34. As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff terbang 

Salah satu pembantu As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff berkisah : “Pada suatu hari aku sedang berada di kebun kurma As-Syĕkh Abdurrahman sampai menjelang malam. Tiba-tiba tanpa kusengaja aku melihat beliau berada di atas sebuah pohon kurma, beliau terbang dari satu pohon ke pohon yang lain, dan luar biasanya beliau tidak sendirian akan tetapi bersama beberapa orang ‘ajam yang tidak pernah kulihat sebelumnya, setelah kuikuti sekian lama, sepertinya beliau bersama rombongan menuju makam Nabi Allah Hud As untuk berziarah.”

35. Musafir yang diberi roti

Dikisahkan oleh Abdullah bin Muhammad bin Abu Syarahil ia berkisah : “Di satu malam aku baru sampai di Tarim dari perjalanan dari tempat tinggalku di kota Syibam, didera oleh keletihan karena perjalanan jauh, aku bermaksud menumpang makan malam di salah satu rumah penduduk kota Tarim, selain itu aku juga bermaksud ke Masjid tetapi selama perjalanan tidak kutemui seorang kenalan pun, kecuali seorang lelaki yang justru musafir juga dari tempat yang sama denganku yaitu dari kota Syibam, setelah sampai di Masjid aku menunggu barangkali ada kenalan yang bisa kujumpai. Setelah sekian lama, tiba-tiba ada seorang anak kecil yang menghampiriku dan memberikan sebungkus roti, aku pun merasa keheranan dan bertanya kepada orang di Masjid: “Siapakah anak ini?” mereka menjawab : ”Anak As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff,” aku pun terkejut sekali dan bertanya-tanya dalam hati : ”Bagaimanakah beliau tahu dengan kedatanganku dan rasa laparku?” pada malam itu aku pun menginap di Masjid Jami’ dan keesokan paginya aku pergi menemui As-Syĕkh Abdurrahman dan ketika aku bertemu dengan beliau sebelum sempat berkata-kata, beliau telah mendahului berkata kepadaku : ”Roti yang kukirim semalam untuk makam malammu, karena engkau semalam di Masjid Jami’ dan bermaksud menumpang makam malam.”

VII. Wafatnya Sayyidina As-Syekh Abdurrahman As-Segaff Ra 

Sayyidina Al-Imam As-Syekh Abdurrahman As-Segaff wafat pada hari Kamis tanggal 7 Sya’ban tahun 819 H dan beliau dimakamkan di Zanbal pada waktu dhuha, hari Jum’at.

VIII. Beberapa Perkataan Al-Imam As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff Ra.

مَالِقَلْبِيْ ِإلْتِفَاتٍ إِلىَ غَيْرِ الله مِنْْ اَهْلِ وَوَلَدٍ وَمَالٍ
وَجَنَّةٍ وَناَرٍ
Demi Allah tidaklah keluargaku, anak-anakku dan hartaku, membuat hatiku berpaling dari selain Allah SWT. Walaupun nikmat surga dan azab neraka sekalipun.

وَاللهِ لَقَدْ عَزَلَ فِىْ زَمَانِناَ عِشْرُوْنَ طَياَّرًاوَ ِإنَّ رِجْلِىْ هَاتَـيْنِ قَدْوَقَعَتَافِى جَنَّةِ الْفِرْدَوْسِ وَمَاأَعَدَّ ذَلِكَ إِلاَّ إِسْتِدْرَاجًا

Demi Allah sesungguhnya terdapat di zaman kami ini (zaman As-Syĕkh Abdurrahman As-Segaff) 20 wali dari golongan Wali Thoyyar )yang bisa terbang), dan sungguh kedua kakiku ini pernah menginjak tanah di syurga Firdaus. Sedangkan diriku menghitung hal tersebut hanyalah istidroj.

وَاللهِ مَابُنِيْتُ دَارًا وَلاَمَسْجِدًاوَلاَغَرَسْتُ نَخْلاً نـََخـْْلاً إِلاَّ وَقَدْ نُوْدِيْتُ بِفِعْلِ ذَلِكَ

Demi Allah dan tidaklah aku mendirikan rumah dan masjid, dan tidaklah aku menggarap ladang dan kebun kurmaku kecuali aku telah diperintahkan Allah SWT untuk melakukan hal tersebut

إِجْتَهَدْنَا فَلَمْ يَفْتَحْ عَلَيْنَابِاْلفَتْحِ الْعَظِيْم حَتىَّ رَجَعْنَاإِلىَ مَعْرِفَةِ النَّفْسِ
Sungguh kami telah bermujahadah dan tidaklah kami mendapatkan fathal azim sampai akhirnya kami memulangkan diri kami kepada ma`rifat terhadap kekurangan diri kami sendiri.

مَنْ لاَ لَهُ وِرْدٌ فَهُوَ قِرْدٌ وَمَنْ لاَ لَهُ أَذْكَارٌ فَلَيْسَ يُذْكَر وَمَنْ
لاَ يُطَالِعُ اْلإِحْيَاءَ مَافِيْهِ حَيَاءَ
Barang siapa yang tidak mempunyai wirid, maka dia adalah monyet. Dan barang siapa yang tidak berzikir mengingat Allah, maka dia tidaklah akan diingat. Dan barang siapa tidak pernah membaca kitab Ihya`, maka sungguh ia tidak mempunyai malu.

مَنْ لَمْ يَقْرَأُ الُمَهَذِّبْ مَاعَرَفَ قَوَاعِدُ الْمَذْهَب وَمَنْ لاَلَهُ اْلأَدَبْ فَهُوَ دَبُّ
Barang siapa tidak pernah membaca kitab Muhazzib, maka sungguh ia tidak pernah mengenal kaedah dan mazhab. Dan barang siapa tidak mempunyai adab, maka dia itu seperti kadal.

دَوَاءَالْقُلُوْبَ تَرْكِ اْلعَوَائِقَ وَالتَّوْفِيْقَ إِلىَ نَيْلِ كُلُّ خَيْرٍ قَرِيْن رَفِيْقَ
Obat hati itu adalah meninggalkan kedurhakaan. Dan mendapatkan Taufiq kepada mencari setiap amal yang baik, maka menghubungkan orang tersebut kepada teman yang membawa kepada kebaikan.

فُقَهَاءَ الزَّمَانَ وَصُوْفِيَّتِهِ وَقَعُوْا فِى الطَّمَسِ أَّيِّ الزَّلْقِ
Ahli agama dan sufi-sufi yang mengikuti kerusakan zaman, mereka telah jatuh kepada kebinasaan karena tergelincir

اَلنَّاس كُلُّهُمْ فُقَرَاءَ إِلىَ اْلعِلْمِ وَالْعِلْمَ فَقِيْرٌ إِلىَ الْعَمَلَ وَالْعَمَلَ مُحْتَاجٌ إِلىَ الْعَقْلِ وَالْعَقْلَ فَقِيْرٌ إِلىَ التَّوْفِيْقَ
Manusia semuanya memerlukan ilmu, dan ilmu memerlukan amal, dan amal memerlukan akal, dan akal itu memerlukan Taufiq.

وَكُلُّ عِلْمٍ بِلاَ عَمَلٍ بَاطِلٍ وَكُلُّ عِلْمٍ وَعَمَلٍ بِلاَ نِيَّةٍ هَبَاءَ وَكُلُّ عِلْمٍ وَ عَمَلٍ وَ نِيَّةٍ بِلاَ سُنَّةٍ مَرِدُوْدٍ وَكُلُّ عِلْمٍ وَ عَمَلٍ وَ نِيَّةٍ وَ سُنَّةٍ بِلاَ وَرَعٍ خُسْرَانٍ

Setiap ilmu tanpa amal adalah bathil. dan ilmu serta amal tanpa diiringi niat yang benar, maka kedua-duanya akan sia-sia percuma menjadi debu. Dan setiap ilmu, amal dan niat tanpa mengikuti sunah Rasulullah, maka semuanya akan ditolak Allah. Begitupun setiap ilmu dan amal serta niat dan sunnah tetapi tanpa diiringi dengan sifat wara`, maka semuanya hanyalah akan mendatangkan kerugian belaka.
كُن اِبْنُ زَمَانِكَ فَإِنْ رَأَيْتَ أَهْلَهُ ذِئَابًافَلاَ تَكُنْ ضَائِنَةً يَأْكُلُوْكَ وَإِنْ رَأَيْتَهُمْ ضَأْنًا فَلاَ تَكُنْ ذِئْبًا تَأْكُلُهُمْ
Jadilah engkau bagai anak zamanmu. Jika engkau melihat ahli zaman pada saat itu seperti serigala, maka janganlah engkau menjadi domba, karena mereka akan memakanmu. Dan jika engkau melihat mereka domba, maka janganlah engkau menjadi seperti serigala yang memakan yg mereka
-----------------------------
-tamat-

abdkadiralhamid@2015

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MANAGIB (BIOGRAFI) SAYYIDINA AL-IMAM AL-QUTB AL-GHAUTS AS-SYĔKH “ABDURRAHMAN AS-SEGAFF R.A”"

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Silahkan komentar yg positip