//

AL HABIB ‘ABDURROHMAN BIN SEGAF ASSEGAF, TANAH ABANG, JAKARTA

AL HABIB ‘ABDURROHMAN BIN SEGAF ASSEGAF, 
           TANAH ABANG, JAKARTA



Nasab Beliau adalah Habib ‘Abdurrohman bin Segaf bin Husein bin Abu Bakar bin ‘Umar bin Segaf Assegaf. Beliau dilahirkan pada tahun1309 H di Kampung Pekojan, Jakarta. Ibu beliau bernama Syarifah Ummu Hani binti ‘Abdurohman Assegaf. Beliau termasuk ‘ulama klasik yang hidup di zaman Al Habib ‘Ali Al Habsyi Kwitang.


Habib ‘Abdurrohman Assegaf memulai studinya semasih kanak kanak dibawah pengawasan ayah beliau Habib Seggaf bin Husein Assegaf yang mahir dalam bahasa Arab selama beberapa tahun sampai Habib ‘Abdurrohman mampu memahami kitab-kitab Arab klasik. Setelah usia Al Habib 9 tahun, beliau diberangkatkan ke kota Seiwun Hadromaut,Yaman untuk meneruskan studinya. Di antara guru-guru beliau di Hadromaut adalah Syeikh Muhammad bin Muhammad Bakstir, seorang ‘ulama ternama di kota Seiwun pada zamannya, Habib Ahmad bin ‘Abdurohman Assegaf (ayahnya Habib ‘Abdul Qodir Assegaf-Jeddah), Habib Muhammad bin Hadi Assegaf dan masih banyak lagi ‘ulama yg tidak bisa disebut satu persatu secara rinci. Setelah sampai pada usia dewasa kurang lebih 22 tahun beliau kembali ke Jakarta.

Setibanya di Jakarta beliau ditunjuk sebagai nadhir dan guru di Madrasah Jami’at Khoir, Jakarta. Dalam masa waktu kurang lebih 18 tahun beliau mengembangkan ajaran-ajaran Islam di Madrasah tersebut. Pada tahun 1349 H (1930M) beliau dipilih oleh pemerintah setempat untuk memangku jabatan sebagai Qodi di Jakarta dan penulis makalah syar’iyyah selama kurang lebih 20 tahun

Setelah lama memangku jabatan sebagai Qodi, pada tahun 1369 H (1950 M) beliau mengundurkan diri dari jabatan tersebut karena usia yang sudah udzur. Pada tanggal 27 Rabi’ul Awal 1390 H bertepatan dengan 6 Juni 1970 M Habib ‘Abdurrohman Assegaf wafat dalam usia 81 tahun. Al Habib dimakamkan di pemakaman wakaf Syeikh Naum di Tanah Abang yang makamnya berdekatan dengan maqam Habib Utsman bin Yahya (Mufti Betawi).


2013@abdkadiralhamid

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "AL HABIB ‘ABDURROHMAN BIN SEGAF ASSEGAF, TANAH ABANG, JAKARTA"

  1. AnonymousJune 19, 2022

    Siapa nama anak cucu Al Habib Abdurrohman bin Segaf Assegaf

    ReplyDelete

Silahkan komentar yg positip