//

KEUTAMAAN DAN MANFAAT PUASA SUNNAH SENIN KAMIS


KEUTAMAAN DAN MANFAAT PUASA SUNNAH SENIN KAMIS


Allah memberi  keistimewaan terhadap waktu - waktu tertentu. Allah memberi keistimewaan terhadap hari Jum'at untuk menjalankan shalat Jum'at, hari raya untuk menjalankan shalat Id, bulan Ramadhan untuk menjalankan puasa Ramadhan. Allah juga memberi keistimewaan pada hari Senin dan Kamis. Pada kedua hari tersebut umat islam disunahkan untuk melakukan puasa. Adapun keistimewaan hari Senin dan Kamis adalah sebagai berikut,



HARI SENIN ADALAH HARI DILAHIRKANNYA RASULULLAH


Kemuliaan terbesar yang dimiliki hari Senin dan tidak dimiliki oleh hari - hari lainnya adalah karena hari Senin adalah hari lahirnya Baginda Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah manusia teragung, pembawa rahmat, kekasih Allah, panutan manusia sejak diutusnya menjadi Nabi hingga hari kiamat. Dan manusia agung ini lahir dihari Senin. Karena seorang manusia tidak mungkin terlahir dua kali dalam seumur hidupnya, maka hari Senin memiliki nilai keistimewaan tersendiri. Dan Nabi menjadikan hari kelahiran beliau tersebut untuk berpuasa. Ini beliau nyatakan dalam sebuah hadistnya,



وكان ذلك يوم ولدت وأرسلت أنا

Itu adalah hari aku dilahirkan dan aku diutus. (HR Muslim)



 Ada banyak keajaiban yang terjadi pada hari kelahiran Nabi tersebut. Keajaiban yang terbesar adalah hancurnya pasukan bergajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah yang datang untuk menghancurkan Ka'bah.



Kehancuran tersebut bukan disebabkan karena perlawanan penduduk Makkah demi mempertahankan Ka'bah. Akan tetapi, kehancuran mereka karena diserang burung Ababil. Ababil artinya berbondong - bondong. Burung - burung tersebut datang membawa sijjil yaitu kerikil panas yang jika mengenai kepala seseorang bisa tembus sampai duburnya. Peristiwa besar ini diabadikan di dalama al - Qur'an Surah al Fiil.
Masih banyak keajaiban yang terjadi pada hari lahirnya Rasulullah. Di antaranya adalah berguncangnya istana Raja Kisra, meluapnya air danau Tiberia, dan padamnya api di Persia yang konon api itu tidak padam selama ribuan tahun. Semua itu menunjukkan irhash Rasulullah. Irhash adalah peristiwa luar biasa yang di miliki oleh seorang Nabi sebelum kenabiannya.



HARI SENIN ADALAH HARI DIUTUSNYA RASULULLAH


Diutusnya Nabi Muhammad Saw sebagai rasul adalah untuk membawa rahmat ( kasih sayang ) kepada semesta alam. Dan beliau diutus menjadi Rasul pada hari Senin sebagaimana sabda beliau,



وكان ذلك يوم ولدت وأرسلت أنا Itu adalah hari aku dilahirkan dan aku diutus. ( HR Muslim )
Jadi, selain sebagai hari yang agung hari Senin juga merupakan hari kasih sayang. Alangkah mengherankannya umat Islam yang merayakan hari Valentine dengan bersuka cita namun tidak mau menyambut hari kelahiran Rasulullah.

Ada beberapa hal yang terkait dengan hari Valentine dengan hari Senin.


  • Pertama, hakikat hari Valentine yang sebenarnya masih menjadi perdebatan. Benarkah itu kelahiran Santo Valentino ataukah hari yang disucikan lalu dianggap sebagai hari Santo Valentino. Selain kebenaran hari Valentine masih diragukan peristiwa yang terjadi terkait dengan Santo Valentino juga berbeda - beda  versinya. Berbeda dengan hari Senin yang memang sudah disebutkan dalam hadits bahwa hari itu adalah hari lahirnya Baginda Rasulullah.


  • Kedua, Seandainya hari Valentine itu benar lahirnya Santo Valentino, lalu apa manfaatnya memperingatinya bagi kita, umat Islam ? Pahala tidak didapatka, malah bisa membuat kita berdosa karena meniru tradisi Nasrani. Dan apa yang dilakukan oleh banyak orang di hari Valentine ? Memberi karangan bunga, memberi hadiah, memberi ucapan selamat pesta, ciuman mesra, dan apa lagi ? Banyak acara yang berisikan kemaksiatan di hari Valentine. Coba kita bandingkan dengan hari Senin. Hari Senin adalah hari lahirnya Nabi dan data ini valid karena terdapat dalam hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bergembira terhadap hari Senin bukanlah sesuatu yang terlarang, bahkan dianjurkan. Dan ekspresi kegembiraan pada hari senin bisa dilakukan dengan menjalankan ibadah puasa yang disunahkan oleh Nabi. Tentu memperingati hari lahir Nabi dengan berpuasa jauh lebih baik daripada berpesta untuk memperingati hari lahirnya Valentino. Dan dengan puasa yang benar dan sungguh - sungguh insya Allah akan membuat kita menjadi orang yang welas asih terhadap sesama. Jadi, semestinya hari kasih sayang bagi kita adalah hari Senin dan itu diwujudkan dengan menghidupkan sunah Nabi yang diantaranya adalah berpuasa, bersedekah, dan membantu orang lain.



HARI SENIN ADALAH HARI YANG PENUH BERKAH


Selain hari lahirnya Rasulullah dan hari wafatnya beliau, Senin juga memiliki keistimewaan - keistimewaan, diantaranya :

  1. Rasulullah pergi hijrah dari Makkah ke Madinah pada hari Senin
  2. Rasulullah mengangkat hajar Aswad saat perbaikan Ka'bah pada hari Senin
  3. Rasulullah sampai di kota Madinah pada hari Senin
  4. Perang Badar terjadi pada hari Senin
  5. Ayat terakhir kali turun, yang berisi kesempurnaan agama Islam diturunkan pada hari senin
  6. Rasulullah meninggal dunia pada hari Senin

HARI KAMIS HARI YANG BERKAH


Di dalam agama Islam, sebelum hari raya disyariatkan untuk berpuasa terlebih dahulu. Sebulan sebelum hari raya 'Idul Fitri umat Islam diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan. Sebelum hari raya Haji atau 'Idul Adha umat Islam disunahkan untuk berpuasa Arafah.



Jum'at adalah hari raya mingguan. Bahkan hari Jum'at adalah lebih agung daripada hari raya 'Idul Fitri dan hari raya 'Idul Adha. Hari Jum'at disebut sebagai sayyidul ayyam  atau pemukanya hari - hari. Dan kita umat Islam disunahkan untuk melaksanakan puasa pada hari Kamis.



Keberkahan hari kamis ini juga didukung oleh doa Nabi yang menkhususkan hari Kamis sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.



يا الله، يبارك شعبي في الصباح في وقت مبكر يوم الخميس

Ya allah, berkahilah bagi umatku di pagi hari mereka di hari Kamis. ( HR Ibnu Majah )







KHASIAT MELAKUKAN PUASA SENIN DAN KAMIS


Berikut ini beberapa khasiat bagi orang yang menjalankan puasa Senin dan Kamis.


  1. Bisa menjadi pengontrol ketakwaan kita
  2. Puasa Senin dan Kamis akan menjadikan seseorang menjadi kekasih Allah dan Rasulullah
  3. Melatih diri menjadi orang yang sabar
  4. Melatih menjadi pribadi yang ikhlas, jujur, dan disiplin
  5. Menjadikan orang bersikap randah hati
  6. Menumbuhkan sikap empati sosial
  7. Puasa Senin Kamis menjadi perisai dari segala Maksiat
  8. Sebagai wasilah adar doa dikabulkan oleh Allah
  9. Puasa bermanfaat bagi kesehatan kita
  10. Menyembuhkan beberapa penyakit, contoh :


  • Penyakit Diabetes
  • Penyakit Hipertensi
  • Penyakit Mag
  • Penyakit Obesitas
Puasa adalah amalan yang sangat utama. Dengan puasa seseorang akan terlepas dari berbagai godaan syahwat di dunia dan terlepas dari siksa neraka di akhirat. Puasa pun ada yang diwajibkan dan ada yang disunnahkan. Setelah kita menunaikan yang wajib, maka alangkah bagusnya kita bisa menyempurnakannya dengan amalan yang sunnah. Ketahuilah bahwa puasa sunnah nantinya akan menambal kekurangan yang ada pada puasa wajib. Oleh karena itu, amalan sunnah sudah sepantasnya tidak diremehkan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”” (HR. Muslim no. 1151)

Dalam riwayat lain dikatakan,
قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى
“Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.” (HR. Bukhari no. 1904)

Dalam riwayat Ahmad dikatakan,
قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ
“Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang artinya), “Setiap amalan adalah sebagai kafaroh/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya”.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)

Di antara ganjaran berpuasa sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

1. Pahala yang tak terhingga bagi orang yang berpuasa
2. Amalan puasa khusus untuk Allah
3. Sebab pahala puasa, seseorang memasuki surga
4. Dua kebahagiaan yang diraih orang yang berpuasa yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.
5. Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum daripada bau minyak kasturi.

Puasa dan Kesehatan


Berpuasa mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, dan semua ini makin terbukti secara ilmiah. Bahkan para peneliti menyarankan bahwa ada baiknya mulai kembali berpuasa karena terbukti puasa dua hari dalam satu pekan sangat bermanfaat untuk kesehatan hormon dan perubahan metabolisme.

Saat ini ada bukti kuat bahwa berpuasa dua hari sangat baik. Puasa yang dimaksud di sini adalah mengonsumsi makanan hanya sekitar 500-800 kalori. Bandingkan dengan asupan harian sekitar 2.000 kalori untuk perempuan dan 2.500 kalori untuk pria.

Asupan itu bisa menurunkan tingkat pertumbuhan hormon yang terkait dengan kanker dan diabetes. Tak ketinggalan juga, mengurangi kolesterol buruk LDL dan lemak dalam darah.

Sedangkan radikal bebas juga menurun. Dari hasil penelitian ini juga terbukti bahwa tingkat peradangan dapat berkurang. Bahkan, disebutkan pula berpuasa dapat melindungi otak. Maka, risiko penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson pun bisa dikurangi.

Menurut seorang dokter ahli asal Rusia, dr. Yuri Nikolayev, bahwa puasa sebagai penemuan terbesar dalam bidang kesehatan. Menurutnya, puasa mampu membuat seseorang menjadi awet muda dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual.

Berikut merupakan daftar beberapa manfaat puasa Senin Kamis.
a. Peremajaan sel kulit
b. Mengencangkan kulit
c. Detoksifikasi racun dalam tubuh
d. Memberi waktu istirahat untuk organ pencernaan
e. Menurunkan tekanan darah
f. Menurunkan kadar lemak (kolesterol)
g. Menghambat proses penuaan (awet muda)
h. Memperindah dan mempercantik kaum wanita secara alami
i. Menenangkan jiwa dan perasaan
j. Mampu mengendalikan nafsu seks dengan lebih baik
k. Memacu jiwa empati terhadap sesama
l. Menimbulkan rasa solidaritas terhadap kaum miskin

Namun dalam melaksanakan puasa hendaknya dilakukanlah dengan  ikhlas dan sesuai tuntunan Nabi

Oleh sebab itu, agar ibadah diterima di sisi Allah, haruslah terpenuhi dua syarat, yaitu:

1. Ikhlas karena Allah.
2. Mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (ittiba’).

 

 

Keistimewaan Puasa Senin Kamis



Sebagai amalan sunnah, tentu saja puasa senin kamis ini memiliki posisi yang penting di mata Allah SWT. Allah akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya.

Amal kebaikan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat. Hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam sebuah hadits Qudsi-Nya:
"Puasa itu mulik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat."
(HR. Bukhari dan Abu Daud).

Kata puasa dalam hadits di atas emngandung makna secara umum, maksudnya adalah puasa sunnah maupun wajib, ya termasuk puasa senin kamis ini.

Inilah puasa yang disyariatkan oleh Rasululah SAW untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seseorang. Diantara keistimewaan puasa senin kamis akan kita dapatkan di kehidupan akhirat pula.

Keistimewaan Puasa Senin Kamis:


1. Dijamin masuk Surga.
Allah SWT menyediakan surga untuk hamba-Nya yang beriman, bertakwa dan beramal saleh. Di sanalah mereka akan abadi dengan kenikmatan yang Allah SWT sediakan.

Karena itu, tidak ada tempat yang paling baik dan paling indah sebagai tempat kembali di akhirat kecuali surga.
Surga yang penuh kenikmatan diciptakan oleh Allah SWT sebagai ganjaran atas jerih payah hambaNya yang bertakwa.

2. Terhindar dari Siksa Api Neraka.
Begitu istimewanya ibadah puasa di hadapan Allah SWT sehingga orang tersebut akan diberikan ganjaran surga di akhirat.

Namun, Allah SWT belum cukup dengan memberikan surga kepada orang-orang yang berpuasa. Allah SWT juga akan menjauhkan api neraka dari orang yang berpuasa sejauh-jauhnya.

3. Menjadi Penolong pada Hari Kiamat.

4. Menanamkan Kedekatan Diri pada Allah SWT.


 
2014@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEUTAMAAN DAN MANFAAT PUASA SUNNAH SENIN KAMIS"

Post a Comment

Silahkan komentar yg positip