Berbagai Keutamaan Wanita Hamil

Berbagai Keutamaan Wanita Hamil


hamili muslimah
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda,
" Wanita yang sedang hamil dan menyusui sampai habis masa menyusuinya, seperti pejuang di garis depan fi sabiilillah. Dan jika ia meninggal di antara waktu tersebut, maka sesungguhnya baginya pahala mati syahid"
(Riwayat Thabrani).

Kehamilan adalah sesuatu yang istimewa yang hanya dimiliki oleh kaum wanita. Dalam kehamilan, banyak sekali keutamaan yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya. Oleh karena itu, seorang wanita tidak perlu main karena hamil atau menganggap sebagai beban yang berat Masa-masa hamil lalu melahirkan, kemudian menyusui adalah masa-masa yang penuh pengorbanan, kekhawatiran, kecemasan, harapan dan kebahagiaan bagi seorang ibu.
Bagi wanita muslimah, memang jelas di sinilah medan perjuangan yang sangat mendebarkan. Tantangan yang ada bukanlah sesuatu yang hams ditakuti dan dihindari. Wanita shalihah akan menghadapi dengan pennh harapan dan kesabaran. Karena di balik semua itu, terdapat pahala yang berlipat ganda. Ini juga menjadi salah satu sebab mengapa para sahabat Rasulullah SAW, walaupun dalam keadaan sangat miskin dan papa, tetap berkeinginan mempunyai anak yang banyak. Selain itu, Rasulullah SAW sendiri telah menganjurkan para sahabatnya agar memperbanyak umat beliau. Rasulullah SAW bersabda, "Kawinilah olehmu sekalian wanita-wanita subur yang banyak melahirkan anak dan penuh kecintaan. Karena sesungguhnya aku ingin memperbanyak umat dengan kamu sekalian." (Riwayat Abu Dawud).



Keutamaan dan Pahala Wanita Hamil

Rasulullah SAW bersabda,
" Apalah kamu tidak rela, salah seorang dari kamu, wahai sekalian wanita, bahwa jika ia hamil dari suaminya, sedangkan suaminya ridha padanya, maka ia akan memperoleh pahala, seperti pahala orang yang berpuasa yang sedang berjuang fi sabilillah. Dan jika dia merasa kesakitan (ketika melahirkan), maka ia akan mendapatkan pahala yang penduduk langit dan bumi belum pernah melihat pahala yang disediakan untuknya dari pandangan mata yang menyenang-kan. Danjika ia melahirkan, maka tiadalah keluar seteguk susunya yang kemudian anaknya menghisap susunya, melainkan setiap tetesan susunya tersebut akan berpahala satu kebaikan. Dan jika ia tidak dapat tidur semalam suntuk (karena anaknya), maka baginya pahala seperti memerdekakan 70 hamba sahaya dijalan Allah dengan penuh keikhlasan."

1."Salah satu keberkahan wanita, ia cepat perkawinannya, cepat pengandungnya (melahirkan anak) dan ringan maharnya." (Riwayat Ahmad dan Baihaqi).


2. "Wanita yang meninggal dalam keadaan perawan, atau pada masa hamil, atau pada saat melahirkan, atau sesu-dah itu (ketika nifas) akan memperoleh derajat seorang syahid."


3. Mail bin Yasar RA, meriwayatkan bah-wa Rasulullah SAW bersabda," Ka-winilah wanita yang penyayang dan barana kbanyak, karena (pada hari kiamat), akan berlomba-lomba dengan umat lain dan berbangga karena jumlahmu."

4. Dalam Hadits lain Rasulullah SAW bersabda," Bahkan bayi yang kegu-guran akan menarik ibunya ke dalam jannah, apabila ia bersabar ..."

5. Rasulullah SAW bersabda," Apabila seorang wanita menyusui, maka setiap isapan susunya yang diberikan kepada anaknya, ia akan menerima pahala bagaikan telah menghidup-kan makhluk dan apabila ia menya-pih anaknya, maka para malaikat akan menepuk punggungnya dan berkata "selamat", semua dosamu yang telah lalu diampuni, sekarang mulailah lagi." (yang dimaksud adalah, diampuninya dosa-dosa kecil)

6. Nabi SAW bersabda pada putrinya, Fatimah RA," Wahai Fatimah, jika wanita mengandung anak di perut-nya, maka para malaikat akan memohonkan ampunan baginya, dan Allah SWT menetapkan baginya setiap hari seribu kebaikan, mengha-puskan seribu kejelekannya. Ketika wanita itu merasa sakit karena melahirkan, maka Allah SWT menetapkan baginya pahala para pejuang dijalan Allah SWT, Jika ia melahirkan bayinya maka keluarlah dosa-dosanya seperti ketika ia dilahirkan oleh ibunya. Dan akan keluar dari dunia dengan tidak membawa dosa apapun. Di kuburnya akan ditempat-kan di taman-taman surga. Allah memberinya pahala seribu ibadah haji dan umrah dan seribu malaikat memohonkan ampunan baginya hingga hari kiamat."  

Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan, hendaknya lebih memperhatikan kesehatan jasmani dan rohaninya, agar anak yang dilahirkan sehat dan normal. Makanan yang baik dan halal sangat-lah penting bagi kesehatan anak yang dikandungnya. Tetapi memakan makanan dan buah-buahan yang bergizi secara berlebihan dan terlalu banyak beristirahat, dapat menyebabkan berat badan anak bertmbah sangat banyak sehingga persalinan menjadi sulit. Makanan terpenting bagi wanita hamil adalah yang manis seperti kurma. Rasulullah menekankan pentingnya kurma dan daya gunanya terhadap pertumbuhan janin. Beliau menganjurkan agar kurma diberikan kepada wanita yang sedang hamil.

  Selain itu, kurma juga mengandung salisilat yaitu zat anti nyeri alami yang biasanya menjadi bahan baku pembuatan aspirin. Dalam dunia medis, obat ini digunakan untuk mengurangi atau menghi-langkan rasa nyeri dan demam, gejala yang biasa dikeluhkan oleh ibu hamil. Dalam buah kurma terkandung zat alami yang menyerupai oksitosin. Dalam medis zat kimia ini sering digunakan dalam penatalaksanaan persalinan yang mengalami gangguan kontraksi (daya kejang) otot rahim. Bila kurma dikon-sumsi secara rutin saat hamil, akan memberi manfaat pada kemampuan otot rahim untuk dapat berkontraksi secara maksimal, sehingga otot rahim memiliki daya dorong yang cukup untuk mengeluarkan bayi yang dikandungnya. Kurma juga memperbanyak air susu ibu, dengan unsur-unsur yang dibutuhkan sehingga anak menjadi "sehat dan tahan terhadap penyakit. Dalam Islam, pendidikan anak dimulai ketika anak masih berada dalam rahim. Maka hendaknya wanita yang sedang hamil menghindari dan berhati-hati dengan pikiran, perasaan,.buku yang
dibaca, teman bergaul dan semua hal yang buruk. Hal itu akan berpengaruh bagi jabang bayi. Oleh karena itu, dianjurkan bagi si ibu untuk membaca al-Qur'an sebanyak-banyaknya. Kehamilan adalah jihad bagi para wanita. Dan Inilahpengorbanan wanita yang jelas tidak dimiliki oleh kaum lelaki. Dengan itu-lah Allah SWT meninggikan derajat kaum wanita yang pasti tidak bisa dicapai oleh kaum lelaki.

 

14 Kemuliaan Wanita MUSLIMAH Yang Sedang Hamil 

 


Kawan Senyum - Berbahagialah para wanita MUSLIMAH yang sedang hamil... Begitu banyak kemuliaan dalam dirinya. 
Subhanallah...
Kabar gembira ini layak disebarluaskan.
Begitu mulianya wanita MUSLIMAH yang mengandung janin dalam rahimnya. layaklah Para wanita Muslimah ini untuk selalu bergembira dan tersenyum walaupun dalam keadaan mual, eneg, muntah, tidak doyan makan dan ketidaknyamanan lain selama kehamilan.


Bagian Tubuh Wanita Dianugerahkan Nama Yang Mulia

Dalam tubuh wanita, ada satu bagian organ yang diberi nama yang begitu mulia Seperti yang di ceritakan dalam artikel Sebelumnya yang Berjudul "Tidakkah Beruntung Menjadi Seorang Wanita Islam?"  yaitu "Rahim". Perkataan ini diambil dari nama Tuhan, yang bermaksud `Maha Penyayang‘. Sudah tentulah Tuhan tidak akan memberikan nama yang semulia ini kepada sesuatu yang hina di sisi- Nya. Sudah tentu Tuhan akan memilih sesuatu yang mulia juga untuk dianugerahkan nama yang begitu mulia. Tuhan tidak berikan nama yang semulia ini kepada bagian tubuh lelaki. tetapi Dia memberikannya kepada bagian tubuh wanita.
Rahim inilah yang merupakan penghubung kepada makhluk. Di dalam rahimlah, wanita menjaga ciptaan Tuhan dan memberi makan kepada apa yang Tuhan ciptakan.
Berikut Beberapa Kemuliaan Wanita Yang sedang mengandung :

‘‘14 KEMULIAAN WANITA MUSLIMAH YANG SEDANG HAMIL’’



kandungan muslimah
 1. Apabila seorang perempuan Muslimah mengandung dalam rahimnya, maka beristighfarlahpara malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.
2. Apabila seorang perempuan Muslimah mulai sakit hendak bersalin atau melahirkan, maka Allah SWT mencatatkan baginya pahala orang berjihad di jalan Allah SWT.

3. Apabila seorang perempuan Muslimah melahirkan anak, hilanglah dosa²nya seperti keadaan ia baru dilahirkan.

4. Apabila telah lahir anaknya lalu disusuinya, maka bagi ibu Muslimah itu setiap setegukan dari pada susunya diberi 1 kebajikan.

5. Apabila semalaman si ibu Muslimah tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah SWT memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah SWT.

6. Rakaat shalat wanita Muslimah yang sedang hamil adalah lebih baik dari pada 80 rakaat shalat wanita yang tidak hamil.

7. Wanita Muslimah yang memberi minum air susu (ASI) kepada anaknya dari dirinya sendiri akan mendapat 1 pahala pada tiap² tetes susu yang diberikannya.

8. Wanita Muslimah yang tidak cukup tidur pada malam hari karena menjaga anaknya yang sakit akan diampunkan oleh Allah SWT seluruh dosanya dan bila ia menghibur hati anaknya Allah memberi 12 tahun pahala ibadah.

9. Wanita Muslimah yang hamil akan dapat pahala terus berpuasa pada siang hari.

10. Wanita Muslimah yang hamil akan dapat pahala terus beribadah pada malam hari.

11. Wanita Muslimah yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun shalat dan puasa, serta setiap kesakitan pada 1 uratnya Allah SWT mengkurniakan 1 pahala haji.

12. Sekiranya wanita Muslimah mati di masa 40 hari selepas bersalin, dia akan dianggap sebagai mati syahid.

13. Jika wanita Muslimah menyusui anaknya sampai cukup tempo (2,5 tahun), maka malaikat² dilangit akan kabarkan berita bahwa syurga wajib baginya.

14. Jika wanita Muslimah memberi susu dirinya pada anaknya yang menangis, Allah SWT akan memberi pahala 1 tahun shalat dan berpuasa.


~ wallahu a'lam Bisshowab.
Berbahagialah engkau wahai bidadari penghuni syurga…… !


2014@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates: